125 Ayat Alkitab Tentang Dosa Manusia Dalam Kristen

Ayat Alkitab Tentang Dosa Manusia 2022 – Kita semua adalah manusia yang tidak sempurna, kecenderungan dosa memang sudah menjadi bagian dalam hidup kita sejak orang tua semula yakni adam dan hawa memilih untuk tidak taat. Firman Tuhan sendiri memberitahukan secara jelas bagaimana awal mula dosa bisa menjerat manusia, apalagi yang Alkitab katakan tentang dosa manusia?

Kalau kita perhatikan sekarang, dosa semakin menjadi jadi. Ada banyak orang berpaling dari Tuhan dan memilih untuk menjalani hidup hanya untuk bersenang senang. Seperti halnya kejahatan, perlakuan tidak adil, anak tidak taat orang tua, saling membenci dan mendendam serta masih banyak lagi.

Meskipun demikian, Allah yang pengasih menerima dan merangkul siapa saja yang bersungguh sungguh melakukan pertobatan. Untuk tahu lebih lanjut, mari kita lihat berdasarkan sudut pandang Alkitab tentang dosa manusia mencangkup pengampunan dosa, pertobatan, macam-macam dosa dan hal hal terkait, Selengkapnya silahkan perhatikan ayat Alkitab berikut ini.

Baca juga: Doa Pengakuan Dosa Kristen

Daftar Isi

Daftar Ayat Alkitab Tentang Dosa Manusia

ilustrasi Alkitab membahas dosa manusia
ilustrasi Alkitab membahas dosa manusia, sumber gambar: pexels.com

Setiap manusia adalah seorang yang berdosa. Namun, kuasa dosa sudah dikalahkan oleh Kristus Yesus, dan oleh karena darahNya, sekarang manusia dapat ditebus dari dosa-dosa mereka. Berikut adalah ayat-ayat Alkitab tentang dosa.

1. Roma 5:12

Ayat 12 : “Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.”

Dosa masuk ke dalam dunia melalui satu orang yakni manusia pertama yang diberi nama Adam. Ia memilih tidak taat kepada Allah, sehingga dosa tersebut menghasilkan kematian. Inilah yang selanjutnya dirasakan oleh semua keturunan Adam dan hawa. Kita menjadi tidak sempurna karena mewarisi dosa dari nenek moyang kita, Adam.

2. Yakobus 4:17

Ayat 17 : “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Setelah seseorang dewasa, ia seharusnya sudah mengerti dan memahami apa yang seharusnya boleh dilakukan dan tidak dilakukan dari orang tuanya. Tapi jika dia dengan sengaja melanggar, ia berbuat dosa. Dalam hal kerohanian juga, setelah mengetahui kehendak Allah bagi kita untuk dilakukan atau hal hal yang Allah benci, tapi kita tidak hidup selaras firmanNya, kita disebut berbuat dosa.

3. Roma 14:12

Ayat 12 : “Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.”

Setiap keputusan, tindakan dan haluan hidup yang kita ambil memengaruhi berkat kita di masa depan. Apapun yang kita lakukan jika bertentangan dengan apa yang Firman TUHAN katakan, kelak kita akan mempertanggungjawabkannya sendiri kepada Allah. Bukan lagi orang tua, kakek atau nenek tapi pribadi kita masing masing. Maka penting sekali meminta pengampunan dosa dan berusaha menghindari dosa.

4. Ibrani 10:16-17

Ayat 16 dan 17 : “sebab setelah Ia berfirman: Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu, Ia berfirman pula: Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.”

Karena Allah begitu menyayangi umatNya, Ia ingin agar semuanya bertobat. Ketika seseorang melakukan pertobatan dengan sungguh sungguh, dosanya tidak akan diingat lagi dan kesalahan yang diperbuatnya akan dihapuskan, demikianlah kata Tuhan. Kita tentu sangat bersyukur memiliki Tuhan yang berbelaskasihan yang mau mengampuni dosa kita dengan tuntas.

5. Yesaya 55:7

Ayat 7 : “Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.”

Ayat ini juga menandaskan bahwa TUHAN adalah Allah yang berbelaskasihan, Ia ingin semua orang jahat meninggalkan rancangannya dan kembali bertobat. Ia seperti sosok seorang ayah yang akan mengasihani anakNya dan memberi pengampunan yang berlimpah.

6. Roma 3:23-24

Ayat 23 dan 24 : “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.”

