30+ Doa Penenang Hati dan Pikiran Saat Gelisah Kristen

Contoh doa penenang hati dan pikiran kristen ketika gelisah – Ada banyak cara menenangkan hati yang sedang gelisah, khawatir, gundah gulana, kacau, was was, berpikir negatif dan semacamnya, salah satunya adalah berdoa kepada Tuhan.

Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak pernah merasakan gelisah, kekuatiran merupakan hal yang lumrah terjadi dan seringkali menghinggapi di saat kita sedang banyak pikiran. Namun, doa penenang hati dan pikiran gelisah Kristen bisa kita panjatkan untuk meringankan beban tersebut.

Doa memang terlihat sangat sepele, maka dari itu ada banyak orang yang tidak mengutamakan doa karena berpikir tidak akan ada manfaatnya. Padahal doa merupakan kunci dari segala sesuatu, dengan berdoa kita bisa mendapatkan jawaban dari setiap situasi yang kita alami. Selain itu, doa merupakan jalan kita berkomunikasi dengan Tuhan yang akan memberikan kita kelegaan dan ketenangan.

Dengan berdoa, roh kita juga menjadi kuat sebab kita sudah mendekatkannya dengan sumber terbaik yaitu Roh Allah. Orang yang rajin berdoa dengan benar akan jarang merasakan kekuatiran, sebab ada kekuatan ilahi yang ada pada dirinya sehingga membuatnya jarang dihinggapi kegelisahan.

Oleh karena itu, di sini kami ada beberapa contoh doa Kristen, baik Protestan maupun Katolik bagi yang sedang merasa gelisah, doa untuk ketenangan hati dan pikiran yang mudah-mudahan dapat membantu mengatasi depresi.

Baca juga:

Contoh Doa Penenang Hati dan Pikiran Kristen

ilustrasi orang berdoa untuk menenangkan hati
ilustrasi orang berdoa untuk menenangkan hati, sumber gambar: unsplash.com

Obat dari segala kekalutan yang terjadi di hati dan pikiran adalah dengan bersimpuh di bawah kaki Tuhan, sebab hanya Dia saja yang bisa kita andalkan dan memberikan kita kekuatan. Tuhan lebih besar dari masalah kita, maka kepadaNya kita seharusnya bergantung.

Di bawah ini adalah contoh doa Kristen sebagai penenang hati dan pikiran terbaru 2022 ketika ada masalah yang mengganjal, cobaan yang berat dan rasa khawatir yang timbul.

1. Doa Kristen Meminta Ketenangan Hati

Ya Tuhan, Berilah selalu berkat kepada kami dalam menjalankan kehidupan. Agar kami bisa mendapatkan ketenangan hati karena berkat dan perlindungan darimu. Sungguh berkat dan pertolonganmu lah yang akan selalu kami harapkan dalam menjalani kehidupan.

Kamu percaya bahwa engkau akan selalu memenuhi janji kepada orang-orang pilihanmu. Engkau berjanji untuk tidak membiarkannya masuk dalam kesengsaraan ataupun kesedihan bagi orang-orang baik dan setia kepadamu. Amien.

2. Doa Agar Selalu dalam Naungannya

Tuhan, kami hanya meminta dan berharap sepenuhnya kepadamu tidak dengan yang lain. Sesungguhnya hanya dirimu yang dapat mendengar harapn dan doa kami serta menjadikannya. Kami percaya bahwa kuasamu paling tinggi akan selalu menaungi kami.

Naungan darimu yang akan membuat kami merasakan ketenangan jiwa dan pikiran. Sehingga kami akan selalu terjaga dalam segala hal buruk karena lindungan yang engkau berikan kepadaku. Sungguh kami percaya akan naungan darimu. Amien.

3. Doa kristen Meminta Kebersihan Pikiran

Ya Tuhan, kami meminta kebersihan atas pikiran kami agar selalu mendapat ketenangan. Sesungguhnya ketenangan pikiran itu tergantung kebersihan dari pikiran kita sendiri. Kami berharap permohonan atas dosa-dosa yang diperbuat.

Permohonan atas dosa-dosa yang dapat membersihkan pikiran kami. Sehingga tidak akan lagi terbawa atau terpengaruh dalam segala hal buruk yang bisa menimpa kapanpun. Sungguh kami percaya atas kebersihan pikiran yang engkau berikan. Amien.

