26 Ayat Alkitab Tentang Orang Tua dalam Keluarga Kristen

Ayat Alkitab tentang Orang Tua terbaru 2022 – Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak anak mereka. Karena anak anak adalah karunia yang berharga dari Allah, maka orang tua perlu mendidik dan mendisiplin mereka agar tidak disesatkan pada jalan hidup yang salah. Firman TUHAN menyebutkan dengan jelas prinsip dan tanggung jawab untuk orang tua dalam beberapa ayat Alkitab yang terkenal.

Dewasa ini, ada banyak orang tua yang lalai dalam membesarkan anak. Mulai dari membuang anak mereka, pilih kasih dan berlaku sebagai orang tua yang jahat atau bahkan berlaku sebaliknya yaitu sang anak yang tidak menghormati ayah dan ibunya. Meskipun demikian, kita perlu mengubah pola pikir kita berdasarkan sudut pandang Allah.

Allah menginginkan adanya jalinan hubungan anak dengan orang tua yang harmonis, Dia sebagai pembentuk keluarga yang semula menginginkan semua keluarga bahagia. Untuk mewujudkan hal itu, orang tua perlu menerapkan prinsip Alkitab dan mengajarkannya kepada anak mereka. Sebagai berikut adalah beberapa referensi ayat Alkitab yang mendukung.

Baca Juga: Doa Syafaat Untuk Orang Tua di Sekolah

Daftar Ayat Alkitab tentang Orang Tua

ilustrasi orang tua dalam keluarga
ilustrasi orang tua dalam keluarga, sumber gambar: pexels.com

Sebagai anak wajib mendoakan kedua orang tuanya agar senantiasa diberikan kemudahan, kesehatan dan kelancaran dalam menjalani kehidupannya. Hal ini pun sudah menjadi kewajiban bagi mereka agar selalu berharap kebaikan serta telah dijelaskan pada ayat Alkitab tentang orang tua dalam Kristen.

1. Efesus 6:4

Ayat 4 : “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Bapak-bapak, janganlah memicu anak-anakmu untuk menjadi marah, tetapi besarkanlah mereka dalam disiplin dan nasihat Tuhan.”

Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk membesarkan anak anak mereka, ini bukanlah tugas yang mudah. Untuk bisa berhasil orang tua harus mendidik mereka berdasarkan nasihat TUHAN. Mereka harus berlaku sabar, tidak cepat marah dan mendisiplin dalam keadilbenaran.

2. Amsal 27:23

Ayat 23 : “Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.”

Orang tua yang pengasih diumpamakan seperti gembala dengan anak anak domba, orang tua perlu mengenali setiap anak mereka dengan baik dengan memperhatikan secara menyeluruh apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.

Berikan alasan mengapa itu penting untuk dilakukan serta ajar mereka untuk mengerti akibatnya dari melanggar perintah tersebut. Dengan mengenali kawanan domba, sang gembala akan tahu bagaimana menyelesaikan permasalahan pada kawan dombanya. Begitupula orang tua.

3. Ulangan 6:6,7

Ayat 6 dan 7 : “Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Seorang anak anak memiliki keingintahuan yang besar ketika ia masih kecil, tapi orang tua sudah dipenuhi dengan berbagai pemahaman. Inilah saatnya orang tua mengajarkan tentang kehidupan ini berdasarkan Firman TUHAN kepada anak anak mereka, bahkan setiap waktu adalah berharga yang bisa orang tua gunakan untuk mengajarkannya kepada anak.

4. Kolose 3:21

Ayat 21 : “Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.”

Orang tua terkadang memiliki kondisi hati dan emosi yang tidak stabil. Ada juga yang merupakan sifat bawaan, tidak berdasarkan itu semua pandangalah anak anak sebagai bejana yang lemah. Jika Anda terlalu keras menekan maka bejana akan hancur.

