10 Ayat Alkitab Tentang Kematian Tuhan Yesus

Kristenly.com – Keselamatan yang diterima oleh orang Kristen tidak lepas dari karya penebusan yang dilakukan oleh Yesus di atas kayu salib, hal ini juga banyak dicatat di dalam ayat Alkitab tentang kematian Tuhan yang membuktikan kekuasaan dan kemuliaanNya.

Kelahiran, kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus memang banyak kali menjadi polemik karena beberapa pihak mempertanyakan perihal ketuhananNya. Bagaimana bisa Tuhan yang Maha Agung bisa dilahirkan kemudian mati? Beberapa pihak juga menyangsikan Yesus yang mati di kayu salib dan dibangkitkan serta sudah naik ke surga, cerita tentang kematianNya yang direkayasa seringkali terdengar hingga kini.

Namun dengan melihat dan memahami berbagai ayat yang ada di dalam Alkitab, kita akan menjadi paham bahwa tidak ada hal yang mustahil karena Dia memang adalah Allah. Terlebih lagi semua ayat tersebut, walaupun ditulis pada masa yang berbeda, orang yang berbeda tetapi saling berkaitan satu dengan yang lain.

Hal ini tentunya akan memperkuat iman kita dan juga membuktikan bahwa kematian Tuhan di atas kayu salib bukanlah perihal yang dibuat-buat, keilahianNya berada jauh di atas akal manusia. Jika semua yang dilakukan Tuhan dapat selalu kita mengerti, lalu di mana letak KeesaanNya itu?

Baca juga: 4 Renungan Kristen Tentang Pengorbanan Yesus Kristus

Ayat Alkitab Tentang Kematian Tuhan

ilustrasi Alkitab membahas kematian tuhan
ilustrasi Alkitab membahas kematian Tuhan, sumber gambar: pexels.com

Dari kitab Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru terdapat banyak ayat yang saling berkaitan dan menggenapi satu sama lain, Anda dapat membaca dan memahaminya sehingga bisa menjadi bahan perenungan dan juga pembelajaran tentang bukti kasih Kristus. Baca dan pahami ayat Alkitab tentang kematian Tuhan berikut ini.

1. 1 Petrus 3:21-2

“Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan –maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah–oleh kebangkitan Yesus Kristus, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.”

2. Filipi 2:9-11

“Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”

3. Yohanes 3:13

“Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.”

4. Kolose 3:1

“Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.”

5. Yohanes 20:17

“Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Baca juga: 6 Ayat Alkitab Tentang Kebangkitan Yesus yang Paling Sejati

6. 1 Timotius 3:16

“Sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.”

7. Roma 8:34

“Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?”

8. Efesus 1:19-20

“Dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga”

9. Yohanes 6:62

“Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?”

10. Matius 26:64

“Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.”

Baca juga: 35 Kata-kata Ucapan Kenaikan Yesus Kristus ke Surga 2022

Tidak ada hal yang mustahil bagi Allah, termasuk ketika Dia harus menjelma menjadi manusia dan kemudian mati untuk menebus dosa umat yang dikasihiNya. Dia adalah Allah yang menguasai ruang dan waktu.

Hanya Tuhan sendirilah yang mampu mengalahkan maut dan bangkit atasnya, hal ini dilakukan untuk memperbaiki hubungan antara manusia dan Allah yang rusak karena dosa.

Ayat Alkitab tentang kematian Tuhan bukan dengan tujuan agar umatNya bersedih. Namun sebaliknya, hal ini dituliskan karena bersamaan dengan kebangkitanNya yang menjadi sukacita bagi orang Kristen karena karya penyelamatan itu telah nyata.

Heru Siswanto

Heru Siswanto adalah seorang penulis renungan, Ayat Alkitab, doa kristen, dan pembicara yang bersemangat mencurahkan isi hatinya dan mengarahkan para umat Kristiani dari segala usia kembali kepada Yesus.

error: Konten dilindungi !!