2 Contoh Kata Sambutan Pelepasan Jenazah Kristen Terbaik 2022

Kristenly.com – Bagi Anda yang bertugas untuk menyampaikan kata sambutan pelepasan jenazah Kristen, maka harus mempersiapkannya dengan baik. Mengingat bahwa setiap agama memiliki tradisi upacara kematian masing-masing bahkan berbeda dari satu orang dan lainnya.

Inti dari tradisi upacara kematian sendiri memang memiliki tujuan dan maksud tertentu, biasanya didasarkan atas kepercayaan masing-masing. Begitupun dengan tata cara pemakamannya yang terdiri dari beberapa kegiatan.

Dalam pemakaman menurut agama Kristen dimulai dari pemandian jenazah, biasanya dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti keluarga ataupun petugas yang sudah berpengalaman. Tata cara berikutnya dilanjutkan dengan pemakaian jas bagi laki-laki dan gaun putih untuk perempuan.

Pemakaian jas dan gaun ini dipercaya agar jenazah bisa bertemu dengan Tuhan dalam kondisi baik dan damai, selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam peti dan tidak langsung dikubur ke tanah agar memberikan kesempatan orang-orang melihatnya terakhir kali.

Baca juga: 15+ Doa Kristen Untuk Orang Meninggal Dunia yang Menyentuh Hati

Contoh Sambutan Penghiburan Duka Cita Kristen

ilustrasi pelepasan jenazah kristen
ilustrasi pelepasan jenazah kristen, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah contoh kata sambutan pelepasan jenazah Kristen yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikannya pada saat upacara pemakaman, jangan lupa bahwa proses ini dilakukan secara serius dan tanpa main-main.

1. kata penghiburan kristen bagi keluarga

Berikut ini adalah contoh kata penghiburan kristen bagi keluarga yang sedang berduka atas meninggalnya saudara terkasih.

Syalom buat kita semua.

Yang kami kasihi, keluarga besar dari Bapak Budi yang saat ini sedang dalam kesedihan. Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena pada hari ini kita dapat berkumpul di rumah duka ini walaupun kita dalam keadaan sedang berduka.

Kami segenap segenap Civitas Akademika SMA 1 Gemolong menyampaikan bahwa kami turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Budi.

Bagi kami, mendiang Bapak Budi adalah sosok guru yang baik, sangat dihormati dan dicintai oleh para siswa. Beliau adalah guru yang profesional yang menampilkan sosok pemimpin di lingkungan sekolah.

Kiranya Tuhan memberkati kepergian Bapak Budi menghadap Tuhan Yesus. Semoga Tuhan menempatkan beliau di surga.

Kami juga berdoa agar keluarga yang ditinggal diberi kekuatan. Semoga Tuhan memberikan penghiburan bagi keluarga agar tidak larut dalam kesedihan. Tuhan memberkati keluarga ini.

Demikianlah kata sambutan dari kami siswa/siswi, pegawai dan guru SMA 1 Gemolong. Tuhan memberkati.

Baca juga: 6 Renungan Kristen Tentang Kematian dan Meninggal Dunia

2. Sambutan Pemakaman (Seorang Bapak) Kristen.

Oleh : Fredrik Dandel, ST.

Salam sejahtera dalam Kasih Kristus ……. Shaloom !!!.

Yang Terhormat ………………. (Sebutkan satu per satu Nama dan Jabatan Para Tokoh-Tokoh Masyarakat dan Tokoh-Tokoh Agama yang hadir atau yang mewakili). 

Sidang perkabungan yang kami muliakan. 

Izinkanlah saya atas nama Keluarga Besar ……………………………. mengajak kita sekalian menaikan Puji dan syukur ke hadirat Bapa di Sorga karena atas kemurahan-Nya yang melimpah atas kita sekalian, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam suasana perkabungan berkenaan dengan telah berpulangnya Suami/Ayah/Saudara kami yang tercinta Bapak ……………………………. ke haribaan Bapa di Sorga, pada hari ………………………………. pukul …………….. WIT. 

Di tengah cuaca yang cukup cerah di hari ini, …………………………. mulai pukul ………….. WIT sampai selesai, dengan pertolongan Tuhan Yesus Kristus kita sekalian sebagai umat yang percaya turut menjadi saksi dalam prosesi pemakaman Almarhum Suami/Ayah/Saudara kami yang tercinta Bapak ………………….. 

