28 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Karyawan yang Baik

Kristenly.com – Dalam dunia pekerjaan, setiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Dengan begitu, mampu memberikan hasil maksimal. Agar selalu termotivasi terhadap peran kerja ketahui ayat Alkitab tentang menjadi karyawan yang baik.

Seorang karyawan bekerja di bawah pengawasan pemimpin perusahaan. Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, tentu saja terdapat tuntutan untuk bisa memenuhi target. Maka, sangat penting melakukan tugas secara penuh tanggung jawab.

Memiliki pekerjaan, terlebih pada masa modern seperti ini adalah sebuah keberkatan dari Tuhan Yesus. Dengan demikian, penting sekali, bagi setiap umat sebagai karyawan bersyukur atas segala nikmat karena masih mampu menghidupi diri dan keluarganya.

Menjadi karyawan yang baik, seperti dalam Alkitab harusnya mampu menjadi pedoman. Melakukan kerja maksimal dan penuh ketulusan, akan memberikan dampak performa bagus sehingga sangat berguna untuk prestasi pekerjaan.

Baca juga: 15 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Atasan yang Baik

Ayat Alkitab Tentang Menjadi Karyawan yang Baik

ilustrasi karyawan yang rajin
ilustrasi karyawan yang rajin, sumber gambar: pexels.com

Pekerjaan menjadi sebuah kebutuhan penting untuk bisa melanjutkan kehidupan di tengah ketatnya persaingan. Untuk menjadi karyawan baik serta mampu bertanggung jawab penuh atas tugas, bacalah ayat Alkitab tentang menjadi karyawan yang baik berikut ini.

  1. Amsal 25:13 : “Seperti sejuk salju di musim panen, demikianlah pesuruh yang setia bagi orang-orang yang menyuruhnya. Ia menyegarkan hati tuan-tuannya.”
  2. Amsal 14:23 : “Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.”
  3. Lukas 3:14 : “Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka: “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.”
  4. Kejadian 2:15 : “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden  untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.”
  5. Kejadian 3:19 : “Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.”
  6. Amsal 12:11 : “Siapa mengerjakan tanahnya, akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia, tidak berakal budi.”
  7. Amsal 13:4 : “Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.”
  8. Amsal 18:9 : “Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak.”
  9. Amsal 27:18 : “Siapa memelihara pohon ara akan memakan buahnya, dan siapa menjaga tuannya akan dihormati.”
  10. Pengkhotbah 9:10 : “Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.”
  11. 1 Timotius 6:1-2a : “Semua orang yang menanggung beban perbudakan hendaknya menganggap tuan mereka layak mendapat segala penghormatan, agar nama Allah dan ajaran kita jangan dihujat orang. Jika tuan mereka seorang percaya, janganlah ia kurang disegani karena bersaudara dalam Kristus, melainkan hendaklah ia dilayani mereka dengan lebih baik lagi, karena tuan yang menerima berkat pelayanan mereka ialah saudara yang percaya dan yang kekasih.”
  12. Titus 2:9-10 : “Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah.”
  13. 1 Petrus 2:18 : “Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis.”
  14. Filipi 4:13 : “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”
  15. Matius 6:31-33 : “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
  16. Amsal 12:24 : “Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.”
  17. Kolose 3:17 : “Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.”
  18. Amsal 16:3 : “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”
  19. 2 Tesalonika 3:10 : “Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.”
  20. Matius 25:23 : “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”
  21. 1 Timotius 2:1-2 : “Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.”
  22. Matius 5:16 : “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”
  23. Matius 20:10-15 : “Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga. Ketika mereka menerimanya, mereka bersungut-sungut kepada tuan itu, katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari. Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari? Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu. Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?.”
  24. Kolose 3:22 : “Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.”
  25. Kolose 3:23-24 : “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.”
  26. Kejadian 2:3 : “Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.”
  27. Matius 24:46 : “Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.”
  28. Efesus 6:5-9 : “Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia. Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan. Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian juga terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman. Ingatlah, bahwa Tuhan mereka dan Tuhan kamu ada di sorga dan Ia tidak memandang muka.”
Baca juga: 31 Ayat Alkitab Tentang Pemimpin yang Melayani dan Hebat

Dalam Alkitab, Tuhan Yesus memberikan gambaran agar selalu menjalankan pekerjaan secara baik. Itu merupakan sebuah ketaatan kepada-Nya sehingga memperoleh keberkatan berlimpah. Setiap kerja berlandaskan keikhlasan tentu sangatlah bagus.

Dengan merenungkan kembali ayat Alkitab tentang menjadi karyawan yang baik, semoga umat Kristen percaya mendapatkan petunjuk. Maka, ketika sedang menjalankan tugas kerja selalu mengingat amanah Tuhan Yesus secara bertanggung jawab.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!