20+ Doa Kristen Untuk Bangsa dan Negara Indonesia

Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara terbaru 2022 – Bangsa dan Negara Indonesia merupakan rumah tempat kita tinggal, bernaung, dan menjalin relasi dengan manusia lainnya. Kedamaiannya harus dijaga sepanjang waktu.

Mulai saat ini, sudah selayaknya kita mendoakan segala bentuk keutuhan Bangsa Indonesia. Suasana dan kehidupan bernegara memang boleh diterpa banyak perkara serta pergumulan. Namun, kondisi ini mendorong setiap kita untuk meneguhkan hati dan berdoa bagi kesejahteraannya.

Biasanya, kita akan memohon kepada Tuhan untuk melingkupi segala aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga sosial politik. Segala roh kegelapan yang ingin mengancam dan merusak haruslah diberantas dalam nama Kristus.

Selain menjaga setiap aspek berbangsa dalam doa, ada baiknya kita juga senantiasa mengucap syukur atas anugerah dan berkat berlimpah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh doa kristen untuk bangsa dan negara Indonesia, yakni doa syafaat untuk memohon penyertaan serta kebaikan kepada seluruh masyarakat dan kemajuan negara Indonesia. Silahkan disimak.

Baca juga: 13 Ayat Alkitab Tentang Pemulihan Bangsa dan Negara

Contoh Doa Syafaat Kristen Untuk Bangsa dan Negara

ilustrasi orang berdoa untuk bangsa dan negara
ilustrasi orang berdoa untuk bangsa dan negara, sumber gambar: unsplash.com

Dalam mendoakan bangsa dan negara, jangan lupa dimulai dari pemerintahan pusat terlebih dahulu, kemudian ke tingkat provinsi, lalu kota, kecamatan hingga yang terakhir adalah masalah di lingkungan kita serta masalah pribadi kita. Berikut contohnya.

1. Contoh Doa Kristen Untuk Keselamatan Indonesia

Selain doa di atas, ada pula doa dalam agama Kristen, baik Protestan maupun Katolik untuk memohon keselamatan bangsa dan negara. Karena kita tahu bersama bahwa tidak hanya ancaman dari dalam negeri saja, melainkan ancaman dari negara lain atau juga bencana alam pun banyak yang berbahaya.

Bapa yang berada di kerajaan Sorgawi, Indonesia adalah negara yang saya tempati sejak puluhan tahun lalu. Banyak kejadian baik dan buruk silih berganti setiap waktunya. Hal tersebut membuat saya kadang merasa khawatir hal buruk akan terjadi lagi.

Ya Bapa, saat ini negara Indonesia sedang bersitegang dengan negara lain, semoga tidak ada apa-apa, semoga tidak ada hal buruk yang terjadi, semoga semua baik-baik saja dan kembali seperti sedia kala, ya Bapa.

Selain itu, saya mohon pula selamatkanlah kami dari serangkaian bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia, seperti tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, banjir bandang, angin puting beliung dan sebagainya.

Jadikanlah Indonesia negara yang aman dan indah untuk ditinggali, jadikanlah Indonesia sebagai negara yang dikagumi banyak warga asing. Jadikanlah Indonesia negara yang penuh berkat. Hanya kepada-Mu, Tuhan Yesus kami memohon. Haleluya, Amin.

2. Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Indonesia Singkat

Bapa yang berbelas kasih, terimakasih telah mengumpulkan kami pada ruangan yang sejuk dan damai ini sehingga kami dapat kembali melaksanakan rutinitas untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Meski kami adalah pendosa, namun Engkau tiada henti memberikan syafaat kepada kami.

Ya Bapa, dalam kesempatan ini kami ingin mohon maaf atas segala dosa dan kesalahan yang kami perbuat sebelumnya. Kami ingin menjadi anak-Mu yang lebih baik, lebih dapat membedakan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk.

