26 Ayat Alkitab Ketika Tidak Punya Uang Agar Tidak Khawatir

Kristenly.com – Saat ini, hidup menjadi terasa lebih mudah ketika mempunyai pundi-pundi rupiah. Dengan begitu, bisa memperoleh kebahagiaan. Namun, jika sedang dalam kondisi kesusahan, jangan putus asa. Baca dan resapi makna dari ayat Alkitab ketika tidak punya uang.

Ketika tidak memiliki uang sering sekali seseorang merasakan kesedihan dan kesengsaraan. Keadaan ini membuat mereka tidak semangat, murung, hingga paling parah melakukan berbagai tindakan kejahatan demi memperoleh duit.

Pada momen seperti ini, seharusnya kembali mengingat Tuhan Yesus. Saat sedang terpuruk, ingatlah bahwa Sang Bapa selalu hadir untuk memberikan hiburan. Tidak memiliki uang bukan berarti tidak bisa merasakan kebahagiaan.

Uang bukanlah segalanya, sehingga saat tidak mempunyai satu lembar rupiah-pun jangan bersedih hati. Tuhan Yesus selalu memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk dapat berjuang kembali karena pintu rezeki terbuka pada sisi lainnya.

Baca juga: 15 Ayat Alkitab Tentang Orang Miskin dan Kaya Dalam Kristen

Daftar Ayat Alkitab Ketika Tidak Punya Uang

ilustrasi orang tidak punya uang
ilustrasi orang tidak punya uang, sumber gambar: pexels.com

Setiap orang pasti pernah merasakan atau berada pada titik paling rendah dalam hidupnya, momen sedang tidak memiliki uang bukan menjadi alasan untuk putus asa. Bacalah ayat Alkitab ketika sedang tidak punya uang supaya tetap termotivasi.

  1. Mazmur 23:5-6 “Engkau menyediakan hidangan bagiku, dihadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.”
  2. Mazmur 37:25 “Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti;”
  3. Mazmur 16:8 “Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.”
  4. Yohanes 14:27 “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”
  5. Mazmur 55:23 “Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.”
  6. Yohanes 14:27 “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”
  7. Mazmur 29:11 “Tuhan kiranya memberikan kekuatan kepada umat-Nya, Tuhan kiranya memberkati umat-Nya dengan sejahtera!”
  8. Mazmur 4:9 “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman.”
  9. Filipi 4:6-7 “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”
  10. Mazmur 116:7 “Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab Tuhan telah berbuat baik kepadamu.”
  11. Mazmur 62:5-6 “Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.”
  12. Lukas 12:28 “Jadi, jika rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api demikian didandani Allah, terlebih lagi kamu, hai orang yang kurang percaya!”
  13. Yesaya 41:10 “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”
  14. Lukas 12:29 “Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu.”
  15. Matius 6:33 “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
  16. Mazmur 23:1-3 “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.”
  17. Matius 6:11 “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”
  18. Matius 6:25 “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?”
  19. Matius 6:26 “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”
  20. Matius 6:19-20 “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”
  21. Matius 6:34 “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”
  22. Mazmur 131:2 “Sesungguhnya, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.”
  23. Matius 11:28-30 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”
  24. Filipi 4:19 “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”
  25. Mazmur 23:4 “Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”
  26. Lukas 12:24-25 “Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi burung-burung itu! Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?”
Baca juga: 28 Ayat Alkitab Tentang Hutang dan Berhutang Dalam Kristen

Tuhan Yesus memberikan cobaan berupa tidak mempunyai uang, bukan berarti Dia tidak mengasihi umat-Nya. Justru, ketika saat ini menghampiri hidup umat Kristen, sebaiknya selalu mengingat akan segala nikmat, seperti masih bisa bekerja, limpahan berkat kesehatan, dan lainnya.

Dengan menghayati makna ayat Alkitab ketika tidak punya uang diatas, semoga bisa menjadi motivasi supaya terus bersyukur atas nikmat Allah. Selain itu, momen penuh kesedihan ini harus bisa memberikan refleksi untuk dapat memperbaiki diri serta bekerja lebih keras lagi.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!