8 Contoh Kata Pembukaan Ibadah Kristen di Gereja & Ibadah Lainnya

Kristenly.com – Saat beribadah ke gereja, sebagai umat Kristen tentu saja sering mendengarkan doa pembuka. Hal ini menjadi salah satu pertanda dari permulaan peribadatan. Supaya lebih beragam, ketahui kata pembukaan ibadah kristen di gereja dan ibadah lainnya.

Kata pembuka dalam ibadah sangatlah penting karena sebagai doa supaya kegiatan peribadatan mendapatkan berkat dari Tuhan Yesus. Dalam acara ini, maka bisa mendatangkan karunia dari Roh Kudus sehingga lebih khusyuk.

Pada praktiknya, banyak sekali umat Kristen merasa kesulitan ketika memanjatkan kata atau doa pembuka ibadah. Melakukan awal pembukaan yang baik dan menyentuh, dapat membuat jemaat ikut terbawa ke dalam suasana kerohanian.

Beribadah tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Selain mengikuti unsur-unsurnya, juga harus melakukan awalan yang sesuai akan jalannya hikmat serta keberkatan dari Tuhan Yesus itu sendiri. Maka, kegiatan persembahan semakin menyentuh.

Baca juga: 25+ Doa Pembuka Ibadah Kristen di Gereja Agar Diberkati

Kata-kata Pembukaan Ibadah Kristen di Gereja

ilustrasi orang membuka ibadah
ilustrasi orang membuka ibadah, sumber gambar: pexels.com

Meskipun sudah sering melakukan peribadatan ke gereja, namun masih ada umat Kristen kesulitan melakukan doa pembuka ibadah kristen. Sebagai referensi dan pembelajaran ketahui kata pembukaan peribadatan berikut ini.

1. Salam Pembuka

Shalom, Bapak, Ibu, Saudara yang dikasihi Tuhan. Berbahagia sekali hari ini kita bisa datang ke tempat ini dengan kondisi yang baik. Kita harus percaya bahwa kita yang hadir pada saat ini adalah orang-orang pilihan Tuhan. Ada banyak orang diluar sana yang mendapatkan kesempatan yang sama untuk beribadah, tetapi kta yang ada di sinilah yang mengambil kesempatan itu dan bersiap menerima berkat yang besar.

Bisa lambaikan tangan siapa saja yang mau mendapatkan berkat dari Tuhan? Siapapun dari kita yang kali ini datang dengan berbeban berat, ingatlah bahwa Tuhan sanggup melegakan kita. Sepulang dari ibadah kali ini, imani bahwa kita bukan lagi orang yang sama melainkan Tuhan Yesus yang ada di dalam kita.

2. Kalimat Menguatkan

Sungguh berkat yang luar biasa jika kita kembali dapat berjumpa dan datang ke hadirat Tuhan kali ini. Tidak ada hal yang kebetulan jika Bapak, Ibu, saudara ada di tempat ini bersama-sama. Meskipun keadaan dunia sedang tidak menentu, tetapi kita tetap percaya bahwa Tuhan pegang kendali. Itulah yang membuat kita yakin untuk mau datang dan beribadah kali ini.

Kuatkan hati dan iman, Saudara. Sebab tidak akan berlama-lama Tuhan menolong umatNya, tanggalkan semua beban yang merintangi kita untuk bisa menikmati hadirat Tuhan. Fokuskan pandangan hanya kepada Yesus dan yakin percaya bahwa tidak ada yang tidak dapat Dia kerjakan.

3. Ajakan Untuk Bersemangat

Mari semuanya yang hadir kali ini, kita bangkit berdiri, kita akan bersama memasuki hadirat Tuhan. Buka hati kita dan biarkan Roh Kudus bekerja, sebab tidak ada hal yang mustahil bagi Yesus. Bebaskan roh Anda untuk menerima urapan dari Tuhan, izinkan juga Roh Tuhan untuk bekerja sebebas-bebasnya.

Alami Tuhan secara pribadi, jangan biarkan kemalasan atau rasa malu menghampiri Anda. Jika saat pujian ingin melompat, menari atau bersorak-sorai, lakukan itu untuk Tuhan dan kita akan melihat cara Tuhan yang ajaib memulihkan hidup kita. 

Baca juga: 30+ Doa Pembacaan Alkitab Sebelum Mendengar Firman Tuhan 2022

Kata-kata Pembukaan Ibadah Kristen di Gereja dan Ibadah lainnya

ilustrasi mic untuk pembuka ibadah
Sumber gambar: pexels.com

Ketika beribadah di gereja, umat Kristiani tentu seringkali melantunkan doa pembuka dimana hal ini menunjukkan bahwa peribadatan segera dimulai. Berikut ini contoh kata-kata pembukaan ibadah kristen di gereja dan ibadah lainnya.

