7 Contoh Kata Sambutan Pidato Natal yang Baik dan Menyentuh

Kristenly.com – Momen perayaan hari lahirnya Yesus Kristus menjadi saat paling membahagiakan untuk umat Kristen. Ketika peringatan ini, ada ceramah yang sangat meneduhkan jiwa sehingga membuat diri menjadi lebih dekat dengan Tuhan, seperti pada contoh kata sambutan pidato natal yang baik dan menyentuh.

Saat perayaan natal akan banyak sekali acara untuk menyambutnya. Salah satu yang paling utama adalah mendengarkan pidato kerohanian. Isinya berupa pujian kepada sang Bapa, cinta kasih, rasa syukur, dan kata-kata motivasi bagi umat agar selalu mendekatkan diri dengan-Nya.

Memberikan pidato ketika momen natal tentu harus mampu membuat jemaat merasa khidmat dan terbawa ke dalam suasana kebahagiaan. Merayakan hari kelahiran Yesus Kristus tidak harus penuh kemegahan, dengan mendengarkan ceramah bisa mengantarkan jiwa menuju kekhusyukan sejati.

Wujud cinta dan kasih kepada Kristus terus terwujudkan dan tersampaikan lewat sambutan-sambutan pidato indah. Pendeta akan menyampaikan isi beragam tema sehingga memberikan kesan mendalam. Dengan begitu, jemaat bisa mengambil pelajaran berharga.

Baca juga: Contoh Susunan Acara Natal yang Baik dan Benar

Contoh Kata Sambutan Pidato Natal

ilustrasi microphone untuk pidato natal
ilustrasi microphone untuk pidato natal. Sumber gambar: pexels.com

Perayaan kelahiran Yesus Kristus selalu identik dengan Misa dan ceramah. Lewat kegiatan ini, akan memberikan asupan kerohanian kepada seluruh jemaat. Sebagai referensi, Anda bisa melihat sekumpulan contoh kata sambutan pidato natal terbaik 2022 berikut ini.

Contoh Sambutan Natal 1

Syalom dan Selamat Natal,
Pertama-tama kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, juruselamat kita.
Yang mana pada malam hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam perayaan natal di Gereja Mawar Sharon.

Sehubung dengan perayaan natal ini,
Saya mewakili segenap panitia untuk mengucapkan Terimakasih kepada Bapak / Ibu pendeta, kepada para undangan, serta kepada Bapak / Ibu kami, dan saudara / saudari sekalian yang telah menghadiri Natal di Gereja Mawar Sharon pada malam hari ini.

Kami dari panitia juga berterima kasih,
Kepada pihak-pihak yg telah menyumbangkan dana untuk membantu kami panitia, dalam mensukseskan kegiatan natal pada malam hari ini, dan kepada para majelis dan Lespiker yang mendukung kegiatan natal ini,

Saya secara pribadi ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan-rekan panitia atas kerjasamanya selama ini,

Kami juga panitia berterima kasih kepada semua yang hadir di tempat ini, yang setia mengikuti acara demi acara yang telah kami selenggarakan dan berpisah nantinya.

Disadari / tidak disadari, pasti selama perjuangan mengadakan perayaan natal ini, banyak suka dan duka, mungkin lebih dari itu ,!

Mungkin terjadi kesalah pahaman, di antara kita panitia dan teman-teman,
Baik perbedaan pendapat, ketersinggungan, ada sikap atau perilaku, maupun kata, dan pembicaraan yang tidak baik,

Namun kita tau itu timbul karena adanya semangat yang berbeda-beda, oleh sebab itu, kita tinggalkan itu semua dan bersukacita untuk merayakan hari kelahiran juruselamat yaitu Yesus Kristus.

Sebelum saya mengakhiri sambutan saya pada malam natal hari ini, saya selaku ketua panitia, mohon maaf yg sebesar-besarnya kepada semua yang hadir di tempat ini, jika belum merasa puas dalam pelayanan suasana acara, dan fasilitas, maupun kata-kata yang tidak berkenan di hati saudara / saudari.

