35+ Doa Kristen Sebelum dan Sesudah Belajar yang Baik & Benar

Contoh Doa kristen sebelum dan setelah belajar terbaru 2022 – Belajar merupakan sebuah proses untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Sebagai umat Kristiani, kita tentu tahu bahwa belajar bisa dilakukan di sekolah, lingkungan, maupun Gereja.

Ketika belajar, kita didorong untuk bertumbuh dan mengembangkan diri sendiri melalui bantuan pihak-pihak yang memiliki pengetahuan lebih banyak. Kiranya segala wawasan ini mampu menjadi bekal dan sarana yang bermanfaat bagi banyak orang.

Supaya hasil belajar di sekolah semakin berbuah di dalam kehidupan, ada baiknya setiap anak mampu menyerahkan dirinya kepada Tuhan. Ia adalah sumber pengetahuan, hikmat, akal budi, dan kebijaksanaan.

Kebiasaan ini diharapkan tidak hanya sebagai prasyarat umum saja, melainkan mampu dimaknai dengan benar demi proses pembelajaran yang penuh berkat. Doa diucapkan agar kita dapat fokus pada saat belajar, agar ilmu yang kita dapat bisa benar-benar bermanfaat, agar kita menjadi anak yang baik di sekolah dan lain sebagainya.

Di sini kristenly menyajikan banyak contoh doa kristen ketika belajar, baik sebelum dan sesudah belajar yang singkat atau lengkap dengan bahasa yang baik, dan mudah.

Baca Juga: 4 Renungan Kristen Tentang Pendidikan dan Semangat Belajar

Daftar Isi

Kumpulan Doa Belajar Kristen Terbaru 2022 yang Baik

ilustrasi orang berdoa sebelum belajar
ilustrasi orang berdoa sebelum belajar, sumber gambar: unsplash.com

Pelajar dan mahasiswa sudah pasti mendapatkan banyak ilmu baru ketika belajar di sekolah atau kampus, wawasan tersebut harus bisa menjadi berkat yang mampu bermanfaat bagi sesama dan lingkungan. Untuk itu, doa sebelum dan sesudah belajar terbaru 2022 tentu sangat penting untuk dibiasakan.

1. Doa Belajar untuk Orang Dewasa

Bapa kami sembah, terima kasih atas segala penyertaan yang tak henti-hentinya. Tidak henti-henti pula kami mengucap syukur atas berkat nafas kehidupan yang Engkau berikan.

Tuhan Yesus, saya mau memulai kegiatan belajar saya, kiranya Engkau sertai dan bimbing agar apa yang saya pelajari pada hari ini dapat saya mengerti dan saya pahami.

Atas nama Tuhan Yesus saya telah berdoa dan mengucap syukur.

2. Doa Kristen untuk Memulai Kegiatan Belajar

Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah memberkati anakMu hingga sampai di sekolah dengan selamat. Terima kasih untuk nafas kehidupan, tubuh yang kuat, serta sarapan bergizi yang sudah dimasak oleh ibu. Sesaat lagi, saya akan memulai kegiatan belajar di sekolah.

Curahkanlah hikmat dan akal budi yang terang supaya saya bisa belajar dengan penuh fokus konsentrasi dalam menyerap setiap ilmu. Tuhan berkati setiap pengerjaan soal atau pekerjaan rumah yang diberikan guru agar bisa diselesaikan dengan baik.

Biarlah saya juga mau membagikan ilmu dan membantu teman-teman yang kurang paham dengan pelajaran tertentu. Terima kasih Tuhan Yesus Kristus. Amin.

3. Doa Kristen Sebelum Belajar Singkat

Mengucapkan doa untuk memulai dan mengakhiri pelajaran di sekolah memang penting bagi semua murid yang menimba ilmu. Di sinilah Tuhan akan memberkati setiap anak dengan pengetahuan dari padaNya.

