54 Ayat Alkitab Tentang Surga Dalam Kristen

Ayat Alkitab tentang surga memang sudah banyak diketahui oleh kebanyakan umat Kristiani, tentunya mereka pun mempercayai akan kedua tempat tersebut sebagai balasan setelah meninggal dunia nantinya.

Surga dan neraka sudah banyak diketahui oleh orang-orang secara umum, Alkitab pun sudah menggambarkannya secara jelas sehingga bukan menjadi alasan ada sebagian kalangan ingin menyangkal kebenarannya.

Kedua tempat tersebut dianggap sebagai tempat dimana nantinya Tuhan akan memberikan balasan yang setimpal kepada umatNya, surga menjadi dikerumuni dengan harga-harta tanpa adanya kerusakan dan pencurian sesuai penjelasan dari Alkitab.

Surga juga digambarkan sebagai tempat yang tidak akan ditemui kelaparan, kehausan, kesedihan dan panas terik dari matahari. Tentunya penggambaran seperti ini sangat berkebalikan dengan neraka sehingga Anda harus melakukan kebaikan selama di dunia.

Anda mungkin penasaran tentang adanya surga, mengingat ada banyak opini tentang surga yang berbeda beda. Misalnya, apakah surga ada tingkatannya? Nah, Kita hanya bisa tahu jawaban yang akurat dan dapat dipercaya dari Alkitab. Karena Alkitab yang berisi Firman TUHAN ini menceritakan awal mula kehidupan manusia, maka Alkitab juga memberi tahu kita terkait Surga dan Neraka.

Baca Juga: 42 Ayat Alkitab Tentang Neraka dan Kebenarannya dalam Kristen

Ayat Alkitab tentang Surga

ilustrasi Alkitab membahas surga
ilustrasi Alkitab membahas surga, sumber gambar: unsplash.com

Kehidupan manusia hanya sementara di bumi, memiliki iman akan masa depan adalah satu satunya harapan di dalam Kristus. Tapi untuk memiliki iman tersebut seseorang harus mempelajari dan mempercayai ajaran Alkitab termasuk kehidupan di Surga. Selengkapnya untuk tahu pandangan Alkitab tentang surga, mari kita simak beberapa ayat Alkitab referensi di bawah ini.

1. Matius 18:10

Ayat 10 : “Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.”

Ayat Alkitab ini menyebutkan tentang surga sebagai tempat tinggal Allah dan bahwa ada malaikat malaikat yang bersamanya. Kata Surga bukan hanya sekedar lambang, tapi memaksudkan suatu tempat mulia yang benar benar ada.

2. Yesaya 63:15

Ayat 15 : “Pandanglah dari sorga dan lihatlah dari kediaman-Mu yang kudus dan agung! Di manakah kecemburuan-Mu dan keperkasaan-Mu, hati-Mu yang tergerak dan kasih sayang-Mu? Janganlah kiranya Engkau menahan diri!”

Ayat di yesaya ini memberitahu kita bahwa Surga adalah tempat kediaman Allah yang Maha Kudus dan Agung, tidak ada tempat lain yang lebih mulia di dunia ini selain di Surga.

3. Mazmur 115:16

Ayat 16 : “Langit itu langit kepunyaan TUHAN, dan bumi itu telah diberikan-Nya kepada anak-anak manusia.”

Langit yang dimaksud dalam ayat ini adalah Surga. Surga adalah milik Allah, tapi Allah menciptakan bumi dan memberikannya kepada anak anak manusia. Demikianlah bumi menjadi milik manusia, namun sepenuhnya janji Allah akan hal ini belum terwujud akibat pemberontakan Adam.

4. Yohanes 14:2

Ayat 2 : “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.”

Ada banyak orang ingin pergi ke Surga, tapi melalui ayat ini kita tahu Yesus pernah berkata bahwa para rasulNya yang setia juga akan hidup disana. Sebelum mati di bukit Golgota, Yesus berjanji akan mempersiapkan tempat supaya mereka bisa tinggal bersama Dia dan Bapaknya di Surga.

5. Yohanes 3:16,17

Ayat 16 dan 17 : “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Bagaimana dengan banyak orang lainnya yang tidak termasuk dalam rasul Yesus? Ayat ini memberitahu kita jawabannya, hamba-hamba Allah yang setia kepada Allah juga akan menerima berkat. Melalui tebusan, umat manusia kembali memiliki harapan untuk kehidupan abadi di Bumi Firdaus seperti tujuannya yang semula ketika menciptakan bumi.

6. Yohanes 5:28,29

Ayat 28 dan 29 : “Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.”

Semua orang memiliki kesempatan untuk hidup kekal, semua orang yang mati akan bangkit lagi. Bagi orang yang setia dan berbuat baik sepanjang hidupnya akan memperoleh berkat berupa kehidupan abadi, sedangkan orang yang tidak taat akan dihakimi.

7. Wahyu 5:10

Ayat 10 : “Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi.”

Mengapa orang orang yang pernah hidup di bumi akan hidup disurga? Yesus memberikan jawabannya di ayat ini, Yesus mengatakan bahwa para rasul yang Dia pilih akan menjadi raja rajadibawah tangannya untuk memerintah bumi.

