10 Doa Kristen Untuk Orang yang Menyakiti Kita Agar Berhenti

Contoh Doa untuk orang yang menyakiti kita terbaru 2022 – Sebagai orang Kristen, kehidupan kita sudah pasti menemui banyak tantangan dan rintangan. Kita harus mampu memikul salib serta senantiasa memberitakan kasihNya bagi dunia.

Salah satu perkara yang tidak jarang menghampiri adalah bagaimana orang lain menyakiti kita dalam aspek tertentu, alasannya karena mereka memang tidak suka dengan kepribadian kita maupun merasa iri atas segala pencapaian yang berhasil kita banggakan.

Sebagai anak Tuhan, kita tentu tahu bahwa pembalasan bukanlah jalan keluar terbaik. Kita harus menjadi garam dan terang yang tetap bersabar untuk percaya bahwa hati seseorang akan diubahkan lebih baik lagi.

Prinsip kasih dan buah-buah roh hendaknya menjadi dasar bagi kita dalam menjalani kehidupan anugerah Allah, marilah kita belajar untuk memohon kepada Allah atas orang-orang yang menyakiti kita.

Baca juga: 4 Doa Kristen Untuk Orang Teraniaya, Tersakiti dan Korban Bullying

Contoh Doa Kristen untuk Orang yang Menyakiti Kita Terbaru 2022

ilustrasi orang akan menyakiti kita
ilustrasi orang akan menyakiti kita, sumber gambar: pexels.com

Alih-alih membalasnya dengan perbuatan yang lebih menyakitkan, ada kalanya kita memilih bijaksana dan membawanya ke dalam doa. Berikut beberapa rangkaian doa yang bisa dipanjatkan untuk orang yang menyakiti kita.

1. Doa Untuk Orang yang Menyakiti Kita

Tuhan, terima kasih karena Engkau telah memberikan hidup yang layak dan kebahagiaan kepada saya serta keluarga. Saya tahu Engkau juga mengetahui segalanya yang ada di dunia ini, termasuk bagaimana perasaan dari orang-orang yang sering menyakiti saya. Membuat saya merasa terpojok dan tak jarang juga merugikan.

Saya mohon ampun apabila saya melakukan kesalahan terhadap mereka, dan saya juga ingin meminta kepada Engkau untuk membukakan pintu hati mereka agar tidak saling menyakiti satu sama lain. Hanya itulah yang saya minta, Tuhan. Terima kasih karena sudah mau mendengarkan keluh kesah saya ini.

2. Doa Kristen Untuk Orang yang Tidak Menyukai Kita

Tuhan yang Maha Agung, saya memohon ampunan apabila pernah melakukan kesalahan yang tidak disengaja dan menyakiti orang lain. Saat ini, ada beberapa orang yang tengah menyakiti saya, Tuhan. Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan, akan tetapi saya mohon perlindungan kepada-Mu.

Saya tahu Engkau tidak akan meninggalkan orang-orang yang berdoa dengan tulus pada-Mu Tuhan. Aku memohon agar Engkau membukakan hati nurani orang-orang yang menyakiti tersebut agar kembali menjadi baik dan terhindar dari segala hal negatif yang merugikan diri mereka sendiri. Amin.

3. Doa Kristen Untuk Orang yang Menyakiti Sesama

Bapa yang berkuasa atas segalanya, terima kasih atas anugerah kehidupan yang Engkau berikan kepada kami. Saya bukan orang yang baik, dan mungkin kerap melakukan kesalahan.

Namun, saya hanya memohon agar dijauhkan dari segala fitnah orang yang menyakiti saya. Tidak ada hal lain yang saya minta kepada-Mu, Tuhan.

Lindungilah saya dari segala fitnah dan omongan buruk orang lain terhadap saya. Hanya Engkau tempat untuk berkeluh kesah. Semoga Engkau kabulkan doa-doa ini. Amin.

4. Doa Bagi Orang yang Menyakiti Kita Singkat

Tuhan, Engkau telah memberikan banyak hal dalam kehidupan saya, terima kasih karena sampai saat ini saya masih bisa hidup dengan layak. Namun, saya ingin memohon ampunan apabila melakukan banyak kesalahan yang menyakiti orang lain.

Kini, ada orang yang ingin menyakiti saya tanpa saya tau sebab dan alasannya. Lindungilah saya dari segala hal buruk, Tuhan, dan semoga Engkau mau mengampuni dosa dari orang-orang yang menyakiti saya tersebut. Amin.

5. Doa Supaya Orang yang Menyakiti Menjadi Teman

Ya Allah, terima kasih untuk kehadiran keluarga, kerabat, maupun teman dan sahabat yang mengalirkan segenap sukacita bagi kehidupanku. Terima kasih untuk musuh yang mengungkapkan perasaannya di hadapanku. Hari ini aku mau berdoa bagi mereka, musuhku.

Curahkanlah kasih karuniaMu kepada masing-masing orang yang menyakitiku. Kiranya Engkau sendiri yang mengubahkan hati dan memberikan sukacita penuh bagi kehidupannya. Biarlah ia menjadi sadar bahwa aku mau menjadi teman untuknya.

