8 Ayat Alkitab Tentang Zina yang Wajib Dipahami dan Dihindari

Kristenly.com – Perbuatan zinah adalah perbuatan yang melanggar norma susila dan juga agama, dalam agama apapun pasti melarang adanya tindak perzinahan. Ayat Alkitab tentang zinah juga mengatur hal tersebut dan menggolongkannya sebagai salah satu dosa yang paling dibenci Tuhan.

Zinah merupakan perbuatan yang berasal dari dalam diri, maka hal itulah yang membuat perbuatan ini menajiskan. Sebab perbuatan tercela ini diawali dari pikiran maupun niat sadar pelakunya, yang kemudian dipakai oleh Iblis sebagai celah untuk bisa menjatuhkan manusia dalam dosa. Tuhan mengasihi manusia sepenuhnya, namun Dia tidak bisa menerima keberadaan dosa. Terlebih jika yang dicemari adalah tubuh, yang adalah bait kepunyaanNya.

Baik itu zinah yang dilakukan dalam pikiran, dilakukan mandiri, maupun dengan pasangan, semuanya berujung pada maut. Keterikatan pada zinah seringkali merusak hingga ke dalam diri, sebab bukan hanya tubuh yang dirusak tetapi juga pikiran. Jika ada celah terbuka sedikit saja, maka mereka yang lemah imannya bisa jatuh kembali ke dalam dosa yang sama.

Sebab itulah dibutuhkan intensitas hubungan yang baik dan benar dengan Tuhan, Allah adalah kudus. Jika kita ingin bisa bertemu dengan Allah, maka kita harus terlebih dahulu meminta untuk disucikan dan menjauhi segala tindakan yang bisa membuka peluang untuk berbuat dosa lagi.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Hamil di Luar Nikah

Daftar Ayat Alkitab Tentang Zina

ilustrasi Alkitab membahas zina
ilustrasi Alkitab membahas zina, sumber gambar: unsplash.com

Di dalam sepuluh Perintah Tuhan juga terdapat hukum yang menulis tentang larangan untuk berbuat zinah, bahkan menginginkan di dalam hati saja sudah merupakan tindakan yang dilarang oleh Tuhan. Jika kita ingin lepas dari dosa ini, maka kita harus mau mengubah total semua kebiasaan kita.

Perbuatan zina merupakan tindakan yang tidak hanya melanggar norma agama melainkan juga asusila, di dalam agama apapun, perzinahan dilarang karena menjadi dosa paling dibenci oleh Tuhan. Bahkan dianggap menjijikkan dan najis untuk dilakukan sama seperti ulasan ayat Alkitab tentang zina di bawah ini:

1. Matius 5:27-28

“Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.”

Di dalam Matius 5:27-28 menunjukkan penjelasan Yesus mengenai zinah namun seringkali orang-orang sekedar mengartikannya sebagai hubungan seks tidak sah. Padahal ketika Anda hanya sekedar merasa tertarik dengan lawan jenis, maka hal seperti ini sudah bisa dikatakan awal dari perzinahan.

Orang-orang memang sering mengabaikan definisi yang sudah jelas diberikan Tuhan. Jadi zina tidak hanya sekedar melakukan hubungan seks saja melainkan jika berada di dalam pikiran untuk menginginkannya, maka telah muncul keinginan terhadap hal tersebut sehingga perlu dihindari.

2. Matius 19:9

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

Yesus juga memberikan penjelasan mengenai zina di dalam ayat Matius 19:9, berzina tidak hanya diartikan sebagai kegiatan melakukan hal-hal seksual melainkan juga tindakan perceraian. Tentu Anda mengingat jika suatu pernikahan akan menyatukan dua orang belah pihak dengan berbagai perbedaan.

Yesus mengingatkan dengan jelas bahwa apa yang telah dipersatukan oleh Allah semestinya tidak dapat dipisahkan manusia secara mudah, Tuhan Yesus pun mengatakan jika sebenarnya perceraian sebenarnya tak perlu dilakukan terlebih jika seorang pasangan sudah bersama dalam waktu lama.

3. Ayub 24:15

“Orang yang berzinah menunggu senja, pikirnya: Jangan seorang pun melihat aku; lalu dikenakannya tudung muka.”

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial sehingga tidak dapat hidup sendirian. Mereka harus bersosialisasi dengan orang lain untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan, namun sayangnya banyak diantaranya menganggap jika zina justru menjadi salah satu alasannya.

