8 Doa Kristen Saat Banjir & Untuk Korban Bencana Banjir

Doa Kristen Saat Banjir terbaru 2022 – Akhir-akhir ini Indonesia sedang berada di tengah musim penghujan dengan intensitas hujan yang rendah hingga tinggi. Kondisi tersebut membuat masyarakat sangat khawatir, khususnya di daerah yang rawan banjir.

Memang tidak dipungkiri jika hujan yang deras bisa mengakibatkan bencana banjir. Ketika bencana sedang menimpa kita atau saudara-saudara kita, sebagai umat Kristiani kita selalu percaya kepada Tuhan dengan memanjatkan doa dan pujian-pujian kepada Tuhan yang Maha Esa.

Dalam suatu gereja yang dipimpin oleh seorang Pendeta, kita semua bersama-sama meminta kepada Tuhan untuk selalu berada dalam lindunganNya. Anda bisa membaca Doa Kristen Saat Banjir berikut ini agar selalu terlindung dari bahaya bencana banjir.

Baca juga: Kata-kata Rohani Kristen yang Menguatkan, Beri Ketenangan Hati

Contoh Doa Kristen Saat Terjadi Banjir

ilustrasi banjir
ilustrasi banjir, sumber gambar: bnpb

Saat ini, banyak berita yang mengabarkan bahwa banjir juga terjadi di beberapa daerah. Tidak hanya banjir yang berpengaruh rendah, tetapi juga dalam bentuk cukup besar. Banjir rob dan banjir bandang menjadi contohnya. Doa-doa kristen di bawah ini bisa dinaikkan ketika banjir terjadi.

1. Doa Ketika Dilanda Banjir

Tuhan Bapa yang bertahta di surga. Kami berdoa kepada-Mu agar para korban banjir bisa diberikan kesabaran untuk menghadapi bencana tersebut. Semoga para korban juga bisa beraktivitas dengan normal lagi, bisa menghuni rumah mereka lagi saat air sudah surut. Berikanlah karunia dari-Mu untuk para korban supaya mereka bisa mendapatkan pengungsian yang layak.

Kami memohon kepada-Mu agar para korban segera diberikan bantuan berupa selimut, atau pakaian hangat yang layak supaya mereka tidak terserang penyakit akibat banjir.

Kami berdoa untuk keselamatan mereka, supaya mereka bisa disatukan kembali dengan keluarga mereka yang terpisah akibat bencana banjir tersebut. Hanya kepada Tuhan Yesus kami bersukacita. Amin

2. Doa Kristen Saat Banjir

Bapa, kami berdoa kepada-Mu untuk menguatkan hati kami, ketika kami mengalami bencana banjir ini. Kami menyerahkan semuanya kepada-Mu karena kami tahu Engkau dapat membantu kami.

Berikanlah berkat yang Engkau miliki kepada kami untuk melenyapkan ketakutan yang kami miliki, dan bantu kami untuk tetap percaya kepada pertolongan-Mu. Tuhan Yesus, tolong ampuni kami, dan dosa-dosa yang pernah kami perbuat selama ini. Amin

3. Doa Kristen Setelah Bencana Banjir

Tuhan Bapa di surga, kami disini berdoa supaya kami mendapat pertolongan dari-Mu dari adanya bencana banjir ini. Engkaulah yang paling mengerti kami, dan Engkau juga yang mampu menolong kami dalam kondisi sulit.

Kami berserah diri kepada-Mu karena kami yakin Engkau akan memberikan solusi jalan keluar bagi kami. Amin

Baca juga: Puisi Tentang Banjir

4. Doa Ketika Dilanda Banjir

Tuhan Bapa, kami mohon kepada-Mu untuk menyelamatkan kami dari bencana yang menimpa kami saat ini. Tolong selamatkan saudara kami yang juga mengalami bencana yang sama.

