4 Renungan Harian Kristen Tentang Bersyukur Atas Berkat Tuhan

Renungan kristen tentang bersyukur – Nikmat yang Tuhan berikan kepada umatnya meliputi berbagai hal dalam kehidupan. Oleh karena itu, sebagai hamba Kristiani sejati, sepatutnya mengucapkan syukur dalam ibadah maupun keseharian.

Setiap langkah yang manusia ambil dalam memilih sebuah jalan, tentu selalu mendapatkan petunjuk dari Tuhan. Ketika keputusan itu benar atau salah, tetap harus bersyukur karena Sang Bapa lebih mengerti hasil terbaik untuk hamba-Nya.

Merasa kecukupan atas segala limpahan dari-Nya merupakan sikap yang sangat mulia. Dengan tidak bermewah-mewahan serta serakah, membuat diri menjadi lebih terkendali. Maka, dapat melepaskan dari jeratan godaan roh iblis.

Sejatinya manusia yang bijaksana dan mempercayai ketentuan Tuhan Yesus, patutlah mengucapkan syukur setiap langkahnya. JIka mau bersyukur, justru Allah bisa memberikan tambahan lebih serta keberkatan melalui celah-celah paling tidak mungkin membayangkannya.

Banyak orang memikirkan perihal kebahagiaan yang sangat sulit dicapai di masa yang serba sukar seperti sekarang ini. Padahal, sumber kebahagiaan tidak berasal dari luar, melainkan dari diri sendiri seperti yang ada di dalam renungan Kristen tentang bersyukur.

Tidak ada di dalam dunia ini yang sanggup memberikan sukacita jika kita tidak mengizinkannya untuk menumbuhkan sukacita di hati. Bahkan saat kita memiliki seluruh dunia dan kita tidak bisa menikmatinya, maka semuanya akan sia-sia. Namun, berapa kali di dalam hidup kita, kita sebenarnya sedang ada di titik terendah namun tetap bahagia karena kita merasa cukup?

Bersyukur adalah sikap hati. Ketika kita memandang dan menerima segala hal sesuai porsinya, maka kita tidak akan mudah tenggelam dalam kesedihan karena terus merasa kurang. Tuhan selalu memberikan kebutuhan kita bukan hanya keinginan kita. Mencukupkan diri dengan apa yang ada akan menghindarkan diri dari dosa.

Baca juga: 115 Kata-kata Rohani Kristen Tentang Bersyukur Atas Berkat Tuhan

Renungan Kristen Tentang Bersyukur Terbaik 2022

ilustrasi orang bersyukur
ilustrasi orang bersyukur, sumber gambar: pexels.com

Alkitab sudah sering mengajari kita perihal bersyukur. Namun terkadang, karena segala tekanan di kehidupan sehari-hari, kita melupakan pelajaran dasar yang sebenarnya selalu bisa menghindarkan kita dari segala kesulitan di dalam hidup ini. 

Hakikat seorang hamba yang lemah tanpa kuasa-Nya ialah merasakan kecukupan atas segala nikmat. Oleh sebab itu, jangan sampai terjerumus ke dalam jurang keserakahan. Simak renungan Kristen tentang bersyukur terbaru 2022 berikut ini.

Judul 1: Bersyukur Mengawali Kebahagiaan

Di dalam Filipi 4 : 10 – 20 dikatakan dengan jelas teladan Rasul Paulus tentang bersyukur. Terutama di ayat 11 dikatakan bahwa, “Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan”. Dalam perjalanan hidupnya Rasul Paulus mengalami banyak peristiwa tidak menyenangkan, tetapi Dia tidak pernah menyalahkan keadaan maupun menyalahkan Tuhan.

Bahkan Rasul Paulus berkata bahwa dia dapat menanggung segala sesuatu karena Tuhan yang memberikan kekuatan. Kita harus belajar dari Rasul Paulus, bahwa keadaan dunia bisa saja sangat tidak menguntungkan kita, tetapi selama ada Tuhan maka kita akan bisa tetap berbahagia.

Judul 2: Bersyukur Adalah Perintah Tuhan

1 Tesalonika 5 : 18 dikatakan bahwa, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Hal ini sudah sangat jelas ditulis bahwa bersyukur adalah perintah Tuhan. Maka saat kita disudutkan oleh keadaan dan merasa tertekan, ingatlah pesan ini dan belajar bersyukur.

Bersyukur adalah sebuah keterampilan yang harus dilatih. Maka saat ujian datang, anggaplah hal tersebut sebagai cara Tuhan untuk mempertajam kemampuan kita bersyukur. Lagipula, Tuhan tidak semena-mena menyuruh kita bersyukur tanpa mau mengulurkan tanganNya.

Baca juga: 110 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur Kepada Tuhan Atas Hidup dan Berkat

Judul 3: Kunci Kedamaian adalah Bersyukur

Berapa banyak cerita yang pernah kita dengar bahwa sekaya apapun seseorang dia masih tetap merasa gelisah dalam hidupnya? Atau orang yang menduduki strata sosial tinggi pun tidak luput dari ketakutan? Orang yang dalam hidupnya hanya berpikir tentang harta akan selamanya mengejar harta dan tidak pernah merasa cukup, bahkan menjadi cemas tatkala berpikir dia bisa saja kehilangan semuanya.

Hidup secukupnya malah akan membuat kita tenang karena kita bisa melihat hal kecil yang diperbuat Tuhan namun bisa memelihara hidup kita. 

Judul 4: Renungan Tentang Bersyukur Tiap Waktu

Manusia pada dasarnya adalah pribadi yang tidak pernah puas. Seseorang yang tenggelam dalam ambisinya bisa-bisa kehilangan banyak hal baik di sekitarnya karena sibuk mencari kepuasan diri yang tidak ada ujungnya.

Belajar bersyukur adalah pelajaran paling sulit dan paling lama yang harus terus kita praktekkan. Selama ada di dunia, akan selalu ada masa kita merasa tidak puas. Namun, kita harus kembali ingat bahwa susah payah kita tidak akan bisa menambahkan satu jengkal pun kekayaan jika Tuhan tidak mengizinkan. Sebaiknya, ketika kita bersyukur dan bersandar pada Tuhan, usaha yang kecil bisa diberkati Tuhan hingga menghasilkan berlipat kali ganda.

Kaya atau miskin sebenarnya hanyalah masalah perspektif. Ada banyak orang kaya secara materi, namun tidak bahagia. Ada banyak pula mereka yang berkekurangan, tetapi lebih dalam hal sukacita. Harta, jabatan, koneksi dan segala hal di dunia ini hanyalah sementara, kita bisa saja kehilangan salah satu atau bahkan semuanya dalam satu waktu.

Namun, ketika kita selalu berusaha bersyukur, saat tidak memiliki apa-apa pun, kita masih bisa menikmati hidup. Karena kita percaya, penjagaan Tuhan tidak pernah hilang dalam hidup orang percaya.

Baca juga: 35 Lirik Lagu Rohani Kristen Ucapan Syukur Terpopuler dan Terbaru

Manusia memang mempunyai sifat tidak pernah puas. Namun, jangan sampai memaknainya salah sehingga justru memberikan dampak buruk. Merasakan kecukupan atas nikmat sekarang ini merupakan bentuk syukur atas limpahan dari Sang Bapa.

Tuhan Yesus mengerti apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Dia juga mencintai mereka dengan sikap penuh ketundukan dan syukur. Maka, setelah membaca renungan rohani kristen tentang bersyukur terbaru 2022 tadi, semoga menjadikan Anda sebagai umat tidak pernah lupa bersyukur.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!