4. Doa Penenang Pikiran Saat Gelisah

Ya Tuhan, kami sangat percaya bahwa engkaulah yang maha kuasa atas kehidupan. Kami bisa berharap, bersyukur dan meminta hanya kepadamu. Kami sangat berharap mendapatkan ketenangan pikiran agar bisa menjalani hidup dengan semestinya

Ketenangan hati menjadi pusat kebahagiaan, kebebasan dan rasa aman kami. Sungguh kami berharap atas berkat darimu untuk memberikan ketenangan pada pikiran kami. Sesungguhnya hanya engkau yang bisa memenuhi permintaan kami. Amien,

5. Doa Meminta Kebebasan dari Masalah

Ya Tuhan, Sesungguhnya kami hanya ingin kebebasan dari masalah yang tengah menimpa saat ini. Berilah kekuatan dan ketegaran kepada kami agar bisa mengatasinya dengan sebaik mungkin. Kami percaya bahwa engkaulah maha penyelamat dan pelindung bagi umatnya.

Sesungguhnya engkau memiliki kekuasaan atas kami dalam menolong ataupun memberi. Sehingga kami sangat mempercayai apa yang engkau berikan itu memang terbaik bagi kehidupan kami. Kepercayaan penuh akan selalu kami tujukan hanya kepadamu. Amien.

6. Doa Agar Terlindungi Hati dan Pikiran

Ya Tuhan, engkaulah yang selalu kami sembah sebagai tempat memohon dan meminta. Engkau telah menjanjikan ketenangan hati dan pikiran kepada pengikutmu yang setia. Berilah selalu berkat dan anugerah mu kepada kami agar dapat merasakan kebebasan dan ketenangan hidup.

Sungguh kami berharap semua hal hanya kepadamu, karena engkau lah tempat berserah diri. Dalam syukur dan doa yang kami tujukan kepadamu penuh harapan tentang kehidupan. Sesungguhnya kami akan selalu berdoa agar bisa menjalani kehidupan yang sebenarnya. Amien.

7. Doa Meminta Ketenangan Hati Saat Gelisah

Tuhan yang maha kuasa, berilah kebebasan kepada kami dalam menjalankan kehidupan ini. Lindungilah kami selalu agar bisa mendapatkan ketenangan jiwa dan raga. Bersihkanlah hati juga pikiran kami dari dosa yang pernah dilakukan.

Sungguh kami akan selalu mengingatmu agar tidak mengulang dosa-dosa yang pernah diperbuat. Doa dan syukur tetap kami tujukan kepadamu dengan penuh harapan. Sesungguhnya kau tidak akan menyalahi janji kepada kami orang-orang yang selalu tunduk dan setia kepadamu. Amien.

8. Doa Penenang Hati dan Pikiran

Wahai Tuhan Yesus yang kami cintai, kami panjatkan rasa terima kasih kami kepada-Mu dan kami merasa hanya Engkau sebagai penolong kami saat kami jatuh.

Rasa gelisah kini sedang menghampiriku, aku merasa hancur dan berada pada titik terendah sepanjang hidupku, ya Tuhan.

Kami meyakini tak ada tempat mengadu yang lebih baik selain kepadaMu, kabulkan doa hambaMu yang lemah ini dan berikan hamba jalan keluar, amin.

9. Doa Penenang Pikiran Untuk Menyelesaikan Kegelisahan

Ya Tuhan, saat ini kami sedang dalam keadaan terpuruk, masalah datang bertubi-tubi kepadaku, rasanya seperti aku tak kuat lagi menahan segala persoalan hidupku sendiri.

Adakah tempat yang lebih baik selain diri-Mu untukku mengadu? Kurasa tidak, maka bantulah kami menyelesaikan kegelisahan hidup yang kami hadapi, karena hanya Engkau yang kami rasa dapat membantu kami dan memberikan solusi terbaik tanpa harus menyakiti siapapun, amin.

Tuhan, bantulah kami untuk menyelesaikan segala kegelisahan dalam hidup. Kegelisahan yang berasal dari dalam diri, keluarga atau pekerjaan. Permudahkanlah semuanya, sehingga kami bisa lepas dari rasa gelisah ini.

Bantulah kami untuk bisa menyelesaikan sumber dari segala kegelisahan yang dihadapi. Limpahkanlah berkat dan kasih-Mu kepada kami, agar kami mampu menghadapi apa yang sedang terjadi.

10. Doa Penenang Hati dan Pikiran Singkat

Ya Tuhan yang kami imani, tiada tempat yang lebih baik yang kami percaya selain memohon kemudahan kepada-Mu untuk membantu menyelesaikan kegelisahan hati dan pikiran yang sedang mendera kami.

