20+ Doa Kristen untuk Sambut Hari Natal dengan Penuh Harapan

Doa Natal – Momen sukacita natal menjadi penyambutan paling dinantikan oleh seluruh umat Kristen, pada saat inilah bentuk syukur serta kebahagiaan bercampur bersama. Bukan hanya tentang perayaan semata, ada makna mendalam di baliknya seperti pada contoh doa syafaat natal terbaru 2022 dan beberapa doa lainnya seringkali dinaikkan ketika ibadah, maupun dalam persekutuan kecil dan pribadi.

Yesus lahir ke dunia menjadi tanda kebahagiaan seluruh umat, saat inilah menjadi momen indah untuk merayakannya. Sang Tuhan akan memberikan bimbingan dan jalan lurus kepada semua manusia sehingga kehidupan menjadi lebih terang.

Sang Juruselamat selalu memberikan ketenangan, firman-firmanNya mampu menghadirkan petunjuk baik untuk manusia selamat hingga nanti masuk ke Surga bersama Sang Bapa. Dengan begitu, lewat perayaan natal jadi ajang menunjukkan kasih sayang.

Doa syafaat selalu dipanjatkan oleh semua umat Kristen, ini menjadi harapan-harapan indah untuk kemudian mendapatkan kehidupan lebih baik, bahagia, dan sejahtera. Selain itu, juga jadi momen mendekatkan kepada sesama saudara lainnya.

Selain itu, natal juga bentuk ucapan syukur atas kelahiran Juru Selamat dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Ketika kita sudah menerima berkat dan anugerah dari Tuhan, tentu kita tidak boleh lupa terhadap orang lain yang juga merupakan kesayangan Tuhan. Kita harus mau melaksanakan tugas kita sebagai pembangun mezbah doa untuk orang lain.

Sebagai murid Kristus, kita juga harus meneladani Dia yang sangat suka berdoa. Bahkan ketika Yesus naik ke surga, Dia sendiri menjadi pendoa syafaat bagi kita. Semakin banyak didoakan, maka semakin cepat menggerakkan hati Tuhan.

Baca juga: Renungan Kristen tentang Natal

Contoh Doa Natal Untuk Menyambut Perayaan Natal

ilustrasi keluarga merayakan natal
ilustrasi keluarga merayakan natal, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah contoh doa natal terbaru 2022 yang bisa membuat ketenangan hati serta memaknai perayaan lebih mendalam.

1. Doa Mohon Diampuni Segala Dosa

Ya Allah Bapa kami di Surga, kami senantiasa memuji Engkau dan juga senantiasa bersyukur kepadaMu terima kasih Tuhan atas segala berkat yang kau berikan pada kami.

Ya Tuhan, bantu aku untuk selalu mendengarkan suaraMu dan juga bertobat dari dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah kulakukan. Sehingga kami semua ini dapat terus melihat jalan yang benar untuk berkata, serta berperilaku dengan baik dan benar dalam menjalani kehidupan yang diberikan oleh Engkau.

2. Doa Meminta Pertolongan dari Putus Asa, Bingung, Bimbang

Ya Tuhan kami panjatkan puji kepadaMu, di hari natal yang kudus, aku berterima kasih sebab tak henti Kau berikan kepada kami berkat bahagia, setiap pertolongan dariMu atas kebingungan kami, keputusasaan, kebimbangan, serta kesedihan yang kami rasakan.

Engkau mau untuk senantiasa ada menyertai kami, memberikan harapan bagi kami di setiap waktu dalam hidup kami. Semoga berkat itu terus bertambah dan selalu hadir penyertaan Engkau dalam proses hidup kami yang Engkau berikan Ya Tuhan.

3. Doa Agar Senantiasa Merasakan Kuasa Tuhan

Pujian bagiMu Tuhan, Kristus sang juru selamat, kami mengucapkan syukur begitu besar kepadaMu Ya Tuhan. Terima kasih atas kesempatan yang Kau berikan untuk membiarkan kami merasakan kuasa Engkau di tengah hidup ini lewat kuasa natal.

Kami putra dan putriMu ini tulus untuk mempersembahkan kepada Engkau segala pujian dan juga sembahan di malam natal ini. Kami akan terus memuliakan namaMu Ya Tuhan dalam hidup ini, maka tunjukkan pada kami jalan kebenaran.

4. Doa Untuk Meminta Berkat Tuhan

Yesus, Bapa kami yang Maha Baik yang bertahta di sorga. Di hari natal yang kudus ini kami ada di hadapan Engkau, memohon padaMu untuk senantiasa memberkati kami, anak-anakMu ini.

