25 Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun Pernikahan dalam Kristen

Kristenly.com – Memiliki hubungan rumah tangga yang terhitung cukup lama dan jauh dari banyak pertikaian memang harus disyukuri, hal ini menjadi salah satu karunia besar Tuhan bagi umatNya, seperti halnya pada ayat Alkitab tentang ulang tahun pernikahan.

Sekalipun seseorang sudah menemukan pasangan hidupnya, bukan berarti kehidupan mereka akan berhenti. Sama halnya ketika Anda memaknai sebuah pernikahan maka identik untuk menyambut berbagai tantangan baru kedepannya.

Sebagai pasangan hidup yang memutuskan untuk tinggal bersama, tentu tanggung jawab pun akan bertambah. Terutama jika Anda sudah dikaruniai oleh anak, maka harus dipenuhi kebutuhannya sampai tumbuh besar.

Pernikahan bisa dikatakan Anda akan menyatukan dua keluarga, pastinya hal ini cukup sulit untuk dilakukan terutama jika memiliki latar belakang yang berbeda antar keduanya. Jadi bukan berarti mempunyai pasangan hidup, beban akan berkurang karena tanggung jawab justru bertambah.

Baca juga: 1100+ Ucapan Anniversary Pernikahan Romantis, Lucu, Keren

Ayat Alkitab Tentang Ulang Tahun Pernikahan

ilustrasi kue ulang tahun pernikahan
ilustrasi kue ulang tahun pernikahan, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah ayat Alkitab tentang ulang tahun pernikahan yang perlu Anda pahami, memiliki hubungan rumah tangga memang sudah seharusnya disyukuri terlebih jika sudah melewati berbagai rintangan.

1. Markus 10:6-9

“Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

2. Amsal 18:22

“Siapa mendapat isteri, mendapat sesuatu yang baik, dan ia dikenan TUHAN.”

3. 1 Korintus 7:1-2

“Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.”

4. Maleakhi 2:14-16

“Dan kamu bertanya: “Oleh karena apa?” Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu. Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya. Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat.”

5. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

Baca juga: 5 Doa Pernikahan Kristen Agar Lancar dan Untuk Undangan

6. Pengkhotbah 4:9

“Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.”

7. 1 Petrus 4:8

“Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.”

8. Bilangan 6:24-26

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”

9. Mazmur 118:24

“Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!”

10. Yakobus 1:12

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.”

Baca juga: 12 Kata-kata Janji Pernikahan Kristen Protestan dan Katolik (Terlengkap)

11. Kejadian 1:28

“Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

12. Yosua 24:15

“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

13. 1 Korintus 11:3

“Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

14. Efesus 5:22-23

“Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.”

15. 1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

Baca juga: 40 Lagu Rohani Kristen Untuk Pernikahan Terbaik & Direkomendasikan

16. Efesus 5:33

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.”

17. 1 Korintus 7:3-4

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.”

18. 1 Timotius 5:8

“Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.”

19. Kolose 3:18-19

“Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.”

20. Efesus 5:25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

Baca juga: Kata-kata Undangan Pernikahan Kristen

21. 1 Korintus 7:14

“Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.”

22. Korintus 13:4

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

23. Efesus 4:32

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

24. Kolose 3:15

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.”

25. Galatia 6:2

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.”

Baca juga: 50 Ucapan Pernikahan Kristen yang Menyentuh Hati 2022

Dengan membaca ayat Alkitab tentang ulang tahun pernikahan, Anda pun akan mendapatkan gambaran mengenai kehidupan rumah tangga. Tidak hanya bersenang-senang saja, melainkan juga menyelesaikan berbagai masalah bersama.

Anda perlu meminimalkan adanya pertengkaran dalam rumah tangga meskipun hal ini wajar saja terjadi, sebagai pasangan memang harus dituntut untuk selalu menyelesaikan berbagai permasalahan bersama-sama.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!