7 Ayat Alkitab Tentang Hedonisme Dalam Kristen

Kristenly.com – Kehidupan manusia saat ini banyak yang mempercayai bahwa tujuan mereka hidup adalah untuk memperoleh kebahagian dan kesenangan semata, sehingga melahirkan masyarakat yang hedonism. Agar lebih memahaminya, simaklah ayat Alkitab tentang hedonisme.

Zaman sekarang manusia hidup dengan pandangan dan ideologi mereka masing-masing, yang ditunjukkan melalui sikap dan gaya hidup yang mereka jalani. Inilah dampak dari perkembangan teknologi saat ini.

Salah satu ideologi masyarakat saat ini adalah gaya hidup modern yang lebih condong ke hedonisme, maksudnya adalah mereka cenderung mencari sesuatu yang bisa membahagiakan dan membuatnya senang tanpa harus merasakan kesulitan.

Hedonisme sering dikaitkan dengan sifat boros, suka menghamburkan uang, dan hanya berpikir tentang kebahagiaan dunia dan inilah gaya hidup kebanyakan manusia saat ini yang mereka anggap baik sesuai dengan kemodernan yang sedang berkembang.

Baca juga: 27 Ayat Alkitab Tentang Mengalahkan Kebiasaan Buruk

Daftar Ayat Alkitab tentang Hedonisme

ilustrasi orang hedonisme
ilustrasi orang hedonisme, sumber gambar: unsplash.com

Kehidupan manusia saat ini memang lebih banyak bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan dan juga kesenangan semata, anggapan seperti ini justru melahirkan gaya hidup hedonisme sehingga memberikan berbagai dampak baik negatif maupun positif.

Jika ditinjau dalam segi agama, hedonisme ini dapat membuat manusia melupakan jati dirinya sebagai makhluk ciptaan-Nya. Sehingga dalam agama kita terdapat pembahasan di ayat Alkitab tentang hedonisme, berikut penjelasannya.

1. Galatia 5:19-21a

“Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya.”

Perbuatan hedonism seperti ini lebih banyak dilakukan hanya untuk menuruti kemauan diri sendiri, mengingat jika nafsu manusia memang sangat tinggi sehingga sulit bagi mereka bisa menahannya. Terlebih kini pun sebagian besar diantaranya terasa sangat mudah dalam memenuhi kemauannya.

Ayat Galatia 5:19-21a memberikan salah satu contoh perilaku hedonism yang memang banyak ditemui saat ini. Beberapa diantaranya seperti perbuatan pencabulan, pencemaran, penyembahan berhala, perselisihan, perseteruan, pencederaan, iri dan dengki, mabuk, memenuhi hawa nafsu dan banyak lagi.

2. Amsal 21:17

Amsal 21:17 : “Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya.”

Ayat Alkitab Amsal 21:17 menjelaskan betapa meruginya orang-orang yang hanya menghabiskan waktu untuk bersenang-senang demi hawa nafsu dunia, didalamnya menyebut jika manusia dengan kegemaran minum anggur dan minyak karena alasan memabuk maka tidak akan menjadi kaya.

Benar-benar merugi bagi orang yang hanya menikmati perjamuan dengan perasaan senang tanpa mengingat ibadah kepada Allah, bahkan pekerjaan untuk Tuhan pun sama sekali tidak dilihatnya sehingga membuatnya lupa akan kewajibannya sebagai manusia.

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Gaya Hidup Modern Untuk Umat Kristiani

3. Yesaya 5:11-12

Yesaya 5:11-12 : “Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur! Kecapi dan gambus, rebana dan suling, serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya dan pekerjaan TUHAN tidak dilihatnya.”

Sementara Yesaya 5:11-12 mencontohkan salah satu keinginan manusia yang paling banyak di dunia adalah keinginan memakan daging sebagai kegemaran. Selain itu juga gemar mengikuti pesta, perjamuan dan musik. Justru kegemaran tersebut hanya akan membuat mereka lupa akan ibadah.

Dari ayat Alkitab Yesaya 5:11-12 menunjukan bahwa semua itu hanya untuk menuruti kemauan dan hawa nafsu semata. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh mengikutinya, namun jika menginginkannya, maka pastikan untuk memenuhi kewajiban sebagai umat daripada kepentingan dan keinginan duniawi.

4. Roma 7:18-20

“Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik. Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.”

Ayat diatas menjelaskan bahwa Rasul Paulus memaklumi apa saja yang terjadi pada diri manusia, pasalnya dirinya sendiri pun mengaku telah jatuh pada dosa karena ketidakpatuhan Adam kepada perintah Allah. Kejadian ini nyatanya berpengaruh terhadap pandangan banyak orang kala itu.

Meskipun keinginan yang sebenarnya dapat ditahan, namun ada saja dari diri manusia kalah untuk melawannya. Namun sebaliknya, hal-hal kebaikan justru ditinggalkan karena berbagai alasan. Tentu kejadian seperti ini memang harus diluruskan karena berakibat buruk pada kebiasaan manusia.

5. Galatia 5:16-18

“Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.”

Dalam Galatia 5:16-18 disebutkan bahwa Rasul Paulus menuliskan pada suratnya untuk mengingatkan umat Kristiani agar tidak menuruti hawa nafsunya semata, pasalnya banyak dari orang-orang hanya akan memenuhi keinginannya sendiri bahkan melupakan apa saja kewajibannya.

Tidak seperti keinginan sendiri, Roh Kudus justru memiliki kekuatan untuk mengikutinya, bahkan orang-orang bisa menurutinya dengan berbagai cara. Apabila Anda berusaha menjauhinya, maka juga terasa lebih mudah agar terhindar dari pemenuhan hawa nafsu semata.

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Materialisme dalam Ajaran Kristen

6. Roma 6:14

“Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.“

Dalam Galatia 5:16-18 yang kita kutip sebelumnya, Rasul Paulus mengatakan bahwa jika kita hidup dipimpin oleh Roh maka kita tidak hidup di bawah hukum Taurat. Dengan kata lain, Rasul Paulus mengatakan bahwa walaupun hukum Taurat itu sendiri memang kudus, benar, dan baik (Rm. 7:12)

Jika kita hidup dengan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhi keinginan daging dan menuruti perintah dalam hukum Taurat, suatu saat kita tetap akan gagal karena sifat natural daging kita yang berada dalam dosa. Sebaliknya, haruslah kita hidup di bawah kasih karunia agar kita tidak berada di bawah kuasa dosa yang mendorong kita untuk menuruti daging atau bersifat hedon.

7. 2 Petrus 1:2

“Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.”

Terakhir adalah Petrus 1:2 menyebutkan tentang apa saja salam yang sering diucapkan Rasul Paulus di dalam suratnya. Namun sebenarnya, pengetahuan ini sangat berharga. Terutama untuk memahami jika kasih karunia dan damai sejahtera dapat diperoleh dengan mengenal Yesus lebih dalam.

Berkaitan dengan poin-poin sebelumnya, kehidupan di bawah kasih karunia serta pimpinan Roh Kudus juga dapat diperoleh melalui pengenalan Yesus KRistus lebih dalam. Hal ini sepertinya sudah dijalankan oleh semua umat Kristiani sehingga penting untuk menjalankannya sehari-hari.

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Pemabuk Beserta Makna dan Pandangannya

Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin serta menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Melalui penjelasan ayat Alkitab tentang hedonisme ini, semoga pembaca dapat memahaminya bahwa kehidupan ini mereka tidak selalu bisa mendapatkan kebahagiaan, serta jati diri sebagai manusia adalah berserah diri kepada Tuhan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!