13+ Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru di Sekolah

Contoh doa syafaat untuk kedua orang tua Terbaik dan Terbaru 2022 – Tuhan sangat memperhatikan anak-anakNya dan menjaga mereka, bentuk penjagaan Tuhan salah satunya adalah menempatkan wakilNya di dunia yaitu orang tua dan guru. Maka, kita selayaknya menghormati orang yang lebih tua dari kita.

Sebagai bentuk ucapan syukur karena memiliki pelindung yang dari Tuhan, kita seharusnya tidak lelah memanjatkan doa Kristen untuk orang tua dan guru di sekolah. Sebab, tanpa pengawasan mereka, bisa jadi kita terjerumus dalam masalah yang akan merusak hidup kita.

Orang tua dan guru juga manusia biasa, pasti pernah berbuat kesalahan dan melukai hati kita. Namun biar bagaimanapun, menyimpan dendam dan tidak menghormati mereka juga bukan tindakan terpuji. Sebab, dalam perintahNya pun sudah jelas dituliskan bahwa kita harus menghormati orang tua supaya kita memiliki umur yang panjang.

Baca juga: Doa Pembuka Pelajaran Agama Kristen di Kelas

Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru di Sekolah

ilustrasi berdoa untuk orang tua dan guru di sekolah
ilustrasi berdoa untuk orang tua dan guru di sekolah, sumber gambar: pexels.com

Segala bentuk doa bisa kita panjatkan kepada Tuhan, termasuk doa syafaat yang ditujukan untuk kedua orang tua maupun guru di sekolah. Ya, keduanya mengasuh anak-anak dalam porsinya masing-masing. Tentu, guru di sekolah menjadi orang tua kedua yang juga berjasa bagi kehidupan anak-anak tercinta.

1. Doa Agar Orang Tua dan Guru Panjang Umur

Tuhan, kami mau berterima kasih untuk segala berkat pengasihanMu selama kami berada di rumah dan di sekolah. Kami boleh memiliki orang tua yang penyayang dan bertemu dengan guru terbaik di bidangnya. Kami mau berdoa secara khusus untuk mereka, Ya Tuhan.

Kiranya Engkau senantiasa memberikan rezeki melimpah dan umur panjang. Biarlah mereka mampu mendidik kami sebagai generasi penerus bangsa yang berwawasan luas serta bijaksana. Bantu mereka untuk mengajarkan kami mengenai kasih Kristus serta bagaimana menjadi garam dan terang dunia.

Tuhan Yesus saja yang berkuasa atas setiap pekerjaan dan kehidupan orang tua maupun guru kami di sekolah. Kami percayakan kepada Engkau saja. Amin.

2. Doa Syafaat Agar Guru dan Orang Tua Bangga

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas segala berkat kurnia yang Engkau berikan dalam rupa orang tua dan guru terbaik. Mereka adalah sosok pendidik yang senantiasa bekerja keras dalam memenuhi segala kebutuhan kami. Kami sangat bersyukur atas kehadirannya yang menuntun kami sebagai anak-anak.

Tuhan, kami mohon berkatilah masing-masing dari kami agar boleh menjadi orang sukses dan berbakti kepada para sosok orang tua. Berilah mereka umur panjang supaya melihat dan merasakan bahwa kami berhasil menjadi orang hebat sesuai doanya setiap hari.

Kami mau membahagiakan kedua orang tua dan guru yang telah memberikan banyak waktunya untuk membesarkan serta merawat dengan penuh cinta kasih dari Kristus. Terima kasih Bapa. Amin.

3. Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru

Sebenarnya segala bentuk doa dapat Anda panjatkan untuk mendoakan orang tua dan guru termasuk juga beberapa contoh di bawah ini. Sebagai anak didik atau murid, sudah sepatutnya selalu mengucap doa syafaat untuk orang tua dan guru di sekolah sebagai bentuk kebaikan.