Akhir kata, kami atas nama panitia natal Gereja Mawar Sharon mengucapkan selamat natal 22 Desember ……. dan Tahun Baru 1 Januari …………., Tuhan Yesus Memberkati.

Terimakasih.

Syalom

Contoh Sambutan Natal 2

Shalom bapak, ibu, saudara/i yang saya kasihi di dalam Tuhan kita Yesus Kristus

Pertama-tama saya mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, karena atas kasih dan penyertaan yang Ia limpahkan bagi saya dan saudara, kita semua dapat hadir di GerejaNya untuk merayakan perayaan Natal dalam keadaan sehat dan penuh suka cita.

Sesuai dengan tema Natal kita pada tahun ini yaitu “Kebersamaan Natal Sumber Kekuatan” kiranya kita dapat bersatu hati dan bersama-sama saling menopang satu dengan yang lainnya agar kebersamaan yang kita bentuk dapat menjadi kekuatan bagi kita semua. Kebersamaan yang ada kiranya akan terus ada bahkan ketika acara Natal ini telah usai. Kebersamaan yang dibangun kiranya dilandasi atas kasih Kristus sehingga kebersamaan yang tercipta itu tidak mudah hilang dan rusak.

Dalam perayaan Natal tahun ini dilakukan serangkaian acara mulai dari kunjungan kasih ke panti asuhan, pemberian bantuan kepada korban bencana alam dan yang terakhir perayaan Natal pada hari ini. Tujuan utama dari setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan tentu untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama manusia serta berbagi kasih dengan saudara-saudara disekeliling kita yang memerlukan bantuan.

Saya selaku ketua panitia Natal pada tahun ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah meluangkan waktunya serta tenaganya untuk menyelenggarakan acara Natal pada hari ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh jemaat yang hadir pada malam hari ini yang dengan penuh suka cita mengikuti perayaan Natal pada hari ini dengan penuh suka cita. Namun terlepas dari itu semua, saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus yang selalu menyertai saya dan memberikan kelancaran pada hari ini.

Demikianlah sedikit sambutan yang dapat saya utarakan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam menyampaikan sambutan ini. Kiranya damai sejahtera yang Tuhan Yesus limpahkan menyertai kita semua. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Baca juga: 50 Lirik Lagu Natal Terbaik Untuk Pujian Saat Ibadah Perayaan

Contoh Sambutan Natal 3

Syalom …..selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Pendeta …
Yang terhormat Pengurus Gereja YHS Church Palembang
Yang terhormat ketua dan rekan-rekan …

serta yang saya kasihi anak-anak sekolah minggu dan tamu undangan yang berbahagia pada sore hari ini, 

Salam sejahtera dalam Yesus Kristus bagi kita semua.
Pertama-tama, kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, juruselamat kita, yang mana pada sore hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam perayaan Natal ini. Sehubungan dengan perayaan Natal malam ini, saya mewakili segenap panitia untuk mengucapkan terimakasih kepada Pendeta, Pengurus Gereja YHS Church Palembang, dan Bapak/ibu, saudara/saudari sekalian yang telah menghadiri perayaan Natal pada malam hari ini.

Bapak, ibu, saudara/saudari yang berbahagia,
Sebagai ketua panitia Natal Gereja YHS Church Palembang tahun …………… ini, saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Natal ini, dimana diantara kesibukan tugas masing-masing yang menumpuk masih tetap mempersiapkan segala sesuatunya sehingga perayaan Natal pada malam hari ini dapat terlaksana. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Oleh karena itu, semoga kita semua dapat merasakan kasih damai Natal pada malam ini.

Sebelum saya mengakhiri sambutan saya pada malam Natal hari ini, saya selaku ketua panitia, mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua yang hadir di tempat ini, jika merasa belum puas atas pelayanan, susunan acara, fasilitas maupun kata-kata yang tidak berkenan dihati saudara saudari sekalian.

Demikianlah sambutan singkat ini saya sampaikan, semoga Tuhan Yesus selalu menyertai dan memberkati setiap langkah kita

Selamat hari Natal ………… dan selamat tahun baru ………….
Tuhan Yesus Memberkati …. Syalom.

