4 Doa Rabu Abu Kristen, Bentuk Semangat Pertobatan

Kristenly.com – Perayaan hari rabu abu merupakan hari pertobatan karena telah ditebus dosa umat manusia dengan penyaliban Yesus. Pada hari ini sangat berarti dengan mengucapkan doa, ada doa rabu abu Kristen terbaru 2022 agar menambahkan kekhusyu’an dalam pertobatan.

Perayaan hari paskah menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu sebagai pengingat atas peristiwa disalibnya Yesus. Dan pada pra-paskah terdapat perayaan rabu abu sebagai bentuk kesedihan, berkabung, serta pertobatan atas terjadinya peristiwa Yesus tersebut.

Perayaan ini disebut hari berduka atau berkabung. Karena pada rabu abu mengingatkan peristiwa penyaliban Yesus sesudahnya. Yesus rela disalib demi penebusan dosa manusia agar tetap terjalin ikatan antara manusia dengan Tuhannya.

Sebagai hari pertobatan pada rabu abu karena sebagai tanda ucapan syukur atas penebusan dosa yang telah dilakukan di kayu salib. Sehingga pada perayaan ini dilakukan puasa serta berdoa memanjatkan pujian kepada Tuhan Yesus.

Rabu Abu adalah hari pertama dari peringatan Masa Prapaskah, di mana kita memulai masa pertobatan selama 40 hari. Hal ini berdasarkan angka “40” sebagai lamanya waktu sebuah persiapan.

Lalu, mengapa harus “Abu”? Abu sendiri tergolong ke dalam lambang pertobatan. Alkitab juga mengungkapkan sebuah kisah pertobatan Niniwe. Sebagai manusia, kita diingatkan bahwa masing-masing diciptakan dan berasal dari debu tanah dan suatu hari akan kembali menjadi tanah.

Ketika menerima abu sewaktu ibadah, ada baiknya kita menyiapkan hati dan pikiran untuk masuk ke dalam tahap pertobatan. Tuhan Yesus telah menandai kita untuk menyambut Dia.

Terlebih, hanya Dia yang sanggup membangun keimanan, memperbaharui, sekaligus menyempurnakan kehidupan setiap umat manusia.

Baca juga: 67 Ucapan Hari Rabu Abu Kristen, Bentuk Pertobatan

Contoh Doa Rabu Abu Kristen Terbaru 2022

ilustrasi orang doa saat rabu abu
ilustrasi orang doa saat rabu abu, sumber gambar: pexels.com

Mendalamnya makna rabu abu harus dipahami oleh umat kristiani, serta perayaan ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk bertobat serta berdoa. Oleh Karena itu, Berikut doa rabu abu yang bisa dipanjatkan secara pribadi maupun bersama.

1. Doa Pengakuan Dosa Rabu Abu

Bapa yang baik, di hari Rabu Abu yang damai ini kami menerima goresan abu dari tangan kasihMu. Mataku terbelalak karena segala dosa boleh disingkapkan. Hatiku terasa pilu karena malu.

Hatiku sangat sedih karena berani melukai. Kini, aku mengakui segala dosa dan kesalahan di hadapanMu. Setitik abu pada dahi ini telah mengubahkan kehidupanku. Hidupku semakin berarti karena ada tangan kasih yang mengampuni.

Pengampunan itu berupa kasih yang tidak pernah habis di dalam kehidupan ini. Biarlah kasih itu menetap dan boleh menjadi alat berkat selama kami berada di dunia dengan sesama maupun relasi yang lainnya. Terima kasih Kristus. Amin.

2. Doa Rabu Abu Sebagai Awal Masa Prapaskah

Allah Bapa yang baik, kami mengucap syukur atas Masa Prapaskah yang sudah dimulai dengan adanya hari Rabu Abu ini. Engkau ingin menyadarkan kami atas segala kebaikanMu bagi dunia. Engkau telah mencurahkan rahmat untuk menyegarkan jiwa kami.

Engkau juga mengajak kami untuk mau bertobat dan menyerahkan segala dosa kesalahan. Engkau mendorong kami untuk melepaskan diri dari belenggu nafsu yang sesat. Engkau ajari kami untuk hidup dengan sederhana dan bersyukur kepada setiap anugerah untuk membantu yang menderita.

Selama Masa Prapaskah ini, Engkau membimbing para calon baptis yang akan bersatu dengan kami melalui Sakramen Baptis. Dan sambil mendampingi mereka, Kau menyegarkan rahmat baptisan dalam diri kami.

Semoga setiap rahmat dan anugerah yang kami terima dapat menyucikan setiap hati dan bersatu sebagai umat kesayanganMu. Kami ingin meneladani Tuhan Yesus yang rela wafat untuk menggantikan kami. Terima kasih Bapa di Surga. Amin.

Baca juga: Contoh Doa Kamis Putih Kristen (Holy Thursday)

3. Doa Pemberkatan Abu

Ya Allah, hatiMu tergerak bila kami merendahkan diri dan Engkau berkenan bila kami bertobat. Sudilah mendengarkan doa kami yang penuh kasih dan berkatilah abu ini yang akan kami oleskan pada kepala kami.

Semoga kami yang mengakui diri berasal dari abu dan akan kembali menjadi abu, tekun mengamalkan puasa Prapaskah agar kami beroleh pengampunan dosa, menghayati kehidupan yang baru, dan menjadi serupa dengan PutraMu yang hidup dan berkuasa sepanjang masa. Amin.

4. Doa Rabu Abu Kristen Singkat 2022

Di dalam peringatan Rabu Abu, kitab oleh mengungkapkan permohonan kepada Allah di awal masa pertobatan selama beberapa waktu ke depan. Berikut doa yang bisa dipanjatkan secara pribadi maupun bersama.

Tuhan Yesus Kristus, Engkau sudah memanggilku sampai ke tengah padang gurun. Tolonglah aku untuk senantiasa menatap dan mengarahkan setiap sisi pandangan kepada Bapa Surgawi. Muliakanlah diri anakMu ini, Ya Yesus Tuhanku.

Berikanlah kekuatan dan keimanan agar selalu taat kepada sabdaMu selama 40 hari ke depan. Aku percaya bahwa Engkau tidak pernah putus menyertai segala langkah kehidupanku. Amin.

Baca juga: Doa Jumat Agung Kristen, Menyelami Pengorbanan Kristus di Kayu Salib

Sebagai pengingat peristiwa penyaliban Yesus dengan diperingati hari paskah. Juga terdapat peringatan pra-paskah yaitu rabu abu dengan melakukan pertobatan bagi umat katolik sebagai tanda syukur serta memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus.

Melalui pembahasan doa rabu abu ini, semoga dapat dijadikan referensi pembaca sehingga dapat menambah makan yang mendalam ketika melakukan perayaan ini dengan berpuasa dan memanjatkan pujian kepada Yesus.

Itulah beberapa referensi doa Rabu Abu kristen protestan dan katolik terbaru 2022 yang bisa dipanjatkan sebagai awal Masa Prapaskah. Terima kasih sudah membaca dan jangan lewatkan artikel doa yang lainnya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!