Kami juga ingin memohon kepada-Mu, membiarkan bangsa dan negara Indonesia yang kami cintai ini berkembang menjadi negara yang maju dan disegani negara-negara lainnya di dunia. Agar masyarakatnya dapat hidup lebih layak di tanah kelahiran mereka.

Berkatilah ekonomi bangsa ini agar semakin berkembang sehingga mengurangi tingkat pengangguran. Berkatilah pemimpin dan pelayan negara ini agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta tidak berkhianat. Dan lindungilah kami dari segala ancaman yang memecah belah bangsa.

Ada banyak hal yang ingin kami sampaikan namun semua itu telah Engkau ketahui. Maka biarlah pergumulan ini cukup sampai di sini sesuai kehendak-Mu. Biarlah segala hal baik datang kepada kami dan segala hal buruk Engkau hilangkan dari bangsa dan negara ini. Haleluya, Amin.

3. Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Serta Perdamaian Dunia

Ya Kristus, puji Tuhan, terimakasih atas penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami bisa berkumpul bersama beribadah memuji dan memuliakan nama-Mu pada gereja yang begitu megah ini. Biarlah kami, menggunakan rumah-Mu sebagai tempat memanjatkan doa.

Meski kami adalah manusia yang penuh dosa, namun Engkau tetap membiarkan kami bertobat. Memberi kami kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Maka bimbinglah kami agar menemui jalan terang yang Engkau kehendaki. Dan biarlah kami berdoa untuk bangsa dan negara kami.

Tuhan, begitu banyak permasalahan yang terjadi pada bangsa dan negara kami, juga bangsa-bangsa di seluruh dunia. Mulai dari masalah ekonomi, kesenjangan sosial, budaya, keagamaan, hingga perseteruan antar bangsa yang belum juga berakhir.

Setiap manusia mengalami rasa takut, khususnya mereka yang tinggal di negara yang mengalami kisruh. Betapa besar pencobaan dari-Mu, maka biarlah mereka menjadi manusia yang kuat dan bertanggung jawab sebagaimana ini telah Engkau rencanakan.

Tuhan, dalam kesempatan ini kami ingin berdoa kepada-Mu, biarlah bangsa dan negara kami dapat menjadi bangsa dan negara yang maju, jauh dari perseteruan, dan berkatilah pula seluruh bangsa-bangsa di dunia agar menemui perdamaian.

Bebaskanlah kami, dengan kuasa kudus-Mu agar bangsa ini dijauhkan dari semua pihak yang ingin memecah belah bangsa. Tunjukkanlah kepada mereka, bangsa-bangsa di dunia untuk menemui titik terang menuju perdamaian abadi.

Ya Kristus, ada banyak hal yang ingin kami sampaikan kepada-Mu namun tentu Engkau lebih mengetahui segalanya. Maka biarlah pergumulan ini terjadi sesuai kehendak-Mu. Hanya kepada-Mu, Tuhan yang maha kuasa yang mampu memperbaiki ini semua. Amin.

4. Doa Untuk Keselamatan Bangsa Indonesia

Tuhan, terima kasih atas segala berkat yang telah Engkau curahkan pada kami. Terima kasih juga untuk semua kebahagiaan yang Engkau limpahkan, mulai dari keluarga yang sehat, ekonomi yang mencukupi, pekerjaan yang tetap dan banyak lagi lainnya.

Tuhan, terkadang aku sedih bila mengingat akan kondisi bangsa dan negara Indonesia ini. Mengingat banyak sekali kekacauan, hal sepele yang diributkan, dan peraturan-peraturan yang tidak sesuai. Aku mohon kepada-Mu agar negara dan bangsa ini bisa selamat dan kembali menjadi negara yang makmur serta sejahtera. Amin.

5. Doa Agar Bangsa Indonesia Terhindar dari Bencana

Tuhan Maha Agung, sebelumnya aku ingin meminta ampunan atas segala dosa-dosaku. Engkau telah mencurahkan keberkatan yang begitu besar kepada kami, akan tetapi kami masih menjadi orang yang sering khilaf, selalu saja melakukan hal-hal buruk yang tak Engkau sukai.

