4 Ayat Alkitab Tentang Sunat yang Wajib Kristiani Ketahui

Kristenly.com – Bagi banyak umat Kristiani, mereka masih meragukan hukum sunat apakah menjadi hal yang wajib atau tidak untuk dilakukan. Meskipun dalam agama Kristen bukan menjadi kewajiban namun sebenarnya tak ada kesalahan apabila ingin melakukannya demi alasan kesehatan tubuh.

Sunat merupakan bentuk ketaatan kepada Allah karena hal ini diceritakan dalam Alkitab bahwa sunat berhubungan dengan pengudusan diri kepadaNya, selain itu juga menunjukkan bahwa mereka telah menjadi bangsa pilihan Allah. Oleh karena itu, prinsipnya yakni berkaitan pada karunia keselamatan.

Ayat Alkitab tentang sunat juga dapat Anda jadikan sebagai landasan untuk melakukannya atau tidak. Hal ini menjadi dasar bahwa sebenarnya sunat memiliki hukum wajib pada masanya, karena beberapa pendapat menyebutkan bahwa hal tersebut adalah ikatan oleh anak laki-laki ketika masuk suatu agama.

Terutama ketika ada di masa Abraham yang merupakan tanda seseorang telah menerima Allah sebagai janji keselamatan dalam Alkitab secara pribadi. Hal ini juga menjadi pembeda antara bangsa pilihan Allah dan bukan, bahkan banyak orang menganggapnya sebagai penentu iman dari suatu umat.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Tubuh

Ayat Alkitab Tentang Sunat

ilustrasi alkitab membahas sunat
ilustrasi alkitab membahas sunat, sumber gambar: pexels.com

Meskipun ada banyak manfaat terutama pada masalah kesehatan, namun Anda perlu mengulik lagi apakah benar-benar perlu dilakukan atau tidak. Jadi jangan pernah tergesa-gesa dalam memutuskannya.

Ayat Alkitab tentang sunat berikut ini bisa Anda baca dan pahami untuk mengetahui apa sebenarnya hukum dari hal tersebut khusus bagi anak laki-laki beragama Kristen.

Kolose 2:11

Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa

Kolose 3:11

dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Sakit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu.

Galatia 6:15

Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Kejadian 17:10-14

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal. Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku.”

Baca juga:


Ayat Alkitab tentang sunat seperti ulasan di atas penting untuk Anda pahami guna mengetahui hukum dari hal tersebut, sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari sunat dimana hal ini telah dijelaskan dalam beberapa penelitian.

Jadi beberapa orang Kristiani memutuskan untuk melakukannya atau tidak hanya berdasarkan pada masalah kesehatan. Sementara dalam segi hukum, Tuhan pun sudah menekankan bahwa bukan menjadi hal penting ketika seseorang bersunat atau tidak.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!