Bahan Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan

Kristenly.com – Tuhan Yesus selalu mengajarkan pada umatNya agar tidak pernah mengkhawatirkan masa depan namun juga harus tetap waspada, hal ini telah sering dijelaskan dalam beberapa khotbah pemuda Kristen tentang masa depan karena banyak kalangan remaja saat ini merasa stress dan kebingungan.

Masa depan memang menjadi waktu yang penuh dengan ketidakpastian, pasalnya semua orang tidak tahu apa saja kejadian di masa mendatang. Maka dari itu, banyak orang merasa sangat khawatir jika di usia tuanya nanti justru mengalami berbagai kegagalan hingga sulit bertahan hidup.

Namun Tuhan Yesus sebenarnya selalu mengajarkan bagi umat Kristiani agar selalu hidup dengan tenang untuk menghadapi masa depan. Selama mempersiapkannya dengan baik, maka sebagai umat manusia pasti juga bisa lebih mudah menjalani berbagai masalah dan rintangan apapun kedepannya.

Salah satu caranya adalah dengan merenungkan beberapa ayat Alkitab yang membahas mengenai masa depan. Teruslah untuk belajar agar menjadi lebih bijak dalam mengambil tindakan sehingga tidak akan menuai kekecewaan di masa mendatang akibat salah mengambil keputusan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Khotbah Remaja Kristen Tentang Masa Depan

ilustrasi mic khotbah kristen tentang masa depan
ilustrasi mic khotbah kristen tentang masa depan, sumber gambar: pexels.com

Sebagai pemuda zaman sekarang tentu sedang dibingungkan untuk menentukan masa depan sebaik mungkin, belum lagi jika keinginan dalam diri ini selalu bertentangan dengan tuntutan dari anggota keluarga sendiri.

Berikut ini beberapa khotbah pemuda Kristen tentang masa depan yang mungkin bisa Anda dengarkan sebagai anak muda.

“Melakukan Sesuatu Untuk Masa Depan Yang Gemilang”

Amsal 23:18
Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Siapa yang punya cita-cita?

Tentu sebagai pemuda, kita semua punya cita-cita dan harapan masa depan yang ingin dicapai. Karena itu, kita berpikir dan bekerja keras untuk mencapai keinginan tersebut. 

Dan sebagai pemuda Kristen, saya harap ada yang berdoa siang dan malam agar cita-citanya tercapai. Tentu bukan hanya berdoa, tapi berdoa dan berusaha.

Namun dalam proses menggapai cita-cita, seringkali harapan tidak sesuai dengan realita kehidupan. Walaupun pemuda identik dengan semangat yang menggebu-gebu, namun tantangan-tantangan kehidupan sering membuat kita jatuh.

Ada yang menilai kegagalan sebagai takdir. Sudah ketetapan Tuhan. Kita harus menerimanya. Benar, kita tidak bisa melawan takdir. Namun kita patut bersyukur karena masa depan yang penuh misteri dan kita tidak tahu seperti apa takdir kita di masa depan.

Ketidaktahuan kita akan masa depan seharusnya membuat kita lebih bersemangat untuk menyambut hari esok. Mengapa?

Ada janji Tuhan melalui firman-Nya: “Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Jangan menilai seluruh kehidupan hanya dari satu kejadian. Jangan menilai suatu kejadian hanya dari satu sisi saja. 

Teman-teman yang terkasih, selanjutnya apa yang telah kita siapkan untuk menghadapi masa depan?

Hanya sedikit dari pemuda yang benar-benar memiliki pandangan tentang masa depan. Lebih banyak pemuda yang tidak punya pikiran dan rencana masa depan sama sekali. Lebih suka hidup dalam zona nyaman masa kini tanpa beban.

Padahal, apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi penentu masa depan. Hal ini disebabkan oleh karena kita terlalu banyak berpikir namun kurang bertindak. Bukan berarti kita kurangi berpikir, namun mari bertindak sekecil apapun itu.

Banyak pemuda yang pesimis dan takut menghadapi masa depan karena hanya berpikir dan tidak pernah bertindak. Hasilnya nol besar. Kita pikir kita telah melakukan banyak hal, namun tidak sama sekali. Yang kita lakukan hanya berpikir dan kita tidak melakukan pekerjaan apapun. 

Hari ini, sebagai pemuda kita harus melakukan sesuatu untuk masa depan. Kita harus belajar memulai segala sesuatu dari hal-hal yang kecil.

Tapi mulai dari mana?

Mulai dari hal yang paling sederhana dalam kehidupan kita yang bisa membuat kehidupan kita dan orang di sekitar kita lebih baik.

Apa itu?

1. Miliki keyakinan yang teguh

Hal pertama yang harus dimiliki oleh pemuda adalah keyakinan yang teguh, iman. Apapun yang terjadi, masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Tapi seringkali sebagai pemuda kita memiliki keyakinan yang tinggi akan kemampuan diri sendiri. Namun ketahuilah mengandalkan kemampuan diri sendiri tidaklah cukup. 

Kita butuh kekuatan yang lebih besar dari yang dapat kita pikirkan untuk tetap teguh berdiri menghadapi badai kehidupan. Hanya bersama Tuhan, kita bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. Karena itu, mulailah segala sesuatu dengan melibatkan Tuhan dalam perencanaan.

Tanamkan dalam hati, keyakinan dan pengharapan di dalam Tuhan tidak mengecewakan.

2. Siap berproses

Tidak ada sesuatu yang benar-benar instan di dalam dunia ini. Sama halnya dengan berusaha yang butuh waktu dan kerja keras. Karena itu, sebagai pemuda, kita harus siap berproses.

Ada banyak hal yang akan dilalui saat ingin mewujudkan suatu harapan. Pahit manis kehidupan semua berharga. Karena itu, nikmati setiap proses kehidupan dan belajar dari pengalaman. 

Dalam penantian, kita sebagai pemuda tidak boleh menyia-nyiakan waktu yang tersisa. Masa depan akan menakutkan saat kita hanya memikirkannya tanpa melakukan apapun yang seharusnya kita lakukan.

3. Berbagi kasih

“Sejatinya hidup adalah pelajaran sehingga tidak mungkin cukup waktu untuk mempelajari semuanya baru berbagi.”

Tidak perlu tunggu kaya untuk membantu orang lain. Tidak perlu tunggu hebat untuk untuk memulai sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Saat kita tidak memiliki apapun, kita memiliki kasih yang siap untuk dibagikan. Berbagi kasih yang tulus membuat kehidupan kita lebih bermakna dan tentu saja orang yang menerimanya.

Saat kita tidak bisa mengubah dunia menjadi lebih baik, maka kita bisa mengubah diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita satu per satu.

Mari ajaklah orang-orang di sekitar kita untuk:

  1. Memiliki keyakinan yang teguh
  2. Siap berproses
  3. Berbagi kasih

Walaupun sederhana, namun hal-hal ini penting sebagai motivasi pemuda dalam menghadapi masa depan. Jangan takut dan khawatir akan hari esok. Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Baca juga:


Itulah tadi pentingnya menyimak dan mendengarkan khotbah pemuda Kristen tentang masa depan. Jadilah anak muda yang mempunyai rencana di masa mendatang sehingga tidak hanya sekedar lulus dan menikmati uang dari orang tua.

Tentu hal tersebut tidak mencerminkan pemuda Kristen yang sukses. Cobalah untuk berbisnis hingga melamar pekerjaan, harapannya agar mampu mencari nafkah sendiri hingga akhirnya bisa membantu kedua orang tuanya di masa tua.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!