4 Renungan Kristen Tentang Berkat Tuhan Yesus Kristus

Kristenly.com – Dalam hidup, setiap manusia tentu selalu menghadirkan pengharapan tertinggi kepada Tuhan. Dengan begitu, mampu menghadapi persoalan hidup secara damai. Keberkatan ini mempunyai manfaat sangat penting. Untuk itu, bacalah renungan kristen tentang berkat Tuhan Yesus Kristus.

Setiap umat Kristen percaya selalu Allah berkati dalam berbagai sisi kehidupannya. Oleh sebab itu, ketika menjalankan berbagai aktivitas atau mengambil suatu keputusan, jangan pernah lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada-Nya.

Keberkatan yang Allah berikan kepada umatNya merupakan wujud kasih, Tuhan Yesus menyuruh semua hamba Kristen senantiasa mengharapkan berkat hanya kepada Sang Bapa untuk mendapatkan kebahagiaan serta perlindungan.

Tidak hanya tentang meminta keberkatan dari Allah, namun sebagai umat yang percaya akan Tuhan Yesus harus mampu memberikan berkat kepada sesamanya. Dengan begitu, hidup selalu penuh kerukunan serta kebahagiaan.

Baca juga: 117 Ayat Alkitab Tentang Memberi/Berbagi Kepada Sesama Dengan Ikhlas

Renungan Kristen Tentang Berkat Tuhan Terbaru 2022

ilustrasi berkat dari tuhan
Sumber gambar: kemah-injil.org

Dalam hidup, manusia tidak akan mampu bertahan serta menemukan apa yang menjadi impiannya tanpa adanya berkat dari Tuhan. Namun, mereka juga harus mampu memberkati orang lain sebagai wujud syukur kepada Allah. Untuk itu, baca renungan kristen tentang berkat Tuhan terbaru 2022. berikut ini.

Judul 1: Renungan Harian Kristen Tentang Berkat Tuhan

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengerti kembali apa maksud dari berbagai berkat yang Tuhan berikan. Berikut renungan Kristen yang bisa diambil dan kiranya berbuah dalam menyikapi perjalanan kita masing-masing.

“Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.” (Galatia 3:14)

Abraham merupakan salah satu tokoh besar di Alkitab yang memperoleh berkat Tuhan secara luar biasa dan berlimpah. Berkat tersebut tidak hanya berhenti kepada Abraham saja, melainkan kepada bangsa-bangsa turunannya.

Lalu, mengapa Abraham bisa diberkati Tuhan? Pertama, Abraham seorang yang taat kepada perintah Tuhan. Ia membuktikan bahwa mampu bersungguh-sungguh mengasihi Tuhan, lebih dari apapun. Hal ini juga bisa dilihat dari peristiwa pengorbanan Ishak ketika Allah sendiri yang bersabda kepadanya.

Belajar dari hal tersebut, setidaknya kita mau menaati dan dengar-dengaran terhadap Firman Tuhan. Janjinya pasti ditepati dalam kehidupan kita.

Kedua, Abraham senantiasa membangun mezbah untuk memuliakan Tuhan. Dituliskan bahwa Abraham membangun mezbah di segala tempat sebagai tanda kasih dan syukur bagiNya. Pembangunan ini berarti ada upaya untuk membangun hubungan intim dengan Kristus dan mengundang hadiratNya.

Sudahkah kita mau menjadi sama seperti Abraham? Marilah kita berteguh dan senantiasa mendekat kepada Tuhan untuk merasakan kuasa kasihnya yang luar bisa. Amin.

Judul 2: Renungan Rohani Kristen Tentang Berkat Tuhan Yesus

“Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.” (2 Korintus 9:8)

Alkitab telah menyatakan beberapa prinsip mengenai memberi dan menerima maupun menabur dan menuai. Kondisi ini ingin mengungkapkan bahwa berkat yang disediakan oleh Tuhan untuk mereka yang mau memberi itu pasti serta tergenapi.

Tuhan memberikan tantangan kepada kita dalam bentuk sabda untuk memberikan perpuluhan. Kelimpahan akan menghampiri jika setiap umat mau memiliki motivasi yang benar dalam memenuhi perpuluhan.

Masih banyak orang ingin diberkati, namun belum mampu menerapkan pola hidup sesuai ajaran Kristus. Banyak juga yang bertanya-tanya, mengapa berkat itu belum juga tampak meskipun sudah berbuat baik? Mengapa tuaian tidak kunjung ada sesudah menabur?

Kita perlu tahu bahwa berkatNya mengalir sesuai kemampuan masing-masing pribadi dalam menyambutnya. Salah satu penghambat sebenarnya adalah ketidakmampuan dalam menerima berkat. Sesungguhnya, setiap orang harus percaya bahwa Tuhan sudah mencukupkan segalanya.

Ketika kita sudah siap, berkat yang lebih akan diberikan olehNya. Mari belajar untuk menjadi orang yang berani memberi dan tidak hanya berharap selalu diberi. Hal tersebut adalah rahasia untuk menjadi orang yang diberkati. Berilah secara menyeluruh untuk jika ingin menerima berkatNya secara menyeluruh!

