10+ Doa Upacara Bendera Agama Kristen yang Baik dan Benar

Kristenly.com – Semua kegiatan yang sedang dilangsungkan, memang harus diniatkan kepada Tuhan Yesus termasuk juga seluruh rangkaian acara dalam sekolah. Bagi beberapa institusi pendidikan tertentu, mereka akan menggunakan doa upacara bendera agama Kristen terbaru 2022 ketika melantunkannya.

Upacara bendera di setiap sekolah ini biasanya dilakukan pada hari Senin tiap minggunya. Sementara kegiatan ini dilangsungkan dengan berbagai susunan acara termasuk juga pembacaan doa. Anda bisa memilih untuk membacakannya dalam agama Kristen.

Biasanya Lembaga pendidikan maupun sekolah yang memiliki orientasi pada agama Kristen, maka akan memilih membacakan doa dengan kepercayaan serupa. Hal ini menunjukkan bahwa mereka selalu menyertakan Tuhan Yesus untuk berbagai kegiatan.

Tidak lupa juga bahwa setiap doa tersebut tentunya memiliki tujuan tersendiri ketika dibacakan. Jadi penting halnya untuk memahami apa makna dibaliknya terlebih dahulu sehingga harus membacakannya dengan sungguh-sungguh.

Baca juga: 13+ Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru di Sekolah

Contoh Doa Upacara Bendera Agama Kristen

ilustrasi bendera Indonesia
ilustrasi bendera Indonesia, sumber gambar: pexels.com

Berikut ini adalah contoh doa upacara bendera agama Kristen terbaru 2022 yang bisa digunakan sebagai referensi. Biasanya akan berisikan dengan berbagai harapan kebaikan untuk semua peserta upacara kedepannya.

1. Doa Meminta Kelancaran Menjalankan Upacara Bendera

Ya Tuhan yang maha kuasa, berilah kepada kami kelancaran atas pelaksanaan upacara bendera ini. Limpahkan selalu berkat dan anugerah darimu kepada kami, sebagai umat yang setia dan taat atasmu. Doa dan syukur kami tujukan kepadamu untuk memperoleh berkat darimu.

Lancarkanlah pelaksanaan upacara bendera hari ini dengan keadaan hikmat dan tenang. Lindungilah selalu kami dalam menjalankannya, naungi selalu umatmu ini agar berada di ketenangan. Sungguh engkau akan mendengar doa dari orang-orang taat seperti kami. Amin.

2. Doa Meminta Pertolongan Dalam Upacara Bendera

Ya Tuhan, kami meminta pertolongan dalam melaksanakan upacara bendera saat ini. Lindungi selalu kami agar bisa menjalankannya dengan keadaan sehat dan bahagia. Sungguh kami meminta pertolongan hanya kepadamu, Tuhan maha kuasa.

Dampingi selalu kami dalam melaksanakan upacara bendera ini agar tetap dalam keadaan baik. Tolonglah kami ketika mendapatkan masalah dalam melaksanakan upacara ini, agar tetap berjalan sampai akhir. Sungguh harapan penuh kami curahkan hanya kepadamu. Amin.

3. Doa Agar Dipermudah Menjalankan Upacara Bendera

Tuhan, atas namamu kami berdoa dan meminta pertolongan dari apa yang akan dilakukan. Permudahlah pelaksanaan upacara bendera kali ini, agar selesai dalam keadaan tenang. Dengan pertolonganmu kami percaya akan berkat dan pengabulan darimu.

Sesungguhnya engkau maha kuasa atas hidup dan mati kami, umatmu yang selalu taat. Janji yang engkau berikan untuk orang-orang baik, kami percaya atas pemenuhannya. Sungguh engkau tidak pernah mengabaikan doa yang kami ucapkan. Amin.

4. Doa Agar Bisa Melewati Tantangan Ketika Upacara Bendera

Ya Tuhan kami menaruh harapan dan mengucapkan doa serta syukur hanya kepadamu. Naungilah kami agar bisa melewati tantangan dalam pelaksanaan upacara bendera ini dengan baik. Sungguh pertolongan darimu yang sangat kami harapkan, sebagai Maha kuasa.

Sesungguhnya hanya engkau yang dapat menjadikan harapan-harapan kami. Dengan menyebut namamu kami memuji dan meminta pertolongan dalam menjalankan kehidupan. Sungguh kuasamu tertinggi atas umatmu yang selalu taat dan setia. Amin.

5. Doa Saat Memulai Upacara Bendera

Ya Tuhan yang maha Kuasa, atas izinmu kami melaksanakan upacara bendera ini dengan penuh semangat. Lindungilah selalu kami dalam setiap keadaan, agar bisa selalu merasakan kebahagiaan. Berilah kami ketenangan dalam melakukan upacara bendera ini.

Sungguh kami akan memulai upacara bendera ini dengan hikmat, dengan selalu mengingatmu. Kami panjatkan doa dan syukur atas namamu, engkau yang telah memberi berkat sehingga bisa melaksanakan upacara bendera ini dalam keadaan sehat serta aman. Amin.

Baca juga: 10+ Doa Kristen Sebelum Berangkat Ke Sekolah yang Baik

6. Doa Setelah Melaksanakan Upacara Bendera

Tuhan, kami berterima kasih kepadamu atas berkat dan pertolongan yang telah engkau berikan. Sesungguhnya kami dapat melaksanakan dan menyelesaikan upacara bendera ini dengan keadaan aman. Syukur akan selalu kami tujukan kepadamu sebagai pemimpin paling kuasa.