Tapi jika orang tua kurang memperhatikannya, ia tidak akan menjadi apa apa, demikianlah orang tua harus berlaku hati hati sewaktu mendisiplin atau membentuk jati diri sang anak. Jangan sampai disiplin diberikan terlalu keras atau bahkan dengan amarah sebab akibatnya bisa fatal.

5. Yehezkiel 34:14

Ayat 14 : “Di padang rumput yang baik akan Kugembalakan mereka dan di atas gunung-gunung Israel yang tinggi di situlah tempat penggembalaannya; di sana di tempat penggembalaan yang baik mereka akan berbaring dan rumput yang subur menjadi makanannya di atas gunung-gunung Israel.”

Seperti ayat ayat yang sudah kita bahas diatas, orang tua memiliki tanggung jawab yang besar kepada anak anak mereka. Hal ini tidak hanya mencangkup kebutuhan rohani tetapi juga jasmani, orang tua punya tanggung jawab memelihara anak anak bahkan memberi mereka makan yang terbaik.

Baca juga: 31 Ayat Alkitab Tentang Taat Kepada Orang Tua

6. Imamat 19:30

Ayat 30 : “Kamu harus memelihara hari-hari sabat-Ku dan menghormati tempat kudus-Ku; Akulah TUHAN. “

Sebagai orang orang yang sudah disebut sebagai orang tua sudah semestinya memberikan teladan yang terbaik kepada anak muda, khususnya dalam hal menghormati Allah dan beribadat kepadaNya. Dengan demikian tidak hanya orang tua, tapi semua mencangkup anak muda, anak anak dapat bersama sama memuliakan nama Allah.

7. Amsal 20:29

Ayat 29 : “Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.”

Anak anak muda memiliki hak istimewa dengan kekuatan yang bagus, mereka bisa melakukan banyak sekali pekerjaan dengan semangat. Meskipun mungkin sekarang Anda sudah tidak muda lagi dan disebut sebagai orang tua, tapi Anda memiliki hak istimewa yang tidak dimiliki oleh anak muda.

Orang tua memiliki pemahaman dan daya pengamatan yang bagus, hal ini diperlihatkan oleh uban sebagai keindahan dari orang tua. Oleh sebab itu, dalam hal ini anak muda perlu belajar banyak dari mereka yang sudah tua.

8. Amsal 17:6

Ayat 6 : “Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.”

Orang tua pasti senang memiliki anak anak dan cucu cucu yang bisa mereka banggakan. Tapi dari ayat ini kita juga tahu bahwa kehormatan yang anak anak dapat ialah karena mereka memiliki orang tua yang hebat, pengajaran dan didikan dari orang tualah yang membuat sukacita seorang anak.

9. Efesus 6:1

Ayat 1 : “Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

Anak anak memiliki tanggung jawab untuk menghormati orang tua, ini adalah perintah besar dari TUHAN untuk anak anak lakukan. Sebab orang tua pada dasarnya adalah pahlawan bagi anak anak di dunia yang selalu menjaga dan melindungi. TUHAN sangat menghargai orang tua demikian.

10. Ayub 32:7

Ayat 7 : “Pikirku: Biarlah yang sudah lanjut usianya berbicara, dan yang sudah banyak jumlah tahunnya memaparkan hikmat.”

Orang tua memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang banyak hal, sepanjang kehidupan mereka pasti sudah banyak melalui lika liku kehidupan yang sulit. Untuk bisa berhasil dalam kehidupan, anak muda perlu mendengarkan orang yang lebih tua, nasihat mereka bermanfaat untuk mengembangkan pemahaman dan daya pengamatan untuk kehidupan yang selalu berubah ubah ini.