Ya Tuhan Yesus yang penuh Kasih, wujudkanlah panjatan doa kami kepadaMu dengan penuh kemurahan, amin.

Baca Juga: Doa Pembukaan Ibadah Kristen

11. Doa Penenang Hati dan Pikiran Agar Dikuatkan Dari Segala Masalah yang Ada

Ya Tuhan Yesus yang Maha Penolong, tolong kami yang lemah ini untuk menyambut ketenangan hati dan pikiran kami, amin. Bantulah kami untuk bisa lepas dari kegelisahan yang terjadi.

Tuhan, kuatkanlah hati dan pikiran kami dalam menghadapi segala problematika kehidupan. Berilah kemudahan dan kelancaran agar kami mampu melewati semua yang terjadi dengan sebaik-baiknya.

12. Doa Penenang Hati dan Pikiran Agar Diberikan Jalan Keluar

Ya Tuhan Yesus yang kami cintai, kami percaya kepada-Mu bahwa Engkau satu-satunya harapan kami, yang mampu menyediakan solusi terbaik pada hidup kami.

Kami sedang menghadapi cobaan dari-Mu maka hanya Engkau yang mampu memberikan kami jalan keluar atas kegelisahan hati dan pikiran yang kami hadapi, amin.

Tuhan, tunjukkanlah jalan keluar yang terbaik untuk kami dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Berkati setiap langkah yang kami ambil dan berikanlah kekuatan dalam menjalaninya.

13. Doa Penenang Pikiran Untuk Menghadapi Cobaan Hidup

Wahai Tuhan Yesus penyayang terbaik kami, kami percaya Engkau tak pernah meninggalkan kami sedetikpun. Maka kami panjatkan doa kepada-Mu demi ketenangan hati dan pikiran kami dalam menghadapi cobaan hidup yang Engkau berikan kepada kami.

Teguhkanlah hati kami dalam menjalani cobaan hidup yang memang tidak mudah ini. Berikanlah kami kekuatan dan lancarkanlah semuanya

Tuhan Yesus, tolonglah kami yang tak berdaya ini, kabulkan doa kami, Aamiin.

14. Doa Penenang Hati dan Pikiran Agar Diberikan Ketenangan

Ya Tuhan Yesus, kami sedang didera kegelisahan pikiran dan hati yang sering membuat kami bingung.

Tuhan Yesus kami, tuntunlah kami pada solusi hidup yang Engkau sukai agar ketenangan menyelimuti kami kembali, amin.

15. Doa Ketenangan Hati Untuk Bisa Mengampuni

Bapa yang bertahta dikerajaan Surga, terima kasih atas penyertaanMu yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada anakMu ini sehingga pada kesempatan malam hari ini hamba dapat datang untuk memuji dan memuliakan namaMu. Hamba tahu bahwa ini bukan karna kuat dan hebat hamba, namun ini semua berkat penyertaan dan kasih yang selalu Engkau nyatakan dalam diri anakmu ini.

Pada kesempatan malam hari ini hamba datang kepadaMu ya Bapa, membawa segala beban dalam hati hamba. Membawa hati yang terluka ya Bapa. Ya Bapa, banyak hal yang terjadi dalam hidup hamba yang tidak dapat dimengerti. Semua yang terjadi dalam hidup ini sungguh cepat berlalu. Suka, duka, canda tawa bahkan air mata. Semua itu Engkau ijinkan terjadi untuk mewarnai kehidupan anakMu ini.

Ya Bapa, tanpa hamba sadari banyak orang yang menyakiti hati hamba bahkan orang yang sangat dekat dengan anakmu ini telah mengecewakan dan menorehkan luka dalam hati hamba. Rasa benci dan amarah menyelimuti hati anakMu ini. Perasaan ingin membalaskan dendam bahkan mencelakakan seringkali terbesit di pikiran dan hati anakmu ini ya Bapa. Oleh sebab itu ya Bapa, pada kesempatan malam hari ini, ijinkan hamba meminta penyertaanMu dalam hidup dan hati anakMu ini. Balut setiap luka di hati hamba.

Jangan biarkan amarah dan kebencian terus menghantui anakmu ini sehingga hati anakmu ini menjadi tidak tenang dan tidak dapat merasakan kasihMu ya Bapa. Ya Bapa, jangan biarkan anakMu ini berjalan lebih jauh dan mengandalkan kekuatan diri sendiri, tapi ya Bapa biarkanlah Engkau bekerja atas hati hamba. Mampukan anakmu ini untuk mengampuni dan memperbaiki hubungan yang telah rusak.

