12+ Aplikasi Kamera Terbaik 2023, Foto Jadi Bagus & Aesthetic !

Kristenly.com – Aplikasi kamera terbaik ternyata saat ini semakin diincar oleh banyak pengguna ponsel. Pasalnya mereka hanya mengandalkan kamera HP saja untuk mengambil gambar. Apabila merasa kurang puas dengan hasilnya, saatnya menggunakan aplikasi kamera terbaik guna meningkatkan kualitasnya.

Aplikasi seperti ini sudah menjadi salah satu kebutuhan dari pengguna mobile photography. Penggemarnya pun semakin tinggi. Mengingat bahwa saat ini spesifikasi kamera pada masing-masing HP sudah terasa sangat penting untuk sebuah ponsel keluaran terbaru.

Namun seperti yang Kamu tahu bahwa tidak semua HP dibekali dengan spesifikasi dan kemampuan kamera yang memadai. Khususnya jika RAM ponsel tersebut dalam ukuran standar. Biasanya hal seperti ini akan dijumpai pada ponsel dengan harga dibawah 2 jutaan sehingga masih terbatas.

Aplikasi Kamera Terbaik

daftar aplikasi kamera
daftar aplikasi kamera

Bagi Kamu yang merasa bahwa kualitas fotografi dari kamera bawaan HP masih terbatas, bisa mengandalkan beberapa Aplikasi kamera terbaik seperti di bawah ini. Hal ini menjadi solusi praktis bagi siapa saja ketika ingin meningkatkan kualitas mobile photography mereka.

Untuk itu, di bawah ini adalah daftar rekomendasi aplikasi kamera terbaik yang bisa Kamu gunakan guna memenuhi kebutuhan fotografi hanya dengan HP saja. Coba saja dulu sebelum memutuskan membeli HP baru.

1. Google Camera

Google Camera adalah aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google untuk smartphone Pixel dan beberapa smartphone Android lainnya.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur kamera canggih seperti mode Night Sight untuk pengambilan foto pada kondisi minim cahaya, mode Portrait untuk pengambilan foto dengan efek bokeh, dan fitur HDR+ untuk meningkatkan kualitas foto.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 4K dan dilengkapi dengan fitur stabilisasi video.

2. Open Camera

Open Camera adalah aplikasi kamera open-source untuk Android yang memiliki beragam fitur untuk meningkatkan kualitas foto dan video. Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Open Camera adalah:

  • Kontrol manual: Pengguna dapat mengatur ISO, exposure, focus, shutter speed, white balance, dan lainnya secara manual.
  • HDR dan bracketing: Aplikasi ini dapat mengambil beberapa gambar dengan pengaturan yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu gambar HDR atau dalam mode bracketing.
  • Tampilan grid: Open Camera memiliki pilihan untuk menampilkan grid, histogram, dan level meter.
  • Perekam video manual: Pengguna dapat mengatur kualitas video, bitrate, frame rate, dan format video yang diinginkan.
  • Timer dan pengaturan jeda: Aplikasi ini memiliki timer dan pengaturan jeda untuk memungkinkan pengguna mengambil gambar tanpa harus menyentuh layar.
  • Kontrol suara: Open Camera juga mendukung kontrol suara, dimana pengguna dapat mengontrol kamera menggunakan suara seperti “cheese” atau “smile”.
  • Plugin: Pengguna dapat menginstal plugin tambahan untuk fitur tambahan seperti mode lanskap, face detection, dan lainnya.

3. VSCO

VSCO adalah aplikasi kamera yang sangat populer dan digunakan oleh banyak fotografer profesional maupun amatir. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan dapat digunakan untuk mengambil foto atau merekam video dengan kualitas yang sangat baik. Beberapa fitur yang terdapat pada VSCO antara lain:

  • Manual focus dan exposure control: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur fokus dan pencahayaan secara manual sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih berkualitas.
  • Preset dan filter: VSCO menyediakan berbagai preset dan filter untuk mempercantik foto dengan hanya satu kali klik. Selain itu, pengguna juga dapat membuat preset dan filter sendiri.
  • Advanced camera controls: Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kontrol kamera seperti shutter speed, white balance, ISO, dan lain-lain.
  • Editing tools: Selain fitur kamera yang sangat lengkap, VSCO juga memiliki fitur editing yang lengkap seperti crop, rotate, adjust brightness, contrast, saturation, dan lain-lain.
  • Komunitas: VSCO juga memiliki fitur komunitas yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto mereka dengan pengguna lain dan melihat foto-foto inspiratif dari pengguna lain.

4. Camera 360

Camera 360 adalah aplikasi kamera yang sangat populer yang memiliki banyak fitur untuk meningkatkan kualitas foto. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak filter dan efek yang dapat meningkatkan kualitas foto.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung perekaman video dengan resolusi hingga 4K, dilengkapi dengan fitur stabilisasi video, dan memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan kamera seperti ISO, fokus, dan kecepatan rana.

