5 Contoh Doa Puasa Kristen yang Baik dan Benar

Kristenly.com – Ibadah ini dikatakan sebagai kegiatan yang penting untuk membangun kerohanian dan membantu Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang penting diperhatikan, misalnya saja melantunkan doa puasa Kristen terbaru 2022 sebelum memulainya.

Fokus puasa yang dilakukan oleh orang Kristen tidak hanya terletak pada rutinitasnya saja melainkan juga berada di pendekatan diri dengan Tuhan. Anda bisa menentukan terlebih dahulu kapan waktu dimulainya dan tujuannya.

Tujuan puasa ini dimaksudkan untuk meningkatkan segi spiritual, tuntutan ataupun penyembuhan dari berbagai jenis penyakit. Tidak lupa juga agar senantiasa meminta perlindungan kepada Roh Kudus agar tetap diberikan kelancaran selama menjalankannya.

Puasa bagi orang Kristen lebih diartikan untuk merendahkan diri di hadapan Allah dan membuat Roh Kudus akhirnya menggerakkan hati Anda semua. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis diantaranya biasa, penuh dan sebagian dimana memiliki aturan tersendiri.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Puasa

Contoh Doa Puasa Kristen Katolik dan Protestan

ilustrasi orang doa puasa di gereja
ilustrasi orang doa puasa di gereja, sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda yang hendak menunaikan ibadah ini, maka jangan lupa untuk mengucapkan doa puasa Kristen terbaru 2022 berikut ini terlebih dahulu. Selanjutnya, mintalah perlindungan kepada Tuhan Yesus selama menjalankannya.

1. Doa Puasa Bersyukur Atas Rezeki-nya

Ya Allah, Bapa yang memiliki segala kasih dan terang, pada hari ini kami telah menyelesaikan niat kami dalam menjalani puasa sebagai persembahan kepada-Mu dengan rasa syukur yang senantiasa kami panjatkan atas penyertaan yang Engkau berikan.

Hari ini perkenankan kami menyantap segala rezeki yang Engkau berikan kepada kami, semoga oleh karena berkat-Mu, makanan dan minuman yang kami santap semakin menguatkan jiwa raga kami untuk melanjutkan tugas dan kewajiban kami di dunia ini. Haleluya Amin.

2. Doa Puasa Penyerahan Diri Kepada-nya

Ya Allah, Bapa, kami bersyukur atas rezeki yang Engkau karuniakan kepada kami. Betapa senangnya hati kami mengetahui bahwa kehidupan ini berada dalam kehendak-Mu, Tuhan yang penuh dengan kasih.

Kami jalin hubungan yang erat dengan Tuhan melalui puasa ini. Kiranya Engkau berikan kekuatan kepada kami untuk senantiasa berada dalam kebenaran-Mu, kami lepaskan segala hal buruk dan roh jahat.

Kami datang berserah di hadapan-Mu memberikan seluruh diri ini dalam pengaturan-Mu. Penuhi kami dengan roh Kudus-Mu. Amin.

3. Doa Puasa Memohon Kesembuhan

Tuhan, Bapa, kiranya Engkau menolong kami dalam kesusahan dan kesakitan, Engkau datang ke dunia ini untuk mengasihi umat-Mu. Dalam doa puasa, kami memohonkan untuk dicabut segala sedih, sakit, dan kepayahan yang ada pada diri kami dan keluarga kami.

Gantikan dengan kenyamanan pada tubuh kami, agar kami mampu untuk terus mengabdikan diri di jalan terang-Mu. Tuhan satu-satunya yang menjadi sumber kekuatan pada tubuh kami, keberanian dalam roh dan kesabaran dalam kesakitan.

Kembalikan kesehatan yang sebelumnya Engkau karuniakan kepada kami, supaya kami dapat bekerja untuk kehormatan dan kemuliaan-Mu dan keselamatan seluruh manusia. Amin.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Qurban

4. Doa Puasa Memohon Pengampunan

Tertulis di dalam Markus 11:25 “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di surga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”

Ya Allah, Bapa, rangkullah kami dalam kudus-Mu. Tuntun kami untuk selalu berada di jalan terang-Mu. Kami mohon ampunan-Mu atas banyak kesalahan dan dosa yang diperbuat. Kami menyesali perbuatan yang tidak berkenan dihadapan-Mu.

Sungguh itu adalah kesalahan karena kurang mengindahkan firman Tuhan dengan sepenuh hati. Kami mohon dalam puasa ini mendapatkan karunia Tuhan untuk kembali mengagungkan kebenaran-Mu dalam jalan terang yang Engkau kehendaki. Amin.

5. Doa Niat Puasa Kristen Terbaru 2022

Tuhan, Bapa, kami sangat bersyukur bersukacita dan bahagia atas segala limpahan rezeki dan berkat yang Engkau berikan. Kami memohon kepada-Mu kiranya Engkau selalu menyertai kami dengan rezeki yang lancar dari pekerjaan baik yang Engkau anugerahi.

Tuntun kami dan bebaskan kami dari kelaparan, kehausan, serta kekurangan dalam menjalani kehidupan untuk selalu berada dalam terang Tuhan. Amin.

Baca juga:


Dengan melafalkan doa puasa Kristen singkat, Anda bisa memulai ibadah ini sesuai dengan tujuan masing-masing. Pastikan agar melakukannya hanya karena Yesus Kristus bukan maksud lainnya.

Puasa tidak hanya dilakukan oleh umat agama tertentu saja melainkan juga orang Kristiani, mereka akan melakukannya untuk berserah diri kepada Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!