Ya Bapa kiranya Engkau bekerja atas hidup dan kehidupan hamba, pakai anakMu ini seturut kehendakMu. Berikanlah anakMu ini kekuatan dan ketenangan hati. Bebaskanlah belenggu sakit hati ini. Ya Bapa, hamba hanya menyerahkan seluruhnya ke dalam tangan pengasihanMu. Dalam nama Tuhan Yesus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

16. Doa Ketenangan Hati Untuk Diberikan Kelancaran Dalam Menjalani Tugas

Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tetap memberikan nafas kehidupan bagi anakMu ini sehingga pada pagi hari yang indah ini, anakmu masih dapat merasakan kasih dan penyertaanMu dalam hidup hamba. Ya Bapa kiranya Engkau terlebih dahulu melayakkan dan menguduskan hamba agar kiranya hamba dapat datang dihadapanMu untuk memuji dan memuliakan namaMu.

Ya Bapa sebelum hamba memulai aktivitas hamba pada pagi hari ini, hamba datang kepadaMu meminta penyertaanMu pada setiap apa yang hamba kerjakan pada hari ini. Ya Bapa, hamba adalah makhluk yang lemah yang tidak dapat hidup tanpa penyertaanMu, oleh sebab itu ya Bap jangan biarkan anakMu ini berjalan sendirian dan hanya mengandalkan kekuatan sendiri saja. Tetapi biarlah anakMu ini mengandalkan Engkau di setiap apa yang dikerjakan.

Ya Bapa, pada pagi ini hamba sangat takut dan tidak percaya akan diri hamba sendiri untuk menjalankan tugas yang diberikan yang telah menjadi tanggung jawab hamba untuk diselesaikan. Hamba merasa sangat lemah dan kecil ya Tuhan. Hamba merasa bahwa hamba tidak mampu untuk mengerjakannya dengan baik. Rasanya hamba ingin lepas dari tanggung jawab yang hamba punya ini. Rasanya hamba ingin memberikan tugas ini kepada orang lain yang jauh lebih pandai dan pasti mampu untuk melakukan yang lebih baik daripada hamba.

Namun, hamba menyadari ya Bapa. Engkau yang telah mempercayakan tugas ini kepada hamba bukan tanpa alasan, namun itu semua karena Engkau tahu bahwa hamba dapat mengerjakannya dengan baik. Oleh sebab itu ya Bapa, berikanlah anakmu ini hati dan pikiran yang tenang. Berikan anakmu ini hikmat agar kiranya anakmu ini dapat menyelesaikannya dengan baik. Ya Bapa, hamba bukanlah apa-apa tanpa Engkau. Engkau yang telah memampukan hamba sehingga hamba dapat berjalan sampai sejauh ini.

Ya Bapa, hamba perlu bimbingan dan penyertaanMu pada hari ini disetiap apa yang hamba kerjakan. Jangan biarkan anakMu ini terus merasa takut dan tidak tenang. Ya Bapa kiranya kuasanya nyata dalam hidup hamba pada hari ini. Ya Bapa inilah doa dan permohonan hamba yang hamba panjatkan hanya di dalam namaMu. Engkau tahu apa yang hamba butuhkan. Hamba yakin dan percaya bahwa penyertaanMu selalu nyata dalam setiap langkah hidup hamba. Dalam nama Tuhan Yesus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

17. Contoh Doa Ketenangan Hati Agar Tidak Khawatir

Ya Bapa, terima kasih atas segala berkat yang Kau curahkan kepada hamba sehingga pada hari ini hamba tidak kekurangan satu apapun. Terima kasih atas segala berkat dan penyertaan yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada hamba. Ya Bapa, pada kesempatan sore hari ini hamba datang di hadapanMu untuk memuji dan memuliakan namaMu serta untuk menceritakan segala apa yang hamba rasakan pada saat ini.

Ya Bapa, hamba tahu Engkau adalah Allah yang mengasihi hamba. Engkau tidak pernah meninggalkan anakMu sendiri. Engkau menopang hamba sehingga ketika hamba jatuh tidak akan sampai tergeletak. Ya Bapa betapa besar kasih yang hamba rasakan daripadaMu.

Pada sore hari ini, hamba datang ke hadapanMu ya Bapa. Dengan segala kerendahan hati memohon bimbingan dan penyertaanMu dalam hidup hamba. Ya Bapa, hamba tahu bahwa manusia tidak akan lepas dari rasa khawatir demikian hamba pada saat ini. Ya Bapa, hamba sangat khawatir dengan apa yang hamba jalani pada saat ini. Hamba khawatir akan kehidupan hamba, hamba khawatir akan masa depan hamba bahkan hamba khawatir akan apa yang harus hamba makan dan minum.

