15 Doa Pengakuan Dosa Kristen, Mohon Ampunan Dengan Tulus

Kristenly.com – Sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa, maka anak keturunannya secara otomatis adalah makhluk berdosa dan memiliki kecenderungan berbuat hal tidak benar. Jika kita sudah berbuat dosa, kita butuh doa pengakuan dosa Kristen dan pengampunan dosa terbaru 2022 yang tulus agar bebas dari kutuk.

Kita pasti paham bahwa upah dosa adalah maut dan hal tersebut tentu tidak main-main, hal ini terbukti dengan Allah harus menyerahkan PutraNya yang tunggal untuk menebus dosa manusia. Bayangkan, Yesus yang tidak bercela harus mau menanggung dosa agar kita bebas dan bisa kembali menyandang gelar anak Allah.

Maka jika kita jatuh dalam dosa, kita harus buru-buru bertobat dan datang kepada Tuhan meminta pengampunan. Sebab kita tidak tahu sampai kapan kita hidup di dunia. Jika sampai Tuhan menjemput dan kita belum bertobat, kita pasti tidak akan bisa masuk ke dalam kerajaan surga.

Di sini Kristenly akan menuliskan kumpulan contoh doa Kristen pengakuan dosa, doa pengampunan dosa atau doa mohon ampun atas dosa dan kesalahan terbaru dan terbaik 2022.

Dari doa-doa berikut Anda bisa menjadikannya referensi apabila ingin menulis doa pengakuan dosa sendiri untuk dijadikan tugas sekolah, dibaca pada acara kegiatan ibadah Kristen maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Baca juga: 34 Ayat Alkitab Tentang Bertobat atau Pertobatan dalam Kristen

Contoh Doa Pengakuan Dosa untuk Umat Kristen

ilustrasi orang berdoa pengakuan dosa
ilustrasi orang berdoa pengakuan dosa, sumber gambar: pixabay.com

Dosa merupakan perbuatan yang tidak dikehendaki oleh Kristus. Ada banyak bentuk dosa, namun biasanya setiap manusia mengetahui bahwa sebuah perbuatan bisa dikatakan dosa atau bukan. Setiap orang harus mampu memohon ampun atas dosa dan kesalahannya di hadapan Tuhan.

Anda bisa mengambil inti makna dari doa-doa berikut dan menuliskannya dengan bahasa sendiri, baik menggunakan bahasa Indonesia, Inggris maupun bahasa daerah masing-masing seperti bahasa Jawa, Manado, Batak, Sunda, maupun yang lain.

Silahkan simak contoh ucapan doa rohani Kristen pengakuan dosa terbaru 2022, permohonan ampun, minta ampunan atas dosa, doa pertobatan Kristen, doa minta tobat, doa agar dosa dihapus oleh Tuhan, dan sebagainya.

1. Doa Pengakuan Dosa Kristen Singkat

Tuhan yang maha kuasa, terima kasih atas seluruh penyertaan dan kebaikan yang Engkau berikan. Banyak hal yang terjadi di dunia ini yang merupakan kejadian yang telah Engkau rencanakan untuk saya pribadi.

Namun saya sadar bahwa saya telah melakukan kesalahan, saya telah berbuat dosa. Saya merasa seperti tidak berterima kasih atas segala kebaikan yang Engkau berikan. Saya benar-benar merasa bersalah karena telah melakukan (sebutkan dosa yang diperbuat).

Untuk itu, pada kesempatan ini dengan segala penyesalan dan kerendahan hati saya mohon maaf atas apa yang saya perbuat, saya ingin Engkau mengampuni kesalahan saya dan saya berjanji dari hati yang paling dalam untuk tidak melakukannya lagi. Kepada Yesus, Tuhan Maha Pengampun, saya memohon.

2. Doa Pengakuan Dosa Kristen Panjang

Bapa yang Baik, terima kasih telah memberi saya banyak pengalaman hidup yang tidak terlupakan, terima kasih telah memberi saya keluarga, teman dan rekan yang selalu mendukung baik dari depan maupun dari belakang.

Saya sangat bersyukur atas segala yang telah Engkau berikan, sungguh betapa banyak kebaikan dan penyertaan yang Engkau berikan sehingga pasti saya tidak bisa membalasnya dan justru saya melakukan perbuatan yang salah.

Saya mengakui, saya telah berbuat dosa, saya telah (sebutkan dosa yang diperbuat) sehingga merugikan (sebutkan pihak yang dirugikan). Tentu saya menyadari kesalahan ini setelah sekian lama melakukan dosa tersebut.

Entah bagaimana kondisinya saat ini, mungkin lebih buruk dan saya menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas apa yang dia alami. Tuhan, saya sungguh menyesal, saya benar-benar tidak ingin hal tersebut terjadi lagi.

Tuhan, saya mohon ampun atas segala apa yang telah saya perbuat. Saya pun berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Saya yakin bahwa pengakuan dosa dan pertobatan yang saya lakukan tidak berdampak apa-apa pada kondisi (sebutkan pihak yang dirugikan) saat ini.

