Renungan Kristen Tentang Hari Valentine / Hari Kasih Sayang

Kristenly.com – Hari valentine dikenal sebagai hari ngungkapin perasaan kasih sayang dan cinta. Namun masih banyak dari kita yang tidak merayakannya. Agar Anda tahu pentingnya perayaan valentine, simaklah renungan Kristen tentang hari valentine terbaru 2022.

Banyak dari kita yang memaknai hari valentine adalah hari kasih sayang bersama orang-orang terkasih seperti pacar dan suami/istri, mereka percaya hari ini sebagai ungkapan cinta kepada orang terkasih.

Maka banyak diantara kita yang tidak merayakannya karena merasa tidak memiliki orang terkasih, merasa hidup di dunia masih sendirian tidak memiliki orang spesial yang memberikan warna dan makan di kehidupan membuat mereka enggan merayakannya.

Padahal hari valentine tidak hanya dirayakan dengan pasangan saja, bisa juga dirayakan dengan keluarga, kerabat, dan orang terdekat. Karena cinta dan kasih sayang diberikan kepada sesama manusia bukan hanya ke pasangan yang dicintai saja.

Baca juga: 7 Doa Valentine Kristen, Doakan Orang Terkasih di Hari Kasih Sayang

Renungan Kristen Tentang Valentine Day Terbaru 2022

ilustrasi hari valentine
ilustrasi ucapan hari valentine, sumber gambar: pexels.com

Momen penuh kasih sayang ini merupakan saat paling baik dalam mengungkapkan cinta kepada orang terkasih. Dalam merayakannya, mari kita renungkan hari valentine agar meninggalkan kesan penuh makna seperti berikut.

Judul: Kasih yang Menyelamatkan

Kehidupan manusia masa kini telah dipenuhi dengan percekcokan satu sama lain. Entah karena masalah sepele maupun hal yang berat. Dengan adanya pertengkaran ini, banyak orang yang tidak memikirkan kembali apa yang ada disekitarnya, sehingga dirinya berbuat sesuai dengan keinginan pribadi tanpa memperdulikan hakikatnya sebagai makhluk sosial.

Dalam bacaan Injil Yesus menyatakan diri sebagai sabda Allah yang menyelamatkan, ketika sampai di Galilea tempat kelahiran-Nya, Dirinya menemukan nas dari kitab Nabi Yesaya yang menunjukkan arti kehadiran Yesus di dunia. Melalui nas itu Dia berharap bahwa orang yang mendengar-Nya dapat melakukan segala perkataan-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Yesus hadir untuk menggenapi sabda Allah yang telah disampaikan melalui Nabi-Nya, Yesus menjadi sumber keselamatan bagi umat manusia melalui cinta kasih-Nya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pada akhirnya Dia ditolak hanya karena keegoisan mereka.

Sama seperti yang terjadi pada masa sekarang. Banyak orang yang mengabaikan hal-hal baik di sekitar hanya karena ingin mementingkan diri sendiri saja. Mereka mulai berdebat soal masalah yang sebenarnya hanya untuk menguntungkan mereka sendiri. Mereka mengabaikan cinta kasih.

Yohanes menekankan bahwa dengan mengasihi sesama, sebenarnya kita sudah menunjukkan kasih kepada Allah Bapa. Dengan kasih, setiap orang bisa membuka pintu hati mereka untuk saling menghargai dan berusaha untuk bekerja sama dengan orang lain. Kasih kepada sesama juga menunjukkan bahwa diri kita telah mulai mengembangkan iman akan Yesus Kristus yang menjadi sumber dari segala sumber kasih.

Oleh karena itu, senantiasalah mengasihi sesama dan terus tumbuhkan iman kita akan Yesus Kristus dalam segala situasi dan kondisi di kehidupan kita.

“Jikalau seorang berkata: ‘Aku mengasihi Allah,’ dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.” (1 Yoh. 4:20).

Baca juga:


Melalui renungan rohani kristen tentang valentine terbaik 2022 dapat membuat Anda sadar bahwa pentingnya merayakan valentine sebagai pengungkapan cinta dan kasih sayang kepada keluarga, kerabat, dan orang terdekat yang selalu ada disaat senang maupun sedih.

Melalui renungan ini semoga pembaca bisa mengekspresikan perasaan terpendam kepada orang yang terdekat seperti keluarga atau kerabat. Perayaan valentine tidak hanya untuk bagi mereka yang mempunyai pasangan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!