6 Doa Jumat Agung Kristen, Menyelami Pengorbanan Kristus di Kayu Salib

Kristenly.com – Sebenarnya ada banyak yang bisa dipanjatkan di Hari Tri Suci, salah satunya yakni mengucapkan doa Jumat Agung Kristen terbaru 2022 dimana harus diketahui oleh seluruh umat Kristiani. Mereka pun diharapkan mampu berdoa dengan baik sekaligus memperingatinya.

Jumat Agung sendiri dianggap sebagai hari penting untuk umat Kristiani karena diperingati sebagai kematian Yesus Kristus ketika masa penyaliban di Bukit Golgota. Tidak heran jika peringatan ini dipenuhi rasa dukacita akan pengorbananNya.

Lebih dari itu, kematian Yesus ini merupakan karya paling tinggi dari Allah untuk manusia. Pasalnya ia telah mengutus putraNya agar bisa menebus dosa seluruh manusia sehingga perlu dijadikan sebagai pengingat bagi semua umat.

Mengingat bahwa perayaan tersebut dipenuhi rasa dukacita, maka ada banyak doa akan dipanjatkan. Ucapan ini biasanya dilakukan dengan saling bertukar satu sama lain dengan harapan untuk bisa menguatkan dan mendoakan.

Baca juga: Ucapan Hari Jumat Agung Kristen Terbaru

Contoh Doa Jumat Agung Kristen Terbaru 2022

ilustrasi orang doa saat jumat agung
ilustrasi orang doa saat jumat agung, sumber gambar: pexels.com

Anda bisa mengetahui apa saja contoh doa Jumat Agung Kristen dengan membaca ulasan di bawah ini. Sebenarnya ada banyak ucapan yang bisa dipanjatkan namun beberapa diantaranya dianggap sebagai permohonan utama.

Sebagai umat Kristen, tentu Jumat Agung menjadi kesempatan untuk beribadah dan berdoa bersama di Gereja maupun tempat masing-masing. Berikut doa jumat agung yang bisa kita naikkan menuju hadirat Tuhan.

1. Doa di hari Jumat Agung

Bapa, terima kasih atas adanya hari ini. Kami boleh berkumpul dan bersekutu untuk memperingati Jumat Agung. Terima kasih atas kasih yang begitu besar bagi kami sehingga Engkau mau mengaruniakan Putra Tunggal untuk menebus dosa manusia.

Di hari yang teduh ini, ajarkan kami untuk senantiasa merenungkan, memahami, dan merefleksikan pengorbanan Kristus di kayu salib. Bantu kami untuk meneladani cinta kasih yang sudah Tuhan ajarkan bagi dunia ini.

Kiranya Roh Kudus senantiasa melingkupi kami dalam menghayati kasihMu di hari Jumat Agung yang istimewa. Berkatilah setiap perjalanan dan langkah kami dalam menjadi saksiMu. Dalam nama Yesus Kristus Juruselamat kami yang hidup. Amin.

2. Doa syukur untuk pengorbanan Yesus

Tuhan Yesus, secara khusus kami mau berterimakasih atas segala pengorbananMu di kayu salib. Engkau rela disiksa, dihina, direndahkan, dan mati di Bukit Golgota. Hukuman yang seharusnya ditanggung manusia telah membebaskan kami semua.

Bapa, tidak ada keselamatan yang lebih besar dibandingkan anugerahMu. Kiranya pengorbanan tersebut semakin menjadi penguat iman kami di kala bombing, ragu, maupun merasa putus asa di dalam kehidupan. Kami percaya bahwa Engkau selalu beserta.

Terima kasih atas kasih setia yang tidak pernah terputus dari hidup kami. Curahkanlah rahmatMu yang baru setiap pagi, Ya Bapa. Dalam nama Tuhan Yesus yang berkuasa kami sudah berdoa. Amin.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Jumat Agung yang Perlu Dipahami

3. Doa renungan Jumat Agung

Ya Allah, di hari Jumat Agung ini biarlah kami merenungkan karya penebusan PuteraMu di kayu salib sebagai karya terbesar dalam hidup manusia. Engkau tidak menyayangkannya sendiri dan mengutusnya untuk mengorbankan diriNya bagi kami yang bercela.