Berikan kami selalu harapan, sikap bijaksana, kekuataan, dan juga semangat untuk terus menjalani kehidupan yang Engkau berikan kepada kami, menyelesaikan tanggung jawab kami sebagai manusia.

Hanya Engkau yang mampu memberikan berkat dan senantiasa untuk menyertai kami Ya Tuhan. Kami akan senantiasa meninggikan namaMu dalam hidup kami.

5. Doa Agar dijauhkan Dari Rasa Sedih

Bapak yang baik, berkatilah malam natal ini dengan penuh rasa kebahagiaan, menjadi malam natal yang juga penuh akan suka cita, ya Tuhan jauhkan orang-orang dari rasa sedih yang mereka rasakan di malam natal ini, berikanlah kepada mereka nyala terang dalam hatinya.

Sertai kami pula dalam setiap jejak langkah mengarungi kehidupan yang Engkau berikan kepada kami. Di dalam namaMu Ya Tuhan Yesus Kristus yang Kuasa kami meminta dan juga berdoa. Amin.

6. Contoh Doa Natal Terbaru 2022

Ya Tuhan yang Maha Mengasihi, bantu kami untuk senantiasa ingat akan kelahiran Yesus, tolong biarkan semua orang yang sakit dan lelah untuk bersukacita karena juruselamat mereka dilahirkan.

Tolong biarkan semua tawanan merasakan sukacita di hari natal ini. Biarkanlah semua orang Kristen merasakan suka cita di malam natal yang penuh berkat ini.

Terima kasih ya Tuhan atas kuasaMu atas segala berkat yang Engkau berikan kepada kami.

7. Doa Agar Dibukakan Cinta

Ya Tuhan di hari Natal yang penuh dengan suka cita ini, kami memohon kepada Engkau untuk menutup pintu kebencian yang ada di dunia ini dan membukakan cinta bagi siapa pun.

Biarkan kami semua diliputi dengan kebaikan dan juga keinginan yang baik dalam tiap ucapan kami. Jauhkanlah kami semua dari segala kejahatan Ya Tuhan, dan ajarkan kami untuk senantiasa memiliki hati yang gembira dan jernih.

Baca juga: Contoh Kata Sambutan Pidato Natal

Contoh Doa Syafaat Pada Hari Natal Terbaru 2022

ilustrasi doa syafaat natal
ilustrasi doa syafaat natal, sumber gambar: pexels.com

Doa syafaat adalah doa yang umum dipanjatkan ketika berada di dalam ibadah. Sebagai orang percaya, tentu kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjadi perpanjangan tangan Tuhan dengan mendukung doa tentang segala kejadian di sekeliling kita.

Natal merupakan salah satu momen besar yang diperingati oleh umat Kristiani. Ibadah Natal menjadi cara untuk mengingat bagaimana Anak Allah datang dan lahir ke dunia demi umat manusia. Doa syafaat Natal ikut dipanjatkan dalam menanggapi keagungan peringatan ini.

1. Doa Syafaat Untuk Sesama Anak Tuhan Dan Seluruh Manusia

Ya Bapa kami yang ada di sorga, terima kasih telah memberikan kami segala kehidupan yang baik di alam semesta ini. Terlebih berkahilah seluruh manusia di muka bumi ini serta seluruh anak tuhan yang taat dalam iman, selalu berkahi kedamaian dan kebersihan hati di hari natal ini.

Selalu limpahi keberkahan yang tidak terkira dalam kehidupan hari ini, esok dan selamanya. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami meminta pertolongan dan dalam pengharapan iman yang teguh. Amin.

2. Doa Syafaat Pada Hari Natal Untuk Guru Terkasih

Ya Tuhan kami, terima kasih telah memberikan kekuatan cinta dan kasih yang berlimpah kepada kami. Berilah guru kami kelimpahan damai serta kebebasan dalam hal memilih cinta dan kasih. Tetap bimbing dan lingkupi dengan cahaya cinta dari Engkau terlebih untuk hari natal ini.

Semoga Engkau selalu mendengar segala pengharapan kami untuk kedamaian guru kami yang terkasih. Dengan pengharapan iman kepada Tuhan Yesus kami berpegang teguh. Amin.

3. Doa Syafaat Saat Natal Untuk Anak

Wahai bapa kami yang Maha Kuasa dan juru penyelamat Tuhan Yesus Kristus, kami mengucap rasa syukur dan terima kasih atas kenikmatan dunia ini kepada kami.

Selalu limpahi cahaya ilahi dalam pengharapan dan bimbinglah anak kami dalam iman serta permohonan yang baik kepada engkau.

