40 Ayat Alkitab yang Menginspirasi Hidup yang Menakjubkan

Kristenly.com – Inspirasi dapat membuat pikiran tergerak untuk bertindak lebih giat, karena inspirasi dapat dijadikan stimulus bagi otak sehingga memotivasi melakukan sesuatu. Melalui ayat Alkitab yang menginspirasi hidup dapat Anda jadikan sebagai pendorongnya.

Dalam menghadapi masalah kehidupan seringkali membuat semangat hilang, ini dipicu karena banyaknya masalah yang datang serta sudah merasa lelah berjuang, ketika dalam kondisi seperti ini pikiran terasa buntu tidak bisa mencari jalan keluar.

Dalam mencari jalan keluar masalah, yang dibutuhkan adalah sesuatu yang bisa mendorong kita melakukan kreativitas diri mencari jalan keluar. Karena manusia sangat membutuhkan suatu stimulus agar bisa melakukan suatu hal.

Melalui inspirasi dapat mendorong memunculkan banyak ide-ide kreatif dari pikiran manusia. Sehingga, mereka akan melakukan sesuatu yang sangat baik dan juga bermanfaat dalam kehidupannya dengan ide yang muncul dari otak.

Baca juga: Kata-kata Motivasi Kristen Terbaru 2022

Daftar Ayat Alkitab yang Menginspirasi Hidup

ilustrasi dapat inspirasi setelah membaca Alkitab
ilustrasi dapat inspirasi setelah membaca Alkitab, sumber gambar: pexels.com

Sebagai umat yang beragama sudah pasti berpegangan teguh kepada Alkitab sebagai rujukan dalam kehidupan, entah untuk keluar dari masalah maupun menenangkan hati. Agar masalah yang Anda hadapi bisa terpecahkan jalan keluarnya, simak dan pahami makna ayat Alkitab yang menginspirasi hidup berikut ini.

Yesaya 40:28-30

“Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar?TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung;Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya. Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,”

2 Timotius 3:16

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.”

Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Mazmur 27:4

“Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini:diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.”

Mazmur 34:8

“Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu!Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!”

Amsal 17:17

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu,dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.”

Yohanes 15:13

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.”

Roma 8:28

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Roma 8:31

“Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?”

1 Korintus 13:12

“Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.”

Baca juga: Ayat Alkitab tentang Jangan Menyerah

Ratapan 3:22-23

“Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi;besar kesetiaan-Mu!.”

Filipi 3:7-9

“Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.”

2 Korintus 4:16-18

“Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.”

1 Korintus 16:13

“Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!.”

1 Petrus 2:9-11

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.”

Yakobus 1:2-4

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.”

Roma 1:17

“Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis:“Orang benar akan hidup oleh iman.”

Yosua 1:9

“Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu:kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, kemanapun engkau pergi.”

Amsal 3:5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu,dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Amsal 18:10

“Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.”

Baca juga: Kata-kata Rohani Kristen yang Menguatkan

Roma 8:38-39

“Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Mazmur 16:8

“Aku senantiasa memandang kepada TUHAN;karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.”

Mazmur 23:4

“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku;gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

Mazmur 46:7

“TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Sela.”

Yohanes 15:13

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.”

Mazmur 118:14-16

“TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku; Ia telah menjadi keselamatanku. Suara sorak-sorai dan kemenangan di kemah orang-orang benar:”Tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan, tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!”

Mazmur 119:114-115

“Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.Menjauhlah dari padaku, hai penjahat-penjahat;aku hendak memegang perintah-perintah Allahku.”

Mazmur 120:1

“Nyanyian ziarah. Dalam kesesakanku aku berseru kepada TUHAN. dan Ia menjawab aku:”

Yesaya 40:31

“tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru:mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya;mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Yesaya 41:10

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu;Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau;Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Yesaya 43:2

“Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan,dan nyala api tidak akan membakar engkau.”

Matius 11:28

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Yohanes 16:33

“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

1 Tesalonika 5:11

“Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.”

Filipi 4:19

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

1 Petrus 5:7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

Ulangan 31:6

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Yosua 1:7

“Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, kemanapun engkau pergi.”

Nahum 1:7

“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan;Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.”

2 Korintus 1:3-4

“Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.”

Baca juga: Ayat Alkitab yang Menguatkan

Inspirasi dapat memicu manusia melakukan sesuatu hal di kehidupannya dan juga dapat merasakan apa yang ada dalam dirinya, melalui stimulus ayat Alkitab yang menginspirasi hidup dapat memunculkan ide-ide kreatif dari otak.

Dari penjelasan ini, semoga dapat memicu inspirasi Anda muncul. Karena inspirasi bisa muncul ketika kita sedang membaca sesuatu yang mengilhami otak berpikir kreatif, sehingga Anda bisa melakukan sesuatu hal yang bermanfaat di kehidupan.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!