“Bapa yang maha baik, puji Tuhan, terima kasih telah memberi kami waktu dan kesempatan pada kami untuk melaksanakan ibadah memuji dan memuliakan nama-Mu di sekolah ini. Berkatilah ibadah hari ini agar dapat berjalan dengan lancar sesuai kehendak-Mu.

Bapa, betapa banyak kebaikan yang Engkau berikan kepada kami dari pagi hingga malam, meski Engkau tahu kami bukanlah manusia yang baik, melainkan sangat penuh dengan dosa. Oleh karena itu bimbinglah kami untuk menjadi manusia yang dapat mencapai pertobatan sejati.

Terimakasih pula telah memberikan kami kepedulian dan pendidikan, melalui orang tua dan guru yang selalu mendidik kami agar menjadi manusia yang lebih berguna bagi bangsa dan negara. Biarlah kami mendoakan seluruh orang tua dan guru di dunia ini.

Ya Bapa, berkatilah orang tua di seluruh wilayah Indonesia dan dunia, agar diberi kesehatan selalu, supaya diberi berkah rezeki yang cukup, serta sukacita dalam kebahagiaan agar anak-anak mereka bangga terhadap ayah dan ibu mereka.

Berkatilah pula mereka agar menjadi orang tua yang mampu mendidik anak-Nya ke arah yang lebih baik. Bimbinglah mereka agar dapat mengajarkan anak-anak mereka untuk selalu ingat beribadah memuji dan memuliakan nama-Mu.

Berkatilah pula seluruh guru, dosen, dan tenaga ajar sukarela yang menghabiskan waktunya untuk mendidik anak-anak di seluruh dunia. Berkatilah agar sehat selalu, dan hidupnya dipenuhi kebahagiaan sebagaimana bahagia yang mereka berikan kepada anak-anak yang menimba ilmu dari mereka.

Berkatilah pula anak-anak di Indonesia, dan di dunia, agar mereka selalu berbakti kepada guru dan orang tua, dan bimbinglah mereka agar menjadi anak yang sukses karena keberhasilan anak merupakan kebahagiaan untuk orang tua dan guru. Dalam nama Kristus kami memohon doa. Amin.”

4. Contoh Doa Syafaat Untuk Sekolah dan Orang Tua

Kepada Yesus Kristus, Sang Juru Selamat. Terimakasih banyak telah memberkati kami melalui kuasa kudus-Mu sehingga kami dapat berkumpul di lapangan sekolah untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Terimakasih karena telah membiarkan kami mengenal-Mu lebih intim dalam hati dan jiwa kami yang penuh dosa.

Terimakasih telah memberkati kami dengan cuaca yang cerah sehingga acara ini dapat berjalan lancar. Biarlah cuaca ini dapat selalu cerah hingga doa yang akan kami panjatkan ini berakhir sesuai kehendak yang telah Engkau rencanakan.

Sebelum memulai pelajaran. Kami hendak berdoa kepada-Mu. Berkatilah sekolah ini agar menjadi sarana menimba ilmu yang nyaman sehingga murid-murid dapat belajar dengan baik serta bisa mendapat banyak ilmu yang bermanfaat.

Berkatilah pula petugas kebersihan, satpam, serta seluruh penghuni sekolah agar selalu sehat, rezekinya dilancarkan dan selalu Engkau bimbing agar dapat menjadi semakin dekat dengan-Mu dan Allah, Bapa Surgawi kita melalui doa dan pengharapan.

Berkatilah pula guru, sebagai orang tua siswa-siswi di sini agar selalu sehat, terhindar dari penyakit, dan selalu semangat dalam menyampaikan materi pelajaran karena guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang membantu membimbing anak-anak ini menjadi orang-orang yang sukses.

Berkatilah pula orang tua di rumah, agar mereka selalu sehat dan bahagia. Biarlah mereka membiarkan anak-anak mereka menimba ilmu di sekolah dan capaikanlah keinginan mereka agar dapat melihat anak-anaknya menjadi orang yang berhasil dan sukses. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Baca juga: Doa Kristen Agar Lulus Ujian Sekolah Dengan Nilai Bagus

5. Doa Syafaat untuk Orang Tua Terbaru 2022

Allah Maha Pengasih, aku berterima kasih untuk orang tua yang kau berikan ke dalam hidupku. Bapa. berikanlah orang tua ku kesehatan dan umur yang panjang. Berkati mereka dalam mendidik anak-anaknya, setiap rencana hidup, dan pekerjaannya.