Kalimat Pembukaan Ibadah Kristen di Gereja

Ada banyak keadaan tiap jemaat ketika datang beribadah ke gereja. Ada yang datang dengan sukacita, ada yang datang dengan perasaan hancur hati. Maka menjadi tugas pemimpin pujian untuk menyatukan itu semua dan mengingatkan jemaat tujuan untuk datang beribadah.

“Anda semua merasa diberkati kali ini? Lambaikan tangan bagi Anda yang merasa diberkati Tuhan. Jikalau kali ini ada di antara kita yang datang dengan hati yang sedang terluka ataupun sedang meragukan janji Tuhan, marilah kita merendahkan diri di hadapanNya. Sebab tangan Tuhan tidak pernah kurang panjang untuk menolong dan telingaNya tidak kurang peka untuk mendengarkan keluhan kita.”

Kata pembukaan ibadah Kristen di Gereja

Syalom… selamat datang Bapak, Ibu Saudara/i terkasih didalam kasih Tuhan Yesus. Tiba saatnya kita kan memulai ibadah pada pagi hari ini. Kita mau siapkan hati dan pikiran kita untuk menyembah dan memuji Tuhan. Saya undang Bapak Ibu untuk bangkit berdiri kita mau menyembah Tuhan. Kita mau undang Roh Kudus Hadir di sini.

Kata Pembukaan Ibadah Kristen di Rumah Tangga / Keluarga

Syalom Bapak Ibu, kita akan mulai ibadah Rumah Tangga pada sore hari ini, saya undang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk bangkit berdiri kita mau angkat satu pujian yang mengatakan “Ku Masuk Ruang Maha Kudus”.

Kata Pembukaan Ibadah Kristen Kaum Pria / Bapak

Syalom Bapak dan saudara sekalian, Puji Tuhan kita berkumpul pada malam hari ini untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Saya undang Bapak dan Saudara untuk bangkit berdiri dan kita akan menyembah Tuhan dengan satu pujian “Yesus PadaMu Kuberseru” Karena Dia selalu beserta kita.

Kata Pembukaan Ibadah Kristen Kaum Ibu / Wanita

Syalom… Pada malam hari ini kita mau siapkan hati kita untuk memuji Tuhan. Seberapa kita yang hadir kita mulai ibadah ini dan sambil menunggu yang lainnya. Saya undang ibu ibu dan saudari sekalian untuk bangkit berdiri dan kita angkat satu Pujian “Yesus Penolongku” karena Dia telah menolong kita semua.

Kata Pembukaan Ibadah Kristen Pemuda Remaja

Syalom teman teman… Apa kabar nich… sehat… Kita akan memuji Tuhan mana senyumnya, berikan salam kanan kiri supaya kita semakin akrab di dalam Tuhan. Haleluya kita akan mulai ibadah kita dan saya undang teman teman bangkit berdiri dan kita akan mengangkat pujian yang mengatakan “Berlari Ku KehadiratMu”.

Kata Pembukaan Ibadah Kristen Sekolah Minggu

Syalom adik adik, bagaimana kabarnya nie… Semangat memuji Tuhan pagi hari ini… Oke kita mau memuji Tuhan dan kita semua bangkit berdiri. Kita mau nyanyikan satu lagu “Selamat Pagi Tuhan”.

Baca juga: 40 Ayat Alkitab Untuk Pembuka Ibadah Kristen Agar Diberkati

Semua rangkaian dalam ibadah memiliki komposisi yang berimbang dan semuanya adalah hal yang penting, bahkan untuk kata pembukaan ibadah Kristen di gereja sekalipun. Maka semua harus dipersiapkan dengan baik, meskipun kata pembuka terlihat sangat sepele.

Pengalaman dalam menjadi pemimpin pujian memang dapat membantu, namun poin paling penting tentu tetap dengan meminta petunjuk dari Tuhan. Perkataan anak-anak Tuhan memiliki kekuatan, jadi kita harus menggunakannya dengan tepat.

Ada sejumlah jenis ibadah dalam Kristen. Semuanya selalu memulai dengan kata pembukaan. Doa awal permulaan peribadatan ini memberikan jalan pembuka menuju kerahmatan serta keberkatan Tuhan Yesus secara khusyuk.

Dengan mengetahui kata pembukaan ibadah ke gereja atau lainnya, semoga bisa memberikan referensi atau contoh. Maka dari itu, kegiatan peribadatan akan sesuai berdasarkan perintah atau ketentuan ajaran agama Kristen.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!