10+ Doa Kristen Menghilangkan Ketakutan dan Kecemasan

Doa kristen menghilangan rasa takut dan cemas terbaru 2022 – Untuk bisa menjalankan aktivitas dengan baik dan fokus, maka selain keadaan tubuh yang prima juga dibutuhkan hati yang damai sejahtera. Namun ada kalanya ketakutan dan kecemasan timbul sehingga mengganggu ritme hidup.

Rasa takut, cemas, gelisah, khawatir dan was-was pasti pernah ada di hati dan pikiran kita, itu wajar sebagai manusia kita memiliki perasaan tersebut.

Pada saat seperti itu, kita membutuhkan doa Kristen menghilangkan ketakutan dan kecemasan. Sebab ketika perasaan semacam ini datang mengganggu, kita seringkali lupa pada pikiran yang logis. Hati memang bisa sangat mempengaruhi kondisi seseorang, psikis yang terganggu bisa membuat aktivitas fisik terpengaruh.

Ketika keadaan sudah ada di luar kendali kita, maka jalan satu-satunya adalah datang kepada Tuhan, Sang Pemilik Hidup. Setiap air mata kita yang jatuh dihitungnya dan digantikan dengan sukacita, Dia juga akan mengaruniakan damai sejahtera yang bisa membantu kita melihat permasalahan dengan lebih jernih.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kebingungan

Contoh Doa Kristen Menghilangkan Ketakutan dan Kecemasan

ilustrasi orang ketakutan
ilustrasi orang ketakutan, sumber gambar: pexels.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa takut dan cemas menjadi hal yang banyak dialami oleh sebagian orang. Oleh sebab itu, umat Kristiani harus memahami bahwa Tuhan juga hadir untuk menghilangkan perasaan tersebut. Setiap orang bisa mendoakannya setiap hari.

1. Doa Kristen Agar Terhindar dari Kecemasan

Bapa yang Maha Kuasa, Engkaulah pemilik hidup kami, mengetahui segala yang kami rasakan. Kami memohon kepada-Mu Bapa, jauhkan hati dan pikiran kami dari segala kecemasan yang melanda.

Jauhkan kami dari segala prasangka dan kekhawatiran. Berikanlah kami kedamaian berpikir agar tidak tersesat. Amin.

2. Doa Terhindar dari Perasaan Cemas Khawatir

Ya Tuhan, saya yakin Engkau mengetahui segala hal yang ada di muka bumi ini. Engkau tahu tentang banyak hal yang tidak kami pahami. Termasuk segala perasaan cemas dan gelisah yang kami rasakan ini, Tuhan.

Ada beberapa masalah yang membuat perasaan kami jadi tidak menentu dan resah karenanya. Bimbinglah kami untuk terus yakin dan percaya pada ketentuan takdir-Mu. Berilah kami sedikit ketenangan dalam hidup ini, Tuhan. Amin.

3. Doa Penghilang Perasaan Cemas dan Takut Kristen

Kepada Bapa yang Maha Agung, saat ini izinkan saya untuk mengucap rasa syukur dan semua kebaikan yang Engkau berikan kepada kami. Engkau selalu melimpahi kami dengan kebahagiaan dan kecukupan dan terima kasih untuk hal itu. Namun, saya juga tengah dilanda kecemasan mengenai beberapa masalah yang akhir-akhir ini menimpa keluarga kami, Tuhan.

Berikanlah kami kekuatan agar tidak lagi merasa cemas dan gelisah seperti yang terjadi saat ini. Saya yakin Engkau mengetahui segala pergumulan yang ada dalam hidup saya ini, Engkau tahu tentang segala masalah yang menimpa kami. Bimbinglah kami agar tetap yakin terhadap Engkau dan mudah-mudahan Engkau mau mengabulkan doa ini. Amin.

4. Doa Kristen Untuk Hilangkan Ketakutan

Ya Tuhan, Bapa yang Maha Agung, saya tahu Engkau maha melihat tentang segalanya, saya tahu Engkau memahami setiap perasaan dari kami. Kini, saya sedang dilanda ketakutan, merasa tidak berdaya dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Saya percaya hanya Engkau yang mampu menolong kami, membantu memberi jalan keluar atas semua masalah yang saya dan keluarga saya alami. Saya yakin Engkau tidak akan meninggalkan kami dalam ketakutan dan kesusahan.