Tuhan Yesus, sesaat lagi kami mau memulai kegiatan belajar mengajar di tempat ini. Berkatilah kami sebagai murid beserta tuntunan dari guru-guru yang akan menjelaskan setiap materi supaya bisa tertanam di hati dan pikiran kami.

Kami percaya bahwa Engkau saja yang memampukan setiap diri kami sebagai anak didik yang berbudi pekerti bagi sekolah, keluarga, bangsa, dan negara. Terima kasih Bapa yang baik. Amin.

Baca Juga: 9 Ayat Alkitab Tentang Giat Belajar Akan Kebenaran Tentang Kristen

Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Belajar

contoh doa kristen sebelum memulai pelajaran
contoh doa kristen sebelum memulai pelajaran, sumber gambar: unsplash.com

Pertama adalah doa yang dibaca sebelum mengawali pelajaran di sekolah pada pagi hari. Berikut adalah teks atau kalimat doa kristen sebelum belajar di kelas untuk Katolik maupun Protestan.

1. Doa Sebelum Belajar Kristen

Tuhan yang begitu baik, terima kasih atas seluruh penyertaan yang Engkau berikan kepada saya di pagi ini mulai dari udara segar, sarapan yang bergizi dan kesehatan sehingga saya bisa berangkat ke sekolah kembali.

Bimbinglah saya supaya dapat memahami materi pelajaran yang guru berikan kepada saya. Berkatilah saya supaya dapat menjadi siswa yang baik di sekolah. Bantulah agar setiap ilmu yang saya peroleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Amin.

2. Doa Belajar Kristen di Sekolah Singkat

Tuhan yang maha Mulia. Terima kasih atas segala penyertaan-Mu yang begitu melimpah pada hari ini, mulai dari diizinkan bangun untuk menghirup udara segar pada pagi hari, sarapan dengan makanan dan minuman yang bergizi serta berangkat ke sekolah untuk belajar. Sekarang saya akan mulai untuk belajar.

Berikanlah kami kekuatan untuk menjalani kegiatan belajar mengajar hingga sore hari, bantu kami agar dapat memahami pelajaran yang hendak disampaikan guru serta bimbing kami agar menjadi anak yang baik dalam lingkungan sekolah. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa, Amin.

3. Doa Agar Dilancarkan Dalam Menerima Pelajaran

Sebelum belajar, ya tuhan bapa kami memohon kepadamu agar pembelajaran di hari ini dimudahkan. Kemudian berikan roh kudus-mu supaya kami tidak kesulitan dalam menerima setiap pelajaran yang tuhan berikan. Sebab aku akan berusaha sungguh dalam mengikuti belajar hari ini, bantu aku ya tuhan.

Sesudah belajar, terimakasih tuhan karena hari ini sudah menyertai segala aktivitas belajar saya. Sehingga saya menjadi paham tentang apa yang diajarkan , dan semoga bermanfaat bagi kehidupan saya dan orang disekitar saya kelak.

4. Doa Agar Paham Materi Pelajaran

Sebelum belajar, bimbinglah kami tuhan supaya diberi kemudahan dalam menerima pembelajaran di hari ini. Berkati kami supaya menjadi siswa yang cerdas dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Sesudah belajar, tuhan yang maha baik terimakasih karena telah menyertai segala kegiatan belajar di hari ini. Sehingga kami mampu memahami pelajaran yang diberikan dan semoga itu menjadikan kami lebih taat kepadamu.

5. Doa Agar Diberikan Kecerdasan

Sebelum belajar, berikan kami kekuatan untuk menjalani pembelajaran di hari ini, berikan kami penerangan supaya dapat menerima apa yang disampaikan oleh guru.

Sesudah belajar,  terimakasih tuhan karena berkat bantuan-mu kami dapat menjadi paham dengan apa yang diberikan guru di kelas, dan semoga kami menjadi siswa yang cerdas.