Kami ingin merenungkan bagaimana Kristus tetap mencintai kami dengan tulus dan penuh kasih. Biarlah kami menyadari bahwa kasih tersebut harus dibagikan dan menjadi sarana berkat bagi sesama. Terima kasih karena senantiasa hadir dalam setiap musim kehidupan kami.

Engkau adalah Allah yang mau memberkati kami melampaui doa dan pemikiran manusia. Terpujilah namaMu yang tiada tara. Dalam nama Tuhan Yesus Sang Juruselamat kami sudah berdoa dan memohon. Amin.

4. Doa Jumat Agung Kristen Singkat

Ya Allah Bapa, pada hari ini kami mengucap syukur karena masih diberikan kesempatan untuk memperingati Jumat Agung. Sebuah hari besar di mana kami sebagai umat manusia memperoleh penebusan dariMu.

Bantu kami dalam memaknai peristiwa ini, Ya Bapa. Kiranya kasihMu yang luar biasa tetap menyertai kami untuk menjadi alat berkatMu bagi dunia. Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Baca juga: Contoh Doa Rabu Abu Kristen

5. Doa Ucapan Syukur Jumat Agung

Tuhan Yesus, tiada guna kami menutupi dosa dan kesalahan kami dari pandangan orang lain dan dari hadapanmu. Sebaik dan sepintar apapun kami menutupi kesalahan kami. Engkau pasti akan melihat dan menghukum kami atas segala kesalahan kami apabila kami tidak bertobat.

Ampunilah dosa dan kesalahan kami ya Tuhan, dan di hari ini. Engkau telah membuktikan cintaMu kepada kami melalui kematianMu di kayu salib. Tidak lain untuk menebus dosa-dosa kami. Terimakasih Tuhan, Engkau rela mati untuk kami. Jadikanlah kami menjadi orang yang tahu akan berterimakasih dan bersyukur. Bersyukur atas segala karya keselamatan yang boleh kami peroleh. Bersyukur karena kami mempunyai Tuhan Yesus Kristus juru selamat kami. Amin

6. Doa Merayakan Jumat Agung Terbaru 2022

Tuhan Yesus Kristus terimakasih Engkau telah rela mati untuk kami. Terimakasih telah menanggung dosa dan kesalahan kami. Kami bersyukur atas kasih karuniaMu dan karya keselamatan ini. Di Hari Jumat Agung ini, kami memperingati wafat-Mu di kayu salib.

Bantulah kami menjadi manusia baru. yang peduli akan sesama kami. yang peka terhadap lingkungan kami dan yang paling penting peka terhadap panggilanMu. Semoga cinta kasih sejati yang Engkau telah teladankan, bisa tumbuh dan hidup di tengah-tengah kami. Amin

Baca juga: Doa Sabtu Suci Kristen

Jumat Agung merupakan hari Jumat sebelum datangnya Minggu Paskah. Menjadi peringatan akan hari penyaliban Tuhan Yesus serta wafatNya di Bukit Golgota.

Terdapat beberapa kejadian atau peristiwa yang menyertai Jumat Agung, yaitu ketika Yesus di mahkamah agama, di hadapan Pilatus, disiksa, diolok-olok, disalibkan, dan mati. Setiap proses penyaliban tersebut berbuah penebusan yang patut kita syukuri.

Ada tiga keajaiban yang juga disorot selama Jumat Agung. yang pertama, kegelapan meliputi seluruh daerah tersebut selama 3 jam. Kedua, matahari yang menjadi gelap karena Tuhan sebagai sumbernya sudah tiada.

Ketiga, orang bukan Yahudi dan bangsa tidak bersunat sebagai kepala penyaliban menyatakan bahwa Yesus adalah kebenaran. Mengetahui tiga hal tersebut, sungguh pantas jika kita berdoa khusus di momen Jumat Agung ini.

Itulah tadi beberapa doa Jumat Agung Kristen terbaru 2022 yang perlu Anda pahami. Sebagai umat Kristiani, sudah seharusnya untuk selalu memohon ampunan dan permintaan kepada Tuhan semata.

Tidak hanya itu saja, memperingati Jumat Agung nyatanya memiliki alasan tersendiri. Khususnya jika ingin mengingat momen pengorbanan Yesus Kristus sebagai pengganti dosa-dosa semua umat Kristiani.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!