Contoh Sambutan Natal 4

Shalom. Selamat malam teman-teman semua. Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena atas kasih dan penyertaanNya acara Natal pada hari ini dapat berjalan dengan lancar. Tentu saja saya tahu ini semua bukan karena kuat dan hebat saya maupun bukan karna kuat dan hebat panitia Natal, namun ini semua karena Tuhan Yesus yang telah menyertai dan melimpahkan kasihNya bagi kita semua.

Saya selaku ketua Natal Persekutuan Mahasiswa Kristen mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia karena telah bekerja keras sampai hari ini. Jika bukan karena bantuan teman-teman semua mungkin saya tidak dapat berdiri disini pada malam ini. Ada begitu banyak pengalaman yang saya rasakan, baik suka maupun duka kita lalui bersama.

Saya mohon maaf jika selama mempersiapkan acara Natal ini ada sikap atau perkataan saya yang menyinggung hati teman-teman. Kiranya kebersamaan kita dapat terus ada dimanapun kita berada dan kapanpun itu tidak hanya saat acara Natal ini saja.

Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman yang hadir pada malam hari ini yang dengan penuh sukacita ikut serta dalam perayaan Natal ini. Tema Perayaan Natal kita pada malam hari ini yaitu “Rise and Shine”. Tema Natal pada malam hari ini mengingatkan kita agar kita dapat menjadi terang yang bersinar di tengah kegelapan.

Kiranya setelah pulang dari tempat ini, teman-teman dapat menjadi terang bagi sekitar dan dapat menuntun orang lain menuju terang itu. Biarlah sinar dan terang itu melekat dalam diri kita seperti bintang di langit yang menerangi malam dan lilin kecil yang menyinari kegelapan. Sinar itu biarlah tetap terus terang dan tidak pernah redup agar kita dapat menjadi saksi dan berkat bagi sekitar kita.

Demikianlah sambutan dari saya. Kiranya damai dan sukacita Natal tercurah bagi teman-teman sekalian. Tuhan Yesus memberkati and Merry Christmas.

Baca juga: Contoh Undangan Perayaan Natal Terbaru Untuk Semua Gereja

Contoh Sambutan Natal 5

Syalom dan Selamat Natal,

Pertama-tama kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, juru selamat kita sehingga kita, pada malam yang khidmat ini dapat berkumpul bersama dalam perayaan natal di … Gereja …

Sehubungan dengan perayaan natal 2022 ini. Saya sebagai ketua/ wakil ketua/ maupun segenap panitia mengucapkan Terimakasih kepada Bapak / Ibu pendeta, kepada para undangan, serta kepada Bapak / Ibu kami, dan saudara / saudari sekalian yang telah menghadiri Natal pada malam hari ini.

Kami dari panitia natal kali ini mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yg telah menyumbangkan dana untuk membantu kami panitia. Kesuksesan kegiatan Natal malam ini tidak lepas dari bantuan dana dari bapak ibu semuanya.

Saya secara pribadi sangat berterima kasih atas kerja sama rekan-rekan panitia selama ini, Disadari / tidak disadari, pasti selama perjuangan mengadakan perayaan natal ini, banyak suka dan duka, tetapi itulah yang membuat kita menjadi lebih dekat kepada satu dengan yang lain maupun kepada Tuhan Yesus.

Kami juga panitia berterima kasih kepada semua yang hadir di tempat ini, yang setia mengikuti acara demi acara yang telah kami selenggarakan dan berpisah nantinya.

Terakhir, saya meminta maaf jika selama menjalankan kegiatan kepanitiaan Natal tahun ini banyak terjadi kesalahpahaman, perbedaan pendapat, ketersinggungan, ada sikap atau perilaku, maupun kata, dan pembicaraan yang tidak baik.

Marilah kita tinggalkan itu semua dan bersukacita untuk merayakan hari kelahiran juruselamat yaitu Yesus Kristus.