6. Doa Supaya Proses Belajar lancar

Sebelum belajar, terimakasih tuhan karena engkau telah membangunkan aku di pagi hari dengan sehat dan dapat menghirup nafas segar. Terimakasih karena kami bisa sarapan dan belajar sekarang, bimbing kami supaya menjadi anak yang cerdas.

Sesudah belajar, terimakasih tuhan atas segala penyertaan yang tuhan berikan sehingga kami lebih mudah dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.

7. Doa Supaya Mudah Saat Belajar di Kelas

Sebelum belajar, berikan kami kekuatan untuk menghadapi pelajaran di pagi hari hingga sore hari ini, semoga kami menjadi murid yang baik dan berguna.

Sesudah belajar, terimakasih bapa yang ada di surga karena telah membimbing kami sampai selesai pelajaran di hari ini, semoga kami paham dengan materi yang diberikan di sekolah.

8. Doa Agar Diberikan Perlindungan Saat Belajar

Sebelum belajar, dalam nama tuhan yesus yang maha baik tolong berikan kami kekuatan dan pemahaman dalam sekolah hari ini, lindungi kami dimanapun kami berada.

Sesudah belajar, saya harap semoga apa yang dilakukan disekolah hari ini bisa berguna di masa yang akan datang yang akan menolong kami dari kesesatan.

9. Doa Syukur Mendapatkan Pelajaran

Sebelum belajar, wahai allah bapa kami semua kami memohon agar tuhan yesus memberikan kesiapan diri pada kami supaya kami dapat menjalankan tugas yang diutus dari padamu. Juga para murid yang mau belajar di dunia, supaya kami dapat belajar dengan baik untuk bersiap menghadapi masa depan kami.

Sesudah belajar, tuhan allah kami sangat bersyukur padamu sebab dengan segala berkat yang kau berikan selama kami menjalani pelajaran, kami menjadi paham. Dan semoga apa yang kami dapatkan di kelas hari ini dapat menjadi ilmu yang berguna kelak di hari yang akan datang dan tidak menjadikan kami sombong.

10. Doa Meminta Agar Dimudahkan Dalam Belajar

Sebelum belajar, kami mohon ya tuhan yesus, bapa kami semua agar kami diberikan akal budi supaya dapat menerima pelajaran yang diberikan di kelas hari ini. Berilah kami pikiran yang terang supaya kami dapat memahami setiap pelajaran yang diberikan oleh guru kami. Bantu kami dalam prose pembelajaran agar kami tidak goyah dan tersesat dalam kelemahan.

Sesudah belajar, wahai tuhan bapa segala puji dan rasa syukur kami berikan kepada tuhan sebab tuhan sudah membersamai kami ketika menerima pelajaran. Semoga apa yang kami dapatkan di kelas dan apa yang kami pelajari dapat menjadi bekal di masa yang akan datang dan bagi orang sekitar kami.

11. Doa Sebelum Memulai Pelajaran di Kelas

Tuhan yang Maha Mulia, terima kasih atas segala penyertaan-Mu yang tiada henti pada hari ini.

Sekarang saya akan mulai untuk belajar, Berikanlah kami kekuatan agar dapat menjalani kegiatan belajar-mengajar secara lancar hingga selesai.

Bantulah kami agar dapat memahami pelajaran yang hendak disampaikan guru, serta bimbing kami agar menjadi anak yang baik dalam lingkungan sekolah.
Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa.

12. Doa Sebelum Belajar Agama Kristen Terbaru 2022

Tuhan yang baik, pada hari ini kami akan memulai kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kami mengharap dengan adanya pelajaran ini kami bisa terus bersyukur bahwa Engkau selalu menyertai setiap langkah kami.

Begitu pula hari ini, kami berterima kasih karena penyertaan-Mu, kami dapat menempuh pendidikan yang layak. Kami mohon berkatilah kegiatan belajar kami ini agar ilmu yang diterima dari guru dapat bermanfaat.

Bagi yang belum berkesempatan bersekolah, biarlah Tuhan membantu mereka agar bisa secepatnya menuntut ilmu.