Sungguh merupakan suatu pergumulan yang berat bagi pihak keluarga tatkala mendapati kenyataan bahwa Almarhum saat ini betul-betul telah meninggalkan keluarga untuk selama-lamanya. Sebagai orang yang dikasihi dan yang mengasihi Almarhum sungguh berat bagi kami baik sebagai Istri terlebih sebagai anak-anak bahkan seluruh keluarga yang ditinggalkan menerima kenyataan ini. Keluarga masih sangat mengharapkan Almarhum tetap berada di sisi kami untuk dapat bersama-sama melindungi, memberikan nasihat bahkan membesarkan anak-anak yang Tuhan percayakan dalam nikah ini. Selama hidupnya di tengah dunia ini Almarhum telah berbuat yang terbaik bagi keluarga, istri dan anak-anak. Tanggung jawab sebagai suami dan sebagai ayah bagi anak-anak tidak pernah sedikitpun Almarhum abaikan. Ini menunjukkan bahwa Almarhum sangat mengasihi keluarga. Sesungguhnya Tuhan lebih mengasihi Almarhum lebih daripada kami mengasihinya. 

Dengan dipanggil-Nya Almarhum untuk menghadap Takhta-Nya yang Suci, menunjukkan bahwa Tuhan sangat mengasihi Bapak ……………… Oleh sebab itu, sebagai umat yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, kami meyakini bahwa Almarhum Bapak ………………….. saat ini telah berdiam dengan tenang di sisi-Nya. 

Tinggalah kami sebagai keluarga yang ditinggalkan melanjutkan nilai-nilai kebajikan yang telah Almarhum teladankan kepada kami semasa hidupnya. Sebab itu pada kesempatan ini atas nama Keluarga Besar ………….. kami mengucapkan banyak terima kasih, kepada : 

  • Ketua Majelis Jemaat / Gembala Sidang ………………….. beserta seluruh perangkat pelayanan, yang senantiasa memberikan penghiburan, doa serta pelayanan rohani kepada Almarhum semasa sakit bahkan sampai saat prosesi pemakaman hari ini, sekaligus telah memberikan penghiburan kepada Istri, anak-anak serta keluarga yang ditinggalkan. 
  • Pemerintah ……………………… dengan segala perhatiannya serta bantuannya kepada kami sebagai warga Desa ……………….., yang telah pula mengijinkan / menyediakan fasilitas lokasi untuk pemakaman Almarhum. 
  • Seluruh kerabat, kenalan, handai taulan di manapun berada, teristimewa warga masyarakat dan Ketua RT. ………….. Desa …………… yang senantiasa memberikan perhatian dan bantuan dengan tidak jemu-jemu baik selama Almarhum dalam keadaan sakit sampai saat ini. 
  • Seluruh Sidang Perkabungan yang telah meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan materiil selama ini, yang tak dapat kami sebutkan satu demi satu. 

Kami tidak dapat membalas semua kebaikan Bapak/Ibu/Sdr/i sekalian, hanyalah kami pulangkan ucapan syukur kiranya Tuhan Yesus Kristus membalas semua pengorbanan yang telah Bapak/Ibu/Sdr/i berikan. 

”Tak ada gading yang tak retak”, demikianlah adanya kami tak pernah terluput dari kekurangan, kelemahan serta kesalahan, baik dalam bertutur kata, maupun dalam perilaku secara sadar maupun tidak sadar telah menyinggung atau mengecewakan Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian selama ini. Dari tempat ini sekali lagi atas nama Keluarga Besar ………………….. kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian. Tuhan Kiranya selalu memberkati kita semuanya. 

Akhirnya dengan Iman kami ucapkan : ”Selamat Jalan Suami / Ayah / Saudara kami yang tercinta : Bapak ……………………., Tuhan Yesus Kristus kiranya menganugerahkan tempat yang terbaik kepadamu disisi-Nya sesuai dengan janji Firman-Nya”.

Baca juga: 49 Ayat Alkitab Tentang Kematian Manusia Untuk Orang Percaya

Dengan menyampaikan kata sambutan pelepasan jenazah Kristen, menandakan bahwa pemakaman bisa segera dimulai. Umumnya sudah siap untuk di pakaian jas ataupun gaun sesuai dengan jenis kelaminnya.

Bagi pihak keluarga yang ditinggalkan tentunya akan merasa sangat terpukul, hal ini memang membutuhkan waktu untuk menerimanya secara ikhlas.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Kristenly, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada seni dan digital marketing.

error: Konten dilindungi !!