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Diberkati Untuk Menjadi Berkat

Judul 3: Usaha Menuai Berkat

“Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takut akan Dia!” – Mazmur 67:8

Di dalam kekhawatiran dan kesibukan hidup kita, terkadang kita lupa akan satu hal, yaitu Allah kita. Kita lupa akan ke Maha besaran-Nya.

Sewaktu kecil, ketika kita membutuhkan sesuatu, seperti mainan, kita akan meminta kepada oran gtua atau kepada orang yang menurut kita dapat memberikannya. Begitu pula dengan berkat. Ketika menginginkan berkat, kita juga harus mengetahui siapa yang dapat memberikannya. Yaitu, Allah. Oleh sebab itu, mintalah berkat kepada Tuhan.

“Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya, Sela” – Mazmur 67:2

Setelah kita mengetahui dari mana berkat berasal, hal yang selanjutnya kita lakukan adalah memintanya. Ketika kita menginginkan sesuatu, maka kita harus berusaha, salah satunya adalah meminta kepada Tuhan. Tuhan tahu apa kebutuhan kita, namun Ia ingin kita meminta terlebih dahulu. Meminta kepada-Nya juga menunjukkan betapa lemahnya kita sebagai manusia dan betapa besar kuasa yang Ia miliki.

“memberkati orang-orang yang takut akan TUHAN, baik yang kecil maupun yang besar.” – Mazmur 115:13

Sudah sangat jelas dikatakan, bahwa ketika kita takut akan Tuhan, maka berkat akan datang kepada kita. Takut akan Tuhan berarti, kita menuruti segala perintahNya dan melakukan hal-hal yang menyenangkan hatiNya.

Judul 4: Rupa Berkat dari Tuhan

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” – Yohanes 3:16

Berkat yang sering manusia lupakan padahal merupakan berkat yang sangat luar biasa, yaitu ketika Allah, mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, untuk menyelamatkan kita, manusia berdosa yang hina. Padahal, yang butuh adalah kita, tetapi yang berkorban justru Allah.

“Pada hari mujur bergembiralah, tetapi pada hari malang ingatlah, bahwa hari malang ini pun dijadikan Allah seperti juga hari mujur, supaya manusia tidak dapat menemukan sesuatu mengenai masa depannya.” – Pengkhotbah 7:14

Mungkin masih banyak diantara kita yang berpikir bahwa berkat dari Tuhan hanya kesenangan saja. Namun, kenyataannya tidak. Dalam kedukaan, juga ada berkat yang Tuhan berikan. Mungkin kita tidak langsung memahaminya, namun itu adalah sebuah kepastian.

“Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.” – Amsal 3:16

Ketika saudara membaca renungan ini, coba saudara ingat, berapa umur saudara. 10 tahun? 20? 30? 40? Atau bahkan lebih? Pertambahan umur yang selalu saudara rasakan setiap tahun, juga merupakan berkat yang luar biasa dari Tuhan. Kekayaan di sini bukan hanya perihal harta, lebih dari itu. Kemurahan hati yang saudara miliki, keluarga, pekerjaan, diri saudara sendiri, juga merupakan bentuk kekayaan.

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” – Amsal 17:17

Semakin bertumbuh dewasa, kita semakin sadar bahwa manusia memiliki kepentingan, sifat individualis, dan kesibukannya masing-masing. Memiliki sahabat yang mengasihi, mengerti, dan selalu bersama dalam keadaan apapun, juga merupakan berkat yang luar biasa, karena tidak semua orang dapat memilikinya. Banyak sekali berkat yang terlihat kecil, namun ternyata kehadirannya sangat kita butuhkan.

Baca juga: 18+ Doa Kristen Minta Kelancaran Rezeki dan Berkat yang Melimpah

Tuhan melimpahkan berkatNya kepada manusia sepanjang hari. Mulai dari bangun pagi hingga tidur kembali, tidak ada satupun yang terlewatkan sebagai berkat luar biasa dariNya.

Manusia harus mampu menyikapi berkat tersebut dengan rasa syukur yang tiada terkira., sebab berkat tersebut memang tidak pernah berhenti untuk mendukung segala aspek kehidupan anak-anak Allah.

Tetapi masih ada sebagian orang yang mempercayai kekuatannya sendiri daripada mengakui bahwa berkatnya berasal dari Kristus saja, kekuatan tersebut yang membawanya sampai kepada titik puncak dalam hidupnya.

Padahal Alkitab sendiri sudah menyatakan bahwa setiap prestasi, kejayaan, dan kebahagiaan hanya berasal dari Yesus Kristus. Oleh sebab itu, pemahaman tersebut bisa didukung dengan perenungan bersamaNya.

Sebagai umat Kristen percaya sudah sepatutnya untuk senantiasa mengharapkan keberkatan dari Tuhan demi memperoleh keselamatan dunia dan kehidupan setelah mati, ini juga berlaku bagi manusia dengan sesamanya supaya hidup lebih damai.

Setelah membaca dan merenungkan renungan kristen tentang berkat Tuhan terbaru 2022, semoga menjadikan umat Kristen semuanya mempunyai permohonan tulus supaya terus diberkati oleh Allah. Selain itu, menjadikan kita juga memberikan keberkatan kepada orang lainnya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!