Ya Tuhan, kami juga mohon bimbinglah kami menjadi murid yang pandai dalam akademik, serta juga memiliki sikap yang baik dan tulus.

13. Doa Sebelum Belajar untuk Anak-anak

Tuhan Yesus, terima kasih karena Tuhan Yesus masih memberikan nafas kehidupan serta kesehatan kepada saya. Berkat itulah saya kini bisa belajar yang sebentar lagi mau mulai.

Saya mengharap kiranya Tuhan Yesus menyertai dan memberkati saya agar saya dapat mengerti dan dapat mengerjakan soal yang nanti akan diberikan oleh guru.

Dengan begitu, saya bisa mendapatkan nilai yang baik dan membuat papa dan mama senang.

14. Doa Sebelum Belajar Kristen Singkat

Tuhan yang Mahabaik, pimpin dan bimbinglah anakMu selama menimba ilmu di sekolah dari awal hingga akhir. Berkati teman-teman dan guru yang menemani saya selama di sekolah. Semoga pelajaran hari ini bisa tertangkap dan tertanam dengan baik dalam diri saya.

Tuhanlah sumber dari segala sumber pengetahuan. HikmatMu tiada terselami untuk melingkupi saya dalam melaksanakan peran sebagai seorang pelajar yang taat. Amin.

15. Doa Kristen Sebelum Belajar di Sekolah

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas berkat yang boleh kami terima sampai sekarang. Terima kasih untuk nafas kehidupan dan sarapan yang menguatkan setiap aktivitas di sekolah. Sesaat lagi, kami mau memulai kegiatan belajar mengajar pada hari ini.

Kiranya Tuhan saja yang menyertai kami dalam setiap tingkah laku dan perbuatan kepada diri sendiri maupun sesama. Berikanlah rahmatMu supaya setiap materi yang disampaikan bapak/ibu guru boleh berbuah dengan baik.

Berkatilah setiap ilmu pengetahuan agar bisa bermanfaat untuk kami sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, serta bangsa dan negara. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

16. Doa Kristen Sebelum Belajar Untuk Guru

Bapa yang Mahabaik, terima kasih atas kesempatan yang Engkau berikan sehingga saya bisa sampai di sekolah dengan selamat. Sesaat lagi, saya mau berdoa untuk berkat kelancaran dalam membina dan mengajar anak didik di tempat ini.

Berikanlah saya hikmat dan akal budi yang terang supaya yang boleh disampaikan hanya berasal dari Engkau. Saya yakin dan percaya segala pengetahuan ini asalnya dari Kristus saja. Mampukan dalam setiap penyampaian yang harus diucapkan dan tertanam bagi murid-murid saya.

Berkatilah aktivitas mengajar hari ini dari supaya berjalan lancar dari awal, pertengahan, hingga akhir. Saya serahkan seluruhnya hanya ke dalam tangan kasihMu. Terima kasih Tuhan Yesusku. Amin.

Baca Juga: 31 Ayat Alkitab Tentang Pendidikan dan Pembelajaran

Contoh Doa Kristen Untuk Mengakhiri Kegiatan Belajar

contoh doa kristen untuk mengakhiri pelajaran
contoh doa kristen untuk mengakhiri pelajaran, sumber gambar: unsplash.com

Yang kedua adalah doa yang dibaca setelah selesai belajar, ketika akan pulang sekolah, doa yang dibaca untuk mengucap syukur karena Tuhan telah menyertai kita selama satu hari di sekolah, memberi kesempatan bagi kita untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi banyak pihak.

1. Doa Setelah Belajar Kristen

Bapa yang bertahta di Sorga. Terima kasih telah membimbing saya untuk menjalani aktivitas selama sehari di sekolah. Terima kasih telah menyertai saya dalam memahami materi pelajaran serta menjaga tata krama di sekolah.