Rasanya kekhawatiran ini semakin hari semakin besar ya Bapa. Ya Bapa, jangan biarkan anakMu ini terus merasa khawatir akan kehidupan ini. Jangan biarkan anakMu ini merasa cemas akan apa yang terjadi dalam kehidupannya. Hamba mohon ya Bapa, tenangkanlah dan kuatkanlah hati hambaMu ini. Jangan biarkan kekhawatiran ini membuat hamba tidak dapat merasakan kasih dan kemuliaanMu di dalam kehidupan hamba.

Ya Bapa hamba hanya menyerahkan hati dan kehidupan hamba ke dalam tanganMu. Inilah doa yang hamba panjatkan kepadaMu yang masih jauh dari kurang sempurna yang kami alaskan dalam satu nama yaitu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

18. Doa Ketenangan Hati Agar Diredakan Dari Rasa Takut

Ya Tuhan, tak henti-hentinya kami mengucap syukur kepadaMu. Tak henti-hentinya kami berseru dan berharap kepadaMu. Tak henti-hentinya kami mengandalkan Engkau dalam setiap kehidupan kami. Ya Bapa, begitu banyak yang telah terjadi dalam kehidupan ini. Terkadang kami tidak mengerti mengapa semua itu harus terjadi dan Engkau ijinkan ada dalam kehidupan kami. Pada saat ini ya Bapa, hamba datang ke hadapanMu dengan segala kerendahan.

Kiranya Engkau melayakkan anakMu ini untuk dapat datang di hadapanMu. Ini semua terjadi bukan karena kuat dan hebat hamba melainkan ini semua berkat penyertaanMu dalam kehidupan hamba. Ya Bapa, seringkali hamba merasa takut dan gentar dalam menjalani kehidupan ini. Hamba merasa berjalan di tengah kegelapan dan terkadang hamba merasa tidak ada jalan yang bisa hamba alui. Hamba takut untuk jatuh ke dalam kesalahan yang sama. Hamba terlalu takut untuk menatap masa depan hamba. Terkadang ketakutan itu membuat hamba tidak menyadari kehadiranMu dalam kehidupan hamba. Oleh sebab itu ya Bapa, hilangkanlah rasa takut ini.

Jangan biarkan hamba tidak melangkah maju. Hamba percayakan kehidupan hamba ke dalam tanganMu saja ya Bapa. Ketika orang lain meremehkan bahkan merendahkan hamba, hamba percaya Engkau akan meninggikan hamba. Engkau akan membuat masa depan hamba indah karena masa depan sungguh ada bagi kami anak-anakMu. Terima kasih ya Bapa. Inilah doa yang hamba naikkan i dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

19. Doa Ketenangan Hati Agar Dimampukan Untuk Menghadapi Hari Esok

Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, terima kasih atas segala berkat yang Engkau limpahkan ke dalam kehidupan anakMu ini. Terima kasih karena sampai saat ini Engkau masih memberikan nafas kehidupan serta kesehatan kepada anakMu ini. Terima kasih atas penyertaanMu sepanjang hari ini mulai dari pagi sampai malam hari ini.

Ya Bapa pada kesempatan malam hari ini, hamba datang ke hadiratMu memohon an berseru kepadaMu ya Bapa, namun terlebih dahulu kiranya Engkau melayakkan hamba agar hamba dapat layak dihadapan-Mu. Ampuni setiap dosa dan pelanggaran yang telah hamba perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja yang telah menyakiti hati sesama hamba bahkan menyakitiMu ya Bapa. Jangan biarkan dosa yang telah hamba lakukan ini menghalangi hamba dari kasihMu. Oleh sebab itu ya Bapa, kiranya Engkau mau mengampuni setiap dosa yang telah hamba lakukan.

Ya Bapa, pada kesempatan malam hari ini hamba menyerahkan hari esok yang hamba akan jalani hanya ke dalam tanganMu saja ya Bapa. Entah mengapa ada rasa takut dalam diri hamba akan hari esok yang menanti hamba. Hamba takut akan apa yang hamba kerjakan, hamba takut hamba tidak dapat beraktivitas dengan baik bahkan hamba takut akan sesuatu yang belum pasti terjadi di dalam kehidupan hamba.