Karena semua orang adalah berbuat dosa mereka tidak lagi memiliki kemuliaan di mata Allah. Namun dengan adanya kasih yang begitu besar dari sang pencipta kita, Ia memberikan tebusan di dalam Kristus Yesus. Sehingga semua orang sekarang memiliki harapan untuk menjalin hubungan baik lagi dengan Allah.

7. Kisah Para Rasul 3:19

Ayat 19 : “Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,”

Tidak ada cara lain untuk memiliki harapan di dalam TUHAN jika kita tidak bertobat. Pertobatan bukan hanya sekedar meminta ampun, tapi dalam hal ini mencangkup semua hal dan berbalik dari jalan yang salah ke jalan yang benar. Dengan demikian barulah TUHAN akan menerima pertobatan kita dan tidak mengingat dosa kita lagi.

8. Mazmur 103:13,14

Ayat 13 dan 14 : “Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.”

Sebagai Pencipta yang agung, TUHAN diumpamakan seperti bapak yang sayang terhadap anak anakNya yakni umatNya yang setia dan takut akan Dia. TUHAN juga tidak memerintahkan apa yang tidak sanggup kita lakukan, sebab Dia ingat kita hanyalah manusia yang berasal dari debu. Apabila dipikirkan kita ini tidak ada apa apanya dengan TUHAN, tapi dia mengerti dan memahami kita masing masing.

9. 1 Yohanes 1:7

Ayat 7 : “Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.”

Adam telah menghilangkan kehidupan sempurna yang Allah karuniakan, ia seperti membawa kegelapan yang gelap untuk keturunannya. Sebaliknya Yesus Kristus adalah terang, yang membawa orang orang ke dalam terang itu. Melalui korban tebusan oleh Kristus Yesus kita semua bisa disucikan dari dosa dan memperoleh pengharapan, mari kita menghargai pemberian terbesar berupa kasih Allah yang tercurah.

10. 1 Korintus 15:56

Ayat 56 : “Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.”

Ayat ini memberitahu kepada kita tentang asal mula adanya kematian. Allah sendiri sudah memperingatkan Adam sewaktu di taman Eden jika tidak taat, ia akan mati. Inilah akibat dosa yang adam lakukan yakni sengatan maut atau kematian, dosa menjadi satu hal penting yang perlu dihindari orang kristen untuk bisa memegang teguh penyucian korban tebusan Kristus.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Bertobat

11. Yohanes 8:44

“Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.”

12. Yohanes 8:34

Kata Yesus kepada mereka: ”Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.”

13. Yesaya 53:5

“Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.”

14. Yesaya 44:22

“Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!”

15. Yesaya 1:18

“Marilah, baiklah kita beperkara! – firman TUHAN – Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.”

16. Yesaya 1:16

“Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat”

17. Yehezkiel 36:23

“Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.”

18. Yehezkiel 18:21

“Tetapi jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.”

19. Yakobus 5:14-15

“Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.”

20. Yakobus 4:8

“Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!”

21. Yakobus 4:4

“Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.”

22. Yakobus 4:2

“Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.”

23. Yakobus 3:16

“Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.”

24. Yakobus 3:10

“dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.”

25. Yakobus 1:27

“Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.”

26. Titus 2:14

“yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.”

27. Roma 8:8

“Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.”’

28. Roma 7:7

“Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: ”Jangan mengingini!”

29. Roma 6:5-6

“Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.”

30. Roma 6:23

“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Pengampunan Dosa

31. Roma 6:22

“Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.”

32. Roma 6:15

“Jadi bagaimana? Apakah kita akan berbuat dosa, karena kita tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia? Sekali-kali tidak!”

33. Roma 6:14

“Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.”

34. Roma 6:13

“Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.”

35. Roma 6:1-2

“Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?”

36. Roma 5:7-8

“Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar – tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati –. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

37. Roma 5:21

“supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.”

38. Roma 5:15

“Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.”

39. Roma 3:20

“Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.”

40. Roma 2:12

“Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.”

41. Mikha 7:18

“Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?”

42. Mazmur 84:10

“Lihatlah perisai kami, ya Allah, pandanglah wajah orang yang Kauurapi!”

43. Mazmur 79:9

“Tolonglah kami, ya Allah penyelamat kami, demi kemuliaan nama-Mu! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami oleh karena nama-Mu!”

44. Mazmur 51:1-2

“Untuk pemimpin biduan. Mazmur dari Daud, ketika nabi Natan datang kepadanya setelah ia menghampiri Batsyeba.”