Kau bantu mereka dalam pergumulan yang dihadapi, dan jadikan mereka orang tua yang taat dan takut kepada-Mu, sehingga dapat menjadi teladan untuk anak serta orang tua lainnya. Kabulkanlah doa yang jauh dari sempurna ini, dalam nama Tuhan Yesus, haleluya. Amin.

6. Doa Syafaat untuk Orang Tua Tunggal

Allah pemurah hati, terima kasih untuk setiap berkat dan kekuatan yang Kau berikan kepada orang tua tunggal. Allah, berkati dan bantulah mereka yang menjadi orang tua tunggal. Mungkin banyak pergumulan dan kesulitan yang tidak mereka bagi, biarlah Engkau bantu dan hibur mereka.

Jadikanlah mereka orang tua yang sanggup menjadi seorang ibu dan ayah sehingga kasih kepada anaknya tidak berkurang. Terima kasih Bapa, kami telah berdoa dalam nama-Mu, amin.

7. Doa Syafaat Kristen untuk Guru di Sekolah

Allah, Bapa yang bersemayam di kerajaan surga. Aku berterima kasih guru-guru yang begitu hebatnya di sekolah ku. Berkati mereka ya Bapa, Engkau berikan hikmat dan akal budi dari surga dalam mengajar, jadikan mereka guru yang sabar dan penuh kasih.

Engkau berkati juga dalam keluarga dan setiap rencana hidupnya. Engkau tambahkan berkat kesehatan dan umur yang panjang. Inilah doa dan permohonan kami yang jauh dari sempurna, dalam nama Bapa kami mengucap syukur. Amin.

8. Doa Syafaat Kristen untuk Sekolah

Allah yang begitu baik dan kasih, aku bersyukur kepada Mu atas kesempatan aku bersekolah. Berkatilah tempat dimana aku menimba ilmu. Jadikanlah itu sekolah yang berkualitas, menghasilkan anak-anak yang penuh kemuliaanMu. Setiap ruang yang ada Kau berkati, sehingga setiap kami dapat menempatinya dengan nyaman.

Penuhilah juga sekolah ini dengan fasilitas yang memadai sehingga kami mendapatkan ilmu yang cukup. Jagalah sekolah kami hanya dengan Roh KudusMu saja. Ke dalam tangan-Mu kami serahkan doa ini, amin.

9. Doa Syafaat untuk Seluruh Guru di Dunia

Allah yang kami kasihi dan mengasihi kami, terima kasih atas kesempatan dan berkat ini. Pada saat ini kami ingin berdoa untuk seluruh guru yang ada di dunia. Baik yang mengajar dalam sekolah kecil maupun besar. Kiranya Engkau berikan berkat yang sama kepada mereka, berikan hak yang seharusnya menjadi bagian mereka.

Kuatkan dan sabarkan mereka dalam pelayanan pengajaran ini. Berkati setiap ilmu yang mereka sampaikan, agar menjadi buah yang baik. Mohon ampun akan segala dosa dan pelanggaran kami, dalam nama anakMu Yesus, amin.

10. Contoh Doa Syafaat Untuk Orang Tua

Tuhan Yesus yang Penyayang, sebagai anak-anak kami mau membawa orang tua dan guru di sekolah ke dalam doa. Limpahkanlah kesehatan, umur panjang, kebijaksanaan, dan rezeki semasa mereka berada di dunia. Biarlah mereka mampu melihat kesuksesan buah hatinya sebagai wujud bahagianya.

Kiranya kami senantiasa mampu meneladani hal-hal baik dari orang tua maupun guru di sekolah. Mereka adalah terang yang Engkau kirimkan kepada kami untuk disyukuri. Amin.