Namun saya tahu Engkau maha pengampun, Engkau akan selalu menerima pengakuan dosa dari setiap manusia yang  bersungguh-sungguh untuk bertobat. Dan saya yakin Engkau akan mengampuni saya atas apa yang telah saya perbuat. Amin.

3. Doa Pengakuan Dosa Kristen Sederhana

Allah yang ajaib, yang patut kami sembah dan puji. Terima kasih atas kebaikan yang tak pernah habis-habisnya, meskipun seringkali kami mengecewakan-Mu.

Bapa, seringkali kami tergoda untuk melakukan hal-hal yang melukai hati-Mu maupun sesama. Baik yang kami sengaja maupun tidak, kecil maupun besar. Baik melalui perkataan, perbuatan, maupun pikiran kami.

Dengan penuh kerendahan hati dan penyesalan diri, tolong ampuni dosa kami. Bantu kami untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ke dalam tangan pengasihan-Mu, Amin.

4. Doa Pengakuan dan Meminta Pengampunan

Bapa yang Maha Besar dan pengampun. Terima kasih karena aku masih beroleh berkat dan pengasihan-Mu.

Bapa, pada hari ini, aku telah bertindak  melukai hati seorang teman-Ku. Aku membuatnya bersedih dan terpuruk. Menyesal aku Bapa, tolong ampuni dosa-ku, layakan aku menjadi temannya, dan sembuhkan hati temanku yang terluka.

Jadikan aku pribadi yang lebih baik lagi, yang tidak mengecewakan dan melukai sesamaku terlebih diri-Mu. Dalam namaMu aku memohon ampun dan berdoa, Amin.

5. Doa Meminta Ampun Dosa Terhadap Orang Tua

Allah, Tuhan, yang Agung. Aku berterima kasih atas orang tua yang Kau berikan kepadaku. Bapa, aku telah melukai hati mereka melalui perkataan dan perilaku ku yang tidak baik.

Tolong ampuni dosa ku ini, menyesal sekali aku Bapa. Pilu hati ku menyadari betapa salahnya perilaku ku. Jadikan aku anak yang lebih baik lagi dan mengasihi mereka. Jadikan kami sebagai anak dan orang tua saling memahami.

Dengarkan dan kabulkanlah ya Bapa, semua ini kuserahkan hanya ke dalam nama yang layak dipuji. Amin.

6. Doa Kristen Meminta Ampun Dosa Masa Lalu

Tuhan ku Yesus, Sang Juruselamat, terima kasih atas kesempatan yang masih kau berikan sehingga aku masih dapat melayangkan doa kepada-Mu.

Tuhan, aku sadar banyak sekali hal-hal tidak baik yang ku lakukan di masa lalu, entah karena perkataan, perbuatan, ataupun hatiku. Betapa malu dan bersalahnya aku, Tuhan akan kesalahan itu. Oleh sebab itu ampuni aku Bapa, bantu aku menjadi manusia lebih baik lagi, terutama masa-masa mendatang.

Doa tidak sempurna ini ku alaskan ke dalam nama Juru Selamat, Yesus Kristus. Amin.

7. Contoh Doa Pengakuan Dosa Terhadap Alam

Sungguh besar Allah kami yang bersemayam dalam kerajaan surga. Allah Maha Pencipta segala isi dunia ini.

Bapa, kami sadar, bahwa kurangnya kami akan cinta untuk alam ini. Kami masih suka membuang sampah sembarangan, tidak mengasihi hewan-hewan dan tumbuhan liar, menebang pohon, dan masih banyak hal lainnya.

Ampuni dosa kami yang begitu besar, Bapa, bantu kami untuk menjadi manusia yang lebih mengasihi alam ini. Dalam nama-Mu kami naikan doa ini. Amin.

8. Doa Pengakuan Dosa dan Mohon Ampun

Allah Bapa di Surga, terima kasih atas berkat keluarga, teman, saudara, kekasih, dan orang terkasih lainnya. Kami bisa menjalani setiap hari dengan penuh semangat dan rasa syukur karena limpahan rahmat-Mu. Kini, terimalah doa pengakuan dosa yang penuh kerendahan hati.

Ya Yesus, kami ingin memohon dan bersujud di hadapanMu. Sudah banyak dosa yang telah kami perbuat, baik dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Itu semua telah mendukakan hatiMu dan menjauhkan kami dari kasih setia Bapa,

Tolong ampunilah dan jadikan kami manusia baru yang mau hidup seturut kehendakMu. Biarlah hidupku senantiasa mampu menjadi garam dan terang bagi dunia. Amin.

9. Doa Pengakuan Dosa Kristen Protestan

Tuhan, aku ingin memohon ampun atas dosa-dosa yang sudah kuperbuat. Selama ini, ada banyak perbuatan dan perkataan yang tidak mencerminkan ajaran kasihMu. Setiap dosa juga telah melukai keluarga, saudara, sahabat, hingga rekan-rekanku yang lainnya.

Dengan penuh kerendahan hati, aku bersujud dan memohon pengampunan penuh ketulusan. Tuhan, terimalah permohonan ini. Berikan pengampunan-Mu yang selalu rela atas setiap manusia. Biarkan aku bertumbuh menjadi pribadi yang semakin taat kepadaMu.

