4 Renungan Kristen Tentang Pekerjaan Agar Selalu Bersyukur

Renungan Kristen Tentang Pekerjaan terbaru 2022 – Tuhan memiliki banyak cara untuk memberkati umatNya, salah satunya adalah dengan memberikan pekerjaan. Maka dalam banyak renungan Kristen tentang pekerjaan dikatakan bahwa kita harus senantiasa bersyukur atas pekerjaan yang didapatkan meskipun dijalani dengan berat.

Ketika kita ingin mengeluh tentang pekerjaan, kita harus mencoba untuk memandang dari sisi orang yang belum bisa bekerja. Dengan demikian kita bisa bersyukur, sebab seberat apapun pekerjaan yang kita jalani masih lebih berat hidup tanpa pekerjaan.

Tuhan tidak ingin anak-anakNya malas dan hanya tahu meminta saja, maka Dia juga memerintahkan anak-anakNya untuk bekerja jika mereka ingin mendapatkan makanan. Tidak masalah pekerjaan apa yang dipilih, selama itu tidak melanggar Firman Tuhan dan dilakukan sungguh-sungguh, maka Tuhan pasti akan memberkati.

Baca juga: Renungan Kristen Tentang Kerja Keras yang Memotivasi

Renungan Rohani Kristen Tentang Pekerjaan

ilustrasi orang bekerja penuh syukur
ilustrasi orang bekerja penuh syukur, sumber gambar: pexels.com

Orang yang hanya mau berpangku tangan tidak akan mendapatkan keberuntungan di dalam hidupnya. Namun, mereka yang mau bekerja keras dan rajin, hidupnya akan dibuat terbang tinggi seperti rajawali dan tidak pernah turun. Baca dan pahami renungan kristen tentang pekerjaan terbaik 2022 agar selalu bersyukur berikut ini.

1. Cara Tuhan Memberkati

Tuhan tidak ingin anakNya manja. Sebab anak manja cenderung tidak bisa berbuat semaunya sendiri dan selalu bergantung dengan orang lain. Padahal, ketika mengemban kewajiban sebagai anak Tuhan, ada banyak rencana Tuhan yang harus kita kerjakan dan semuanya tidak mudah untuk dijalani.

Maka saat seseorang bekerja dengan sungguh-sungguh, maka Tuhan pun akan memberkati tanpa pamrih. Di saat itu pula kita sedang mengembangkan karakter menjadi sosok yang lebih baik. Bahkan saat pekerjaan yang kita dapatkan nampak tidak bergengsi di mata dunia, asalkan kita setia mengerjakannya pasti suatu saat kemampuan kita akan diperhitungkan dan kita diberkati dengan hebat.

2. Perintah Allah

Hal ini seperti yang ada tertulis di dalam 2 Tesalonika 3:10-12, “(10) Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. (11) Kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.

(12) Orang-orang yang demikian kami peringati dan nasihati dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya mereka tetap tenang melakukan pekerjaannya dan dengan demikian makan makanannya sendiri.” Dengan demikian sudah jelas bahwa Tuhan lah yang menyuruh kita untuk bekerja dan jangan menjadi seorang pemalas.

Baca juga:10+ Doa Pulang Kerja Kristen Agar Diberkati Tuhan

3. Belajar Tanggung Jawab

Dalam dunia pekerjaan, kita akan diajari untuk mandiri. Sebab saat terjun di dunia kerja, semua orang memiliki kepentingannya sendiri dan harus menyelesaikannya sendiri. Maka, disinilah Tuhan mendidik anak-anakNya untuk bertanggung jawab terhadap apapun yang mereka lakukan. Dengan setia kepada pekerjaan yang kecil, maka lambat laun Tuhan akan percayakan berkat yang besar.

Sebelum bisa dipercaya oleh Tuhan, maka kita harus bisa membuktikan bahwa kita mampu untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dengan sangat baik, bahkan seharusnya bisa di atas standar yang ada. Sebab kita adalah anak Tuhan yang diberkati.

4. Bekerja

Saat kita membutuhkan sesuatu, tidak selamanya Tuhan memberi dengan cuma-cuma. Ada banyak kesempatan ketika Tuhan menginginkan kita bekerja terlebih dahulu demi mendapatkan hal yang kita inginkan. 

Pekerjaan adalah bentuk didikan Tuhan untuk anak-anakNya. Lewat bekerja, maka talenta yang ada dalam diri setiap kita akan terasah dan membuat kita maksimal sebagai manusia. Ada kalanya Tuhan mendidik karakter kita di dalam pekerjaan, dengan rekan kerja yang menjengkelkan, kesempatan untuk berbuat dosa dan lain sebagainya. Jika kita lulus dalam ujian tersebut, maka Tuhan sendiri yang akan mempromosikan kita.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Usaha dan Kerja Keras Agar Termotivasi

Tidak ada pekerjaan yang tidak melelahkan di dunia ini, maka jangan pernah kita berkeluh kesah atau bahkan sampai merendahkan tempat kita bekerja. Sebab Tuhan adalah Allah yang menghormati otoritas, maka hendaknya kita sebagai anak-anakNya pun berlaku demikian.

Tuhan akan memberkati siapapun yang bekerja dengan sungguh-sungguh, sebab Tuhan adalah Allah yang setia dan adil. Maka jangan berhenti untuk tetap bekerja apapun keadaan yang sedang menimpa Anda, sebab Tuhan akan memberikan ganjaran yang sesuai dengan kerja keras kita.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!