Karena ketakutan hamba ini, sering kali hamba merasa jauh dari padaMu ya Bapa. Karena rasa takut ini pula hamba menjadi lebih sering mengandalkan kekuatan hamba sendiri sehingga hamba lupa bahwa hamba memiliki Allah yang sungguh luar biasa. Oleh sebab itu, hamba menyerahkan hari esok ke dalam tanganMu ya Bapa. Hamba tahu Engkau akan menyertai dan mencukupi setiap apa yang hamba perlukan karena Engkau adalah Allah yang kaya dan penuh kasih.

Jangan biarkan ketakutan ini terus ada dalam hati dan pikiran hamba ya Bapa. Tenangkanlah hati hamba. Kiranya hanya kasihMu sajalah yang tercurah dalam diri hamba pada saat ini ya Bapa. Kiranya saat esok hari hamba sudah bangun, hamba dapat bersuka cita dan dapat dengan kuat menghadapi apa yang akan terjadi. Ya Bapa, inilah doa yang hamba panjatkan kepadaMu yang masih jauh dari kurang sempurna. Kiranya sempurnakanlah doa ini ya Bapa. Dalam nama Tuhan Yesus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

20. Doa Ketenangan Hati Agar Mau Menerima Hal yang Telah Terjadi

Bapa yang bertahta dalam kerajaan Surga, Bapa yang kami sembah, terima kasih atas setiap berkat yang telah Kau berikan kepada kami semua sehingga kami tidak pernah kekurangan satu apapun. Terima kasih karena Engkau adalah Allah yang tidak pernah meninggalkan kami sendiri dalam keadaan suka maupun duka. Engkau adalah Allah yang selalu menguatkan kami ketika kami lemah. Engkau adalah Allah yang setia dan penuh kasih. Engkau selalu memberikan apa yang kami perlukan menurut kehendakMu.

Ya Bapa, seringkali apa yang terjadi dalam kehidupan kami tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan. Terkadang kekecewaan, kesedihan serta kemarahan timbul ketika kehidupan yang kami jalani tidak seperti harapan kami. Seringkali kami lupa bahwa apa yang telah Kau berikan kepada kami adalah baik adanya. Engkau tahu apa yang kami perlukan.

Kami tahu bahwa kami tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi. Kami juga menyadari bahwa kami tidak dapat kembali dan memutar waktu kami. Kami tidak dapat memperbaiki apa yang telah terjadi di masa lalu. Oleh sebab itu ya Bapa, biarlah kami mau menerima apa yang telah terjadi dalam kehidupan kami sebagaimana adanya, bukan seperti yang kami kehendaki melainkan seperti yang telah Kau kehendaki. Kami percaya ya Bapa, bahwa Engkau telah membuat segala sesuatu dalam kehidupan kami baik adanya. Engkau mengetahui kami lebih dari apa pun. Oleh sebab itu ya Bapa, berikanlah kami kerelaan dan ketenangan hati dalam menghadapi apa yang ada di depan kami.

Berikanlah kami keikhlasan untuk menerima segala apa yang telah terjadi dalam kehidupan kami karena kami tahu dan kami percaya segala sesuatunya telah Kau ijinkan terjadi dalam kehidupan kami. Biarlah kuasaMu sajalah yang nyata dalam kehidupan kami. Inilah doa yang kami panjatkan yang kami alaskan dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

21. Contoh Doa Penenang Hati Kristen Terbaru 2022

Ya Bapa Sorgawi, pertama-tama saya mengucap terima kasih atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga ada banyak hari di mana saya memperoleh sukacita, kegembiraan dan kesedihan. Semua hal yang berlawanan tersebut membuat hati-hari saya menjadi lebih berwarna.

Sukacita mengajarkan saya untuk bersyukur, kesedihan mengajarkan saya untuk tabah dan berusaha lebih keras. Keduanya memiliki makna positif namun kali ini, saya benar-benar merasa bahwa pencobaan yang Engkau berikan berada di luar batas kemampuan saya.

Bapa, dengan segala hormat mohon ampuni saya yang berpikir bahwa apa yang saya alami saat ini tidak memiliki manfaat apapun, padahal barang pasti ini merupakan salah satu hal yang telah Engkau rencanakan kepada saya dan ada hikmah di balik ini semua.

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati saya memohon agar dijauhkan dari segala pikiran negatif, rasa gelisah dan khawatir yang terus menyelimuti saya pada akhir-akhir ini. Saya ingin kembali menjalani hari esok dengan sukacita bersama kawan-kawan. Tolong kabulkan doa saya ya Bapa, kepada-Mu saya berdoa. Amin.

