34 Ayat Alkitab Untuk Orang Pesimis Saat Menghadapi Tantangan

Kristenly.com – Ayat Alkitab untuk orang pesimis bisa Anda jadikan sebagai bekal bahwa masa kehilangan harapan akan segera berlanjut, yakinlah bahwa pertolongan Tuhan selalu nyata terutama bagi orang-orang beriman.

Tentunya ada masa dimana orang-orang merasa pesimis akan harapannya, terlebih ketika mereka sudah mengalami banyak kegagalan semasa hidupnya sehingga ragu dan takut untuk mencoba kesempatan lagi.

Masa dimana Anda merasakan pesimis memang bisa dikatakan sebagai hal yang wajar, banyak orang juga mengalaminya bahkan tidak sedikit diantaranya memutuskan untuk menyerah dalam mencoba kesempatan barunya.

Sebagai umat Kristiani yang beriman, Anda pun bisa melewati masa pesimis ini dengan keyakinan akan pertolongan dari Tuhan. Cobalah untuk selalu yakin bahwa Yesus Kristus pasti menolong pengikutNya.

Baca juga: 33 Ayat Alkitab Untuk Orang yang Minder

Ayat Alkitab Untuk Orang Pesimis

ilustrasi orang pesimis
ilustrasi orang pesimis, sumber gambar: pexels.com

Anda bisa mencoba untuk tidak pesimis lagi dengan memahami beberapa ayat di bawah ini, artikel berikut ini akan membahas mengenai sebagian penggalan dalam Alkitab yang menjelaskan orang kehilangan rasa optimisnya.

  1. Efesus 2:8 : “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.”
  2. Roma 8:28 : “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”
  3. Filipi 4:13 : “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”
  4. Mazmur 9:2 : “Aku mau bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib.”
  5. Kisah Para Rasul 2:38 : “Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”
  6. Roma 8:1 : “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.”
  7. Roma 15:13 : “Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.”
  8. Ibrani 13:6 : “Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?.”
  9. 2 Korintus 2:14 : “Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.”
  10. Mazmur 56:4 : “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu.”
  11. Mazmur 37:4 : “Dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.”
  12. Mazmur 103:1 : “Dari Daud. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!.”
  13. Ibrani 11:1 : “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”
  14. Efesus 3:12 : “Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.”
  15. 1 Yohanes 5:14 : “Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.”
  16. Matius 6:33 : “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
  17. Yohanes 8:31-32 : “Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu..”
  18. 1 Tawarikh 16:11 : “Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!.”
  19. 1 Petrus 5:8 : “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”
  20. 1 Petrus 1:13 : “Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu pernyataan Yesus Kristus.”
  21. Yeremia 17:7 : “Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan , yang menaruh harapannya pada Tuhan!.”
  22. Nahum 1:7 : “Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.”
  23. 2 Korintus 3:4-5 : “Demikianlah besarnya keyakinan kami kepada Allah oleh Kristus. Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah.”
  24. Matius 24:13 : “Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.”
  25. Mikha 7:7 : “Tetapi aku ini akan menunggu-nunggu Tuhan, akan mengharapkan Allah yang menyelamatkan aku; Allahku akan mendengarkan aku!.”
  26. Mazmur 125:1 : “Nyanyian ziarah. Orang-orang yang percaya kepada Tuhan adalah seperti gunung Sion yang tidak goyang, yang tetap untuk selama-lamanya.”
  27. Mazmur 71:5 : “Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya ALLAH.”
  28. Mazmur 23:1 : “Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.”
  29. Mazmur 23:2 : “Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang.”
  30. Mazmur 23:3 : “Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”
  31. Mazmur 23:4 : “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”
  32. Mazmur 23:5 : “Engkau menyediakan hidangan bagiku, dihadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.”
  33. Mazmur 23:1-6 : “Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.”
  34. Ibrani 12:2 : “Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.”
Baca juga: 42 Ayat Alkitab Untuk Orang yang Kehabisan Ide

Demikian beberapa ayat Alkitab tentang orang pesimis. Anda pun bisa saja mengalaminya kapan pun tanpa mengenal waktu, tentu saja masa seperti ini harus disikapi dengan benar.

Jangan sampai memutuskan untuk menyerah dan meninggalkan berbagai kesempatan yang berharga, tentunya masih ada rasa optimis dalam hati Anda agar bisa melanjutkan kehidupan dan selalu berjuang menjadi pribadi lebih baik.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!