Semakin hari, orang tua dan guru kita semakin bertambah umurnya. Dalam masa tua mereka, pasti banyak hal yang terasa semakin sulit dilakukan. Sebagai anak, hal yang kita lakukan adalah membantu. Namun, jika kita jauh, tidak ada salahnya untuk selalu mengirimkan doa buat mereka. 

Baca juga: Renungan Kristen untuk Anak Sekolah Minggu Terbaru

11. Doa Meminta Umur Panjang

Bapa Kami yang di surga. Terima kasih untuk orang tua, serta guru kami yang ada di sekolah. Sebab dengan adanya mereka, Engkau menyatakan perlindunganMu atasku. Lewat mereka, Engkau membimbingku sehingga aku bisa membedakan hal yang baik dan jahat. Berkati orang tua dan guruku ya, Tuhan. 

Berikanlah umur yang panjang, sehingga mereka sempat melihat aku tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sukses. Izinkan mereka juga menyaksikan perkembanganku dan aku dapat membuat mereka semua berbahagia.

12. Doa Syafaat Kristen Protestan

Yesus Kristus yang kami sembah dan muliakan. Segala hormat aku haturkan karena hanya Engkaulah yang layak untuk menerima pujian dan penyembahan. Yesus, berkatilah orang-orang yang sudah Engkau karuniakan untuk menjagaku. Berkati ayah, ibu serta guru-guruku di sekolah. Meskipun kami sering berselisih paham, tapi aku tahu bahwa mereka adalah yang terbaik dan aku sangat mengasihi mereka.

Berikan kesehatan kepada mereka, Tuhan. Di usia yang tidak lagi muda, ada banyak hal yang terasa berat. Tapi aku percaya bahwa tanganMu akan selalu ada untuk menopang dan menguatkan. Karuniakan hal yang menjadi keinginan hati mereka dan buatlah mereka selalu bersukacita.

13. Doa untuk Kebijaksanaan

Tuhan Sang Sumber Pengetahuan, Engkaulah yang memiliki semua kebijaksanaan dan ma’rifat yang ada di bumi dan di surga. Kali ini, Tuhan, izinkan aku meminta kebijaksanaan seperti yang Engkau karuniakan untuk Salomo kepada orang tua dan guruku.

Karuniakan hikmat kepada mereka agar mereka mampu mendidikku dan anak-anak lain dengan benar sehingga bisa menjadi bekal kami di kehidupan kelak. Tuntun langkah hidup mereka, sehingga apa yang mereka lakukan hanyalah untuk kemuliaan namaMu saja. Jangan jauhkan mereka dari pemeliharaan-Mu, Tuhan. Namun sertailah dan jagai selalu hingga kesudahannya kelak.

14. Doa Kristen Untuk orang Tua Singkat

Tanpa adanya orang tua, kita tidak akan pernah terlahir di dunia. Selain itu, Tuhan tidak pernah dengan sekenanya memilihkan orang tua dan guru untuk kita. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan mendoakan yang terbaik.

Tuhan Allah kami yang empunya kerajaan surga dan segala kuasa. Puji syukur kami haturkan kepadaMu ya, Bapa, atas orang-orang yang Engkau pilihkan untuk menjadi penjaga kami. Kali ini Tuhan, izinkan kami untuk menaikkan doa bagi mereka, orang-orang yang kami sayangi. Jagalah orang tua dan juga guru-guru kami. Berikan kesehatan dan umur panjang.

Baca juga:


Salah satu berkat yang ada di dalam hidup kita adalah memiliki guru dan orang tua yang baik. Tanpa bimbingan mereka, belum tentu kita bisa ada di posisi kita yang sekarang. Selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari semua peristiwa.

Sampai kapanpun kita memang tidak akan bisa membayar jasa orang tua dan guru kita, memanjatkan doa Kristen untuk orang tua dan guru terbaru 2022 di sekolah adalah bentuk rasa syukur kita karena telah memiliki mereka.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!