27 Ayat Alkitab Tentang Kelimpahan dari Tuhan dalam Hidup

Kristenly.com – Tuhan adalah yang menciptakan yang ada di langit dan di bumi. Dia adalah yang Maha kaya, dari kekayaan-Nya, dilimpahkan kepada manusia agar mereka bersyukur. Agar lebih jelas, pelajarilah ayat Alkitab tentang kelimpahan.

Allah telah memberkati dan menganugerahkan segala yang dibutuhkan oleh manusia, Dia memberi limpahan segala sesuatu kepada manusia sebagai Penciptanya dan inilah kasih sayang sang Pencipta kepada manusia.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan, seharusnya mensyukuri setiap yang diterimanya dari-Nya. Kehidupan yang dipenuhi akan syukur dapat memberikan keberkahan dan berkat yang melimpah dari Allah.

Allah sangat murah kepada umat manusia. Buktinya dengan panjatan doa kepada-Nya, Ia melimpahkan kenikmatan kepada manusia. Untuk mendapatkan limpahan ini sangat mudah dengan rajin ibadah untuk selalu mengingati Tuhan.

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Talenta, Bakat dan Potensi Diri

Daftar Ayat Alkitab tentang kelimpahan

ilustrasi Alkitab membahas kelimpahan
ilustrasi Alkitab membahas kelimpahan, sumber gambar: unsplash.com

Banyak dari manusia kurang bersyukur, dalam hidupnya hanya diisi dengan keluh kesah sehingga hidup mereka kurang terberkati karena tidak bisa bersyukur. Agar kehidupan ini banyak kelimpahan-Nya. Pahamilah ayat Alkitab tentang kelimpahan dari Tuhan berikut ini.

1. Mazmur 103:8‭-‬13

“Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam. Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita, tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia; sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.” (Mazmur 103:8‭-‬13)

2. Efesus 3:20

“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.” (Efesus 3:20)

3. Yakobus 1:5

“Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit –, maka hal itu akan diberikan kepadanya.” (Yakobus 1:5)

4. Keluaran 34:6

“Berjalanlah Tuhan lewat dari depannya dan berseru: “ Tuhan , Tuhan , Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya.” (Keluaran 34:6)

5. Ulangan 28:12

“Tuhan akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.” (Ulangan 28:12)

6. 2 Korintus 9:8

“Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.” (2 Korintus 9:8)

7. Amsal 3:9‭-‬10

“Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.” (Amsal 3:9‭-‬10)

8. Yakobus 1:17

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” (Yakobus 1:17)

9. Yohanes 10:10

“Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yohanes 10:10)

10. Lukas 6:38

“Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Lukas 6:38)

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Diberkati Untuk Menjadi Berkat

11. Lukas 6:45

“Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.” (Lukas 6:45)

12. Matius 6:33

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:33)

13. Filipi 4:19

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:19)

14. Bilangan 6:24‭-‬26

“Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.” (Bilangan 6:24‭-‬26)

15. Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3:5-6)

16. Mazmur 23:1‭-‬6

“Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, dihadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.” (Mazmur 23:1‭-‬6)

17. Mazmur 36:8‭-‬10

“Betapa berharganya kasih setia-Mu, ya Allah! Anak-anak manusia berlindung dalam naungan sayap-Mu. Mereka mengenyangkan dirinya dengan lemak di rumah-Mu; Engkau memberi mereka minum dari sungai kesenangan-Mu. Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.” (Mazmur 36:8‭-‬10)

18. Keluaran 12:36

“Dan Tuhan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.” (Keluaran 12:36)

19. Mazmur 37:11

“Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.” (Mazmur 37:11)

20. Roma 15:13

“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.” (Roma 15:13)

Baca juga: 18+ Doa Kristen Minta Kelancaran Rezeki dan Berkat yang Melimpah

21. 2 Korintus 4:7

“Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.” (2 Korintus 4:7)

22. Efesus 1:23

“Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.” (Efesus 1:23)

23. Ayub 22:18

“Namun Dialah juga yang memenuhi rumah mereka dengan segala yang baik — tetapi rancangan orang fasik adalah jauh dari padaku.” (Ayub 22:18)

24. Mazmur 68:11

“Sehingga kawanan hewan-Mu menetap di sana; dalam kebaikan-Mu Engkau memenuhi kebutuhan orang yang tertindas, ya Allah.” (Mazmur 68:11)

25. Mazmur 103:5

“Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.” (Mazmur 103:5)

26. Amsal 2:6

“Karena TUHAN lah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.” (Amsal 2:6)

27. Mazmur 65:5

“Berbahagialah orang yang Engkau pilih dan yang Engkau suruh mendekat untuk diam di pelataran-Mu! Kiranya kami menjadi kenyang dengan segala yang baik di rumah-Mu, di bait-Mu yang kudus.” (Mazmur 65:5)

Baca juga: 117 Ayat Alkitab Tentang Memberi/Berbagi Kepada Sesama dengan Ikhlas

Kelimpahan Tuhan diberikan kepada semua hamba-Nya, hal ini diberikan agar mereka selalu mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu supaya setiap kebutuhan mereka bisa tercukupi dari kelimpahan kenikmatan dari-Nya.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang kelimpahan ini semoga pembaca menjadi paham bahwa kelimpahan Tuhan selalu diberikan kepada manusia. Selain itu, supaya senantiasa kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur atas-Nya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!