Setiap hari aku melihat keadaan di sekitar, terutama kondisi negara Indonesia ini, Tuhan. Aku merasa miris dengan banyaknya kekacauan yang terjadi, berita-berita bencana yang bermunculan, tangisan orang-orang ditinggalkan dan banyak lainnya.

Aku memohon ampunan kepada-Mu, mohon agar Engkau menyelamatkan kami dari berbagai bencana dan menjadikan kami pribadi masing-masing yang senantiasa berjalan di jalan lurus-Mu.

Baca juga: 16 Ayat Alkitab Tentang Menjadi Warga Negara yang Baik

6. Doa Agar Negara Indonesia Terbebas dari Hal Buruk

Bapa yang bertahta di Sorga, Engkau adalah tempat bagi kami untuk mencurahkan segala baik dan buruk. Tiada lagi tempat yang mampu memberikan ketenangan sekaligus jawaban atas segala permasalahan selain Engkau, Bapa.

Belakangan aku melihat banyak kekacauan di negara Indonesia tercinta. Kami merasa sedih dengan banyaknya pemberitaan tersebut, Bapa.

Kekacauan ada di mana-mana, bencana, tangisan anak-anak dan orang tua, kelaparan, tak punya tempat tinggal. Di kesempatan kali ini kami tak lagi meminta banyak hal, Bapa.

Kami hanya memohon agar Engkau mau melindungi kami, menyelamatkan bangsa ini dari kehancuran lainnya. Kami bergantung kepada-Mu dan hanya kepada-Mu kami memohon segalanya.

7. Doa Agar Indonesia Diselamatkan dari Bencana Buruk

Tuhan Maha Baik, kami tiada tahu berkeluh kesah kepada siapa selain pada Engkau. Berilah kami kesempatan untuk bisa menjadi orang yang berada di jalan lurus-Mu, berilah kami kesempatan untuk bisa bertobat di jalan-Mu.

Tuhan, kami telah melihat banyak sekali kekacauan di negeri Indonesia tercinta ini. Kami mohon jadikanlah negeri kami bangsa yang makmur dan sejahtera layaknya negara lain yang sudah maju. Jadikanlah negeri Indonesia ini negara yang damai dan melindungi para masyarakatnya dengan baik. Amin.

8. Doa Supaya Negara Indonesia Selamat dari Kekacauan

Bapa yang Agung, tidak lelah kami memohon ampunan kepada-Mu atas segala dosa dan khilaf kami yang sudah tak terhitung. Kami tidak tahu lagi hendak meminta pada siapa selain kepada Engkau, Bapa. Hanya Engkaulah yang mampu melindungi keluarga kami, negara kami dari segala kekacauan yang terjadi.

Aku tahu sangat lancang meminta hal ini, tapi hanya Engkaulah penolong kami. Izinkan negara tercinta Indonesia ini menjadi negara yang damai dan sejahtera bagi masyarakatnya. Majukanlah negara Indonesia ini agar sama dengan negara lainnya. Amin.

9. Doa Syafaat untuk Perdamaian Dunia

Tuhan, Allah yang kami sembah dan puji. Kami naikan syukur atas segala kebesaranMu dalam hidup kami.

Bapa, banyak sekali permasalahan yang terjadi di negara Indonesia, maupun di negara lainnya. Engkau damaikan setiap negara yang ada, hapuskan rasa peperangan, iri, benci, kejahatan politik, ketidakadilan dalam agama maupun ras, konflik antar negara.

Jadikan setiap negara yang ada hanya beroleh kedamaian satu sama lain dan mengikuti teladan-Mu saja. Kabulkanlah doa kami yang jauh dari kata sempurna ya, Bapa. Haleluya, Amin.

