4 Doa Sabtu Suci Kristen bagi Umat Kristiani Terbaik 2022

Kristenly.com – Umat Kristiani mempunyai sejumlah hari raya yang selalu menjadi perayaan penuh suka cita. Namun, ada salah satu momen dimana sering orang lupakan, yakni Sabtu Suci. Pada saat inilah, kita merenungkan peristiwa penyaliban Yesus. Oleh karena itu, panjatkan doa sabtu suci Kristen terbaru 2022.

Sabtu Suci menjadi salah satu rangkaian acara besar dari peristiwa penyaliban Yesus hingga Paskah. Meskipun, biasanya tidak ada perayaan yang cukup meriah atau besar, momen ini tetaplah penting sebagai bentuk perenungan.

Kisah penebusan dosa yang Yesus lakukan dengan merelakan dirinya disalib demi umat-Nya ini menjadi peringatan penting umat Kristen. Sebagai hamba percaya, setiap peristiwa tersebut harus mampu menguatkan keimanan.

Memanjatkan doa ketika Sabtu Suci akan memberikan hati penuh perenungan akan segala pengorbanan sang Kristus. Dengan demikian, muncul rasa syukur serta keimanan semakin kokoh. Walaupun, banyak orang melupakan perayaan ini, sebaiknya kita selalu mengingatnya.

Baca juga: Kata-kata Hari Sabtu Suci Kristen yang Menyentuh Hati

Contoh Doa Sabtu Suci Kristen Terbaru 2022

ilustrasi orang doa saat sabtu suci
ilustrasi orang doa saat sabtu suci, sumber gambar: pexels.com

Peringatan Sabtu Suci merupakan rangkaian acara setelah Jumat Agung hingga nantinya ada Minggu Paskah. Meskipun, tidak mempunyai perayaan meriah seperti hari lainnya, ini tetap menjadi momen berharga, terlebih sebagai renungan pengorbanan Yesus.

Marilah kita beribadah sambil merenungkan salib Kristus yang sudah mengembalikan relasi manusia dengan Allah. Posisikan diri sejenak untuk datang ke hadiratNya dan bersekutu bersama Roh Kudus. Berikut doa yang bisa kita panjatkan ketika memperingati Sabtu Suci setiap tahunnya.

1. Doa Permohonan di Sabtu Suci

Tuhan Yesus, terima kasih telah menganugerahkan hari Sabtu Suci yang indah ini. Kami mengucap syukur untuk pengorbanan luar biasa dari Engkau bagi segenap umat manusia. Secara khusus, kami ingin mengucapkan permohonan hanya kepadaMu.

Kiranya Engkau mengubahkan kesedihan menjadi kebahagiaan, sama seperti Jumat Agung menjadi Minggu Paskah yang semakin menguatkan iman kami. Biarkan kami tidak henti merenungkan bahwa cinta kasih tidak pernah ada habisnya.

Bantu kami menjadi anak-anak yang mau membagikan damai dan cinta kasih seperti Engkau, Ya Bapa. Curahkanlah hikmat untuk meneladani-Mu dalam setiap kehidupan. Amin.

2. Doa saat Misa Sabtu Suci

Allah Bapa yang Maha Kekal, sungguh agung dan mengagumkan seluruh rencana penyelamatanMu. Terangilah umat yang Engkau tebus agar memahami bahwa karya penciptaan-Mu dari awal sungguh luar biasa.

Sungguh agung pula karya penebusan kami yang berlangsung sampai kepada kepenuhan masa dalam kurban Paskah Kristus yang hidup dan berkuasa sepanjang masa.

Allah yang kekal dan berkuasa, Engkaulah sumber iman dan pengharapan kami. yang kini kami rayakan telah diwartakan oleh para nabi. Sempurnakanlah segala sesuatu yang kami miliki, sebab segala yang baik dan ada dari pada kami berasal dari pada Engkau. Dengan pengantara Kristus Tuhan kami. Amin.

Baca juga: Contoh Doa Rabu Abu Kristen

3. Doa Sabtu Suci Katolik

Allah Bapa kami, karyaMu yang mengagumkan kini masih terus berlangsung. Dahulu Engkau membebaskan satu bangsa dari kejaran Firaun dengan kuasa tanganMu. Tetapi, kini Engkau mau menyelamatkan segala bangsa dengan air pembaptisan.

Kami mohon: Jadikanlah semua orang anak-anak Abraham dan semartabat dengan Bangsa Israel. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami.

Allah Bapa, kekuatan cahaya abadi yang kekal. Dengan penuh kasih sayang, pandanglah seluruh GerejaMu tanda keselamatan semua bangsa. Teruskanlah karya penyelamatan umat manusia sesuai dengan rencanaMu sejak awal mula.

Semoga seluruh dunia boleh menyaksikan bagaimana Engkau menegakkan yang rebah, memperbarui yang usang, dan memulihkan semesta alam dalam Kristus. Pangkal dan puncak seluruh ciptaan yang hidup dan berkuasa sepanjang masa. Amin.

4. Doa Sabtu Suci Kristen Singkat 2022

Allah yang kekal dan berkuasa, PutraMu yang tunggal telah turun ke dalam dunia maut dan naik kembali dengan mulia. Semoga semua orang beriman yang telah dikaburkan bersama Kristus dalam pembaptisan bangkit pula bersama Dia dalam kehidupan yang abadi.

Hanya Engkaulah sumber kehidupan dan segala pengharapan di bumi ini. Sebab Dialah PutraMu dan pengantara kami yang hidup. Amin.

Baca juga: Doa Minggu palma

Peristiwa yang Yesus alami menjadikan kita semakin tunduk sekaligus muncul rasa syukur. Pada hari peringatan Sabtu Suci, dapat memberikan sebuah momen renungan akan pengorbanan Kristus dalam menebus dosa umat-Nya.

Dengan membaca doa Sabtu Suci, semoga kita semua senantiasa mengingat kisah pengorbanan penyaliban Yesus. Maka dari itu, meskipun tidak semeriah Jumat Agung dan Paskah, sebagai umat percaya harus tetap merasakannya walau secara sederhana tapi berharga, yakni berdoa.

Beberapa referensi doa di atas bisa diucapkan dan dipanjatkan ketika memasuki Sabtu Suci. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lewatkan rangkaian doa-doa lain hanya di website ini.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!