24 Ayat Alkitab Tentang Cahaya dan Terang Dalam Kristen

Kristenly.com – Terang dan cahaya dari Allah adalah salah satu unsur paling penting yang ada dalam kehidupan manusia. Demikianlah Tuhan menciptakannya matahari sebagai sumber penerang di siang hari. Begitupun juga bulan dan bintang di malam hari sebab Allah tahu jika makhluk hidup memerlukannya.

Dalam kehidupan rohani ini, manusia akan membutuhkan cahaya dan terang dari Allah. Pasalnya akibat adanya dosa, umatNya bisa saja berjalan dalam kegelapan. Dengan mengetahui siapakah cahaya dan terang ini, Anda pun akan sadar jika benar-benar membutuhkannya.

Allah adalah cahaya dan terang, karena Dia Maha Tahu untuk mengerti segala kebutuhan manusia, maka kalimatNya pun bisa datang ke dunia bagi siapapun yang percaya. Anda harus mempercayai bahwa Tuhan benar-benar ada guna menerangi kehidupan umatNya di bumi ini.

Sama halnya seperti penjelasan dalam ayat Alkitab tentang cahaya dan terang. Meskipun diartikan secara fakta adalah berdekatan pada matahari, bulan dan bintang namun sebenarnya penerang tersebut adalah Tuhan. Pasalnya Dia tidak akan membiarkan manusia berjalan dalam kegelapan.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Matahari

Ayat Alkitab Tentang Cahaya dan Terang

ilustrasi alkitab membahas cahaya dan terang
ilustrasi alkitab membahas cahaya dan terang, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang cahaya dan terang yang penting untuk Anda pahami mengenai sumber penerangan di dunia ini. Maka dari itu, sebagai umat manusia sudah seharusnya meyakini keberadaanNya.

Jangan biarkan hidup Anda terjerumus dalam kegelapan, cobalah untuk selalu menyertaiNya karena Tuhan akan mendampingi umat manusia dimanapun berada.

Yohanes 8:12

Maka yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: ”Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

Yohanes 1:5

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Yesaya 60:1

Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Yakobus 1:17

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Mazmur 80:19

maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

Mazmur 44:3

Engkau sendiri, dengan tangan-Mu, telah menghalau bangsa-bangsa, tetapi mereka ini Kaubiarkan bertumbuh; suku-suku bangsa telah Kaucelakakan, tetapi mereka ini Kaubiarkan berkembang.

Mazmur 37:5-6

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

Mazmur 31:16

Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku!

Mazmur 119:130

Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Mazmur 119:105

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Matius 5:15-16

Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Matius 5:14

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Lukas 8:16

”Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya.

Lukas 12:3

Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.

Kisah Para Rasul 26:22-23

Tetapi oleh pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan memberi kesaksian kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Dan apa yang kuberitakan itu tidak lain dari pada yang sebelumnya telah diberitahukan oleh para nabi dan juga oleh Musa, yaitu, bahwa Mesias harus menderita sengsara dan bahwa Ia adalah yang pertama yang akan bangkit dari antara orang mati, dan bahwa Ia akan memberitakan terang kepada bangsa ini dan kepada bangsa-bangsa lain.”

Kisah Para Rasul 13:47

Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Kejadian 1:3

Berfirmanlah Allah: ”Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi.

Efesus 1:18

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus

Daniel 2:22

Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

Bilangan 6:24-26

TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

2 Korintus 6:14

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

1 Yohanes 1:7

Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

1 Yohanes 1:5

Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

1 Petrus 2:9

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Cakrawala

Itulah tadi beberapa ulasan lengkap mengenai ayat Alkitab tentang cahaya dan terang yang penting untuk dipahami. Yakinlah jika sumber penerang di dunia ini sebenarnya Tuhan sebagai juru selamat. Meski diibaratkan seperti bintang dan matahari namun sebenarnya Dia adalah Allah.

Cahaya dan terang ini ada di dalam Alkitab yang telah dijelaskan untuk selalu menerangi kehidupan manusia, tentu saja setiap manusia harus meyakiniNya. Allah akan selalu memberikan petunjuk ketika umatNya sedang berada dalam kegelapan hingga kesesatan tanpa arah.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!