Ayat tentang zina menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan zina akan terus berusaha untuk menutupi dirinya dari dunia luar. Pasalnya mereka telah menyadari jika sudah melakukan kesalahan besar dan menyesalinya, hal ini bisa membuatnya kesulitan menjalani kehidupan seperti biasa.

4. Amsal 30:20

“Inilah jalan perempuan yang berzinah: ia makan, lalu menyeka mulutnya, dan berkata: Aku tidak berbuat jahat.”

Sebagai manusia, tentu Anda sadar jika semua orang diciptakan dengan keunikannya masing-masing sehingga tidak dapat disamakan, perbedaan ini juga dapat dilihat ketika seseorang menentukan cara bagaimana menghadapi permasalahan agar bisa terselesaikan dengan baik tanpa membuatnya rumit.

Begitu pula dengan orang yang telah melakukan zina, banyak diantara mereka memilih untuk menutup diri dari lingkungan luar karena merasa tidak memiliki jalan keluar atas kesalahan tersebut. Mereka tetap berusaha agar tak ada teman, saudara atau anggota keluarga mengetahui karena merasa malu.

5. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

Di dalam Ibrani 13:4 menjelaskan bahwa zina merupakan perbuatan yang akan merusak pernikahan. Pasalnya jika seseorang telah terbukti melakukannya maka sama saja dengan menghina perjanjian perkawinan dalam agama Kristen, tentu saja hal ini perlu Anda hindari karena berakibat fatal.

Sesuai dengan sakramen Kristen, pernikahan menjadi sesuatu yang sakral dan kudus sehingga jika seseorang telah melakukan hubungan seksual sebelumnya dapat dikatakan telah menghina janji perkawinan. Ayat ini secara tegas mengatakan jika pezina akan dihakimi langsung oleh Allah.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Hukum Tabur Tuai

6. 1 Korintus 6:9

“Atau tidak tahukah kamu bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit.”

Paulus secara tegas menjelaskan bahwa segala perbuatan yang sesat termasuk juga zina akan mendapatkan penghakiman langsung dari Allah, seorang pezina dapat dikatakan sebagai orang dengan ketidakadilan karena telah merebut status pasangannya karena sudah ditetapkan.

Bahkan di dalam 1 Korintus 6:9 menjelaskan bahwa orang berzina tidak akan mendapat bagian dari Kerajaan Allah, hal ini menunjukkan jika tindakan zina memang perbuatan dosa berat sehingga Anda harus menjauhinya. Larangan ini wajib untuk dijauhi agar tetap mendapatkan kasih penuh Tuhan.

7. Amsal 6:32

“Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.”

Mungkin sebagian orang masih tidak peduli dengan hukuman dosa dan neraka karena mereka belum mempercayainya secara penuh, namun Amsal 6:32 telah menjelaskan bahwa berzina sama seperti seseorang tidak berakal budi. Tentunya Anda tak mau disamakan dengan kalangan seperti itu.

Secara tidak langsung, Ayat ini menjelaskan bahwa orang yang berzinah bukan seorang manusia karena mereka tak mempunyai akal budi ketika melakukan perbuatan zina tersebut. Tindakan ini bukan menjadi hal menguntungkan baik secara rohani maupun jasmani bahkan hanya akan merusak diri.

8. 2 Petrus 2:14

“Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!”

Perbuatan dosa yang berasal dari daging manusia harus dihilangkan dalam diri pribadi agar menjadi berkenan di depan Allah sehingga layak menerima janji keselamatannya, tentu hal ini perlu Anda perhatikan agar benar-benar merasa takut untuk melakukannya dan tetap menjadi umat baikNya.

Mengingat bahwa Tuhan menjadi satu-satunya penyembahan maka akan terasa sulit bagi mereka yang sudah melakukan perbuatan zina. Rasa bersalah pasti terasa sangat membebani bahkan mengganggu kehidupan sehari-hari, selain itu juga susah menjalani aktivitas seperti biasanya dengan orang sekitar.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Aborsi

Dosa memang seringkali terasa nikmat pada awalnya, hal inilah yang membuat banyak orang jatuh bangun di dalam dosa. Namun saat kita sudah memahami awal lahirnya dosa dan hukuman yang akan diterima nantinya, kita pasti akan berpikir ulang untuk mau melakukan dosa.

Selain itu, jika kita cinta kepada Tuhan, mustahil kita mau mencemarkan tubuh yang merupakan tempatNya berdiam. Tubuh, pikiran dan hati harus selalu bersih. Untuk bisa menjauh dari dosa, kita tidak bisa berusaha dengan kemampuan sendiri tetapi harus selalu melibatkan Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!