10. Doa Syafaat untuk Perdamaian dalam Negeri

Bapa yang selalu mengasihi dan mengampuni, kami berterima kasih untuk segala berkatMu sepanjang hidup kami.

Bapa, berbagai macam hal terjadi di negara ini. Mulai dari teroris yang ada, kekuasaan politik jahat, korupsi, dan hal-hal jahat lainnya. Bapa, tolong Engkau bukakan mata kasih setiap kami, agar apa yang kami lakukan, terutama untuk negara ini, itu hanya untuk kepujian nama-Mu saja.

Engkau satukan setiap kami, untuk mewujudkan negara yang seturut kehendakMu. Dalam nama-Mu, kami satukan doa ini. Amin.

Baca juga: 4 Renungan Kristen Tentang Kemerdekaan Indonesia

11. Doa Syafaat untuk Keselamatan Bangsa Indonesia

Selamat pagi, Tuhan Yesus. Kami hadir di hadapanMu untuk menaikan syukur dan doa kami.

Tuhan, banyak sekali yang terjadi pada negara kami ini. Mulai bencana banjir, longsor, pesawat jatuh, hingga tenggelamnya kapal selam. Kiranya Bapa, Engkau memberkati bangsa ini. Engkau jauhkan dari marabahaya, dan setiap orang yang kehilangan, Engkau beri penghiburan. Doa ini kami serahkan, Amin.

12. Doa Syafaat untuk Pemerintah Negara Indonesia

Tuhan yang bersemayam di kerajaan surga. Kami datang ke hadapan-Mu dengan penuh kerendahan hati.

Tuhan, tolong Engkau berkati pemerintahan negara kami. Dari mulai yang tertinggi hingga terendah. Engkau bantu mereka dalam bekerja untuk negara ini. Engkau berikan mereka kejujuran, kerendahan dan kelembutan hati, pemahaman yang baik untuk negara ini.

Agar setiap yang mereka kerjakan, terutama untuk negara ini, itu hanya untuk kebaikan bagi negara dan kemuliaan bagi nama-Mu saja. Doa yang jauh dari sempurna ini, kami alaskan atas nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

13. Doa Syafaat untuk Pemuda-Pemudi Bangsa

Maha besar Allah kami yang bersemayang dalam kerajaan surga. Kami hadir untuk berdoa dan memohon kepadaMu.

Terima kasih Bapa untuk negara Indonesia ini. Berkati setiap orang muda di Indonesia ini, berikan hikmat dan akal budi dari surga, agar kami dapat mengabdi untuk negara Indonesia ini. Menjadi negara yang lebih baik lagi dan penuh kasih dan kejujuran. Kami telah berdoa dan berserah ke dalam nama Yesus, amin.

14. Doa Agar Warga Indonesia Rukun

Tuhan yang baik, terima kasih telah memberi kami banyak kenikmatan mulai dari kehidupan yang layak, pekerjaan yang mencukupi serta keluarga yang selalu mendukung di kala sedih maupun susah. Semuanya tidak akan pernah saya lupakan sebagai bagian dari penyertaan yang Engkau berikan.

Namun kadang saya sedih ketika melihat kondisi bangsa dan negara ini, ya Tuhan. Setiap hari ada saja hal-hal yang diributkan. Bahkan hanya karena masalah kecil saja, banyak yang menciptakan keributan dan saling dendam.

Tentu itu bukan hal yang baik, saya memahaminya. Saya kadang merasa iri ketika melihat negara lain yang begitu damai dan tentram, semua warganya penuh dengan sukacita tanpa ada hal-hal yang perlu dipermasalahkan secara besar.

Saya ingin sekali melihat bangsa Indonesia seperti Jepang atau Thailand yang seluruh penduduknya sangat rukun, minim keributan. Semoga, Tuhan, Engkau mengabulkan doa saya, tolong jadikanlah Indonesia menjadi bangsa yang maju dan berilah kedamaian untuk seluruh warganya, Amin.

