4 Renungan Rohani Kristen Tentang Pagi Hari Saat Teduh

Renungan kristen tentang pagi hari saat teduh – Salah satu berkat dan rahmat yang selalu diberikan Tuhan untuk para manusia di bumi ini adalah sinar matahari yang hangat dan mencerahkan dunia di pagi hari. Ini adalah salah satu berkah Tuhan yang tidak bisa kita beli atau kita bayar. Ini adalah salah satu tanda kasih Tuhan kepada seluruh umat baik yang setia mengikuti ajarannya maupun yang berbeda kepercayaan dan keyakinan. Tuhan Yesus itu maha adil dan baik kepada setiap manusia.

Kita seharusnya sebagai salah satu anak Tuhan yang taat, dan selalu mampu untuk mengikuti segala ajaran yang diajarkan oleh Yesus jangan sekali-kali menjadi domba yang tersesat. Jangan kamu meragukan salah satu rahmat dan berkah yang telah Tuhan berikan untuk para manusia di bumi ini. Salah satu hal yang pastinya akan kita rasakan selalu adalah sejuknya udara dipagi hari dengan hangatnya sinar mentari yang menyinari bumi.

Bahkan Alkitab juga menyebutkan beberapa ayat yang menjelaskan bahwa bersyukur di pagi hari adalah hal yang penting. Dengan bersyukur sama saja kita sudah berterima kasih kepada segala rahmat Tuhan Yesus yang diberikan untuk kita seluruh umat di dunia ini. Ini tentunya adalah hal yang baik untuk selalu kamu lakukan supaya kamu selalu terus menerus bersyukur akan nikmat dan kasih Tuhan Yesus untuk kamu.

Ini untuk meningkatkan iman dan juga menambah kepercayaan yang kamu miliki supaya semakin kuat untuk tetap percaya akan tali kasih Tuhan Yesus.

Seharusnya untuk kita sebagai anak Tuhan Yesus yang selalu taat maka haruslah selalu bersyukur dengan karunia Tuhan akan cahaya dan tetap diberikan sinar matahari di pagi hari. Tentu saja dengan selalu bersyukur itu artinya kamu selalu mengimani Yesus sebagai Tuhan penolong kamu.

Baca juga: 15+ Doa Pagi Kristen yang Baik dan Penuh Rasa Syukur

Renungan Kristen tentang Pagi Hari Terbaik 2022

ilustrasi pagi hari yang teduh
ilustrasi pagi hari yang teduh, sumber gambar: pexels.com

Sebagian dari kita belum mensyukuri diberikannya kesempatan di hari yang baru, hari yang cerah untuk memperbaiki kesalahan kemarin. Daripada mengeluh tentang kemarin, lebih baik menjadikan pelajaran untuk hari baru ini. Pahamilah renungan rohani kristen tentang pagi hari saat teduh berikut ini.

Judul 1: Jangan Terlambat Dan Bangunlah Di Pagi Hari

Dalam Mazmur 5:4 berkata bahwa: Tuhan pada waktu pagi engkau mendengar seruanku pada waktu pagi, aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu. Memang bangun pagi adalah sesuatu yang cukup sulit jika belum terbiasa, akan tetapi selalu usahakan untuk selalu bangun di pagi hari. Kamu harus bisa disiplin untuk bisa merasakan dan bersyukur akan karunia Tuhan Yesus yang telah diberikan kepada kita.

Bangun pagi hari adalah salah satu ciri orang yang selalu bekerja keras untuk dirinya sendiri maupun untuk kehidupannya. Hal tersebut haruslah menjadi contoh serta tauladan yang baik untuk kamu. Supaya Tuhan Yesus selalu senang merahmati berkatnya kepada kita anak Tuhan yang selalu taat, dan tidak seperti domba yang tersesat.

Markas 1:35 menjelaskan bahwa Tuhan Yesus selalu bangun pagi dan berdoa kepada Bapa. Sebagai salah satu hamba Tuhan yang taat kita patut mencontoh serta meneladani segala sifat dan perbuatan baik dari Tuhan Yesus. Ini juga sebagai bukti pelayanan dan pengharapan serta kepercayaan iman kita yang kuat.

Judul 2: Mencari Tuhan Di Pagi Hari

Bahkan dalam Mazmur 5:4 pagi hari selalu menjadi awalan untuk memulai hari dan mengucap segala syukur untuk kamu yang selalu menikmati berkat dari Tuhan Yesus. Maka pagi hari adalah hal yang tepat untuk kamu mencari keberadaan Tuhan dan berkah dan Yesus untuk kita.

Pagi hari bisa diibaratkan dengan sebuah pondasi bangunan, jadi haruslah kokoh supaya dapat berdiri dengan tegak dan kuat. Sama halnya dengan segala kebiasaan baik yang haruslah ditanam sejak dini.

Apabila kamu belum terbiasa dengan hal tersebut maka kamu harus mendisiplinkan diri kamu. Karena Tuhan Yesus sangat suka sekali dengan para umatnya yang selalu mengucap rasa syukur dan menghamba kepadanya.