Sirami segala hatinya dengan kasih dan lingkupi keberkahan pada hari natal ini untuk anak kami, dalam lindungan tuhan Yesus kami menyerahkan diri. Amin.

4. Doa Syafaat Untuk Orang Tua Di Hari Natal

Ya Tuhan kami sang juru penyelamat, terima kasih atas segala berkah yang Engkau berikan kepada kami. Lindungilah orang tua kami dari segala hal buruk yang mengincarnya, lindungilah mereka dengan cahaya ilahi-Mu terutama di hari natal ini.

Selalu bombing mereka untuk terus berada dalam ajaran-Mu yang Agung dan juga berkahi segala hal baik untuk orang tua kami. Untuk itu Tuhan Yesus Kristus kami selalu memohon dalam iman yang teguh. Amin.

5. Doa Syafaat Untuk Nenek dan Kakek Di Hari Natal

Tuhan, terima kasih untuk segala hal baik yang telah kau berikan kepada hidup kami. Berilah kelimpahan dan selipkan senyum kepada nenek dan kakek kami.

Berkahi kehidupan mereka baik sekarang maupun di kehidupan selanjutnya. Di hari natal yang baik ini kami mohon untuk terus ciptakan kedamaian dalam hatinya yang tulus tersebut. Selalu selipkan rahmat dan juga cahaya dalam cinta terhadap Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Natal

6. Doa Syafaat Untuk Paman dan Bibi di Hari Natal

Bapa kami, terima kasih atas segala nikmat dan syukur kami di hari natal ini. Kami meminta untuk tetap diberikan jalan yang baik dan hal baik untuk datang ke dalam kehidupan paman serta bibi kami.

Di hari natal ini kami mohon, terus buat senyum di bibir mereka untuk membuat kami merasakan damai yang sangat luas. Dalam lingkupan rahmat Tuhan Yesus kami meminta segala berkat yang Maha Kuasa serta Maha Agung. Amin.

7. Doa Syafaat Untuk Sahabat Di Hari Natal

Wahai Bapa yang ada di sorga, terima kasih sudah memberikan cinta seputih salju untuk para umatnya. Limpahkanlah syafaat Bapa untuk sahabat kami yang kami sayangi.

Selalu lindungi sahabat kami di hari Natal ini dalam lindungan Tuhan Yesus sang guru penyelamat umat yang mulia. Cinta dan kasih yang telah Engkau berikan adalah salah satu keberkahan berlimpah untuk sahabat kami.

Dalam lindungan Tuhan Yesus dah Rohul Kudus kami memohon dalam keteguhan iman dan pengharapan kasihnya. Amin.

8. Doa Syafaat Natal Untuk Sesama

Pujian dan segala hormat hanya kepada Engkau, Ya Tuhan Yesus Sang Juruselamat. Engkau memberikan berkat penuh damai dan bahagia hanya untuk kami. Harapan, penyertaan, dan pertolongan selalu ada di setiap kecemasan serta kebimbangan dalam hidup.

Malam ini, kami mengucap syukur karena mampu mengingat kuasaMu di dunia lewat peristiwa kelahiran Yesus sebagai Imanuel. Berikan kami kemampuan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai umat manusia.

Kiranya peristiwa Natal selalu menjadi keindahan yang terus berlangsung sepanjang masa. Terima kasih atas hari yang indah ini. Amin.

9. Contoh Doa Syafaat untuk Hari Natal

Ya Tuhan Allah yang kekal, kami angkat puji syukur untuk setiap penggenapan kehendakMu sebelum dunia ini diciptakan. Dengan mengutus AnakMu yang Tunggal, Tuhan kami Yesus Kristus, kami mampu memperoleh pembebasan dari maut, hukuman, maupun dosa yang mencela.

Ingatkan kami senantiasa untuk menyadari setiap kehadiran dan kelahiran Yesus Kristus sebagai Penyelamat manusia yang penuh dosa. Kami ingin mewartakan kebesaranMu kepada seluruh dunia. Ia adalah milik kami dan kami adalah milikNya.

Biarlah diri kami menjadi persembahan paling berkenan di hadapanMu. Berkati anak-anak maupun orang dewasa untuk melayani Engkau saja. Amin.

10. Doa Syafaat Pada Hari Natal Singkat

Kami bersukacita dalam menyambut Natal hanya bersama Engkau, Tuhan kami. Kiranya peristiwa kelahiran ini terus menguatkan dan mengingatkan iman kami atas kedatanganMu sebagai Penebus dunia. Ajari kami untuk mencintai serta menimba cinta kasih hanya dari Engkau saja.