Sebagai warga Indonesia, sudah sepatutnya masyarakat mau mendoakan negara ini supaya terhindar dari hal-hal atau kegaduhan yang merugikan. Kehidupan Indonesia harus mampu mencerminkan kebangsaan yang mengutamakan solidaritas, gotong royong, serta cinta kasih antar sesama.

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

15. Doa Agar Indonesia Selalu Damai dan Sejahtera

Selamat pagi, Ya Tuhan. Pada hari ini, secara khusus kami berdoa menyerahkan keberadaan dan pergumulan dari bangsa kami, bangsa Indonesia. Sebagai salah satu rakyatnya, kami percaya bahwa setiap peristiwa merupakan bukti dari kuasa Allah yang nyata.

Kami mau berdoa untuk semua pemegang pemerintahan, Curahkanlah hikmat dan kebijaksanaan yang takut akan Engkau dalam mengemban tugas tanggung jawabnya. Biarlah kami bisa merasakan kedamaian dan kesejahteraan di dalam setiap aspek hidup kemanusiaan.

Kiranya alam dan seisinya di Indonesia mampu terjaga sekaligus terawat dengan baik. Jauhkan Indonesia dari segala bencana alam, perselisihan, masalah politik ekonomi, maupun kemusnahan yang tidak diinginkan. Kami berharap hanya kepada Engkau, Ya Allah.

Inilah segenap seru doa dan permohonan kami. Hanya dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin

16. Doa Untuk Indonesia Saat Ini

Tuhan Allah yang bertahta dalam Kerajaan Surga, kami memohon kekuatan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia tercinta.

Bapa, negara kami memiliki muda mudi yang siap menjadi garam dan terang bagi seisi dunia. Tuntun mereka dalam menapaki kehidupan supaya setiap talentanya menjadi alat gerak bagi kesejahteraan bangsa Indonesia. Mau menjadi umat yang senantiasa cinta akan Tanah Air Indonesia.

Biarlah diantara perbedaan dan keberagaman yang ada, kami mau bersatu hati mendahulukan kepentingan Indonesia. Kami percaya bahwa Roh Kudus Allah senantiasa melingkupi bangsa ini, baik alam maupun masyarakatnya.

Kiranya Allah sendiri yang berkehendak atas kehidupan Negara Indonesia. RencanaMu selalu memulihkan seluruh umat manusia. Hanya dalam namaMu kami berdoa. Amin

17. Doa Untuk Negara Singkat

Tuhan yang Mahabaik, kami mohon berkatilah bangsa Indonesia dan jauhkan dari setiap pencobaan yang ingin mengganggunya. Baik dari pemimpin hingga masyarakatnya, hanya Engkau yang mampu berkarya atas negara kami.

Kami yakin dan percaya bahwa bangsa Indonesia menjadi rumah yang penuh damai sejahtera, khususnya seturut kehendakMu. Amin.

Baca juga: 7 Doa Kristen Untuk Kemerdekaan Indonesia Terbaru 2022

Doa Kristen Untuk Indonesia Terbaru 2022

doa kristen untuk Indonesia
doa kristen untuk Indonesia, sumber gambar: unsplash.com

Setiap masyarakat perlu menyerahkan diri dan memberikan rasa syukur terhadap kondisi terbaik dari Tanah Air, berikut doa yang bisa dipanjatkan untuk Bangsa Indonesia sebagai tempat tinggal dengan kekayaan alamnya.

1. Doa untuk kekayaan alam Indonesia

Allah Bapa kami, Engkau sudah menciptakan alam semesta menjadi tempat tinggal dari umat manusia. Ketika umat pilihanMu berada di pengasingan, di situlah Engkau mau membebaskan sekaligus menghantar mereka menuju Tanah Perjanjian.