45. Mazmur 37:16-17

“Lebih baik yang sedikit pada orang benar dari pada yang berlimpah-limpah pada orang fasik; sebab lengan orang-orang fasik dipatahkan, tetapi TUHAN menopang orang-orang benar.”

46. Mazmur 34:16

“Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong”

47. Mazmur 32:5

“Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: ”Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,” dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela”

48. Mazmur 32:3

“Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari”

49. Mazmur 32:1

“Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!”

50. Mazmur 25:6-7

“Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala. Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.”

51. Mazmur 119:133

Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.

52. Mazmur 119:11

Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

53. Mazmur 103:12

sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

54. Mazmur 1:1

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh

55. Matius 7:3

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

56. Matius 6:15

Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

57. Matius 6:14

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

58. Matius 5:29

Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

59. Matius 5:27-28

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

60. Matius 5:13

Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Baca juga: 27 Lagu Rohani Kristen Tentang Pengakuan Dosa/Pertobatan

61. Matius 18:21-22

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: ”Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?” Yesus berkata kepadanya: ”Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

62. Matius 18:15

Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

63. Matius 12:31

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.

64. Markus 7:20-23

Kata-Nya lagi: ”Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

65. Markus 11:25

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

66. Lukas 6:45

Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.”

67. Lukas 5:32

Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.”

68. Lukas 15:7

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

69. Lukas 12:3

Karena itu apa yang kamu katakan dalam gelap akan kedengaran dalam terang, dan apa yang kamu bisikkan ke telinga di dalam kamar akan diberitakan dari atas atap rumah.

70. Kolose 3:5

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala

71. Kolose 2:11

Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa

72. Kisah Para Rasul 3:26

Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu.”

73. Kisah Para Rasul 22:16

Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!

74. Kejadian 3:7

Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

75. Imamat 5:5

Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu

76. Imamat 5:17

Jikalau seseorang berbuat dosa dengan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN tanpa mengetahuinya, maka ia bersalah dan harus menanggung kesalahannya sendiri.

77. Ibrani 9:28

demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

78. Ibrani 9:14

betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

79. Ibrani 8:12

Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.”

80. Ibrani 4:15

Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

81. Ibrani 12:1

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

82. Ibrani 1:3

Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan yang Mahabesar, di tempat yang tinggi

83. Galatia 6:8

Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

84. Galatia 6:1

Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

85. Galatia 5:16

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

86. Galatia 3:22

Tetapi Kitab Suci telah mengurung segala sesuatu di bawah kekuasaan dosa, supaya oleh karena iman dalam Yesus Kristus janji itu diberikan kepada mereka yang percaya.

87. Efesus 5:3

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.

88. Efesus 5:11-12

Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.

89. Efesus 4:26-27

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

90. Efesus 1:7

Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya

91. Daniel 9:5

Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu

92. Daniel 2:22

Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

93. Daniel 12:10

Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.

94. Amsal 28:13

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

95. Amsal 19:16

Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati.

96. Amsal 14:34

Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa.

97. Amsal 14:12

Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

98. Amsal 11:18

Orang fasik membuat laba yang sia-sia, tetapi siapa menabur kebenaran, mendapat pahala yang tetap.

99. Amsal 10:9

Siapa bersih kelakuannya, aman jalannya, tetapi siapa berliku-liku jalannya, akan diketahui.

100. Amsal 10:7

Kenangan kepada orang benar mendatangkan berkat, tetapi nama orang fasik menjadi busuk.

Baca juga: Ayat Alkitab Tentang Godaan Dosa dan Kejahatan

101. Amsal 10:29

Jalan TUHAN adalah perlindungan bagi orang yang tulus, tetapi kebinasaan bagi orang yang berbuat jahat.

102. Amsal 10:19

Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.

103. 2 Korintus 5:21

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

104. 2 Korintus 5:19

Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

105. 1 Yohanes 4:10

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

106. 1 Yohanes 3:8

barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

107. 1 Yohanes 3:4

Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

108. 1 Yohanes 2:2

Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

109. 1 Yohanes 2:15

Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

110. 1 Yohanes 1:9

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

111. 1 Yohanes 1:6

Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

112. 1 Yohanes 1:5

Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

113. 1 Petrus 4:8

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

114. 1 Petrus 4:1

Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, – karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa –

115. 1 Petrus 2:24

Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

116. 1 Korintus 6:9-10

Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

117. 1 Korintus 15:34

Sadarlah kembali sebaik-baiknya dan jangan berbuat dosa lagi! Ada di antara kamu yang tidak mengenal Allah. Hal ini kukatakan, supaya kamu merasa malu.