22. Doa Agar Hati Tenang Kristen

Bapa yang penuh Kasih. Terima kasih atas segala kebaikan yang Engkau berikan kepada saya sehingga saya dapat menikmati banyak hari dengan berbagai warna kehidupan, mulai dari senang hingga sedih, marah hingga gembira, kecewa hingga bersuka cita. Semuanya menjadi warna hidup yang sangat saya syukuri.

Setiap kejadian memiliki manfaat, setiap peristiwa buruk memiliki hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik. Setiap apa yang saya alami merupakan bagian dari rencana-Mu untuk menguatkan saya, membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik.

Termasuk apa yang tengah saya alami akhir-akhir ini. Salah satu masalah yang membuat saya cukup gelisah, saya merasa apa yang terjadi saat ini sangat sulit untuk diatasi, saya tidak bisa menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada. Padahal justru sebaliknya.

Saat ini, saya benar-benar merasa kacau, merasa tidak ada yang peduli terhadap saya, merasa apa yang saya kerjakan saat ini sia-sia, saya sungguh merasa terpuruk sehingga terus berpikir negatif bahwa masalah ini tidak dapat saya selesaikan.

Tuhan, bantulah saya, bimbinglah saya agar terhindar dari perasaan gelisah, tenangkan hati saya, lebarkan pikiran saya agar dapat menemukan jalan keluar dari masalah ini. Jauhkan saya dari prasangka buruk yang selalu ada dalam pikiran.

Hanya kepada Engkau saya memohon. Dengan segala kerendahan hati, saya berharap doa ini dapat segera dikabulkan. Haleluya, Amin.

Baca Juga: Contoh DOA Persembahan Kristen

Doa Kristen Meminta Ketenangan Hati dan Pikiran Ketika Gelisah

doa kristen meminta ketenangan hati dan pikiran ketika gelisah
doa kristen meminta ketenangan hati dan pikiran ketika gelisah, sumber gambar: unsplash.com

Semakin dewasa, semakin banyak masalah yang memicu kegelisahan serta hati tidak tenang. Namun, hal tersebut bisa ditenangkan dan dipulihkan dengan permohonan doa supaya Allah sendiri yang menghilangkan perasaan negatif dari hati maupun pikiran.

23. Doa Orang Kristen Penenang Hati

Ya Bapa Surgawi, kembali aku datang ke hadiratMu untuk menyampaikan segala beban atau keluh kesah yang menghampiri. Sebelumnya, aku mau berterimakasih atas setiap warna dalam hidup berupa sukacita dan kesedihan yang beriringan.

Dengan segala kerendahan hati, anakMu ini memohon kepada Engkau untuk menjauhkan seluruh perasaan negatif, kekhawatiran, dan kegelisahan yang menyelimuti. Semoga di esok hari aku mendapatkan sukacita penuh hanya dari Engkau untuk menjalani hari.

Aku menyadari segala kurang dan lemahku. Tolonglah aku, Ya Tuhan Yesus. Sinarilah dengan terang bahagia dari Engkau saja. Amin.

24. Doa Mohon Ketenangan Hati Kristen

Allah Bapa yang Mahabaik, kami mengucap syukur atas kebahagiaan, kesedihan, kelemahan, maupun kekuatan yang ada dalam kehidupan. Semua itu menjadi warna dari hidup yang sangat kami syukuri. Kami mau melakukan refleksi pada setiap kejadian yang menghampiri sampai saat ini.

Apapun yang kami alami menjadi bagian dari rencanaMu yang indah untuk membentuk kami menjadi pribadi lebih baik. Segala hikmah dan pembelajaran ingin Engkau sampaikan untuk dimengerti dan dilakukan.

Bantu kami untuk mengatasi kegelisahan ini, Ya Bapa. Lepaskan kami dari jerat kegelapan yang ingin menjerumuskan ke dalam kegelisahan terlalu lama. Amin.

25. Doa Untuk Menenangkan Hati

Tuhan, bantu dan bimbinglah kami supaya dijauhkan dari perasaan khawatir, gelisah, dan tidak tenang. Kami ingin mendapatkan solusi dan jalan keluar terbaik dari segenap masalah yang ada. Hanya Engkau yang bisa menolong kami mengatasi segala situasi sulit dalam kehidupan ini.

