19 Ayat Alkitab Tentang Jiwa Dalam Kristen

Kristenly.com – Ayat Alkitab tentang jiwa menjelaskan jika istilah ini memiliki banyak sekali arti dalam Alkitab. Jiwa atau jiva berasal dari Sansekerta yang memiliki makna benih kehidupan. Sementara menurut Bahasa Inggris yakni Soul. Dalam berbagai filsafat dan agama, jiwa merupakan bagian bukan jasmani atau material.

Biasanya jiwa dipercaya meliputi beberapa bagian mulai dari pikiran dan kepribadian. Sinonimnya yakni roh, akal maupun awak diri. Di dalam teologi sendiri, jiwa dipercayai akan hidup terus meskipun seseorang tersebut meninggal. Hal ini juga telah diajarkan oleh Tuhan sebagai pencipta jiwa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata jiwa mempunyai arti roh manusia yang ada di tubuh dan menyebabkan seseorang bisa hidup. Jiwa juga diartikan sebagai semua kehidupan batin manusia untuk selalu menjalani kehidupannya.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Keselamatan Jiwa

Ayat Alkitab Tentang Jiwa

ilustrasi alkitab membahas jiwa
ilustrasi alkitab membahas jiwa, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini beberapa Ayat Alkitab tentang jiwa yang penting untuk Anda pahami bahwa sebenarnya di dalam tubuh manusia ini senantiasa dipenuhi oleh roh dan kehidupan.

Jiwa di dalam diri manusia bisa diumpamakan sebagai alam semesta yang tersembunyi di dalam tubuh manusia. Selanjutnya dirinya melakukan rotasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari sebagai manusia pada umumnya.

Yosua 23:14

Maka sekarang, sebentar lagi aku akan menempuh jalan segala yang fana. Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa satu pun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satu pun yang tidak dipenuhi.

Yosua 22:5

Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.”

Yeremia 6:16

Beginilah firman TUHAN: ”Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!

Yeremia 29:13

apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati

Ulangan 4:29

Dan baru di sana engkau mencari TUHAN, Allahmu, dan menemukan-Nya, asal engkau menanyakan Dia dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.

Mazmur 71:23

Bibirku bersorak-sorai sementara menyanyikan mazmur bagi-Mu, juga jiwaku yang telah Kaubebaskan.

Mazmur 63:1

Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda.

Mazmur 62:1

Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud.

Mazmur 42:11

Seperti tikaman maut ke dalam tulangku lawanku mencela aku, sambil berkata kepadaku sepanjang hari: ”Di mana Allahmu?”

Mazmur 19:7

Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.

Mazmur 139:13-14

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Mazmur 130:5

Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya.

Mazmur 120:2

”Ya TUHAN, lepaskanlah aku dari pada bibir dusta, dari pada lidah penipu.”

Mazmur 103:1

Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Matius 22:37

Jawab yesus kepadanya: ”kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Matius 16:26

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

Matius 10:28

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

Amsal 16:24

Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

3 Yohanes 1:2

Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.

Baca juga:


Ayat Alkitab tentang jiwa di atas perlu Anda baca dan pahami guna mendapatkan pemahaman lengkap mengenai roh yang ada di dalam tubuh ini, tanpa hal itu seorang manusia tidak bisa hidup seperti saat ini. Dengan begitu. penting untuk menjaga kesehatan jiwa melalui mendekatkan diri pada Tuhan.

Jangan membiarkan jiwa yang ada di dalam diri Anda kosong tanpa adanya kedamaian. Maka dari itu, isilah dengan berbagai kebaikan dan hal-hal positif lainnya. Satu hal pasti adalah senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!