20 Ayat Alkitab Tentang Bersikap Tenang dalam Berbagai Hal

Kristenly.com – Hidup dengan penuh ketenangan adalah impian semua orang, tenang dapat membuat hidup nyaman dan sejahtera. Kemudian, bagaimana hidup yang penuh kedamain itu, mari pahami ayat Alkitab tentang bersikap tenang dalam berbagai hal.

Cobaan seringkali menghampiri kehidupan semua manusia, untuk itu semua orang mendambakan kehidupan yang tenang. Hal ini bukan berarti bebaskan diri dari masalah, namun maksudnya bisa menghadapi rintangan dengan tenang.

Ketika mendapatkan setumpuk masalah seringkali manusia merasa gelisah, pikiran menjadi kacau, bahkan bertindak yang menyimpang. Padahal pada saat itu yang dibutuhkan adalah ketenangan pikiran sehingga akan muncul jalan keluarnya.

Sikap yang tenang dalam keadaan apapun bisa membuat pikiran kita rileks sehingga keadaaan dapat teratasi dengan baik. Bukan sebaliknya, bersikap gelisah hanya membuat masalah menjadi beban yang susah mencari jalan keluarnya.

Baca juga: 97 Ayat Alkitab Tentang Kesabaran Hati & Hidup Dalam Masalah

Ayat Alkitab Tentang Bersikap Tenang

ilustrasi batu bertumpuk dengan tenang
ilustrasi batu bertumpuk dengan tenang, sumber gambar: pexels.com

Bersikap tenang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia apalagi dalam kehidupan tidak bisa lepas dari masalah ataupun keadaan yang mencekam serta menuntut. Agar bisa memperbaiki sikap tenang kita, pahami dulu ayat Alkitab tentang bersikap tenang dalam berbagai hal berikut ini.

  1. Matius 6:34 : “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”
  2. Pengkhotbah 3:7 : “ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara.”
  3. Yakobus 1:19 : “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.”
  4. Mazmur 84:11 : “Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku daripada diam di kemah-kemah orang fasik.”
  5. Mazmur 56:4 : “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu.”
  6. Yohanes 6:20 : “Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Aku ini, jangan takut!.”
  7. Yesaya 41:13 : “Sebab Aku ini, Tuhan, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: “Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau.”
  8. Mazmur 116:7 : “Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab Tuhan telah berbuat baik kepadamu.”
  9. Matius 11:29 : “Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”
  10. Ratapan 3:26 : “Adalah baik menanti dengan diam pertolongan Tuhan.”
  11. 1 Petrus 3:15-16 : “Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat.”
  12. Amsal 11:12 : “Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.”
  13. Amsal 17:28 : “Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.”
  14. Mazmur 4:9 : “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman.”
  15. Mazmur 121:1-8 : “Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung;dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. TUHANlah Penjagamu, TUHANlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. Tuhan akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. Tuhan akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.”
  16. Matius 11:28 : “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”
  17. Matius 6:27 : “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?.”
  18. Amsal 17:27-28 : “Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin. Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.”
  19. Yesaya 30:15 : “Sebab beginilah firman Tuhan Allah, Yang Mahakudus, Allah Israel:“Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”Tetapi kamu enggan.”
  20. Matius 6:33 : “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Pengendalian Diri Dalam Kehidupan

Tuhan sangat tidak menyukai umatnya yang gelisah dan terburu-buru, makanya Dia memberikan sikap tenang. Sayangnya manusia juga sering lupa untuk bersikap penuh rasa damai, dengan bersikap tenang akan menemukan jalan keluar.

Dari pembahasan ayat Alkitab tentang bersikap tenang dalam berbagai hal diatas, semoga umat kristiani senantiasa bersikap tenang dalam menghadapi segala sesuatu dengan terus mengingat ada bantuan dari Tuhan. Di samping itu, dapat membuat diri kita lebih mendekatkan diri kepada pencipta.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!