8. Yohanes 3:13

Ayat 13 : “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.”

Ayat ini menyatakan tidak ada seorang pun yang pernah naik ke Surga kecuali Putra Manusia yakni Yesus Kristus. Menurut Anda, apakah orang yang kita cintai yang telah meninggal sekarang tinggal disurga? Ayat ini tidak membenarkan hal tersebut.

9. Matius 6:9-10

Ayat 9 dan 10 : “Karena itu berdoalah demikian, Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

Inilah doa yang Yesus ajarkan kepada para murid yang belakangan disebut dengan “Doa Bapa kami”. Apa maksudnya frase “Jadilah kehendakmu di bumi seperti di Surga”? ini memaksudkan kita perlu berdoa supaya bumi ini segera dipulihkan dari pengaruh setan si ibis seperti di Surga. Surga adalah tempat yang kudus bersih dan indah, maka kita ingin kehendak Allah bagi bumi juga terjadi.

10. Mazmur 103:20-21

Ayat 20 dan 21 : “Pujilah TUHAN, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya. Pujilah TUHAN, hai segala tentara-Nya, hai pejabat-pejabat-Nya yang melakukan kehendak-Nya”

Hanya Allah lah yang layak menerima kemuliaan dan kuasa sebab oleh Dia segala sesuatu ada, di Surga ada jutaan malaikat atau makhluk roh yang memuliakan dan melaksanakan firman Allah. Disanalah satu satunya tempat yang tidak akan pernah mati, terang benderang, belum pernah dilihat oleh manusia. Karena hanya bagi Allah kehormatan dan keperkasaan itu selaras ayat di 1 Timotius 6:15,16.

11. Yohanes 6:51

“Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”

12. Yesaya 55:9

“Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.”

13. Yeremia 32:17

“Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu yang terentang. Tiada suatu apa pun yang mustahil untuk-Mu!”

14. Yeremia 23:24

“Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN.”

15. Wahyu 3:5

“Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.”

16. Wahyu 3:21

“Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.”

17. Ulangan 4:39

“Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.”

18. Pengkhotbah 5:15

“Ini pun kemalangan yang menyedihkan. Sebagaimana ia datang, demikian pun ia akan pergi. Dan apakah keuntungan orang tadi yang telah berlelah-lelah menjaring angin?”

19. Pengkhotbah 3:1

“Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.”

20. Mazmur 73:25

“Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi.”

21. Mazmur 33:6

“Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.”

22. Mazmur 19:1-2

“Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya.”

23. Mazmur 139:7-8

“Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.”

24. Mazmur 124:8

“Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.”

25. Mazmur 108:5

“sebab kasih-Mu besar mengatasi langit, dan setia-Mu sampai ke awan-awan.”

26. Matius 7:21

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.”

27. Matius 6:19-20

”Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”

28. Matius 5:19

“Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.”

29. Matius 5:18

“Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.”

30. Matius 4:17

“Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: ”Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”

31. Matius 24:35

“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

32. Matius 19:21

“Kata Yesus kepadanya: ”Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.””

33. Matius 19:14

“Tetapi Yesus berkata: ”Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

34. Matius 16:19

“Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kau ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

35. Markus 16:19

“Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.”

36. Lukas 24:50-51

“Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.”

37. Lukas 16:23-24

“Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.”

38. Lukas 15:7

“Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

39. Lukas 10:20

“Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.”

40. Kolose 3:2

“Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.”

41. Kisah Para Rasul 2:1-2

“Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk”

42. Kisah Para Rasul 1:9

“Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.”

43. Kisah Para Rasul 1:10-11

“Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: ”Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

44. Kejadian 1:1-2

“Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”

46. Filipi 3:20

“Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat”

47. Filipi 2:9-10

“Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi”

48. Efesus 6:12

“karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”

49. Amos 9:6

“yang mendirikan anjung-Nya di langit dan mendasarkan kubah-Nya di atas bumi; yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi – TUHAN itulah nama-Nya.”

50. 2 Timotius 4:18

“Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.”

51. 2 Korintus 5:1

“Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.”

52. 1 Yohanes 3:2-3

“Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.”

53. 1 Timotius 6:7-8

“Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.”

54. 1 Tesalonika 4:16-17

“Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.”

Baca Juga :
Ayat Alkitab tentang Roh Kudus
Ayat Alkitab tentang Pria dalam Kristen
Ayat Alkitab tentang Rendah Hati


Inilah uraian lengkap seputar ayat Alkitab tentang surga, ini hanya beberapa saja, masih ada banyak lagi permata rohani tentang surga dari Alkitab. Perkataan Yesus tentang Surga dapat kita percaya dan kita pegang teguh, sebab kehidupan ada di dalam Dia.

Upaya yang kita lakukan sekarang tidaklah sebanding dengan berkat yang akan kita terima dari surga jika tetap setia, tetaplah bertekad untuk hidup di dalam TUHAN dan standar Kristen yang adil benar. Genggamlah berkat di masa depan di bawah pemerintahan Yesus Kristus dan Kerajaan Surga yang kekal untuk selama lamanya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!