Ajarkan pada kami untuk tetap yakin dan percaya terhadap-Mu. Beri kami kesempatan untuk merasakan kedamaian dan ketenangan tanpa harus dibayangi dengan segala rasa takut, Ya Tuhan.

Saya tidak tahu lagi meminta tolong kepada siapa lagi selain kepada Engkau, Bapa yang bertahta di Sorga. Semoga Engkau mau mengabulkan segala doa kami dan mau menghilangkan ketakutan ini. Terima kasih, Ya Tuhan. Amin.

5. Doa Kristen Supaya Tak Lagi Merasa Takut

Tuhan, saya tahu dalam hidup ini tidak akan lepas dari segala permasalahan yang ada, tidak akan lepas dari perasaan-perasaan buruk yang bisa terjadi. Saya meminta ampunan apabila ada hal-hal keliru yang saya lakukan, redakanlah perasaan takut ini.

Hilangkanlah ketakutan ini dan semoga Engkau berkenan untuk mengabulkan doa saya. Amin.

Seringkali masalah kita timbul berawal dari pikiran yang berpikir terlalu jauh. Ketika kita mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, hal tersebut dapat membuat kita merasa cemas. Itulah sebabnya Alkitab meminta kita untuk hanya memikirkan hal yang baik saja.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Kesepian

6. Contoh Doa Kristen Menghilangkan Rasa Takut

Allah Bapa kami yang di Surga, terima kasih untuk segala karunia dan berkatMu buat kehidupan kami. Secara khusus kami mau menghadap ke hadiratMu untuk memohon kasih setia dan anugerah yang besar dari Engkau saja.

Tuhan, lepaskan kami dari jerat ketakutan dan kecemasan yang melanda serta menghancurkan sukacita kami. Biarlah dalam penantian kami mampu memaknai setiap peristiwa dan tetap berpegang pada rancangan indahMu bagi setiap umat manusia.

Penuhkanlah Roh KudusMu atas hati dan pikiran kami supaya tidak ada lagi roh-roh negatif untuk menguasai tujuan hidup ini. Amin.

7. Doa Kristen Untuk Menghilangkan Rasa Takut

Tuhan Yesus yang mengasihi kami, terima kasih untuk karunia kehidupan yang masih berlangsung untuk kami sampai hari ini. Terima kasih atas perasaan bahagia, kebahagiaan, dan sukacita yang mewarnai segenap langkah kaki ini.

Namun, saat ini ada ketakutan dan kecemasan dalam menantikan sesuatu, Ya Bapa. AnakMu memohon supaya kedua perasaan tersebut bisa dijauhkan supaya tidak semakin menyakiti diriku sendiri. Aku tidak mau terbelenggu dan mau merasakan iman dariMu yang bekerja melingkupi hati pikiranku.

Tolonglah aku Tuhan Yesus. Singkirkan perasaan yang merugikan, tidak enak, dan hanya berdampak buruk bagi masa depanku. Amin.

8. Doa Kristen Untuk Mengatasi Rasa Takut

Ya Bapa, hanya Engkaulah pemberi perasaan dan damai sejahtera bagi setiap manusia di dunia. Saat ini, aku ingin meminta dan memohon dengan kerendahan hati untuk menghapuskan rasa takut serta kecemasan yang membelenggu setiap hasrat kami.

Bimbinglah kami menuju kelegaan dari kehausan dan kelepasan dari belenggu jeratan. Hanya Engkau yang berkuasa atas setiap jati diri manusia. Amin.

9. Doa Untuk Ketenangan Batin

Bapa yang bertahta di kerajaan surga yang Mulia. Engkau adalah pribadi yang paling mengerti diriku ini ya, Tuhan Engkau mengetahui segala perkara yang telah, sedang dan akan aku hadapi. Tuhan, saat ini jiwaku sedang lelah. Berbagai macam kemungkinan muncul dan membuatku resah. Bapa, tulang-tulangku terasa kering dan tidak bersemangat menjalani hidup.

