16 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Warga Negara yang Baik

Kristenly.com – Tidak hanya mengutamakan hubungan dengan Tuhan saja, Anda juga harus memahami apa makna ayat Alkitab tentang menjadi warga negara yang baik. Jadi keduanya mampu berjalan seimbang agar benar-benar menjalankan sesuai anjuran Tuhan Yesus.

Apapun yang sedang Anda lakukan, usahakanlah untuk menaruh niat dengan sepenuh hati. Tidak hanya bertujuan mendekatkan diri kepada Tuhan saja melainkan juga menjaga hubungan bersama sesama umat manusia lainnya.

Setiap orang memang harus taat dan takluk dengan semua peraturan pemerintah yang ada, hal ini menjadi bentuk kepatuhan mereka sebagai warga negara baik. Anda pun bisa memulainya dari paling kecil terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal besar dan berpengaruh.

Tidak lupa juga bahwa taat kepada pemerintah sebagai pemegang kekuasaan harus diniatkan kepada Allah saja, tentunya Anda juga sudah paham bahwa ada banyak kasus yang menunjukkan bahwa masyarakat tidak menjalankan sesuai aturan dan mendapatkan hukuman.

Baca juga: 13 Ayat Alkitab Tentang Pemulihan Bangsa dan Negara

Daftar Ayat Alkitab Tentang Menjadi Warga Negara yang Baik

ilustrasi taat bayar pajak
ilustrasi taat bayar pajak, sumber gambar: pexels.com

Sebagai umat Kristiani, Anda juga perlu meyakini ayat Alkitab tentang menjadi warga negara yang baik berikut ini. Pastikan agar selalu menjalankan perintah dari pemerintah sehingga tidak akan mendapatkan hukuman.

1. 1 Timotius 2:1-2

“Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam segala kesalehan dan kehormatan.”

2. Kolose 3:23

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

3. Roma 13:1

“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.”

4. Daniel 3:16-18

“Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”

5. Lukas 20:25

“Lalu kata Yesus kepada mereka: “Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

6. Roma 13:2-3

“Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.”

7. Roma 13:4

“Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.”

8. Amsal 25:2

“Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki sesuatu.”

9. Titus 3:1

“Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.”

10. Nehemia 2:3

“Jawabku kepada raja: “Hiduplah raja untuk selamanya! Bagaimana mukaku tidak akan muram, kalau kota, tempat pekuburan nenek moyangku, telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya habis dimakan api?”

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Hari Kemerdekaan Indonesia Terbaru 2022

11. Amsal 22:29

“Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.”

12. 1 Petrus 2:13-15

“Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!”

13. Amsal 21:1

“Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini.”

14. Roma 13:6-7

“Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.”

15. Yeremia 29:7

“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

16. 1 Petrus 2:16-17

“Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh.”

Baca juga: 20+ Doa Kristen Untuk Bangsa dan Negara Indonesia

Dengan memahami apa isi dari ayat Alkitab tentang menjadi warga negara yang baik, Anda pun perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi tidak hanya menjaga hubungan dengan Tuhan saja melainkan juga sesama manusia.

Rakyat yang paham dan tidak melanggar hukum sudah dinilai sebagai warga negara baik, terutama jika mereka memilih untuk menjalankan berbagai anjuran dari pemerintah dengan baik.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!