Berilah kami perlindungan, dan pertolongan dari bahaya yang akan menimpa kami. Dan berilah keberanian bagi saudara kami untuk menolong para korban lainnya. Amin

5. Doa Setelah Banjir Kristen

Tuhan Bapa, aku berdoa kepada-Mu supaya Engkau dapat menolong para korban banjir. Aku merasa kasihan kepada mereka, karena harta benda yang mereka miliki terhanyut arus banjir. Semoga para korban mendapatkan bantuan dari orang-orang baik hatinya.

Bapa, aku mohon kepada-Mu untuk melindungi mereka. Berikan mereka tempat pengungsian yang nyaman, dan mendapatkan fasilitas yang lengkap. Semoga mereka tidak ada yang terluka, atau hilang karena bencana banjir ini.

Bapa, semoga mereka bisa mendapatkan makanan yang layak, baju-baju yang hangat, dan obat-obatan. Aku berserah diri kepada-Mu karena hanya kepada-Mu aku meminta pertolongan, dan perlindungan.

Hanya Engkau lah yang memiliki kuasa untuk membantu meringankan beban yang mereka punya. Atas nama Tuhan Yesus yang Maha Agung, aku memohon doa dari-Mu. Amin

6. Doa Kristen Untuk Korban Banjir Terbaru 2022

Bapa, Engkau tahu masalah kami saat ini yang berupa banjir bandang. Banyak orang terbawa arus air, kehilangan harta bendanya, bahkan menerima kenyataan bahwa orang terkasihnya telah tiada. Kuatkan kami dan mereka dalam menerima keadaan ini, Ya Tuhan.

Berkatilah tim SAR dan tim lainnya yang bekerja membantu pencarian korban, menelisik reruntuhan, serta melawan arus air yang belum jelas kapan selesainya. Tuhan adalah pemberi kekuatan terbesar bagi kami. Di waktu-waktu krisis ini, curahkanlah harapan yang mewujud nyata dalam kehidupan.

Lingkupi setiap hati dan jiwa bersama damai sejahtera yang melampaui lebih dari setiap akal. Hilangkan kegelapan serta ketakutan yang melanda setiap hati ini. Amin.

Baca juga: Contoh Doa Kristen Saat Terjadi Bencana Tanah Longsor

7. Doa Agama Kristen Korban Musibah Banjir

Banjir bukanlah sebuah bencana yang biasa, Ya Tuhan. Melalui peristiwa ini, kami tentu diingatkan supaya menjaga alam lebih baik lagi. Ampuni dosa dan kesalahan kami sebagai manusia yang masih saja menebang pohon-pohon hijau ciptaanMu.

Berikan kami kesempatan untuk memperbaharui diri dan menjaga kelestarian alam ini. Kiranya senantiasa ada ucapan syukur dalam bentuk tindakan nyata untuk memperbaiki kondisi di sekeliling kami. Hanya kepada Tuhan Yesus kami serahkan setiap pemulihan yang boleh terjadi.

Bersabdalah di dalam setiap hati, Ya Bapa. Tuntunlah kami ke jalan dan tujuan yang benar seturut kehendakMu. Hanya di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

8. Doa bagi Para Korban Banjir Bandang

Berilah kami hati dan pikiran yang senantiasa berserah pada Engkau saja. Peristiwa banjir ini menjadi momentum yang mengingatkan kami bahwa alam harus dijaga keberadaannya dan bagaimana Engkau sendiri punya kuasa atas dunia ini.

Kuatkan kami dalam masa pemulihan ini supaya kehidupan semakin membaik bagi setiap orang. Tumbuhkan iman percaya kami dalam memaknai setiap tragedi yang boleh terjadi. Amin.

Baca juga: Contoh Doa Kristen Saat Terjadi Bencana Badai

Banyak sekali kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Alam yang indah dan asri menjadi tandus, sungai-sungai kotor. Begitu pula dengan udara yang terkontaminasi oleh polusi.

Jumlah hutan sedikit, pada musim kemarau akan terjadi kekurangan air. Sebaliknya pada saat musim hujan akan menimbulkan banjir. Sekian ulasan tentang doa Kristen saat banjir dan untuk para korban bencana banjir terbaru 2022, semoga bermanfaat.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!