Terima kasih, karena engkau telah menaungi dan mendampingi kami dalam melaksanakan upacara bendera ini. Sehingga kami tetap berada dalam keselamatan, kebahagiaan dan keamanan sampai akhir upacara hari ini. Berkat dan anugerah darimu lah yang selalu membantu. Amin.

7. Doa Agar Mendapat Berkat Setelah Melaksanakan Upacara Bendera

Ya Tuhan, kami panjatkan doa dan syukur kepadamu karena telah membiarkan kami tenang sampai upacara ini selesai. Sungguh syukur kami panjatkan kepadamu, Tuhan yang maha kuasa atas hidup dan mati umatmu.

Kami berharap agar mendapatkan berkat darimu setelah melakukan upacara bendera ini. Berkat darimu yang akan selalu memberikan kebahagiaan dan keselamatan kepada kami. Terima kasih karena selalu mendampingi dan menaungi kami dalam jalanmu. Amin.

8. Doa Agar Selalu Mendapat Bimbingan

Ya Tuhan kami, Engkau lah yang merupakan alasan kami hari ini dapat berdiri dengan tegap melangsungkan upacara bendera untuk melatih kedisiplinan dan kesabaran kami, serta untuk selalu mengingat dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang hingga kami kini dapat merasakan apa yang dinamakan kemerdekaan.

Ya Tuhan kami, pimpin kami dan bimbing kami dengan kasih-Mu, kuatkanlah dan pertahankanlah kami dengan kuasa-Mu, sehingga kami dapat berdiri di atas tanah kami sendiri, tanah Indonesia, melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa untuk memajukan Indonesia menjadi jauh lebih baik lagi dari sekarang. Amen.

9. Doa Keberanian dalam Memperjuangkan Kemanusiaan

Ya Tuhan kami, Tuhan pemilik semesta alam ini, kami mengucap syukur kepada-Mu telah memberi kami berkat kebaikan berupaka kesehatan, sehingga kami dapat mengikuti upacara bendera pada pagi hari ini dengan penuh khidmat dan semangat.

Ya Tuhan kami, kami memohon kepada-Mu, beri kami dukungan untuk bertempur atau bersaing secara sehat dengan bangsa lain, memajukan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kami juga memohon kepada-Mu, jaga kami dari semua ancaman kejahatan dan marabahaya yang dapat merusak keharmonisan bangsa Indonesia. Berikan pula kami keberanian dan kekuatan bahwa kami mampu serta mau melayani Engkau dan negara kami dengan cinta kasih. Amen.

10. Doa Diberi Tekad Kuat dalam Kemanusiaan

Ya Tuhan kami, ucap syukur kami panjatkan kepada-Mu, Sang Pemilik jagad raya, sebab telah mengizinkan kami melaksanakan upacara bendera pada pagi hari ini dengan lancar dan khidmat.

Kami meminta dengan segala kerendahan hati pada-Mu untuk memperkuat kami dalam tekad kami menjunjung rasa kemanusiaan serta semangat juang patriot dengan rekan-rekan seperjuangan lainnya tanpa rasa cemas dan ragu. Amen.

11. Doa Dilapangkan Hati dalam Kemanusiaan Agar Lebih Bersimpati

Ya Tuhan, yang Maha Baik, kami mengucap syukur pada-Mu telah memberi kami kesehatan sehingga kami dapat mengikuti upacara bendera pada pagi hari ini. Kami berterima kasih telah memberikan kesehatan dan memberi kekuatan pada kami.

Tuhan kami, berilah kami pertolongan-Mu, kami memohon agar kami diberi berkat berupa rasa simpati, rasa kemanusiaan, kekuatan, kebaikan, dan semangat pantang menyerah dalam niat kami untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang lebih baik lagi.

Ya Tuhan kami, lapangkanlah hati kami untuk selalu bekerja sama dan mendorong satu sama lain, serta bersaing secara sehat dengan rekan-rekan kami untuk mencapai kesuksesan yang kami inginkan. Kami ingin mencapai pencapaian yang jauh lebih tinggi dan menjadi yang terbaik semampu kami.

Bantu kami, Tuhan. Tolong kami, Tuhan. Amen.

12. Doa Diberkati dalam Upacara Bendera

Tuhan, kami berterima kasih untuk hari ini dan untuk upacara hari ini yang dapat menyatukan kami pada satu tempat, juga yang mengingatkan kami bahwa kami tidak sendirian, bahwa kami memiliki rekan-rekan yang mempunyai tujuan dan semangat juang yang sama maupun berbeda dengan kami.

Tuhan, kami berterima kasih karena Engkau telah banyak menopang beban-beban kami saat kami mengalami kesulitan, serta melipatkan gandakan rasa kebahagiaan kami ketika kami menerima kabar baik.

Kami berdoa untuk upacara hari ini, semoga Engkau selalu hadir dan menyertai kami semua. Amen.

Baca juga: Doa Kristen Sebelum Memulai Rapat atau Pertemuan

Tidak melupakan pentingnya doa upacara bendera agama Kristen terbaru 2022, menunjukan bahwa setiap kegiatan di sekolah selalu menyertakan Tuhan Yesus. Tentu saja hal ini perlu dilestarikan agar diterapkan seterusnya.

Dengan melantunkan doa selama upacara bendera berlangsung, ini artinya Anda sudah menyerahkan diri kepada Tuhan apapun bentuk kegiatannya. Sebagai guru, tanamkan pemahaman seperti ini kepada seluruh siswa agar mudah menerapkannya.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!