Berikanlah aku kemampuan untuk mengampuni dan memaafkan segenap perbuatan buruk yang mungkin dilakukannya kepadaku. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Baca juga: 6 Doa Kristen Untuk Orang yang Membenci Kita

6. Doa Kristen Agar Melupakan Permusuhan

Tuhan Yesus, kembali aku datang kepadaMu untuk menyerahkan orang-orang yang menyakitiku. Ubahkan dan bukalah hati pikiran mereka supaya rasa tidak suka itu beralih menjadi kedamaian bersamaku. Biarlah aku mampu mengampuni dan memberikan sukacita yang sama untuknya.

Tumbuhkanlah rasa solidaritas dan perdamaian untuk melupakan permusuhan yang ada. Kiranya kami dapat bekerja sama untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Amin

7. Doa untuk Orang yang Menyakiti Lewat Ucapan

Bapa yang berada di Surga, saat ini aku ingin berdoa dan memohon kekuatan untuk menghadapi kehidupanku sehari-hari. Tolonglah aku karena akhir-akhir ini beberapa orang menyakitiku dengan kata-kata yang tidak pantas diucapkan.

Ampunilah semua kesalahanku jika memang ada perbuatan keliru yang menyinggung mereka. Bukalah hati dan pikiran mereka bahwa aku tidak pernah memiliki niat buruk untuk menyakiti. Berilah terang dari pada Engkau agar mereka memahami yang sebenarnya sedang terjadi.

Hapuskanlah rasa sakit dan kecewa karena ungkapan atau ejekan yang dilontarkan kepadaku. Kuserahkan pergumulan ini hanya ke dalam tanganMu. Amin.

8. Doa Untuk Orang yang Menyakiti Agar Berubah Menjadi Pengasih

Tuhan Yesus, saat ini kami ingin menghadap dan bersimpuh di hadiratMu. Kami ingin berdoa untuk setiap orang yang sudah menyakiti Engkau serta pribadi kami masing-masing. Terutama bagi mereka yang menyakiti karena keberadaan iman serta percaya kami kepadaMu.

Bapa, lindungilah kami dan ubah kekerasan mereka menjadi buah perbuatan yang mau menerima serta menghargai. Limpahkan selalu berkat dan kasih karunia bagi kehidupan mereka. Hendaknya mereka boleh merasakan kasih serta keselamatan anugerah dariMu.

Kami percaya bahwa Engkau mampu mengubahkan isi hati dan pikiran manusia. Bantulah kami untuk memberikan kesadaran pada mereka dan mulai mengasihi kami. Amin.

9. Doa Kristen Untuk Memaafkan Orang yang Menyakitimu

Ya Tuhan, saat ini kami ingin menghadap kepada Engkau dan berdoa untuk orang-orang yang menyakiti sesama kami. Kami ingin memohon dengan kerendahan hati untuk melembutkan sikap dan perkataan mereka ketika menghadapi orang lainnya.

Celikkan mata jasmani dan hati mereka agar mampu melihat bahwa Engkau adalah sumber kasih. Dan Kristus sendiri yang memerintahkan kasih ke dalam dunia ini. Ajarlah mereka untuk memahami, menyadari, dan menyatakannya ke dalam perbuatan.

Bapa, Engkau tahu pergumulan orang yang tersakiti dan membutuhkan pembebasan untuk menyatakan sikapnya. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa dan memohon. Haleluya. Amin.

10. Doa Kristen Untuk Orang yang Menyakiti Kita Singkat

Alih-alih membalasnya dengan perbuatan yang lebih menyakitkan, ada kalanya kita memilih bijaksana dan membawanya ke dalam doa. Berikut beberapa rangkaian doa yang bisa dipanjatkan untuk orang yang menyakiti kita.

Bapa, secara khusus kami ingin berdoa untuk orang-orang yang berusaha menyakiti kami dalam bentuk perkataan dan perbuatan. Ampuni dan bukalah mata hati mereka untuk meneladani kasihMu yang luar biasa bagi seluruh manusia.

Kami tahu bahwa Kristus senantiasa menyertai dalam segala perkara dan pergumulan. Biarlah hal ini kami serahkan ke dalam tangan kuasaMu. Bekerja dan curahkanlah Roh KudusMu bagi mereka. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Baca juga:


Yesus memang diketahui senantiasa menyertai segala pergumulan dan perkara yang dihadapi oleh para umatNya, bahkan setiap manusia dianjurkan untuk selalu berserah diri kepadaNya agar diberikan kemudahan dan petunjuk dalam menyelesaikan dan menghadapi permasalahan tersebut.

Anda bisa menggunakan beberapa doa Kristen untuk orang-orang yang menyakiti dan membenci kita terbaru 2022, jadi jangan pernah membalas keburukan dengan kejahatan pula. Memaafkan kesalahan memang cukup sulit dilakukan namun sebagai sesama manusia pun perlu memaafkannya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!