15 Ayat Alkitab Tentang Waktu Tuhan yang Terbaik

Kristenly.com – Masa lalu terus terkubur tergantikan dengan detik baru, tidak ada yang mampu menghentikan laju perjalanan denting jam. Melalui ayat Alkitab tentang waktu Tuhan, dapatkan sumber inspirasi untuk tetap optimis mendapatkan impian meskipun kondisi sedang sangat sulit.

Waktu terus bergerak maju tanpa pernah berhenti sedetikpun, manusia terus bergulat dengannya menemukan jati diri terbaik dan kebahagiaan. Sangat menyesakkan ketika kegagalan datang serta kesempatan telah berakhir.

Tuhan Yesus memberikan waktu untuk manusia manfaatkan sebaik-baiknya. Membuang masa demi hal-hal tidak penting, sungguh akan membawa umat ke dalam kerugian sangat besar. Dengan begitu, tidak akan menemukan kebahagiaan sejati.

Penyesalan selalu hadir di akhir perjalanan. Oleh sebab itu, penting sekali menghargai waktu yang terus berjalan. Meskipun, masa lalu sangatlah sulit, jangan menyerah dengan mengambil kesempatan baru lebih baik lagi.

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Bahasa Roh yang Harus Dipahami

Daftar Ayat Alkitab Tentang Waktu Tuhan

ilustrasi waktu
ilustrasi waktu, sumber gambar: pexels.com

Perjalanan manusia terus berlanjut tanpa bisa menghentikannya. Supaya bisa memanfaatkan waktu secara maksimal untuk hal penuh keberkatan, sebaiknya membaca ayat Alkitab tentang waktu Tuhan seperti berikut ini. Dengan begitu, juga menambah semangat dalam hidup.

1. Pengkhotbah 3:11

“Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” (Pengkhotbah 3:11)

2. Amsal 21:5

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21:5)

3. Amsal 27:1

“Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.” (Amsal 27:1)

4. Yakobus 4:13‭-‬17

“Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yakobus 4:13‭-‬17)

5. Mazmur 31:16

“Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku!” (Mazmur 31:16)

Baca juga: 36 Ayat Alkitab Tentang Firman Tuhan yang Baik

6. Efesus 5:15‭-‬17

“Karena itu, perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.” (Efesus 5:15‭-‬17)

7. Mazmur 90:12

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12)

8. Markus 13:32‭-‬33

“Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.”  “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.” (Markus 13:32‭-‬33)

9. 2 Petrus 3:8‭-‬9

“Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.” (2 Petrus 3:8‭-‬9)

10. 1 Tesalonika 5:1‭-‬3

“Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman — maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin — mereka pasti tidak akan luput.” (1 Tesalonika 5:1‭-‬3)

11. Roma 13:11

“Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.” (Roma 13:11)

12. Amsal 6:6‭-‬8

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:  biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,  ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.” (Amsal 6:6‭-‬8)

13. Pengkhotbah 3:1

“Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.” (Pengkhotbah 3:1)

14. Yohanes 9:4

“Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.” (Yohanes 9:4)

15. Kolose 4:5‭-‬6

“Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.” (Kolose 4:5‭-‬6)

Baca juga: 75 Ayat Alkitab Tentang Perlindungan Tuhan Bagi Orang Percaya

Manusia hidup terus berkejaran dengan waktu. Hanya ada dua kemungkinan, berupa kesuksesan atau kegagalan. Namun, semuanya akan terasa lebih melegakan ketika mampu memanfaatkan setiap detiknya secara penuh kebermanfaatan.

Menjalankan hari-hari bahagia terasa sangat cepat berlalu, namun ketika momen penuh kesusahan rasanya terlalu lama jam tidak bergerak. Memahami kembali makna ayat Alkitab tentang waktu Tuhan, semoga menjadikan kita sebagai umat Kristen yang mampu memanfaatkan masa secara berguna.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!