Saya berharap semoga apa yang saya lakukan di sekolah pada hari ini memiliki manfaat penting bagi kehidupan saya di masa yang akan datang. Semoga ilmu yang saya peroleh juga bisa bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara. Untuk hari ini saya ingin mengakhiri kegiatan belajar. Terima kasih banyak Tuhan, kepada Yesus Kristus saya berdoa. Haleluya, Amin.

2. Doa Sesudah Belajar Kristen di Sekolah Singkat

Tuhan yang maha mulia. Terima kasih telah membimbing dan mendampingi saya dalam menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah. Banyak ilmu yang telah saya dapat dari pelajaran yang disampaikan oleh guru-guru.

Semoga apa yang saya pelajari dapat bermanfaat bagi diri saya, orang lain hingga bangsa dan negara. Dalam nama Yesus Kristus sang juru selamat kami yang hidup, saya bersyukur. Amin.

3. Doa Mengakhiri Pelajaran di Kelas

Tuhan yang Maha Mulia, kini proses belajar-mengajar kami telah selesai. Terima kasih karena selama proses belajar tadi Engkau telah mendampingi dan membimbing kami.

Tuhan, terima kasih, sebab melalui pelajaran yang disampaikan oleh guru, Engkau berikan berkat sehingga banyak ilmu yang kami serap. Kami mengharap ilmu ini dapat bermanfaat bagi diri kami, sesama, bahkan bermanfaat juga bagi bangsa dan negara.

Atas nama Yesus Kristus sang juru selamat kami yang hidup, saya bersyukur.

4. Doa Sesudah Belajar Agama Kristen Terbaru 2022

Bapa, kami bersyukur pada-Mu, sebab telah menyertai kami selama belajar tadi. Kami mengharap semoga apa yang dipelajari tadi dapat berguna bagi kami dan orang lain.

Bapa, ajarkan kami supaya tidak sombong dan congkak dengan bertambahnya ilmu kami.

Bapa, kami juga mohon ampun apabila selama belajar kami lalai. Kami juga mengharap agar kegagalan dan kesulitan dalam belajar tadi tidak membuat kami putus asa.

Semua ini kami serahkan pada-Mu, Bapa kami, dengan perantara Yesus, Tuhan kami.

5. Doa Sesudah Belajar untuk Anak-anak

Tuhan Yesus, saya telah selesai belajar. Terima kasih karena Tuhan Yesus sudah menyertai saya selama proses belajar.

Saya mengharap apa yang telah saya pelajari dapat terus saya ingat dan saya pahami sehingga saat ulangan saya bisa mengerjakan soal yang diberikan dengan baik.

Atas nama Tuhan Yesus saya berdoa dan mengucap syukur.

6. Doa Sesudah Belajar Kristen Protestan

Tuhan Yesus, kembali saya menghadap Engkau untuk mengucapkan syukur atas penyertaanMu selama beraktivitas di sekolah. Saya boleh menimba ilmu menjadi sarana pengetahuan yang mendewasakan dan memberkati banyak orang.

Kiranya apa yang sudah saya pelajari bisa tertanam di dalam hati dan pikiran. Tumbuhkanlah sikap rendah hati dan ketulusan supaya saya semakin giat dalam menambah pengetahuan baru. Curahkan selalu hikmat yang daripadaMu.

Sesaat lagi, saya akan pulang ke rumah dan dijemput oleh orang tua. Pimpin perjalanan kami supaya sampai di rumah dengan selamat. Amin.

Mengucapkan doa untuk memulai dan mengakhiri pelajaran di sekolah memang penting bagi semua murid yang menimba ilmu. Di sinilah Tuhan akan memberkati setiap anak dengan pengetahuan dari padaNya.

7. Doa Kristen Sesudah Belajar di Sekolah

Allah Bapa yang ada di Surga, terima kasih atas penyertaanMu sehingga kami bisa menjalani seluruh aktivitas di sekolah. Terima kasih untuk kemampuan dan hikmat dalam menerima setiap pelajaran serta bertingkah laku sesuai dengan kehendakMu.