Berkati setiap Gereja dan persekutuan sebagai tempat bagi kami untuk menyaksikan karya kasihMu, terutama dalam kehidupan kami. Amin.

Baca juga: Contoh Susunan Acara Natal yang Baik dan Benar

11. Doa Syafaat Natal Untuk Bangsa dan Negara

Tuhan Yesus yang Maha Kasih, kami haturkan ucapan syukur atas segala nikmat yang Engkau berikan kepada kami. Yesus, saat ini, kami ingin berdoa untuk bangsa dan negara kami, Indonesia. Terima kasih Tuhan karena Engkau telah tempatkan kami di bumi nusantara yang penuh dengan kelimpahan.

Kiranya Engkau sendiri ya Tuhan, yang melindungi bangsa dan negara kami. Jauhkan kami dari marabahaya. Ajari kami untuk mengerti setiap rencanaMu untuk bangsa dan negara kami. Hindarkan kami dari perpecahan dan jadikan kami bangsa yang mau saling menguatkan dan mengasihi. 

12. Doa Syafaat Natal Untuk Pemerintah

Yesus Kristus pemilik hidup kami. Saat ini ya, Tuhan, kami ingin menaikkan doa syafaat kami untuk pemerintah di negara tempat kami berpijak. Berikanlah kebijaksanaan dan juga hati yang takut akan Engkau. Sertai semua keputusan dan kebijakan yang diambil, agar dapat benar-benar untuk kesejahteraan rakyatnya.

Tuhan, berkati setiap orang yang duduk di pemerintahan, mulai dari pusat hingga ke daerah. Jauhkan dari sikap egois dan juga keinginan untuk melakukan hal yang tidak benar. Kami percaya ya, Tuhan, bahwa setiap pemerintahan yang ada di dunia ini adalah milik-Mu. Kiranya kasih karuniaMu ada selalu untuk para wakil rakyat yang mewakili kami. Biarlah hati-Mu ada di dalam hati mereka.

13. Doa Syafaat Natal Untuk Keluarga

Di momen natal kali ini ya, Tuhan, Bapa kami yang kekal, kami menaikkan doa untuk keluarga kami. Terima kasih kami ucapkan karena Engkau sudah memilihkan keluarga, tempat kami besar dan mengenal dunia. Kami tahu, ada banyak kekurangan dalam keluarga kami, tapi kami pun juga tahu, bahwa kasih karuniaMu juga selalu ada buat kami.

Jagai setiap langkah hidup kami ya, Tuhan. Ajari kami untuk selalu mengandalkan Engkau dalam menentukan setiap hal dalam kehidupan kami, Jadikan keluarga kami sebagai garam dan terang bagi sekeliling kami. Berkati kami dengan berkat surgawi-Mu, agar kami juga bisa memberkati orang lain yang ada di sekeliling kami.

14. Doa Syafaat Natal Singkat

Agar setiap momen natal berkesan, maka kita harus bisa mengetahui isi hati Tuhan yang dibawa melalui pesan natal. Salah satu caranya adalah dengan memanjatkan doa syafaat untuk kebaikan bersama. Sebab itulah pesan yang Tuhan ajarkan, agar kita bisa saling mendoakan dan menguatkan satu sama lain.

Allah yang Maha Kasih, pemilik alam semesta. Pada momen natal yang begitu berharga ini, izinkan kami untuk memanjatkan doa syafaat bagi orang-orang di sekeliling kami. Tuhan, ada banyak hal yang tidak kami mengerti dalam kehidupan ini, tapi ajari kami untuk memandang semuanya dari cara pandangMu. Kami tahu Tuhan, bahwa setiap hal yang Engkau kerjakan adalah semata demi kebaikan kami.

Berikan anugerah keselamatanMu kepada orang-orang yang belum mengenal Engkau Tuhan. Agar pada kesempatan natal tahun depan, ada lebih banyak orang yang akan datang, dan memproklamirkan bahwa hanya Engkau sajalah Tuhan dan Juruselamat bagi umat manusia.


Mengucapkan doa dalam momen natal merupakan bentuk syukur paling indah. Harapan meliputi seluruh bidang kehidupan manusia, mulai dari kebahagiaan keluarga hingga hidup bernegara berdampingan bersama orang banyak lainnya.

Pengucapan doa syafaat oleh pendeta dalam gereja akan meningkatkan keimanan kita. Semoga pembaca dapat memahami seluruh kata-katanya sehingga mampu menyejukkan jiwa dan hati dan memberikan kesan momen natal lebih bahagia, indah, serta penuh syukur.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!