25 Ayat Alkitab Tentang Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kristenly.com – Kehidupan manusia bisa berjalan dengan lancar sebab mempunyai tenaga fisik serta mental yang mendukung, inilah kemudian menciptakan harmonisasi umat agar bisa saling membantu dan beribadah kepada Tuhan Yesus. Maka, penting merenungkan ayat alkitab tentang kesehatan jasmani dan rohani.

Kesehatan merupakan berkat Tuhan paling berharga, nikmat ini patut manusia syukuri dengan selalu menjaga tubuh tetap bugar. Selain itu, mental juga mengambil peran demi terciptanya kehidupan lancar serta kemudahan menggapai cita-cita.

Bapa sangat peduli dengan kesehatan anak-anakNya. Maka, sebagai umat, mengapa masih banyak yang abai tentang hal ini? Padahal jika kesakitan, tiada penolong lagi selain Tuhan Yesus. Oleh karena itu, sehat harus menjadi prioritas sebagai wujud cinta dan syukur.

Manusia tidak perlu khawatir tentang apapun. Meskipun begitu, memelihara kesehatan menjadi bentuk keimanan. Allah akan mengabulkan segala doa dan upaya sehat yang selama ini manusia jalankan. Oleh karenanya, kebahagiaan harus selalu mekar dalam hati.

Baca juga: 34 Ayat Alkitab Tentang Menjaga Kesehatan

Daftar Ayat Alkitab Tentang Kesehatan

ilustrasi orang sehat sedang berolahraga
ilustrasi orang sehat sedang berolahraga, sumber gambar: pexels.com

Sejatinya, sebagai makhluk beriman kepada Sang Bapa, tidak boleh ada rasa benci dengan tubuh sendiri. Setiap jengkal kehidupan organ di dalamnya merupakan anugerah yang patut untuk mensyukurinya. Pada kesempatan ini, terdapat informasi ayat alkitab tentang kesehatan jasmani dan rohani.

  1. Titus 2:2 : “Laki-laki yang tua hendaklah hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih dan dalam ketekunan.”
  2. Yeremia 33:6 : “Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.”
  3. Amsal 17:22 : “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”
  4. Efesus 5:18 : “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.”
  5. Efesus 5 : 29 : “Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat.”
  6. Roma 12 : 1 : “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”
  7. 3 Yohanes 1:2 : “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.”
  8. Filipi 4:6-7 : “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga , tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”
  9. 1 Korintus 10:23 : “Segala sesuatu diperbolehkan. Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.”
  10. 1 Korintus 6:12 : “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.”
  11. Imamat 3:17 : “Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun di segala tempat kediamanmu: janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah.”
  12. Daniel 1:15 : “Setelah lewat 10 hari, ternyata mereka lebih sehat dan lebih bergizi dari seluruh orang muda yang telah makan santapan raja.”
  13. Kejadian 1:29 : “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.”
  14. Keluaran 23:25 : “Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.”
  15. Pengkhotbah 10:17 : “Berbahagialah engkau tanah, kalau rajamu seorang yang berasal dari kaum pemuka, dan pemimpin-pemimpinmu makan pada waktunya dalam keperkasaan dan bukan dalam kemabukan!.”
  16. Mazmur 41:3 : “TUHAN membantu dia di ranjangnya waktu sakit; di tempat tidurnya Kau pulihkannya sama sekali dari sakitnya.”
  17. 1 Korintus 6:19-20 : “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!.”
  18. Amsal 16:24 : “Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”
  19. Amsal 23:29, 30 : “Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya? Yakni mereka yang duduk dengan anggur sampai jauh malam, mereka yang datang mengecap anggur campuran.”
  20. Amsal 17:22 : “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.”
  21. Yesaya 38:16 : “Ya Tuhan, karena inilah hatiku mengharapkan Engkau; tenangkanlah rohku, buatlah aku sehat, buatlah aku sembuh!.”
  22. Yeremia 17:14 : “Sembuhkanlah aku, ya TUHAN, maka aku akan sembuh; selamatkanlah aku, maka aku akan selamat, sebab Engkaulah kepujianku!.”
  23. Yeremia 30:17 : “Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorangpun menanyakannya.”
  24. Ulangan 32:39 : “Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.”
  25. Yakobus 5:16 : “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”
Baca juga: 20+ Doa Kristen Untuk Keluarga Agar Sehat dan Selalu Diberkati

Memperhatikan arti tentang kesehatan dalam ayat Alkitab dapat memunculkan rasa ketenangan. Sebagai umat Kristen yang baik, tentu menjaga diri dan merawat badan supaya tetap sehat menjadi keutamaan untuk menyuguhkan cinta tulus kepada Tuhan Yesus.

Tuhan sejatinya satu-satunya penolong manusia ketika kesakitan. Melalui ayat-ayat alkitab tentang kesehatan jasmani dan rohani, akan memberikan motivasi dalam diri tentang betapa berharga dan mahalnya sebuah rasa sehat itu. Dengan begitu, penulis berharap cinta untuk Bapa serta diri sendiri terwujud dari aktivitas menyehatkan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!