Kiranya apa yang sudah kami peroleh dapat menjadi bekal wawasan yang bermanfaat bagi kehidupan. Berkatilah bapak/ibu guru yang sudah mengajar kami dengan kesehatan, kekuatan, dan berkat berlimpah dari Engkau saja.

Saat ini, kami mau mengakhiri kegiatan belajar mengajar. Sertai dalam perjalanan pulang dan sampaikan kami dengan selamat. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Baca Juga: 19 Ayat Alkitab Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Doa Pembuka Pelajaran Agama Kristen di Kelas dan Sekolah

doa pembuka pelajaran agama kristen di kelas dan sekolah
doa pembuka pelajaran agama kristen di kelas dan sekolah, sumber gambar: unsplash.com

Setiap dimulainya pembelajaran, setiap siswa akan diminta untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulainya. Hal ini bertujuan agar ilmu tersebut benar-benar memberikan manfaat dan keberkahan bagi semuanya, jangan lupa agar mereka mengucapkan doa pembuka pelajaran agama Kristen dulu.

Baik gereja dan sekolah yang mengajarkan agama Kristen sudah sedari dulu akan dibuka dengan doa pembuka terlebih dahulu, kegiatan pendahuluan seperti ini bertujuan untuk memberikan semangat termasuk juga mengawalinya dengan kebaikan.

Dengan membaca doa terlebih dahulu, para siswa pun bisa lebih siap untuk melanjutkan dalam menerima materinya. Cara berdoa pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan melainkan ada tata caranya tersendiri.

Doa seperti ini biasanya dilakukan oleh guru maupun dipimpin oleh ketua kelasnya masing-masing, nantinya seluruh siswa bisa berdoa bersama-sama dengan melantunkannya bebarengan agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung lancar.

Berikut ini adalah contoh doa pembuka pelajaran agama Kristen yang bisa digunakan untuk mengawali materi pembelajaran di kelas, perlu diperhatikan bahwa hal ini penting dilakukan sebagai awal dimulainya penyampaian oleh guru.

1. Doa Sebelum Memulai Belajar di Sekolah

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas penyertaanMu kepada aku sehingga pada hari ini aku masih dalam kondisi sehat. Tuhan Yesus, sebentar lagi aku ingin belajar, rasanya Engkau menyertai aku. Amin.

Ya Bapa, terima kasih atas seluruh penyertaanMu kepada aku. Sebentar lagi aku ingin belajar, rasanya Engkau memberkati aku serta membagikan aku kepintaran supaya rasanya aku bisa paham apa yang akan aku pelajari. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

2. Doa Sebelum Memulai Pembelajaran

Selamat pagi Tuhan Yesus. Terima kasih sebab Tuhan Yesus masih memberikan kesehatan kepada aku. Sebentar lagi aku ingin belajar, rasanya Tuhan Yesus menyertai serta memberkati aku supaya aku bisa paham serta bisa mengerjakan soal yang nanti akan diberikan oleh Bunda Guru sehingga aku memperoleh nilai yang baik serta membuat papa serta mama bahagia. Amin.

Terima kasih sebab Tuhan Yesus telah menyertai aku sepanjang belajar. Mudah-mudahan apa yang sudah aku pelajari bisa terus aku ingat serta aku pahami sehingga dikala ulangan aku dapat mengerjakan soal yang diberikan dengan baik. Dalam nama Tuhan Yesus aku sudah berdoa serta mengucap syukur. Amin.

3. Doa Pembuka Pelajaran Kristen

Tuhan Yesus terima kasih atas penyertaanMu sepanjang aku belajar tadi. Terima kasih pula sebab Tuhan Yesus membantuku mengerjakan soal yang diberikan dengan baik. Mudah-mudahan aku memperoleh nilai yang baik. Amin.

