10 Ayat Alkitab Tentang Yatim Piatu Dalam Kristen

Kristenly.com – Bukan menjadi hal yang mudah ketika seorang anak kehilangan ayah dan ibunya. Tentu mereka merasakan trauma, kesedihan, kesendirian bahkan hidup sudah tidak berarti lagi karena kehilangan harapan satu-satunya. Begitupun ketika Yesus mengatakan hal ini kepada murid-muridNya.

Tuhan Yesus berkata jika Dirinya tidak akan meninggalkan mereka ketika sudah menjadi yatim piatu, perasaan muridNya pun langsung campur aduk. Yesus memberikan tiga perintah yakni jangan gelisah, selalu percaya kepada Allah dan Tuhan Yesus.

Dengan meyakini ayat Alkitab tentang yatim piatu, tentu Anda akan tergerak hati untuk mencoba memuliakan mereka. Tentu saja ada balasan sepadan ketika seseorang memberikan hal baik kepada orang lain terutama jika anak-anak sudah kehilangan kedua sosok orang tuanya.Selain itu, Roh Kudus sebenarnya sudah ada dalam diri kita masing-masing, perannya juga menjadi penasihat, perantara, pembela hingga penghibur. Maka dari itu, apabila dengan kehadirannya tidak berhasil menggerakkan hati untuk berbuat kebaikan tentu akan terasa sia-sia.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Semangat Hidup

Ayat Alkitab Tentang Yatim Piatu

ilustrasi alkitab membahas yatim piatu
ilustrasi alkitab membahas yatim piatu, sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda yang ingin sekali memuliakan anak-anak pasca kepergian ayah dan ibunya, maka cermati ulasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang yatim piatu di bawah ini.

Tentu saja ada banyak penderitaan dan kesengsaraan dalam diri mereka meskipun sebenarnya tidak terlihat, namun kehilangan sosok ayah dan ibu merupakan hal yang menyakitkan untuk dialami oleh anak-anak maupun dewasa.

Yakobus 1:27

“Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.”

Yohanes 14:28

“Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.”

Mazmur 68:5

“Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus;”

Mazmur 146:9

“TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.”

Ayub 29:12

“Karena aku menyelamatkan orang sengsara yang berteriak minta tolong, juga anak piatu yang tidak ada penolongnya;”

Keluaran 22:22

“Seseorang janda atau anak yatim janganlah kamu tindas.”

Mazmur 10:14

“Engkau memang melihatnya, sebab Engkaulah yang melihat kesusahan dan sakit hati, supaya Engkau mengambilnya ke dalam tangan-Mu sendiri. Kepada-Mulah orang lemah menyerahkan diri; untuk anak yatim Engkau menjadi penolong.”

Mazmur 82:3

“Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!”

Ratapan 5:3

“Kami menjadi anak yatim, tak punya bapa, dan ibu kami seperti janda.”

Amsal 23:10

“Jangan engkau memindahkan batas tanah yang lama, dan memasuki ladang anak-anak yatim.”

Baca juga:


Itulah tadi ulasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang yatim piatu yang penting untuk Anda pahami. Bahwa jangan sekali-kali membuat mereka semakin menderita dan sengsara, mengingat bahwa sebenarnya kehilangan sosok ayah dan ibu sudah penuh dengan penderitaan dan kesedihan.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memuliakan mereka. Berikan sedikit sumbangan atau berbagi kebutuhan pokok lainnya. Setidaknya bagikan kebahagiaan bersama anak yatim piatu agar mereka dapat merasa bahagia dan mengobati rasa rindunya terhadap ayah dan ibu.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!