11 Ayat Alkitab Tentang Kerjasama dan Kekompakan dalam Organisasi

Kristenly.com – Di dalam organisasi, manusia diajari bagaimana bekerjasama. Kerjasama ini merupakan bentuk tolong menolong antar sesama dalam segala hal positif. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam ayat Alkitab, simaklah ayat Alkitab tentang kerjasama dalam organisasi dalam segala hal positive.

Kerjasama dapat meringankan pekerjaan. Pepatah bilang berat sama dipikul ringan sama dijinjing, dari ini kita bisa tahu bahwa melalui kerjasama seberat apapun pekerjaan akan terasa ringan dengan dikerjakan bersama-sama.

Kerjasama tercipta agar saling tolong-menolong sebagaimana yang telah diperintahkan Tuhan agar menolong sesama manusia yang membutuhkannya, dengan memberikan pertolongan artinya kita dipilih Allah sebagai perantara-Nya.

Melalui organisasi seseorang belajar mulai caranya menjalin kerjasama, pentingnya kerjasama, sampai cara mempertahankan sikap saling kerjasama. Dalam mencapai tujuan organisasi akan cepat dan ringan dicapai bila anggotanya saling bekerjasama.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mendengarkan

Ayat Alkitab Tentang Kerjasama

ilustrasi kekompakan dalam organisasi
ilustrasi kekompakan dalam organisasi, sumber gambar: pexels.com

Manusia hidup dalam organisasi, di organisasi manusia belajar kerjasama dengan sesamanya. Kerjasama yang dijalin tentunya mengenai hal-hal yang positif, yaitu strategi mencapai tujuan organisasi. Berikut pahami ayat Alkitab tentang kerjasama dan kekompakan berikut ini.

1. 1 Korintus 1:10

“Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.”

2. Pengkhotbah 4:9-12

“Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.”

3. Pengkhotbah 4:11

“Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas?”

4. Pengkhotbah 4:9

“Berdua lebih baik daripada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.”

5. Pengkhotbah 4:12

“Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.”

6. Pengkhotbah 4:10

“Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!”

7. Mazmur 133:1-3

“Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya. Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab kesanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.”

8. Amsal 22:24

“Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah,”

9. Roma 12:16

“Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!”

10. Matius 18:19-20

“Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

11. Lukas 11:23

“Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.”

Baca juga:


Sebagai makhluk Tuhan harus bisa melakukan hal-hal positif misalnya kerjasama, kita akan terbiasa bekerja sama melalui kebiasaan di organisasi sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa belas kasih serta sayang antara sesama manusia.

Melalui pembahasan ayat Alkitab tentang kerjasama ini, semoga umat kristiani dapat saling tolong-menolong antar sesamanya melalui kerjasama. Serta semoga pembaca senantiasa selalu berada dalam hal positif sehingga akan membawa pengaruh yang baik terhadap sesamanya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!