10 Ayat Alkitab Tentang Antikristus yang Wajib Anda Tau!

Kristenly.com – Dalam ayat Alkitab memang seringkali menyebut mengenai tokoh anti kristus. Tentu hal ini sudah tidak asing lagi bagi umat Kristiani. Selain itu, para pendeta juga kerap menyebutnya dalam khotbah. Bahkan ada banyak film dan dan buku menulis tentang topik ini meskipun tidak selalu sesuai dari Alkitab.

Pada umumnya, orang Kristen sudah memahami apa arti dari tokoh antikristus ini. Mereka adalah tokoh jahat karena telah menentang orang-orang percaya. Selain itu juga dipercaya akan muncul di akhir zaman, hal ini telah disebutkan dalam Alkitab sehingga wajib untuk mempercayainya.

Istilah antikristus ini sudah dijelaskan secara detail dalam ayat Alkitab tentang antikristus. Jika diartikan sederhana yakni merujuk pada lawan Kristus. Dengan kata lain, mereka adalah musuh besar Yesus karena sangat berlawanan baik sifat dasar maupun ajaran, tentu saja akan menyesatkan umat.

Sebenarnya antikristus hanya disebutkan dalam surat Yohanes, namun bukan berarti tokoh ini tidak dijelaskan pada kitab lain baik pada perjanjian Baru maupun Lama. Jadi sebagai umat Kristen sudah seharusnya meyakini keberadaannya karena memang sangat berbahaya dan menyesatkan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Mukjizat Palsu

Ayat Alkitab Tentang Antikristus

ilustrasi alkitab membahas antikristus
ilustrasi alkitab membahas antikristus, sumber gambar: pexels.com

Mengingat bahwa tokoh antikristus sangat menyesatkan bagi umat Kristiani karena bertentangan dengan sifat dan ajaran Tuhan Yesus. Pembinasa keji ini akan datang di akhir zaman, dimana hal ini sering diingatkan pada khotbah agar selalu waspada dan berhati-hati.

Berikut ini adalah beberapa ayat Alkitab tentang antikristus yang bisa Anda baca dan pahami sekaligus menerapkannya.

2 Yohanes 1:7

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. 

1 Yohanes 2:22

Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

2 Tesalonika 2:3-4

Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

Wahyu 13:1

Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

Markus 13:22

Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.

1 Yohanes 4:3

Dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

2 Korintus 11:13-15

Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.

Wahyu 13:16-17

Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

Matius 24:5

Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Markus 13:21

Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau: Lihat, Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Ajaran Palsu dan Sesat

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang antikristus yang menguatkan Anda untuk selalu waspada dan meyakini keberadaan tokoh tersebut, sebenarnya jumlahnya hanya satu namun pengikutnya terlalu banyak karena menyerupai bentuk dan sifatnya terlebih ketika sudah mendekati masa akhir zaman.

Bahkan beberapa tulisan sudah menyebutkan bahwa antikristus telah muncul sekarang, namun hal ini sebenarnya dapat dibenarkan karena ada beberapa pengikutnya yang bermunculan saat ini dan diyakini sebagai antikristus.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!