4 Ayat Alkitab Tentang Evaluasi Diri dan Introspeksi Diri

Kristenly.com – Manusia tidak luput dari kesalahan dalam menjalani kehidupan ini. Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang telah umat lakukan sangat perlu adanya introspeksi, maka simak ayat Alkitab tentang evaluasi diri (introspeksi diri) harus dilakukan.

Evaluasi diri merupakan upaya untuk mengontrol diri agar tidak terus melakukan kesalahan serta tidak berujung pada kesesatan. Selain itu, dengan kesadaran in dapat membuat manusia tahu serta membedakan hidupnya hari kemarin dan sekarang.

Kegiatan evaluasi diri juga dapat membantu meningkatkan kualitas kepribadian. Ini karena bisa menjadikan seseorang tahu hal apa saja yang telah dilakukan serta hal mana saja yang belum bisa dilakukan, sehingga kedepannya perlu perencanaan untuk mencapai keinginan.

Dalam segi keagamaan, evaluasi sangatlah membantu. Hal ini dikarenakan dengan ini dapat mengetahui dosa dan kesalahan apa saja sehingga perlu melakukan permintaan pengampunan paling tulus terhadap Tuhan.

Baca juga: 52 Ayat Alkitab Tentang Rendah Hati Dalam Kristen

Daftar Ayat Alkitab tentang Evaluasi Diri

ilustrasi evaluasi diri dengan mendengar
ilustrasi evaluasi diri dengan mendengar, sumber gambar: pexels.com

Tuhan sangat menyukai kepada manusia yang selalu memperbaiki diri, upaya untuk perbaikan kualitas tersebut dapat melalui evaluasi diri hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan ayat Alkitab tentang evaluasi diri berikut ini.

1. Wahyu 3:19

“Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!”

Ayat diatas menjelaskan tentang bagaimana cara untuk melakukan introspeksi mengenai cara kamu melihat kekurangan yang ada pada diri kita.

Hal itu termasuk pada berbagai macam dosa yang dituliskan dalam Alkitab mengenai kesalahan pada diri kita. Maka dari itu lebih baik jika kita mau berserah kepada Tuhan kemudian kamu biarkan Allah sendiri yang mengatakan hal itu tentang apa yang menjadi sebuah masalah.

Karena hidup akan selalu dibenarkan oleh Tuhan. Sebab itu yang menjadi pertanda jika Allah itu maha pengasih dan penyayang. 

2. Wahyu 2:5

“Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.”

Dalam hal ini jelas dikatakan jika Allah mau untuk mengevaluasi kemudian melakukan seperti apa cara untuk bertobat yang dilakukan orang Kristen, agar Allah tidak marah. Sebab jika Allah sudah tidak suka maka Allah bisa memberikan hukuman itu pada kita.

Karena seberapa dalam pun kamu akan terjatuh maka kamu harus bertobat sebab dikemudian hari harus melakukan hal yang sebelumnya telah dilakukan. Maka akan senantiasa mengiringi langkah dan menghukum jika kamu tidak bertobat.

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Bersikap Tenang dalam Berbagai Hal

3. 2 Korintus 10:12

“Memang kami tidak berani menggolongkan diri kepada atau membandingkan diri dengan orang-orang tertentu yang memujikan diri sendiri. Mereka mengukur dirinya dengan ukuran mereka sendiri dan membandingkan dirinya dengan diri mereka sendiri. Alangkah bodohnya mereka!”

Jika manusia ingin mengintrospeksi maka kamu harus melihat kepada Allah. Maka selalu liat mengenai apa yang difirmankan oleh Tuhan lalu jadikanlah setiap apa yang terjadi sebagai perkataan Allah untuk alasan tentang dasar dari bentuk evaluasi diri. Maka dari itu kita tidak bisa melihat apakah perbuatan kita sudah sesuai atau belum.

Sebaiknya hindari diri kalian dari perbuatan sombong dan tinggi hati, sebab hal itu merupakan hal yang tidak disukai Allah. Seseorang yang sombong akan jatuh sedalam-dalamnya ketika menghadapi kesulitan, karena di dunia ini tidak ada yang abadi segalanya akan hilang seiring berjalannya waktu.

4. Matius 7:3

“Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?”

Maka sebaiknya lebih memperhatikan perbuatan diri sendiri. Jangan juga mudah dalam menilai orang lain namun jangan sampai kamu lupa dengan diri kamu sendiri cobalah berubah untuk diri kamu yang lebih baik. Setiap umat Tuhan yang taat yaitu dia yang memiliki usaha lebih keras agar memiliki perbuatan sesuai dengan apa yang diinginkan Tuhan atau tidak.

Supaya dengan hal itu kamu dapat berubah agar lebih baik sesuai perkataan dan ciri orang yang dipenuhi oleh roh kudus dalam hidupnya. Kamu harus bisa membedakan mana hal yang buruk dan baik, supaya hidup tidak salah arah maka tetap berpegang teguh pada Alkitab bagi orang Kristen dan mentaatinya.

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Pengendalian Diri Dalam Kehidupan

Evaluasi merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas diri serta meningkatkan keimanan kepada sang pencipta. Sebagai umat kristiani, maka lakukan kegiatan ini setiap hari agar hari esok lebih baik dari sekarang.

Melalui ulasan ayat alkitab tentang evaluasi diri atau introspeksi diri diatas, semoga umat kristiani dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, dapat mengevaluasi dosa dan kesalahannya sehingga mau dengan segera meminta pengampunan kepada Allah.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!