2 Renungan Kristen Tentang Mencari Kerja Agar Terus Semangat

Kristenly.com – Sikap terhadap kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas, oleh karena itu sebagai pekerja harus bersikap baik. Agar lebih termotivasi dalam bekerja, mari simak renungan kristen tentang mencari kerja.

Sepertiga kehidupan manusia menghabiskannya dengan kerja, karena merupakan aktivitas yang melekat secara hakiki sebagai ciptaan Tuhan. Dalam hal ini, sang pencipta juga memiliki gambaran sebagai sosok yang Bekerja.

Manusia sering memaknai pekerjaannya secara tidak tepat, termasuk umat kristiani. Akibatnya produktivitas seseorang dalam bekerja terhambat. Sikap yang sesuai dapat membawa ke dalam bentuk memaknai pekerjaannya secara positif dan produktif.

Setiap orang memiliki tujuan bekerja yang dapat menuntun dan menilai apakah tindakannya bermoral atau tidak. Pada aktivitas bekerja, terdapat tiga aspek dalam tujuan bekerja, yaitu aspek diri sendiri, sesama dan Tuhan yang secara inheren ada didalamnya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mencari Pekerjaan

Renungan Kristen Tentang Mencari Kerja Terbaru 2022

ilustrasi orang mencari kerja
ilustrasi orang mencari kerja, sumber gambar: pexels.com

Beberapa pekerjaan tertentu dianggap tidak halal atau tidak dihormati, seperti pelacuran, memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi, setiap usaha yang dilakukan dengan tidak jujur. Agar pekerjaan kita terberkati, berikut renungan kristen tentang mencari pekerjaan.

1. Mencari Kerja Untuk Beribadah

Filipi ayat 22a berbunyi Jika Aku (Tuhan) hidup di dunia ini, maka bagiku bekerja memberi buah. Dalam artian Tuhan ingin kita untuk bekerja di dunia ini dengan baik.

Perintah untuk bekerja dengan baik untuk mencari nafkah dalam pelayanan kepada Tuhan untuk memuji-Nya serta memuliakan Tuhan Yesus adalah hal yang penting. Keduanya sangatlah penting di mata Tuhan, kita tidak bisa memilih salah satu.

Sebagai manusia kita pastinya membutuhkan makan. Untuk memenuhi kebutuhan yang ada kita diwajibkan untuk bekerja. Mencari pekerjaan adalah salah satu bentuk beribadah kepada-Nya.

Ketika kita mencari pekerjaan, kita dilatih untuk pantang menyerah. Saat kita merasa lelah dengan pencarian ini kemudian kita teringat keluarga di rumah yang harus diberikan makanan.

Pekerjaan yang diperintahkan Tuhan adalah pekerjaan yang tidak memberatkan , dan bisa memberi santunan kepada sesama bila kita tak bekerja atau tidak memiliki penghasilan. Muliakan lah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil dari penghasilan pertamamu, sehingga hasil lumbungmu akan melimpah ruah.

Jika ingin menjadi hamba kristus yang ditaati kuncinya adalah melakukan pekerjaan dengan baik. Ketika mencari kerja hendaknya kita mencari pekerjaan yang baik, dan sesuai dengan perintah Tuhan, supaya ketika kita melakukan pekerjaan tersebut Tuhan memberkati kita.

Tuhan akan memberikanmu perbendaharaan milik-Nya yang melimpah, yaitu langit, dan bumi, dan hujan bagi tanahmu pada masanya, serta engkau memberikan pinjaman pada banyak bangsa, tetapi sendirinya tidak meminta pinjaman. Merujuk kepada kitab ulangan ayat 12.

Banyak orang yang mengeluh tentang pekerjaan mereka yang berat, tetapi mereka tidak merasakan bersyukur karena telah diberi nikmat oleh Tuhan berupa pekerjaan yang layak.

Saat ini kita disini sedang dihadapkan dengan ujian dari Tuhan untuk mencari pekerjaan yang layak. Kita tidak boleh bersikap iri kepada orang lain yang hidupnya jauh lebih enak, dan seharusnya kita bersyukur karena diberikan kesusahan.

Baca juga: Doa Kristen Agar Cepat Dapat Pekerjaan

2. Berkat dari Tuhan Bagi yang Mencari pekerjaan

Ulangan ayat 8 menjelaskan bahwa Tuhan akan memerintahkan berkat kepadamu di dalam lumbungmu, dan dalam segala urusanmu. Tuhan akan memberkatimu di negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan.

Apakah kamu sedang mengalami kesusahan dalam mencari kerja? Ketika kamu mengalami kesusahan dalam mencari kerja, ingatlah kitab Ulangan ayat 8 di mana Tuhan akan memberikan berkat kepadamu dan memudahkan segala urusanmu. Jangan khawatir, Tuhan tidak tidur, Ia hanya ingin melihat kerja kerasmu selama ini.

Mungkin saat ini kamu merasa kesal, frustasi, dan lelah dengan semuanya, tetapi tunggu saja. Tuhan akan memberikan jalan kepadamu supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai denganmu, bahkan pekerjaan yang selama ini kamu idam-idamkan.

Berada di situasi yang sulit saat itu, sebaiknya ketika kamu berada di dalam lindungan Tuhan. Kamu bisa merasa tenang, dan merasa lebih baik. Dari hal tersebut kita pasti akan mendapatkan keberkahan dan Tuhan, dan kebahagiaan, serta pekerjaan selama ini kamu idam-idamkan.

Kamu harus menikmati rasa nikmatnya mencari kerja. Kesana kemari untuk mendaftarkan diri demi mendapatkan pekerjaan yang layak. Dari pengalaman itulah nantinya kamu bisa menceritakan kepada anakmu kelak tentang perjuangan orang tuanya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Nantinya kamu juga memiliki rasa empati kepada orang lain yang tidak mempunyai pekerjaan.

Seringkali di lingkungan kita sendiri, keluarga akan selalu bertanya tentang pekerjaan. Ketika kita belum mendapatkannya memang sakit rasanya, apalagi dibandingkan dengan saudara yang jauh lebih sukses di pekerjaannya yang sekarang. Tidak apa-apa, kamu tidak perlu iri, kamu akan mendapatkannya segera, pekerjaan yang jauh lebih baik dari apa yang kamu bayangkan saat ini.

Tuhan sedang mempersiapkan skenario terbaik-Nya kepadamu. Jadi jangan menyalahkan Tuhan atas sesuatu yang menimpamu saat ini. Memang kamu sedang tidak memiliki pekerjaan, dan kamu sedang berusaha untuk mencarinya. Tuhan melihatmu, melihat semua kerja keras yang kamu lakukan.

Oleh karena itu, Tuhan ingin kamu menunggu. Menunggu hingga saat yang tepat ketika Tuhan memberikan kuasa-Nya untuk memberikan pekerjaan yang terbaik untukmu.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Upah Pekerja

Pekerjaaan berawal dari kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Maka dari itu, setiap orang berjuang untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhannya. Sebagai umat kristiani, harus memiliki pekerjaan halal yang sesuai kehendak Allah.

Melalui renungan kristen tentang mencari kerja terbaru 2022 diatas, semoga pembaca lebih selektif lagi dalam mencari pekerjaan yang halal sehingga dapat membawa keberkahan pada dirinya. Selain itu, juga dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!