Aplikasi ini juga memiliki fitur “Beauty Camera” yang dapat memperbaiki kulit dan menghilangkan noda pada wajah.

5. Camera FV-5

Camera FV-5 merupakan aplikasi kamera yang menawarkan kontrol manual penuh dalam pengaturan kamera. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur seperti pengaturan ISO, shutter speed, white balance, dan juga fokus manual.

Camera FV-5 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dalam format RAW dan mengeditnya tanpa kehilangan kualitas gambar.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung fitur bracketing untuk memudahkan pengguna dalam mengambil gambar dengan pengaturan yang berbeda-beda.

6. Cymera

Cymera adalah aplikasi kamera yang menawarkan berbagai macam fitur editing foto. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur kamera selfie yang cukup canggih.

Aplikasi ini memiliki filter wajah dan kecantikan yang dapat memperbaiki tampilan wajah pengguna dengan lebih baik. Fitur lainnya termasuk fitur kolase, kamera bokeh, dan juga mode silent camera.

7. Polarr

Polarr adalah aplikasi kamera yang menawarkan berbagai macam filter dan efek yang dapat digunakan untuk mengedit foto. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengeditan yang cukup lengkap, seperti penyesuaian tone, kontras, dan saturasi.

Selain itu, Polarr juga mendukung pengeditan dalam format RAW dan memiliki fitur auto enhancement yang cukup canggih.

8. Bacon Camera

Bacon Camera adalah aplikasi kamera yang menawarkan kontrol manual penuh dalam pengaturan kamera. Aplikasi ini mendukung pengaturan ISO, shutter speed, white balance, dan juga fokus manual.

Selain itu, Bacon Camera juga mendukung fitur bracketing, HDR, dan juga pengambilan gambar dalam format RAW. Aplikasi ini juga mendukung kamera depan dan belakang pada perangkat yang mendukung.

9. Camera MX

Camera MX adalah aplikasi kamera gratis yang memberikan pengalaman pengambilan foto dan video yang luar biasa. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur canggih, seperti efek filter yang dapat diaplikasikan secara real-time, kontrol manual seperti pengaturan fokus dan eksposur, dan mode kamera gerakan lambat.

Selain itu, Camera MX juga memiliki fitur pemrosesan foto yang canggih, seperti fitur Jitter Trigger yang memungkinkan pengguna mengambil serangkaian foto dan memilih gambar terbaik dari serangkaian foto yang diambil. Aplikasi ini juga memiliki fitur edisi video yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan mudah.

10. Camera Zoom FX

Camera Zoom FX adalah aplikasi kamera yang menawarkan fitur zoom yang lebih baik daripada aplikasi kamera bawaan. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur seperti kontrol manual, pengaturan ISO, shutter speed, dan juga fokus manual.

Selain itu, Camera Zoom FX juga memiliki fitur stabilizer untuk memudahkan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya yang rendah.

11. Camera51 – A Smarter Camera

Camera51 adalah aplikasi kamera yang menawarkan pengenalan objek dan pengaturan kamera secara otomatis. Aplikasi ini akan memberikan petunjuk dalam pengambilan gambar dan memberikan saran tentang pengaturan kamera yang tepat.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur canggih seperti pengambilan gambar dalam format RAW, timer, dan juga pengambilan gambar dalam mode burst.

12. Picai Smart AI Camera

Picai Smart AI Camera adalah aplikasi kamera yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Aplikasi ini menggunakan teknologi neural networks untuk memproses gambar sehingga dapat menghasilkan foto yang indah dengan cepat.

Beberapa fitur yang terdapat pada Picai Smart AI Camera antara lain:

  • Pemandu pengambilan foto: Aplikasi ini memiliki fitur panduan pengambilan foto yang memudahkan pengguna dalam mengambil foto dengan benar.
  • AI Filter: Aplikasi ini menyediakan berbagai filter AI untuk mempercantik foto dengan hanya satu kali klik.
  • AI Scene Detection: Picai Smart AI Camera dapat mendeteksi objek yang difoto dan menghasilkan hasil yang lebih baik sesuai dengan objek tersebut.
  • AI Portrait: Aplikasi ini juga memiliki fitur AI Portrait yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto potret dengan latar belakang yang blur.
  • Sharing: Pengguna juga dapat berbagi foto yang dihasilkan dari Picai Smart AI Camera langsung ke media sosial favorit mereka.

Dalam beberapa Aplikasi kamera terbaik di atas, ada banyak fitur dan menu yang tersedia. Kamu pun bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Misalnya seperti kemampuan deteksi dan analisa wajah dan benda secara otomatis.

Kamu bisa memastikan bahwa aplikasi kamera ini memiliki beberapa fitur pendukung fotografi secara standar mulai dari auto selfie, auto framing, manual object selection dan lainnya. Jadi daripada langsung beli HP, Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi di atas terlebih dahulu.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Kristenly, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada seni dan digital marketing.

Tinggalkan komentar

error: Konten dilindungi !!