Rasanya apa yang aku pelajari bisa terus aku ingat. Esok pagi aku akan ulangan, rasanya Tuhan Yesus sertai serta apa yang aku pelajari pada malam hari ini tidak aku lupakan esok. Rasanya Tuhan Yesus sertai, bimbing serta membagikan aku kepintaran. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

4. Doa Mempersiapkan Diri Dalam Belajar

Allah, Bapa kami, Tuhan Yesus mempersiapkan diri dengan sangat buat melaksanakan tugas perutusan dari-Mu. Serta para murid-Nya pula belajar saat sebelum mereka diutus ke segala dunia. Hingga kami juga mau belajar dengan baik buat mempersiapkan hari depan kami.

Pertama-tama, ya Bapa, kami bersyukur atas peluang belajar yang Kau bagikan ini. Kami mohon, terangilah ide budi kami, biar kilat menguasai bahan yang kami pelajari. Berilah kami semangat belajar yang besar, biar kami bisa belajar dengan giat, tekun, serta tertib.

Bantulah kami sepanjang belajar ini memusatkan atensi cuma pada pelajaran, sehingga tidak gampang terseret oleh godaan-godaan yang bisa melemahkan semangat belajar kami. Bapa, dampingilah kami dalam belajar ini.

5. Doa Singkat Sebelum Pelajaran Kristen

Tuhan Yesus, sebentar lagi kami akan mengawali aktivitas belajar mengajar pada hari ini.

Rasanya Tuhan Yesus sertai kami seluruh supaya kami bisa menjajaki pelajaran hari ini dengan baik.

Terima kasih Tuhan Yesus. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

6. Doa Memulai Pelajaran Singkat

Selamat pagi Tuhan Yesus. Terima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus kepada kami seluruh sehingga pada pagi hari ini kami bisa berkumpul lagi bersama dengan sahabat kami buat mengawali aktivitas belajar mengajar kami.

Rasanya Tuhan Yesus pula menyertai Bunda Guru yang akan mengajari kami pada hari ini. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

7. Doa Memulai Belajar di Pagi Hari

Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga yang kami sembah, terima kasih atas seluruh penyertaan yang tidak henti-hentinya Engkau curahkan kepada Aku sejauh malam hari sehingga pada pagi hari ini aku bisa bangun dengan tidak kekurangan satu apapun serta dalam kondisi sehat.

Ya Bapa tidak henti-hentinya aku mengucap syukur kepadaMu atas setiap nafas kehidupan yang sudah Engkau bagikan. Tuhan Yesus, sebentar lagi aku akan mengawali aktivitas belajar aku, rasanya Engkau sertai serta Engkau bimbing supaya apa yang aku pelajari pada pagi hari ini bisa aku paham serta aku pahami.

Dalam nama Tuhan Yesus aku sudah berdoa serta mengucap syukur. Amin.

8. Doa Supaya Diberi Kelancaran dalam Belajar

Ya Tuhan kami, Tuhan yang kami kasihi, kami mengucap syukur dengan hati tulus atas perlindungan-Mu dan bimbingan-Mu. Pagi ini kami datang ke tempat ini dengan tujuan yang sama, yaitu mencari Ilmu agar kelak kami akan menjadi penerus yang akan menyebarkan ajaran-ajaran kebaikan-Mu.

Ya Tuhan kami, Tuhan yang kami cintai, kami memohon kepada-Mu dengan kerendahan hati agar kami dapat mengikuti pembelajaran hari ini dengan lancar, memahami ilmu-ilmu yang dibagikan oleh guru-guru kami yang kami hormati, serta berilah kami rasa semangat untuk mengamalkannya. Amen.

9. Doa Kristen Agar Diberkati dalam Belajar

Ya Tuhan kami, Tuhan yang Maha Baik, terima kasih telah mengizinkan kami berkumpul pada hari ini dengan perasaan hati yang tenang dan gembira. Dengan tujuan baik untuk mencari ilmu, kami memohon kepada-Mu agar kami diberi kelapangan dada untuk menyerap semua yang diajarkan oleh guru kami.