Saat ini, Bapa, berikan aku ketenangan. Izinkan aku tidur nyenyak malam ini. Sebab hanya damai sejahtera dariMu saja yang sanggup melepaskan aku dari beban berat yang sedang aku tanggung ini. Bapa, aku serahkan segala pergumulan hidupku ke dalam tanganMu. Aku percaya tanganMu selalu terkadang buatku.

10. Doa Meminta Kekuatan

Bapa, Sumber Kekuatanku. Dalam setiap perkara, aku percaya bahwa Engkau punya rencana. Termasuk ketika Engkau izinkan aku mengalami ujian seberat ini. Terima kasih karena Engkau masih percaya bahwa aku bisa menanggungnya. Namun, Bapa, aku seakan sedang ada di ujung kekuatanku. Maka kini aku meminta kekuatan dariMu.

Biarkan aku setia padaMu sampai akhir. Aku mau menyelesaikan setiap masalah yang kuhadapi dengan cara dariMu. Hapuskan ketakutan dan kecemasan ku ya, Tuhan. Sebab Engkau sudah merangkai cerita hidupku dengan manis. 

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Jangan Khawatir

11. Doa Mematahkan Pikiran Buruk

Bapa yang Maha Baik, di dalam namaMu saja aku berlindung dari segala pikiran buruk yang menyerangku akhir-akhir ini. Urapi aku, Tuhan, agar aku punya kekuatan baru untuk bisa bangkit dari keterpurukan dan berdiri menjadi seorang pemenang.

Bapa, aku tahu selama aku masih hidup pasti akan tetap ada tantangan. Oleh sebab itu, aku meminta penjagaan-Mu atas hidupku. Aku mau patahkan segala pikiran buruk yang menghalangi imanku bekerja, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Aku imani bahwa setiap masalahku bisa aku selesaikan karena Engkau beserta.

12. Doa Kristen Menghilangkan Ketakutan dan Kecemasan Singkat

Tidak ada pertolongan lain yang bisa kita dapatkan ketika kita sedang lemah selain pertolongan dari Tuhan. Jangkauan tanganNya lebih jauh daripada masalah yang kita hadapi. Doa kepadaNya akan menjaga kita dari keburukan pikiran yang berlebihan.

“Betapa ajaib dan dahsyat, Engkau Tuhan. Engkau adalah Tuhan pencipta langit dan bumi. Tidak ada hal yang bisa mengguncangkan tahta-Mu. Aku percaya Tuhan, bahwa hidupku di tanganMu. Maka aku juga mau percaya bahwa tidak ada yang aku takutkan.

Aku mau bersandar penuh kepadaMu, sebab aku tahu Engkau tidak pernah mengecewakan. Berkati hidupku, jagai hati dan pikiranku. Aku mau fokus untuk menyenangkan hatiMu dan silahkan berkarya di dalam kehidupanku.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Jangan Kecewa

Semua orang pasti pernah mengalami rasa takut dan cemas, bahkan beberapa pernah mengalami hal tersebut hingga tingkat yang parah. Saat ada orang yang bisa dipercaya, kita bisa meminta saran atau bercerita agar beban kita sedikit ringan. Namun jika tidak ada siapapun yang bisa diandalkan, Tuhan adalah satu-satunya perlindungan.

Ketika kita memanjatkan doa Kristen menghilangkan ketakutan dan kecemasan kepada Tuhan dan percaya bahwa Dia akan bertindak, maka disaat itulah pertolongan Tuhan datang. Emosi negatif memang wajar ada, karena kita masih manusia. Tetapi menjadi tidak wajar jika kita membiarkannya berlarut-larut.

Itulah contoh doa kristen menghilangkan ketakutan Protestan dan Katolik terbaru 2022, mudah-mudahan dengan berdoa kepada Tuhan Yesus Kristus, hati kita menjadi lebih tenang dan damai. Karena sejatinya Tuhan memiliki kuasa untuk membantu dan menolong kita dari kesulitan.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!