Hanya Engkaulah Pembawa Terang yang mengatasi segala masalah di tengah-tengah umat manusia. Kami hanya bisa berserah ke dalam tanganMu. Amin

26. Doa Memohon Kedamaian dan Petunjuk

Tuhan, Raja Semesta Alam. Engkau mengetahui jalan kehidupanku ya, Tuhan. Kini selidikilah hati dan pikiranku. Jika ada pilihan tingkah lakuku yang melenceng, luruskanlah kembali ya, Tuhan. Sebab hati dan pikiranku gelisah hingga tidak ada lagi kekuatan di dalamku. Ketakutan akan sesuatu yang belum terjadi, kerap menghinggapiku.

Aku meminta petunjukMu ya, Tuhan. Sebab hanya Engkaulah sumber segala hikmat dan pengetahuan. Bimbinglah anakMu ini untuk bisa mengambil jalan yang tepat dan mengatasi semua permasalahan yang ada.

27. Doa Berserah Diri Kepada Tuhan

Tuhan, penjamin hidupku. Terima kasih untuk semua berkat yang sudah aku terima dan yang sedang Engkau persiapkan untukku. Tuhan, ampuni anakMu ini yang masih seringkali merasa gelisah dan tidak damai sejahtera. Pikiran akan kegagalan dan keputusasaan kerap menjalar dan menimbulkan ketakutan.

Tuhan, aku berserah sepenuhnya kepadaMu. Engkaulah yang mengenal aku, bahkan sebelum aku lahir di dunia ini. Maka aku percaya, Engkau juga mengenal jalan hidupku. Aku mau melakukan segala perintahMu. Dan aku tahu, Engkau tidak pernah meninggalkan aku.

28. Doa Meminta Kekuatan

Saat ini, Tuhan, anakMu ini datang ke hadiratMu membawa semua yang aku miliki. Tuhan, ada begitu banyak kekuatiran yang membuat hati dan pikiranku gelisah. AnakMu ini begitu lemah dan tidak tahu lagi harus berbuat apa. Tuhan, izinkan hambaMu ini untuk datang dan bersimpuh di kakiMu. Sebab hanya Engkau yang mampu memberikan kelegaan.

Tuhan, berikan hamba-Mu kekuatan dan juga kebijaksanaan. Jagai pikiranku dari memikirkan hal yang belum terjadi. HambaMu ini hanya ingin berharap kepadaMu dan percaya bahwa setiap hal yang terjadi tidak pernah luput dari pandanganMu. Di dalam nama Yesus, tidak ada lagi kekuatiran. Kegelisahan lenyap dan digantikan dengan damai sejahtera ilahi.

29. Doa Penenang Hati dan Pikiran Gelisah Kristen Singkat

Satu-satunya perlindungan dan pengharapan yang tidak pernah mengecewakan adalah dari Tuhan Yesus. Dia selalu menerima setiap orang yang datang kepadaNya dengan tangan terbuka. Dia akan memberikan pertolongan tepat pada waktuNya.

Tuhan, ada banyak persoalan yang aku alami dan aku percaya Engkau tahu. Saat ini, aku meminta kekuatan untuk mengubah segala sesuatu yang memang bisa untuk diubah. Namun, berikan aku juga kemampuan untuk menerima, segala hal yang memang tidak bisa untuk diubah. Ajari aku percaya, bahwa jalan yang Engkau sediakan bagiku adalah yang terbaik.

Baca Juga: Contoh Doa Syafaat Kristen

Banyak masalah terjadi seringkali berawal dari pikiran kita. Bahkan dikatakan bahwa segala sesuatu terjadi karena kita mengimaninya, memikirkannya setiap waktu. Maka ketika kegelisahan datang, kita harus cepat bersandar kepada Tuhan. Menyerahkan segala kekuatiran dan pikiran kita kepadaNya. Sehingga kita kembali bisa berpikir dengan jernih dan hanya memikirkan hal yang baik dan benar saja.

Selain itu, doa penenang hati dan pikiran gelisah Kristen terbaru 2022 harus benar-benar kita panjatkan. Kesungguhan kita dalam berdoa dapat menggerakkan hati Tuhan. Selain itu, kita tidak perlu lagi kuatir, sebab Dia sudah menjamin hidup kita dan berjanji untuk selalu menyertai

Itulah contoh doa kristen ketika menghadapi masalah, doa kristen agar pikiran dan hati menjadi tenang. Doa supaya hati dan pikiran tenang kristen, doa katolik agar hati tentram, ikhlas, tidak gelisah, diberi kemudahan, pertolongan, doa penyejuk hati dan pikiran, doa menenangkan hati yang sedih, agar hati tenang menghadapi masalah dan sebagainya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!