Ya Tuhan kami, Tuhan yang Maha Bijaksana, kami memohon agar Engkau selalu menyertai kami dengan kebaikan-kebaikan, berilah kami kemudahan dalam menerima pelajaran hari ini. Kami berharap, semoga usaha kami dalam mencari ilmu membuahkan hasil yang berguna bagi kami, keluarga kami, dan kemanusiaan. Amen.

10. Doa Diberi Kemudahan dalam Belajar

Ya Tuhan, kami mengucap syukur sebab hari ini kami masih diberi kesempatan untuk kembali berkumpul dan mengais banyak ilmu pelajaran dari guru-guru kami. Sertailah kami dengan segala kebaikan yang Engkau miliki agar kami mendapat berkah dari ilmu yang kami pelajari hari ini.

Ya Tuhan kami, sekarang kami tunduk kepada-Mu untuk diberi kemudahan dalam memahami apa yang guru-guru kami terangkan hingga kelak nanti akan berguna bagi masa depan kami. Ya Tuhan kami, berilah kami kelapangan dalam mengamalkan kebaikan yang guru kami ajarkan, serta dapat menyebarkannya kepada orang lain agar bukan hanya kami saja yang mendapat ilmu yang bermanfaat. Amen.

11. Doa Agar Diberi Kelapangan Hati dalam Belajar

Tuhan kami yang Maha Baik, kami melangsungkan pembelajaran kelas kami pada hari ini. Kami berdoa agar Engkau selalu hadir dalam kelas kami sehingga kami dapat belajar bagaimana mendengarkan penjelasan guru-guru kami dengan penuh perhatian, serta melapangkan dada kami ketika guru kami memberi koreksi.

Ya Tuhan, kami berharap kami dapat berpartisipasi secara aktif dalam diskusi di dalam kelas serta saling menjadi pedoman yang baik bagi teman-teman yang lain sehingga kami dapat lebih bersenang-senang sambil belajar.

Ya Tuhan kami, mohonlah lapangkan hati kami agar kami dapat menghargai kontribusi aktif yang dilakukan teman-teman kami agar tidak ada timbul perasaan negatif seperti iri, cemburu, dan dengki. Jauhkanlah kami dari penyakit-penyakit hati sehingga tercipta keharmonisan di dalam kelas. Amen.

12. Doa Pembuka Pelajaran Kristen Singkat

Tuhan, terima kasih Engkau telah memberi kami kesempatan untuk dapat kembali menuntut ilmu beserta teman-teman yang selalu kami sayangi.

Tuhan, kami memohon agar Engkau memberi kamu kemudahan dalam menjalani hari ini, kami pula memohon agar kami diberi pemahaman atas pembelajaran yang diberikan guru-guru kami agar kami pakai ilmunya kelak dan menjadi manusia yang lebih baik yang dapat berguna bagi orang lain. Amen.

Baca juga: 40 Ayat Alkitab Tentang Guru yang Baik, Kreatif, dan Mendidik

Belajar tentunya sudah sering Anda lakukan tiap harinya untuk mempelajari berbagai hal di dunia ini. Sebagai umat Kristiani, ternyata ada beberapa doa Kristen sebelum dan sesudah belajar di sekolah. Harapannya agar selalu diberikan kemudahan dan keberkatan.

Mengingat bahwa ketika seorang umat Kristen dituntun agar selalu mempelajari berbagai hal, mereka perlu mengembangkan diri sendiri dengan berbagai cara. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, maka bisa dilakukan membaca doa dari ayat Alkitab seperti ulasan di atas.

Itulah contoh doa kristen untuk memulai dan mengakhiri pelajaran di sekolah, tempat les, les privat, tempat bimbel, jam tambahan, di kampus, doa belajar kristen yang singkat, padat, jelas, dengan bahasa baik, agar fokus dan paham dan sebagainya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!