Terima kasih atas kehadiran bangsa dan negara ini. Terhadap luas wilayah dan keberagaman yang ditawarkan di dalamnya. Ada ribuan pulau dan hamparan lautan yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Setiap gunung memampukan kesuburan tanah tempat tinggal kami. Hutan menjadi tempat tinggal yang aman bagi satwa yang ada. Kami mengucap syukur untuk kekayaan alam yang sudah Bapa titipkan. Bantu kami dalam menjaga komitmen dan bertanggung jawab, Ya Yesus. Amin.

2. Doa untuk para pemimpin bangsa

Tuhan, secara khusus kami berkumpul pada hari ini untuk mendoakan para pemimpin yang mengemban tugas bagi Bangsa Indonesia. Kiranya mereka mampu melaksanakan seluruh tugas dengan bijaksana dan bertanggung jawab untuk memajukan Negara Indonesia.

Jauhkan mereka dari sikap lupa diri dan hanya mementingkan kebutuhan pribadi atau golongan. Kami ingin Engkau patahkan kuasa kegelapan yang mungkin menyelinap di hati setiap pejabat pemerintahan. Hanya di dalam nama tuhan Yesus.

Kiranya bangsa dan negara kami memiliki pemimpin yang mengayomi serta berani membela keadilan di dalam lintas masyarakat. Terima kasih Tuhan Yesus. Haleluya. Amin.

Baca juga: 4 Ayat Alkitab Tentang Demokrasi Menurut Iman Kristen

3. Doa untuk beberapa aspek kehidupan

Tuhan, kami bersyukur atas kondisi negara kami yang penuh dengan keunikan dan keberagaman. Hal ini membuat kami semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia. Kiranya segala kekaguman ini mampu memberikan sikap iman bahwa Bangsa Indonesia sungguh kaya dan tidak tergantikan.

Kami juga berdoa untuk aspek sosial dari kehidupan masing-masing. Semoga tetap ada banyak orang yang mengupayakan kedamaian, kerukunan, dan solidaritas antar umat beragama. Rahmat persaudaraan dari Engkau mampu turun ke atas kami.

Kiranya setiap pemuka agama mampu memberikan contoh dan teladan baik bagaimana menumbuhkan kekuatan sebagai bangsa yang hebat. Kami percaya bahwa Engkau tidak meninggalkan masing-masing pribadi. Itulah seru doa dan permohonan kami, Ya Bapa. Amin.

4. Doa Kristen Untuk Bangsa dan Negara Indonesia Singkat

Setiap masyarakat perlu menyerahkan diri dan memberikan rasa syukur terhadap kondisi terbaik dari Tanah Air. Berikut doa yang bisa dipanjatkan untuk Bangsa Indonesia sebagai tempat tinggal dengan kekayaan alamnya.

Tuhan Yesus, kami ingin berterima kasih untuk berkat tempat tinggal dan menjadi bagian dari Negara Indonesia. Saat ini, secara khusus kami mau berdoa untuk keberadaan bangs aini. Berkati segala aspek kehidupan setiap rakyatnya. Kiranya para pemimpin dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tuntunlah kami dalam menjaga setiap kekayaan wawasan, fisik, maupun alam ciptaanMu yang terindah bagi seluruh manusia. Kami tahu bahwa tanganMu selalu bekerja. Amin.

Baca juga: Contoh Integrasi Nasional : Keluarga, Sekolah, Masyarakat & Negara

Tanah air sudah menjadi tempat tinggal bagi warga tanah air. Tidak hanya untuk bernaung namun juga mencoba untuk mencari pekerjaan lainnya, hal ini pun membuat mereka akhirnya harus menjaga kedamaian sehingga perlu membaca doa Kristen untuk bangsa dan negara Indonesia.

Dengan begitu, Anda bisa melantunkan contoh doa kristen untuk bangsa dan negara terbaru 2022. Sebagai wilayah yang cukup besar, tentunya seringkali mendapati berbagai masalah dari warganya. Hal ini penting guna melingkupi segala aspek kehidupan mulai dari sosial hingga ekonomi.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!