Akhir kata, kami atas nama panitia natal 2022 mengucapkan selamat natal dan tahun baru 2023. Tuhan Yesus memberkati, terima kasih

Contoh Sambutan Natal 6: Rektor UNPAR

Di setiap penghujung tahun kita merayakan Kelahiran Yesus Kristus dengan sukacita sekaligus menyambut tahun yang baru. Maka, pada kesempatan ini saya menyampaikan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarga masing-masing, kepada para alumni, para mitra kerja Unpar, dan kepada para mahasiswa dan orang tua: Selamat Natal dan Selamat Tahun Baru 2019. Semoga semuanya berada dalam sukacita, gembira, sehat dan selanjutnya dengan optimisme menyambut tahun yang baru.

Sepanjang tahun 2018 kita telah melakukan yang terbaik untuk Unpar, untuk teman, untuk keluarga, maupun untuk diri sendiri. Syukur atas semuanya itu. Terimakasih kepada siapa saja yang berjasa membuat semua itu terjadi. Tetapi, barangkali tidak luput adanya kealpaan, kegagalan, kekurangan, kekecewaan, bahkan mungkin sakit hati. Syukur, bahwa itu pun kita sadari dan sesali secara tulus. Selanjutnya, permohonan maaf layak disampaikan.

Maka dengan hati yang damai, mari kita rayakan Natal. Sebab, Natal menjadi tanda hadirnya sang kedamaian, dalam hati, dalam relasi sosial, dan dalam karya kita. Mari kita sambut Tahun Baru dengan sukacita dan pengharapan bahwa tahun 2019 akan memberi lebih banyak lagi kebaikan, keberhasilan, damai, dan sukacita.

Kepada anggota sivitas akademika Unpar yang tidak merayakan Natal, selamat berlibur, berkumpul bersama keluarga dan para sahabat, dan semoga selalu sehat dan penuh sukacita.

Mangadar Situmorang

Baca juga: Contoh Proposal Natal, Lengkap Dengan Rincian Biaya Terbaru

Contoh Sambutan Natal 7 Terbaru 2022

Shalom. Puji dan syukur saya haturkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena atas kasih dan penyertaannya kita semua bisa berada di gerejaNya dalam keadaan sehat tanpa kekurangan satu apa pun. Di dalam hari yang berbahagia ini, kita semua telah merayakan Natal dengan penuh suka cita sebab telah lahir bagi kita seorang Juru selamat.

Saya selaku panitia Natal di tahun ini dapat berdiri di sini tentunya bukan karena kuat dan hebat saya namun itu semua atas kasih dan penyertaan yang Tuhan limpahkan yang tidak pernah habis dan berhenti di dalam hidup dan kehidupan saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman saya yang telah membantu saya sehingga acara Natal pada hari ini dapat terlaksana.

Selama tiga bulan mempersiapkan acara Natal ini banyak sekali waktu yang kita habiskan sebab tiga bulan tidaklah sebentar. Suka dan duka kita lalui bersama. Bahkan sempat ada perbedaan pendapat diantara kami. Namun saya menyadari itu semua dapat terjadi atas seijin Tuhan. Saya mohon maaf jika selama tiga bulan ini ada kesalahan yang saya perbuat baik melalui perkataan maupun perbuatan saya. Kiranya kita dapat terus bersama meskipun acara Natal ini telah usai.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada jemaat yang hadir pada malam hari ini yang ikut serta bersama dengan kami untuk merayakan Natal dan penuh sukacita. Kiranya kasih dari Tuhan selalu menyertai saudara dimanapun saudara berada sebab kasihNya sedang mengunjungi dunia seperti tema Natal kita pada malam hari ini “Kasih Kristus Mengunjungi Dunia”.


Memberikan sambutan menjadi titik awal sebuah pidato akan bisa diterima dengan baik oleh jemaat. Maka, dalam menyampaikannya harus penuh kasih serta permulaan berupa perwujudan syukur atas segala nikmat dari Tuhan.

Melalui contoh sambutan pidato natal ini, semoga bisa memberikan gambaran untuk menuliskan sendiri sesuai tema dan menarik. Dengan memberikan penyambutan bagus, maka jemaat bisa menghayati pesan-pesan mendalam dari isi ceramah kerohanian tersebut.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!