Tuhan, aku berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Peringatan dan teguran-Mu telah mengubah aku menjadi lebih baik lagi. Amin.

10. Doa Pengakuan Dosa Katolik

Tuhan, hari ini aku mau mengaku dosa dan memohon pengampunan daripadaMu. Aku sadar bahwa banyak kesalahan yang mendukakan hati Tuhan dan sesamaku. Tetapi, aku percaya bahwa pengampunan senantiasa ada bagi seluruh umat manusia.

Bersihkan dan basuhlah diriku dalam naungan kudusMu. Hanya Engkaulah Terang yang bersinar untuk mengubahkan kehidupan buruk menjadi seturut gambar-Mu. Amin.

Selama kita masih hidup di dalam daging, maka kecenderungan untuk berbuat dosa masih sangat besar. Namun, hal tersebut tidak menjadi pembenaran agar kita bisa jatuh bangun di dalam dosa. Kita harus paham bahwa dosa menjauhkan kita dari rahmat Tuhan.

Baca juga: 48 Ayat Alkitab Tentang Pengampunan Dosa Manusia dari Tuhan

11. Pengakuan Dosa yang Disengaja

Tuhan Allahku yang perkasa, dimuliakanlah namaMu dari segala nama yang ada di bumi dan di surga. Berikanlah kepadaku hari ini ampunanMu, ya Tuhan. Ampuni aku sebab hari ini aku sudah banyak menyimpang dari jalan kebenaranMu. Aku sudah menyakiti hati orang lain, aku sudah berbohong dan terlebih lagi aku mencuri kemuliaan yang seharusnya adalah untuk-Mu.

Bapa, aku tahu bahwa Engkau saja yang mampu mengabulkan segala doa. Kini, koreksi hidup dan doaku. Ampuni segala dosa yang dengan sadar aku lakukan. Ajari aku berbalik dari jalanku yang jahat dan kembali kepada kehendakMu.

13. Pengakuan Dosa yang Tidak Disengaja

Yesusku, Juru Selamatku. Hari ini dan hari-hari kemarin, aku banyak melakukan kesalahan. Maka, koreksi hidupku. Beritahukan kepadaku kesalahan yang sudah aku perbuat secara tidak sengaja, yang menyakitiMu dan menyakiti sesamaku.

Ingatkan aku agar mau berubah menjadi lebih baik. Jagai tutur kataku. Jagai pikiran dan tindakanku. Agar apa yang aku lakukan itu tidak lagi menyimpang dari ajaran-Mu.

14. Doa Pengakuan Dosa Umat Kristen Protestan Singkat

Yesusku, pendamaiku dengan Allah. Bapa, terima kasih atas setiap kesempatan yang Engkau berikan kepadaku. Kini, Bapa, kuduskanlah aku sebab Engkau kudus, sehingga aku layak untuk datang ke hadapanMu. Yesus, Engkau rela mati di kayu salib untuk menebus dosaku dan menjadi pendamaiku dengan Allah.

Berikanlah aku kesempatan untuk memperbaiki kualitas diriku. Kembalikan aku dalam rencanaMu yang indah. Jangan kiranya berlalu kasih setiaMu atasku, Tuhan. Sebab aku tidak bisa melakukan apapun tanpaMu. Dengarlah doaku yang tidak sempurna ini ya Tuhan Allahku yang hidup.

15. Doa Pengakuan Dosa Kristen GMIM Terbaru 2022

Menjalani kehidupan yang penuh tantangan memang tidak mudah. Saat kita ingin berbuat benar, pasti ada saja cemoohan dari orang duniawi yang menganggap kita sok suci. Namun, kita harus tetap menjaga prinsip kebenaran karena kita tahu kita adalah umat yang sudah ditebus.

Bapa yang Maha Kudus, aku tahu bahwa keadaanku yang sekarang ini tidak memungkinkanku untuk menjumpai takhtaMu. Aku manusia bebal yang berkali-kali jatuh ke dalam dosa.

Tuhan, izinkan aku menerima setitik pengampunanMu dan belas kasihanMu. Aku tahu bahwa hal yang aku perbuat di masa lalu sudah melukai hatiMu. Namun aku mau kembali datang kepadaMu, membawa semua dosa agar Engkau sucikan kembali hidupku. Bapa, terimalah pengakuan dosaku ini.

Baca juga: 125 Ayat Alkitab Tentang Dosa dan Pertobatan

Mengakui dosa tidak akan membuat kita terlihat lemah dan memalukan di hadapan Tuhan. Seringkali, iblis menggunakan intimidasi tersebut agar kita malu menghadap Tuhan dan merasa tidak layak. Akhirnya kita memilih untuk terus berbuat dosa karena menganggap Tuhan tidak akan menerima kita kembali,

Pemikiran tersebut harus kita patahkan, sebab Tuhan selalu menantikan doa pengakuan dosa kristen terbaru 2022 yang tulus sehingga Dia bisa dengan segera memulihkan kita. Dengan demikian, kita bisa masuk kembali ke dalam rencana Tuhan yang indah.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!