14 Ayat Alkitab tentang Kutuk Jadi Berkat Karena Kasih-Nya

Kristenly.com – Ayat Alkitab tentang kutuk jadi berkat akan membahas mengenai 4 kejadian di mana Tuhan menyatakan jika anak pertama Adam dan Hawa dikutuk karena membunuh adiknya, kisah ini terdapat di dalam kitab Perjanjian Lama.

Kejadian tersebut akhirnya membuat Tuhan memberikan sebuah pertanda padanya sebagai peringatan jika tindakan pembunuhan tersebut akan mendapatkan balasan. Bagi seseorang yang sengaja mencelakakan Kain, maka dibalaskan sebanyak 7 kali lipat.

Beberapa interpretasi tersebut memandang jika pertanda yang diberikan sebagai tanda fisik, tidak sedikit diantaranya juga menganggap bahwa hal tersebut benar-benar menjadi peringatan bagi anak Adam dan Hawa ini.

Adanya kutukan dan berkat memang sangat berkaitan, ada banyak orang yang mengekspresikan bentuk kemalangan mereka dengan mengutuk seseorang agar jatuh ke jurang kesengsaraan karena berbagai macam alasan.

Baca juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Diberkati Untuk Menjadi Berkat

Ayat Alkitab tentang Kutuk Menjadi Berkat

ilustrasi Alkitab membahas kutuk jadi berkat
ilustrasi Alkitab membahas kutuk jadi berkat, sumber gambar: pexels.com

Anda bisa memahami apa saja Ayat Alkitab tentang kutuk jadi berkat melalui ulasan di bawah ini, tidak hanya membacanya saja namun juga mengerti apa sebenarnya maksud dari dua istilah tersebut.

1. Mazmur 109:17

“Ia cinta kepada kutuk — biarlah itu datang kepadanya; ia tidak suka kepada berkat — biarlah itu menjauh dari padanya.” (Mazmur 109:17)

2. Mazmur 109:28

“Biar mereka mengutuk, Engkau akan memberkati; biarlah lawan-lawanku mendapat malu.” (Mazmur 109:28)

3. Kejadian 12:3

“Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” (Kejadian 12:3)

4. Ulangan 11:26

.”Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk.” (Ulangan 11:26)

5. Ulangan 23:5

”Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau.” (Ulangan 23:5)

6. Ulangan 28:15

”Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau.” (Ulangan 28:15)

7. Ulangan 28:46

”semuanya itu akan menjadi tanda dan mujizat di antaramu dan di antara keturunanmu untuk selamanya.” (Ulangan 28:46)

8. Ulangan 30:7

”TUHAN, Allahmu, akan menjatuhkan segala sumpah serapah itu kepada musuhmu dan pembencimu, yang telah mengejar engkau.” (Ulangan 30:7)

9. Ulangan 30:19

”Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.” (Ulangan 30:19)

10. Ulangan 11:29

”Jadi apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau ke negeri, yang engkau masuki untuk mendudukinya, maka haruslah engkau mengucapkan berkat di atas gunung Gerizim dan kutuk di atas gunung Ebal.” (Ulangan 11:29)

Baca juga: 27 Ayat Alkitab Tentang Kelimpahan dari Tuhan

11. Amsal 3:33

”Kutuk TUHAN ada di dalam rumah orang fasik, tetapi tempat kediaman orang benar diberkati-Nya.” (Amsal 3:33)

12. Amsal 26:2

”Seperti burung pipit mengirap dan burung layang-layang terbang, demikianlah kutuk tanpa alasan tidak akan kena.” (Amsal 26:2)

13. Lukas 6:28

”mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.” (Lukas 6:28)

14. Bilangan 23:8

”Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN?.“ (Bilangan 23:8)

Baca juga: 10 Ayat Alkitab Tentang Talenta, Bakat dan Potensi Diri

Demikian beberapa ayat dalam Alkitab yang menjelaskan mengenai kutuk menjadi berkah, Anda pun bisa menambah wawasan akan hal tersebut khususnya jika memang masih asing dengan dua istilah ini.

Adanya kutukan dan berkah memangs sangat berkaitan antara keduanya, banyak orang masih berusaha untuk mengutuk seseorang karena memiliki rasa benci yang sangat mendalam sehingga rela agar membuatnya kesakitan. 

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!