Segala kesulitan dan kemudahan bisa dengan mudah kamu lewati dengan hati yang teguh. Kamu harus sanggup mengatasi hal yang menyulitkan hidup dan hati kamu. Kamu harus selalu percaya bahwa Tuhan selalu bersama dengan kita dan juga selalu memberikan rahmat serta berkah yang berlimpah kepada kita para pengikut Tuhan Yesus yang setia. Sehingga Tuhan akan selalu senang menurunkan rahmatnya di waktu pagi.

Baca juga: 55 Kata-kata Bijak Kristen Pagi Hari yang Memotivasi dan Penuh Makna

Judul 3: Renungan Kristen Tentang Pagi Hari Singkat

Membaca Firman Tuhan dan merenungkannya menjadi aktivitas terbaik untuk dilaksanakan setiap pagi. Kita mampu bergumul dan berbicara secara intim denganNya. Berikut contoh renungan tentang pagi hari yang bisa ditanamkan dan berbuah dalam kehidupan.

“Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagiMu, dan aku menunggu-nunggu.” Mazmur 5:4

Apakah kita sudah menyadari bahwa matahari sedang bersinar terang pagi ini? Mengawali hari yang baik sebagai anugerahNya memang perlu dilakukan secara penuh syukur dan kerinduan untuk bersekutu dengan Bapa di Surga.

Hari-hari yang panjang dan melelahkan seringkali membuat kita beristirahat tanpa ketenangan. Namun, persekutuan yang erat dengan Bapa hanya akan membawa kasih, damai sejahtera, sukacita, mujizat, serta pertolongan yang tiada habisnya.

Daud adalah seorang yang berkenan di hadapan Tuhan lewat bukti nyata puji-pujian serta kemauan untuk memprioritaskanNya.

“…pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setiaMu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku.” (Mazmur 59:17)

Belajar dari Daud, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mencari Allah Bapa, berdoa, serta mengimani setiap perkataanNya. Hendaknya kita senantiasa dimampukan untuk bersekutu dan berpegang hanya kepada Kristus.

Judul 4: Renungan Kristen Tentang Pagi Hari Berdasarkan Alkitab

Di pagi hari, kita bisa bangun dengan keadaan sekitar yang hangat dan menenangkan. Sinar matahari yang cerah, embun bersahaja, serta berkat kehidupan tak terperi dari Bapa.

Segala bentuk perasaan dan keindahan di pagi hari nyatanya menjadi salah satu dari sekian banyak anugerah Tuhan Yesus Kristus. Biasanya, kita mengungkapkan rasa syukur dengan doa di pagi hari sekaligus renungan yang bisa dibaca dan dipahami sebagai bekal dalam menjalani hari.

Renungan menjadi hasil rangkuman makna dan pengertian dari Alkitab. Kita dapat menemukan ayat-ayat yang menjadi dasar kekuatan dalam mempersiapkan hari panjang dan penuh sukacita. Pagi hari menyimpan daya tariknya sendiri bagi kelangsungan hidup seorang manusia.

Membaca Firman Tuhan dan merenungkannya menjadi aktivitas terbaik untuk dilaksanakan setiap pagi. Kita mampu bergumul dan berbicara secara intim denganNya. Berikut contoh renungan tentang pagi hari yang bisa ditanamkan dan berbuah dalam kehidupan.

“Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagiMu, dan aku menunggu-nunggu.” Mazmur 5:4

Sebagian orang mungkin merasa bahwa bangun pagi secara teratur merupakan kebiasaan yang susah dilakukan. Masih banyak yang terbangun dari istirahatnya dengan terburu-buru agar mencegah keterlambatan.

Ketika bangun tidur menjadi sebuah hal yang terasa sulit, begitu juga dengan mengambil waktu untuk saat teduh layaknya seorang Daud. Ia bangun di pagi hari untuk memuji Allah dan menyiapkan persembahan terbaik bagiNya.

Bangun pagi umumnya identik dengan mereka yang mau bekerja keras dan menghargai waktu. Kebiasaan ini ternyata berdampak pada keberhasilan akan apapun yang dikerjakan manusia. Sama seperti Tuhan Yesus yang memberi teladan untuk bangun pagi dan rajin berdoa kepada Allah Bapa.

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (Markus 1:35)

Ada baiknya kita mampu menyadari bahwa setiap orang mampu mengatasi serta mengerjakan lebih banyak tugas maupun perkara melalui rutinitas bangun pagi. Sama seperti umat pilihan Allah di dalam kisah Sodom dan Gomora.

Di dalam Kitab Amsal, Raja Salomo juga turut menyinggung kecakapan seorang istri lewat bangun dan mulai berkegiatan di pagi hari.

“Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.” (Amsal 31:15)

Hendaknya kita senantiasa tidak mengindahkan kemalasan bangun pagi dan menunjukkannya lewat sikap yang lebih berbakti.

Baca juga:


Pagi hari merupakan kesempatan yang baru untuk memperbaiki agar lebih baik dari hari sebelumnya. Sudah sepatutnya bersyukur dengan bersemangat lagi dalam menjalani aktivitasnya.

Dengan renungan rohani kristen tentang pagi hari saat teduh terbaru 2022 diatas, semoga pembaca bisa memperbaiki setiap kesempatan yang diberikan oleh Tuhan. Begitu juga di pagi hari ini, agar kita semua senantiasa selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan ini.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!