118. 1 Korintus 15:3-4

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci

Ayat Alkitab Tentang Dosa Perzinahan

ayat Alkitab tentang dosa perzinahan
ayat Alkitab tentang dosa perzinahan, sumber gambar: pexels.com

Ada banyak macam dosa yang menjadi penghalang utama manusia untuk bisa dekat dengan Allah, salah satu dosa yang kerap membuat manusia jatuh dimuat di dalam ayat Alkitab tentang dosa perzinahan.

Zinah memang sering diartikan dengan bersetubuh dengan orang lain yang bukan pasangan resminya. Hal ini juga termasuk ketika seseorang melakukan persetubuhan di luar pernikahan, meskipun mereka berpacaran. Dosa semacam ini merupakan kekejian di mata Tuhan, sebab dosa ini memang diawali dari niat di dalam hati, yang merupakan keputusan pribadi. Dosa yang secara sadar dilakukan tentu mendukakan hati Tuhan.

Bukan hanya itu, zinah juga membuat tubuh kita cemar. Padahal, tubuh kita merupakan bait Allah yang seharusnya kita jaga dengan baik. Tuhan adalah Allah yang kudus, dia tidak bisa bersekutu dengan sesuatu yang najis dan cemar. Selain itu, seseorang juga dianggap sudah berzinah ketika berpikir untuk memiliki pasangan dari orang lain. Ketika kita mulai cemar di dalam pikiran sekalipun, Tuhan sudah menyatakan bahwa itu adalah dosa zinah.

Orang yang melakukan sex mandiri, juga dapat dimasukkan ke dalam dosa zina. Dosa zinah merupakan salah satu ikatan dosa yang paling sulit dipatahkan. Tanpa campur tangan Tuhan, mustahil seseorang bisa lepas dari jerat perzinahan.

Dengan memahami penjelasan tentang dosa perzinahan, kita diharapkan untuk bisa menghindari segala bentuk tindakan yang menjurus kepada dosa semacam ini. Jika Anda pernah melakukan salah satu dosa tersebut, namun sebelumnya tidak paham bahwa itu dosa, maka pertobatan adalah jalan untuk bisa kembali meraih hati Tuhan.

1. Roma 2 : 22

“Engkau yang berkata: ”Jangan berzinah,” mengapa engkau sendiri berzinah? Engkau yang jijik akan segala berhala, mengapa engkau sendiri merampok rumah berhala?”

2. Markus 10 : 19

“Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang dan hormatilah ayahmu dan ibumu!”

3. Matius 5 : 27

“Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah”.

4. Matius 5 : 32

“Tetapi Aku berkata kepadamu : Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zina, ia menjadikan istrinya berzina; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zina”.

5. Petrus 2 : 14

“Mata mereka penuh nafsu zina dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!”.

6. Matius 5 : 28

“ Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzina dengan dia di dalam hatinya”. 

7. Matius 15 : 19

“ Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinaan, pencabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat”.


Dosa sangat dibenci oleh Tuhan, terutama dosa perzinahan. Bahkan pada zaman Perjanjian Lama, hukuman bagi orang yang kedapatan berzinah adalah mati dirajam batu. Hal ini menunjukkan bahwa dosa semacam ini bukan hanya terlarang di mata Tuhan tetapi juga sangat dibenci oleh lingkungan, tubuh yang cemar hanya akan membawa pemiliknya ke dalam maut yang kekal.

Maka ketika kita jatuh dalam dosa perzinahan, satu hal pasti yang harus dilakukan adalah keputusan untuk berhenti dan tidak akan mengulanginya lagi. Biarkan Tuhan bertahta atas tubuh dan pikiran kita selamanya.

Inilah kumpulan ayat Alkitab tentang dosa yang tidak luput dari kehidupan kita. Walaupun demikian, melalui ayat renungan ini kita bisa diyakinkan bahwa ada harapan di dalam Tuhan. Ia akan menerima kita jikalau kita mau berusaha untuk menyenangkan Dia dengan mengerahkan upaya sebaik baiknya dan menghindari dosa, tentu saja upaya saudara akan dihargai.

Dengan merenungkan dan menyadari semua kesalahan yang kita perbuat, Anda akan lebih menghargai setiap waktu yang diberikan. Selagi Tuhan masih memberikan kesempatan, berupayalah sebisanya untuk hidup di dalam Tuhan. Inilah rangkaian ayat Alkitab yang bisa diberikan, Semoga Tuhan beserta dan menyertai upaya Anda.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!