Baca juga: 15+ Doa Kristen Untuk Orang Tua Agar Sehat, Dilindungi, dan Diberkati

Ayat Alkitab Tentang Menjadi Orang Tua yang Baik

ayat Alkitab tentang menjadi orang tua yang baik
ayat Alkitab tentang menjadi orang tua yang baik, sumber gambar: pexels.com

Menikah kemudian mempunyai seorang anak merupakan sebuah keberkatan yang patut mensyukurinya. Ketika mendapatkan kepercayaan mengasuh momongan, maka ada banyak hal untuk mempelajarinya. Temukan pengajaran menjadi orang tua yang baik dalam ayat Alkitab tentang menjadi orang tua yang baik berikut ini.

  1. Amsal 22:6 : “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”
  2. Ibrani 12:11 : “Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.”
  3. Galatia 6:9 : “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.”
  4. Amsal 1:7 : “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.”
  5. Amsal 3:5-6 : “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”
  6. Kolose 3:12 : “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”
  7. Lukas 6:34 : “Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.”
  8. Amsal 29:15 : “Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.”
  9. Kolose 3:14 : “Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”
  10. Filipi 4:6-7 : “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”
  11. Amsal 29:17 : “Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.”
  12. Matius 6:33-34 : “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari esok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”
  13. Amsal 13:24 : “Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.”
  14. Kolose 3:23 : “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”
  15. Mazmur 127:3-5 : “Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada Tuhan, dan buah kandungan adalah suatu upah. Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda. Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.- 
  16. Amsal 3:12 : “Karena Tuhan memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.”
Baca Juga : Ayat Alkitab tentang Mendidik Anak

Mempunyai anak merupakan sebuah karunia serta titipan dari Tuhan. Maka, kita harus mampu menjaga mereka. Menjadi sosok ayah atau ibu bukanlah perkara mudah karena banyak sekali rintangannya. Untuk itu, ketahui ayat Alkitab tentang menjadi orang tua yang baik agar mendapatkan motivasi.

Menjadi orang tua bukan hal menyenangkan seperti apa yang Anda bayangkan, hidup mengasuh anak bukan sekedar memberikan mereka makan saja. Lebih dari itu, harus mampu menyediakan rumah terbaik, pengajaran sopan santun, agama, emosi, dan lain sebagainya.

Tuhan memberikan karunianya kepada orang tua untuk memiliki anak bukan karena tujuan. Dari sini, semua orang bisa belajar banyak bahwa mengasuh titipan Allah membutuhkan banyak kesabaran serta pengorbanan.

Melalui Alkitab, Tuhan Yesus memberikan pelajaran bagaimana cara menjadi orang tua yang baik. Dengan begitu, bisa mencontohnya dalam kehidupan sehari-hari, seperti memberikan kasih sayang tulus, mengajarkan tentang agama, dan lain sebagainya.

Menjadi orang tua merupakan sebuah tanggung jawab besar. Untuk itu, harus mampu menjaga kepercayaan dari Tuhan Yesus sebaik-baiknya. Ketika anak-anak tumbuh dewasa, melalui pengajaran terbaik dapat membawa mereka menuju kesuksesan serta bakti kepada ayah ibu dan Allah.

Mengetahui tentang ayat Alkitab tentang menjadi orangtua yang baik, semoga bisa memberikan pelajaran berharga bagi setiap umat Kristen. Dengan demikian, bisa mengantarkan sang anak menuju jalan terbaik di hidup dan bisa berbakti kepada ayah dan ibunya.

Itulah tadi beberapa ayat Alkitab tentang orang tua dalam Kristen tentang orang tua dalam Kristen yang dapat dijadikan sebagai alasan kenapa seorang anak wajib untuk mendoakan ayah dan ibunya, hal ini juga mengingatkan bahwa jasa mereka memang sangat besar.

Tuhan pun sudah menjelaskannya secara langsung bahwa seorang anak wajib untuk mendoakan kedua orang tuanya, selain itu jangan pernah lupa agar selalu berbuat baik kepadanya selagi masih diberikan kesehatan dan mampu menemani sang buah hatinya.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

error: Konten dilindungi !!