3 Renungan Kristen Tentang Iman dan Pengharapan Itu Nyata

Renungan Kristen Tentang Iman dan Pengharapan – Banyak orang yang memiliki banyak harapan akan tetapi tidak diimbangi dengan iman, jika kita adalah umat yang taat terhadap Tuhan maka kita juga harus dapat mengimani bahwa pengharapan itu nyata adanya. Setiap doa selalu dibarengi dengan iman yang kuat dan juga percaya terhadap kuasa Tuhan, ini tentunya memberikan kalian semua tekat yang kuat untuk selalu percaya tentang adanya iman dan pengharapan.

Iman adalah suatu kepercayaan yang teguh di dalam hati setiap umat yang mempercayainya. Jika kamu adalah seorang hamba yang taat, maka juga pastinya mengimani bahwa kamu memiliki iman dan juga Tuhan yang akan selalu membimbing di segala macam kondisi. Inilah yang membedakan kita sebagai umat atau hamba yang taat terhadap Tuhan yaitu adalah iman yang teguh.

Karena jika kamu adalah seorang hamba yang tidak patuh akan Tuhan, maka besar kemungkinan kamu tidak memiliki iman. Karena iman hanya ada dalam hati setiap anak Tuhan yang taat kepadanya, karena setiap pengharapan dan juga keinginan yang terucap dari setiap hamba Tuhan pastilah akan didengarkan-Nya. Hal ini berlaku kepada orang yang percaya akan setiap kuasa yang dimiliki Tuhan.

Tidak lupa juga bahwa dalam setiap doa-doa, haruslah dibarengi dengan keteguhan yang nyata dalam pengharapan. Untuk itu dalam setiap lantunan doa yang terucap haruslah memiliki konsistensi yang teguh, sebab pengharapan itu harus dibarengi dengan keteguhan yang nyata. Jangan sampai berdoa dan mengharapkan pertolongan Tuhan akan tetapi kamu sebagai hambanya tidak konsisten terhadap pengharapan tersebut.

Banyak orang yang berdoa akan tetapi ingin sekali doa tersebut cepat dikabulkan oleh Tuhan. Ini adalah salah satu ciri orang yang kurang bersabar dalam menunggu pertolongan Tuhan, ingat bahwa Tuhan itu sayang kepada seluruh hambanya yang taat. Untuk itu jadilah hamba yang selalu taat terhadap Tuhan supaya, Tuhan juga dalam menolong kamu menjadi lebih mudah dan ringan. Selalu teguh dalam berdoa adalah kunci ketaatan.

Baca juga: 4 Renungan Harian Kristen Tentang Pengharapan Kepada Tuhan

Renungan Kristen Tentang Iman yang Berkualitas

ilustrasi iman seseorang
Sumber gambar: cahayapengharapan.org

Bagi Anda yang masih meragukan janji Tuhan jika akan mengabulkan segala permintaan hambaNya, maka bisa memahami beberapa renungan Kristen tentang iman dan pengharapan terbaru 2022 di bawah ini. Rasa ragu-ragu ini memang dapat muncul kapan saja di hati umat Kristiani.

Judul 1: Bertekun Dalam Iman

Alkitab mengatakan: Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman tetap teguh dan tidak bergoncang dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan diseluruh alam…. Surat Kolose 1:23. Tuhan sudah menyuruh kita sebagai hambanya untuk selalu dan tetap teguh serta tekun dalam pengharapan.

Ini adalah salah satu kata Tuhan untuk para pengikut setianya, bahwa kita harus tetap rajin dan setia untuk mengimani yang paling agung yaitu Tuhan Yesus. Rajin dan tekun dalam berdoa mengharap pengharapan dari Tuhan adalah hal yang sangat Tuhan sukai dari hamba setianya. Tentu saja kamu sangat ingin bukan untuk katakana sebagai anak Tuhan yang taat dalam setiap perintah Yesus.

Judul 2: Teguh Dalam Iman Dan Pengharapan

Tetap teguh, dan tidak bergoncang dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil. Ini adalah seruan Tuhan Yesus kepada seluruh umatnya yang setia untuk tetap berteguh di dalam hati bahwa Tuhan selalu bersama Hambanya. Untuk itu teguh dalam iman dan mempercayai setiap pengharapan kita itu adalah bentuk nyata kita sebagai anak Tuhan yang percaya terhadap seruan Tuhannya.

Jangan sampai hati dan iman kita sebagai anak Tuhan bergeser dari pengharapan Injil. Jangan sampai hati kita tidak teguh dalam pengharapan Tuhan Yesus yang agung. Tunjukkan bahwa dengan menjadi teguh dalam mengharapkan dalam pengharapan Tuhan Yesus.

Baca juga: 4 Renungan Kristen Tentang Masa Depan yang Cerah

Judul 3: Berpegang Pada Pengharapan

Tuhan pastinya akan senang jika kita sebagai anak Tuhan selalu berpegang kepada pengharapan tersebut. Karena jika kita percaya akan pengharapan tersebut, maka Tuhan akan menunjukkan bahwa hal yang kamu harapkan tersebut menjadi nyata. Ini adalah salah satu buah manis yang akan Tuhan berikan kepada setiap pengikutnya yang selalu setia mengharapkan Yesus sebagai Tuhannya yang agung.

Rasul Paulus dalam Surat Roma 15:4 menasehati dan mengingatkan dengan tegas dan lugas. Sebab, segala sesuatu yang ditulis, dahulu telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan, oleh ketekunan dan penghiburan dari kitab suci. Ini adalah ayat yang menyuruh kita sebagai anak Tuhan untuk tetap percaya akan pengharapan dari Tuhan itu nyata.

Baca juga: 10+ Cerita Inspiratif yang Bisa Memotivasi Hidup Kamu !

Setelah memahami renungan Kristen tentang iman dan pengharapan itu nyata diatas, kini Anda diharapkan mampu memiliki banyak harapan dan juga iman yang seimbang. Pasalnya banyak orang saat ini justru hanya berharap saja namun sebenarnya belum sepenuhnya percaya pada Tuhan.

Jadi imbangi doa yang Anda panjatkan dengan iman kuat dan tentunya percaya terhadap kuasa Tuhan, harapannya agar senantiasa diberikan tekat agar senantiasa meningkatkan kepercayaan padaNya. Tujuannya, harapan ini pun bisa tercapai atas berkat Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!